Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Nikmatnya Semangkok Soto Ledokan Kartosuro

 – Indonesia kaya akan jenis soto. Ada soto Padang, soto Banjar, soto Madura, soto Lamongan dan masih banyak lagi. Kali ini saya akan membahas nikmatnya soto "Ledokan " Kartosuro.Soto ledokan berada di Kartosuro, bila anda dalam perjalanan dari arah Yogya, warung ini berada di kiri jalan, samping toko Laris.Warungnya hanya kecil, dan buka dari jam 6 pagi- 19:00 WIB.Saya awal Oktober lalu selepas nyekar makam Bapak di daerah Sawit, Kartosuro. Mampir sarapan dulu di Soto Ledokan ini. Di warung soto Ledokan ada 2 variasi soto yaitu soto ayam dan soto daging.

Jangan Lewatkan Festival Tantular 2017

 – Kemarin, pembukaan Festival Tantular 2017 di Sidoarjo Jawa Timur. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka HUT Museum Mpu Tantular yang ke-43. Tujuan diadakan festival ini untuk menarik minat pengunjung agar mau berkunjung ke museum dan mengenalkan kebudayaan Indonesia.Tema festival Tantular tahun ini adalah ‘Menelusuri Kebesaran Sejarah Jawa Timur Melalui Keanekaragaman Wayang. Festival Tantular diselenggarakan dari tanggal 19 – 21 Oktober 2017.Selama festival ini tiket masuk dan parkir ke Museum Mpu Tantular digratiskan, silakan masuk tanpa bayar sepeser pun. Tapi jangan lupa untuk bawa minum, karena cuacanya panas dan tempat penyelenggaraan pameran wayang Potehi maupun wayang Thengul juga sangat panas.

Cara Buat Onde-onde Kumbu Kacang Tholo

 – Onde-onde adalah salah satu kue basah kesukaanku. Onde-onde merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia. Bahan dasar onde-onde untuk kulitnya berasal dari tepung ketan dan wijen. Biasanya digoreng dan dimakan saat hangat sungguh sedap.Onde-onde, berdasarkan Wikipedia, adalah kue yang berasal dari daerah Changan, Tiongkok. Kemudian berkembang luas sampai negara Asia Timur dan Asia Tenggara. Onde-onde biasanya diisi dengan kumbu kacang hijau.Tapi, kali ini saya akan membuat onde-onde isi kacang tholo. Saat melihat di kulkas masih ada kacang tholo sisa praktek IPA anakku Lantip, maka aku putuskan untuk dibuat camilan saja. Kacang tholo sebenarnya bisa juga untuk campuran masakan sayur brongkos, sambal goreng tempe, dan sambal goreng kerecek.

Cara Buat Tahu Bulat Bakso Keju

Tahu bulat digoreng dadakan lima ratusan nyoooy. Terngiang suara dari mikropon mobil penjaja tahu bulat keliling. Jajanan tahu bulat sedang hits, bahkan sudah dibuat aplikasi mainan penjual tahu bulat. Kalau yang dijual di abang-abang, tahu bulatnya aneka rasa tinggal ditambahkan mau rasa barbeque atau balado.Saya lebih suka yang tahu bulat original tanpa tambahan bumbu. Buat takjil kemarin, saya terinspirasi dari sebuah website, yaitu tahu bulat bakso keju. Kalau aslinya dengan daging sapi isiannya. Saya pakai daging ayam saja, lebih murah.Inisiatif membuat tahu bulat ini juga karena pas habis jajan tahu bulat di taman, lalu Lantip minta dibikinkan tahu bulat bakso isi keju. Lantip paling hobi mengemil keju. Jika menggunakan keju yang mozarella, akan lebih enak dan molor.

Berkunjung ke Museum Diponegoro Magelang

Akhir Desember 2016 lalu, saya berkunjung ke Magelang. Mau ke Borobudur agak jauh kalau naik motor dari rumah mertua. Taman Kyai Langgeng sudah bolak-balik. Alternatifnya ya ke museum Diponegoro ini. Sebenarnya ada juga Museum Panglima Sudirman di Potrobangsan, tapi Lantip memilih ke museum Diponegoro saja.Masuk ke museum Diponegoro ini gratis, cukup lapor saja ke petugas di tempat. Petugas akan mengantar dan membuka satu ruangan yang berukuran kira-kira 4x4 meter, di sebelah Pendopo Kadipaten.Museum Diponegoro ini hanya sebatas satu kamar kecil yang berisi meja kursi bekas Pangeran Diponegoro mengadakan rapat dengan Van De Cook, lalu jubah, kendi, dipan bekas beliau biasa gunakan salat. Yang menarik dari penjelasan petugas adalah, ada satu kursi yang menjadi saksi ketika Pangeran Diponegoro menahan marah saat diajak berunding dan dijebak oleh pihak Belanda.

Tips Mengupas Telur Ayam Agar Mulus

Telur salah satu menu favorit anak-anakku selain ayam. Mau didadar atau hanya diceplok dan dimakan dengan nasi hangat, dijamin mereka akan lahap makannya.Kali ini, saya mau membuat semur tahu, telur dan ada sisa ayam. Kalau mau membuat semur, balado telur atau apa pun masakan yang menggunakan telur rebus, saya terkadang kesusahan mengupasnya.Iya, biasanya telur tidak bisa mulus, kadang putihnya ikut terkelupas. Padahal kalau putih telur terkelupas sedikit saja dan terlihat bagian kuningnya, akan memengaruhi cita rasa masakan.

Menikmati Sego Bancaan di CFD Karanganyar Solo

Sego bancaan, zaman saya kecil hanya bisa dinikmati kalau ada yang memperingati hari Weton, alias pasaran kelahirannya, seperti lahir di hari Selasa Pon, Pahing, dan sebagainya. Masyarakat Jawa punya keyakinan kalau bayinya sebaiknya dibancaki alias dibuatkan nasi tumpeng lengkap degan sayur urap, telur rebus, botok pelas, bongko, serta bothok mlanding alias petai china, serta ikan asin.Nah, biasanya yang punya hajatan akan mengundang anak kecil di sekitar rumah, lalu tumpengnya akan dibagikan di pincuk daun pisang. Duh, dulu rasanya nikmat banget nasi bancaan itu walau telurnya hanya secuil.Sekarang ini, tradisi bancaan perlahan mulai menghilang. Tapi rinduku akan sego alias nasi bancaan terobati saat libur akhir tahun kemarin saya mudik ke rumah ibu. Ternyata, di alun-alun Karanganyar, Solo, ada penjual nasi bancaan setiap hari Minggu di CFD.

Berkunjung e Pabrik Tegel Semen Klasik di Bantul

Liburan bukan hanya di alam terbuka, terkadang saya juga berkunjung ke tempat tempat usaha. Seperti liburan kali ini, saya ajak bungsu berkunjung ke pabrik tegel semen Klasik di daerah Bayaran, Taman Tirto, Kasihan Bantul.Awalnya saya tidak mempunyai rencana mau jalan-jalan, karen semua tempat wista semua sudah pernah dikunjungi. Rencananya mau ke pantai pagi hari, setelah salat Subuh, namun cuaca saat itu hujan terus.Akhirnya adik mengajak ke pabrik tegel klasik yang terbuat dari semen, sekalian mau lihat koleksi motifnya. Sekalian ini juga bisa menambah pengetahuan bagi anakku. Karena selama ini yang dia tahu ubin hanya terbuat dari keramik seperti yang dipasang di rumah Sidoarjo.

Sarapan Soto Pak Sugi di Pring Gading Magelang

Saat liburan akhir tahun kemarin, saya sarapan soto Pak Sugi Pring Gading Magelang. Ya, siapa yang tak kenal soto. Sayur berkuah dengan suwiran ayam dan tambahan soun serta kecambah lalu disiram kuah kaldu, duh segar sekali saat dimakan panas-panas.Cita rasa soto ayam Magelang ini hampir sama dengan soto Kudus dengan ciri khas kuahnya bening. Warung soto Pak Sugi ini berada di depan Hotel Pring Gading Jabon. Dan tendanya berada di trotoar. Sebenarnya di sekitar daerah Jabon Magelang, setiap paginya banyak berjejer penjual soto. Tapi, Soto Pak Sugi inilah yang dikenalkan pertama kali ke lidahku sama suami.Saat awal-awal datang di rumah ibu mertua, suami selalu mengajak makan soto ayam di Pak Sugi atau di depan alun-alun Magelang. Kata suami, sotonya lumayan enak dan lauknya juga pas di lidah. Ketika saya mencicipinya, sangat pas dengan lidah saya. Nah, kalau pas mudik ke mertua saya jadi ingin makan di sini.

Makanan Khas Ambon yang Bikin Kangen

Ambon manise menyimpan beberapa kenangan. Terutama kenangan makanannya. Walau saya hanya menjejakkan tapak kaki di kota tanah kelahiran Pattimura ini kurang lebih 7 tahun, beberapa makanan di sana selalu membangkitkan kenangan.Setiap daerah pastinya mempunyai makanan khas tersendiri, begitu pula dengan Ambon. Makanan khas Ambon yang selalu bikin kangen ada beberapa yaitu ikan cakalang asar di Galala, roti kenari, sagu gula dan kohu-kohu atau ikan kuningnya yang segar selalu bikin rindu.Kebetulan anak tetangga ada yang dinas di Ambon, jadi rasa kangenku akan makanan khas Ambon sedikit terobati. Baru-baru ini aku diberi roti kenari dan ikan cakalang asar.

Nikmatnya Onde-Onde Hangat Podomoro Sidoarjo

Onde-onde merupakan salah satu makanan tradisional. Panganan yang terbuat dari tepung ketan, isiannya kacang hijau dan diberi wijen ini mempunyai cita rasa yang manis dan gurih.Onde-onde identik dengan oleh-oleh khas di Mojokerto.Tapi onde-onde ini juga banyak dijajakan oleh pedagang keliling setiap sore dan pagi berkeliling di komplekku. Ada juga penjual onde-onde di daerah Bluru yaitu Onde-onde Mbak Bawon yang cukup terkenal di Sidoarjo.Dua hari yang lalu saat saya mengirim keripik tempe ke rumah teman di daerah Buduran, mata saya tertarik pada penjual Onde-Onde Podomoro di daerah Kesatriyan Buduran. Penjualnya Ibu setengah baya dan hanya menggunakan teras rumahnya.

Sempol Ayam, Jajanan Pinggir Jalan yang Tak Kalah Nikmat

Sempol sekarang tren sebagai jajanan pinggir jalan yang selalu diburu buat camilan. Biasanya dijajakan mas-mas dengan motor. Seringnya menjajakan di dekat sekolah. Kalau beberapa waktu lalu banyak yang menjajakan bakso bakar atau pentol tolet-tolet yang keliling, sekarang tambah sempol ayam.Jajanan sempol ayam ini konon katanya dari Malang, terbuat dari campuran daging ayam giling, tepung kanji, dan sediit terigu, serta dibumbui bawang putih, merica, garam, dan sedikit penyedap. Yang membedakan antara sempol dan cilok atau pentol, hanya cara penyajiannya.Kalau sempol sebelum digoreng dibaluri dengan telur, paling cocok dinikmati dengan saus sambal. Adonan sempol ayam biasanya ditusuk dengan tusukan sate. Di Sidoarjo, sekarang berderet penjual sempol sepanjang jalan Taman Pinang hingga Pasar krempyeng Gading Fajar 2.

Resep Schotel Tahu Makaroni yang Tak Kalah Lezat

Cuaca yang mendung dan anak-anak kumpul di rumah, pasti rasanya ingin mengemil terus. Yang terlintas mau bikin schotel makaroni, karena di lemari masih ada simpanan. Tapi saat buka kulkas, ternyata ada tahu putih dua kotak. Ya sudah, campurkan saja jadinya schotel tahu makaroni.Saya membuat schotel tahu makaroni ini tanpa susu. Selain jadi camilan di sore hari menemani minum teh, camilan ini juga cocok buat lauk. Bila punya balita, cocok sekali disajikan sebagi menu pendamping ASI.Protein bisa didapat dari tahu dan telur, ada juga sayurannya, bisa memakai wortel, jagung, atau buncis. Berikut bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat schotel tahu makaroni ini.

Berkunjung ke Top Selfie Hutan Pinusan Kragilan Pakis Magelang

Sekarang ini sedang tren tempat wisata yang Istagramable. Salah satunya Top Selfie Hutan Pinusan, di daerah Kragilan Pakis Magelang. Top Selfie Pinusan ini dikelola dan dikembangkan oleh warga Pinusan Kragilan Magelang.Hutan Pinus ini ngetop akhir-akhir ini, karena banyak yang menggunggah di Instagram maupun Facebook. Saya pun sempat ke sini saat libur Lebaran bersama suami. Sebagai istri orang Magelang, saya baru sekali ini diajak blangkrakan alias dolan sampai daerah ke Kecamatan paling Utara Magelang.Daerah hutan Pinusan sudah dikelola dengan rapi, terbukti ketika masuk sudah ada gerbang dengan tulisan Top Selfie Kragilan. Kalau dari arah Magelang kanan jalan arah jalan ke Kopeng. Jalan masuk ke hutan pinus ini sudah rapi, walau tak beraspal tapi sudah dibeton.

Menikmati Kelezatan Hot Cui Mie Malang

Cui mie salah satu makanan khas Malang. Cui mie bagiku nama lain dari mi ayam. Cuma kalau cui mie penyajian ayamnya digiling lembut seperti abon, ada daun selada serta acar timun dan lombok rawit. Sedangkan kalau mi ayam, ayamnya dipotong dadu dan sayurannya daun sawi.Sekarang ini ada inovasi baru Hot Cui Mie. Menu ini katanya baru hits di kota Malang. Nah, Sabtu lalu, saya mencoba hot cui mie ayam ini di Malang. Dekat dengan acara yang saya hadiri saat itu di Malang. Hanya tinggal menyeberang dan jalan kurang lebih 100 meter.Restorannya ada dua lantai. Lantai atas buat area perokok. Bisa juga kita duduk manis di atas sambil lihat lalu lintas di jalan raya. Saya pesan hot cui mie ayam dan lemon tea. Sedangkan teman saya memesan jus sirsak. Lalu, apa yang unik dari hot mie ini?

Tea Garden Resort, Nikmatnya Liburan Alami yang Mewah

Subang, merupakan salah satu kota wisata yang terletak di Jawa Barat. Jika dari Kota Bandung, letaknya setelah Lembang. Suasana Kota Subang masih alami dengan hawa yang sangat sejuk.Walau Kota Subang ini masih didominasi dengan kebun dan sawah, tapi di sini juga ada beberapa penginapan yang indah, salah satunya adalah Tea Garden Resort. Tea Garden Resort berada di daerah Subang, Jawa Barat, letaknya tak jauh dari Kota Bandung.Area resort ini masih dikelillingi sawah dan perkebunan teh, yang membuat suhu udara di sini sangat dingin dan sejuk. Resort ini didesain dengan minimalis, nyaman, dan mewah, dengan berbagai fasilitas pendukung. Tea Garden Resort merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan penginapan yang menyatu dengan alam.

Pengalaman Naik Kereta Api Denpasar - Surabaya

Naik kereta api Denpasar-Surabaya, bagaimana bisa? Masa kereta apinya melewati laut? Yang dimaksud dengan naik kereta api dari Denpasar menuju Surabaya, yaitu kita beli tiket kereta api jurusan Denpasar ke Surabaya.Tapi kita naik kereta apinya dari Banyuwangi. Sedangkan dari Denpasar ke Banyuwangi, kita diberangkatkan dengan menggunakan bus Damri. Pembayaran tiket kereta api sudah termasuk tiket bus Damri dari Denpasar menuju Ketapang, Banyuwangi. Begitu pun sebaliknya, bila kita naik kereta api Surabaya-Denpasar.Jangan khawatir, bus Damri yang disediakan mempunyai fasilitas AC, dan penumpang pasti dapat tempat duduk. Kalau dari DenpasarKetapang, kita sebaiknya berangkat dari pool bis Damri di Jl. Diponegoro 194 Denpasar, bersebelahan dengan klinik Prodia.

Mengunjungi Kebun Bibit Senopati di Magelang

Kemarin tanpa sengaja saya keliling naik motor ke daerah Kyai Langgeng. Di jl. Panembahan Senopati Magelang, mata saya tertarik dengan Kebun Bibit Senopati. Sepertinya ini baru saja dibangun, sebab setahun yang lalu saat saya mudik belum ada. Lalu, saya pun belok dan mampir.Ya benar dugaan saya, ternyata ini merupakan salah satu destinasi wisata baru di kota Magelang. dan baru dibangun kurang lebih 3 bulan yang lalu, dan diresmikan oleh Bapak Sigit Widyonindito selaku Walikota Magelang, tepatnya pada 30 Maret 2016.Tujuan dibangunnya tempat ini untuk mendukung kota Magelang yang sering disebut sebagai " Kota Sejuta Bunga". Bila berkunjung ke sini Anda tak perlu khawatir, karena dijamin gratis. Paling hanya bayar parkir Rp2000. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata edukatif.

Sepuluh Menu Praktis untuk Buka Puasa

Puasa baru memasuki hari ke-11, saya sudah mulai kehabisan menu. Padahal, sebelumnya sudah saya buat daftar sepuluh menu sayuran praktis buat buka puasa dan ditempelkan di kulkas, ternyata menu dalam daftar tersebut tak tersentuh.Hanya beberapa yang aku masak. Sebab, kalau puasa begini daftar sayur maupun buka puasa, yang tentukan anak-anak. Seperti kemarin, saya masak pecel dan tahu krispi serta dadar jagung, ternyata mereka hanya makan dadar jagung dan tahu krispi serta minum es blewah atau garbis saja sudah kenyang. Alhasil, pecel hanya saya yang makan. Untuk itu, berikut saya akan memberikan beberapa menu praktis untuk berbuka puasa.Sayur bening bayam. Sayur bening, merupakan salah satu menu sayuran yang memasaknya paling mudah, praktis dan cepat. Walau tak bisa tahan lama, hanya satu kali santap saja. Bumbunya juga minimalis, hanya bawang merah, kunci, gula dan garam.

Lima Cara Hilangkan Bau Tak Sedap pada Sepatu

Sepatu merupakan salah satu aksesoris yang selalu diburu wanita maupun pria. Ketika hendak pergi kita menggunakan sepatu, terutama untuk kerja, kuliah maupun ke sekolah.Tapi terkadang, kalau kita tak pandai merawatnya, sepatu akan mengeluarkan bau tak sedap. Seperti kejadian yang baru saja aku alami. Tiba-tiba bau tak sedap mengyeruak di ruangan keluarga saat kami santai menonton TV.Saya pikir bau tersebut berasal dari keset yang kena air hujan. Tapi setelah keset saya keluarkan dan dijemur, ternyata baunya masih menusuk hidung. Ternyata, sumber bau tak sedap tersebut berasal dari sepatu. Lalu, bagaimana cara mengatasi agar sepatu tidak bau?

Enam Hal yang Bisa Dilakukan saat Liburan di Rumah

Liburan, tentu kita membutuhkannya setelah menjalani rutinitas. Liburan dilakukan untuk sekadar menyegarkan diri dari rutinitas, buat penyegaran otak agar tak jenuh.Seperti di hari Minggu, kita jeda sejenak dari rutinitas kantor bagi pekerja, dan siswa dari sekolah. Bagi orang yang berduit atau suka menabung, di saat liburan ini bisa melakukan rekreasi atau sekadar jalan-jalan untuk kuliner.Tapi saat penyakit 'kanker' (kantong kering) menyerang, seperti saya sekarang ini, hanya duduk manis di rumah menghabiskan waktu yang ada. Apakah hal ini tak membuat saya tambah jenuh? Bagaimana dengan kedua anak saya? Bagi saya liburan itu saatnya 'me time'. 

Wisata Sejarah ke Candi Pari dan Candi Sumur Sidoarjo

Di Sidoarjo selain lumpur Lapindo dan sentra tas Tanggul Angin buat jujugan tempat wisata, masih ada yang bisa dikunjungi yaitu Candi Pari. Candi Pari merupakan salah satu candi peninggalan agama Hindu. Candi Pari terletak di Desa Pari Wean, Kecamatan Porong.Bila berkunjung ke sini bisa naik kendaraan roda dua dan mobil . Hari libur kemarin, saya berangkat dari rumah ke Candi Pari ini hanya butuh waktu sekitar 30 menit. Saya lewat sentra tas Tanggul Angin.Sebenarnya ada beberapa jalan, bisa lewat Porong setelah kolam lumpur Lapindo. Berhubung jalan pintas dari rumah lebih dekat dari arah Tanggul Angin, saya putuskan lewat Tanggul Angin saja.  

Liburan Murah Meriah di Sekitar Sidoarjo

Akhir pekan identik dengan libur, setelah beraktivitas dan bergelut dengan pekerjaan. Termasuk anak-anakku setiap akhir minggu, kalau bisa pasti mengajak keluar, alasannya buat penyegaran otak, karena selama seminggu belajar terus.Kalau sudah anak yang minta hatiku akan luluh. Tapi apakah tiap akhir pekan aku kabulkan permintaannya? Tentu saja tak semuanya aku kabulkan, bisa bikin jebol dompet. Paling juga disesuaikan dengan isi dompet.Untuk menyiasati agar anak senang dan keinginan keluar dari rumah terpenuhi di saat isi dompet mbrambang mili alias nangis minta diisi, untung di daerah Sidoarjo ada beberapa tempat yang cocok dan murah meriah buat liburan di akhir pekan. Biasanya aku ajak anakku ke tempat-tempat berikut ini.