Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Geliat Kota Leh dalam Perjalanan ke Ladakh India

 – Area main bazar Kota Leh tak hanya dipenuhi oleh penjual buah dan sayuran, tak juga hanya jajaran resto yang dominan dengan masakan Western maupun Tibetian, toko suvenir, jaket tebal hingga perhiasan. Pusat kota Leh banyak terdapat lapak-lapak khusus milik pengungsi Tibet.Mereka berjualan suvenir khas Tibet dan perhiasan etnik yang cantik. Sebagai penggemar pernik etnik, tentunya lapak-lapak ini menarik saya untuk mengunjungi lebih dekat. Perhiasan perak maupun tembaga kaya dengan bebatuan warna-warni menggoda.Batu-batuan ini dihasilkan oleh pegunungan Ladakh sendiri. Emerald (zamrud), Aquamarine, Garnet, Calcite Rose, Meteorite, Fulgurite merupakan batu-batu mulia yang paling banyak dihasilkan oleh pegunungan Ladakh. Selain itu, saya juga melihat perhiasan dengan batu-batu lain seperti Moonstone, Safir, Ruby, dan Giok yang diikat dengan logam perak. 

Menjerat Oksigen Selama Perjalanan ke Ladakh India

 – Hari masih sangat pagi ketika kami melanjutkan perjalanan di Ladakh, India. Meninggalkan Kargil yang pagi itu suhunya hanya 3 derajat celcius. Kendaraan umum dan taxi juga sudah mulai bergerak menuju Srinagar maupun Leh, yang merupakan kota terbesar di Ladakh.Tak jauh dari Kargil, kami pun berhenti sejenak untuk menghirup banyak oksigen pegunungan yang sangat segar terasa mengalir dalam tubuh. Tentunya juga untuk menikmati pemandangan indah lembah, di mana Kargil dan sekitarnya tampak tertata indah oleh alam.Perjalanan dari Kargil ke Leh jaraknya lumayan sekitar 220 kilometer. Pemandangan pegunungan cokelat dan lembah menguning kemerahan masih menjadi sajian utama di sepanjang jalan. Pegunungan ini memang merupakan pemandangan yang khas, jika kamu melakukan trip ke Ladakh menggunakan jalur darat.

Menyusuri Dinginnya Kota Kecil Dras Ladakh

 – Dras merupakan kota kecil yang terkenal sebagai daerah terdingin nomor 2 di dunia. Hal tersebut karena, saat musim dingin level merkuri di Dras bisa mencapai minus 45 derajat. Meski ketinggiannya hanya 3230 meter di atas permukaan laut, Dras dikelilingi pegunungan tinggi yang seluruhnya tertutup salju saat musim dingin tiba.Daerah ini juga terkenal di kalangan penggemar trekking dengan jalur yang luar biasa menarik untuk dijelajahi. Kendaraan kami berjalan menyeruak keramaian jalan utama Dras yang padat dengan pertokoan dan manusia. Orang berjalan lalu lalang dengan mengenakan busana khas masyarakat muslim, dengan jaket dan mantel panjang menjuntai.Penduduk Dras masih dominan beragama Islam. Bangunan masjid dan banyak tulisan berhuruf Arab bertebaran di area ini. Sayangnya, sulit bagi kami untuk mendapatkan tempat parkir, hingga kami memutuskan untuk tidak berlama-lama berada di Dras.

Chicken Rezala, Resep Opor Ayam Ala India

Jauh dari tanah air saat lebaran tiba, rasanya ada yang kurang tanpa menu khas lebaran. Untuk mengeksekusi resep opor ayam di India tidak mudah. Bumbu-bumbu yang dibutuhkan sulit didapatkan di area tempat saya tinggal.Beberapa waktu yang lalu, saya mencoba cita rasa baru masakan teman saya, namanya chicken rezala. Cita rasa makanan ini memang tak sama persis dengan opor ayam. Tapi, bagi saya ada kemiripan dengan opor ayam.Setelah mengenal chicken rezala, saya mencoba mencari resepnya untuk menggantikan resep opor ayam. Ternyata, chicken rezala ini memang mirip cara membuatnya. Hanya saja kemiri diganti dengan kacang mede, dan santan kental digantikan dengan yogurt.

Begum Jaan, Sentilan Bagi yang Pandang Rendah Wanita India

Para lelaki di India sangat memandang rendah kaum perempuan, tak hanya zaman dulu tapi saat ini pun bisa dibilang masih sama. Tak heran, dalam film ini dijelaskan sangat gamblang, bagaimana para laki-laki hanya menginginkan tubuh perempuan dengan murah bahkan gratis.Keluarga membuang anak perempuan mereka. Korban pemerkosaan yang tak bisa dihitung lagi jumlahnya, dibuang oleh masyarakat bahkan keluarga. Hingga melacur yang bukan keinginan mereka, tapi merupakan pilihan untuk bertahan hidup di samping pilihan lainnya hanya bunuh diri.Masalah kasta yang bahkan hingga kini masih ada, menjadikan perempuan posisinya sulit dalam hal dipilih sebagai menantu. Dan, Begum Jaan dengan berani merendahkan laki-laki yang datang ke tempatnya dengan menggunakan kata-kata tajam nan cerdas.

Delapan Minuman Tradisional Paling Populer di India

India memiliki 29 state yang masing-masing memiliki keunikan kuliner tradisional. Minuman tradisional di India tak kalah terkenal dibanding dengan ragam makanannya.Tak hanya unik cita rasanya, namun juga banyak khasiatnya. Terutama di iklim ekstrem India, ragam bahan dan rempahnya diracik hingga menjadi minuman segar untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa minuman populer di India yang saya ketahui.Masala Chai. Minuman ini paling mudah ditemukan di segala penjuru India. Tak hanya di rumah-rumah, di sepanjang pinggir jalan sangat mudah ditemukan penjual masala chai. Sepertinya, orang India tak bisa lepas dari minuman yang satu ini meskipun di musim panas.

Rander Ramzan Bazar, Pasar Ramadan di Kota Surat India

Tidak semua kota di India dapat ditemukan pasar Ramadan. Hanya di kota-kota besar tertentu saja, kemeriahan pasar Ramadan tampak seperti pesta jalanan. Delhi, Srinagar, Lucknow, Hyderabad, Mumbai, Kolkata, Ahmedabad, Surat merupakan kota besar yang memiliki jumlah penduduk muslim lumayan banyak.Mengingat kota-kota tersebut juga masuk dalam sejarah kejayaan Islam di India. Tak heran, jika Ramadan di India disambut dengan festival makanan selama sebulan penuh. Kota Surat jaraknya 120 kilometer dari tempat saya tinggal.Ramadan tahun lalu saya sempat mengunjungi dan merasakan kemeriahan pasar Ramadan ala muslim India di kota ini. Terletak di kawasan Rander town, area pasar Ramadan lumayan luas. Banyaknya jajaran mobil dan motor yang parkir, jumlahnya mengalahkan yang ada di area parkir mall. Tak percaya?

Delapan Takjil Buka Puasa ala India

Beda negara tentu beda tradisi, begitu juga dengan ragam takjil buka puasa di tempat saya tinggal sekarang. Meski tak semeriah di Indonesia, minoritas Muslim India juga memiliki makanan khas yang biasa dihidangkan sebagai takjil buka puasa.Jika di Indonesia banyak penjual takjil dadakan yang dijual beberapa jam menjelang buka puasa, di India hanya di kota besar saja yang memiliki pasar Ramadan. Namun hal ini tidak membuat Muslim India yang jauh dari kota besar merasa kecil hati.Mereka tetap menyambut Ramadan dengan keceriaan. Para wanita tak begitu saja menyerah dalam menghidangkan menu takjil buka puasa yang menggugah selera. Biasanya menu takjil buka puasa tak jauh dari bahan daging dan susu.

Puasa Sehat di Iklim Ekstrem India

India terkenal memiliki iklim yang sangat ekstrem. Terbagi dalam beberapa wilayah, masing-masing memiliki iklim yang berbeda-beda. Gujarat state tempat saya tinggal, memiliki 3 musim, yaitu panas, hujan, dan dingin.Jangan berpikir keren, karena ada musim dinginnya. Namanya musim dingin di Gujarat, tentu berbeda dengan musim dingin di India utara yang berselimut salju. Di Gujarat, musim dingin hanya saat sore hingga pagi, udara terasa dingin dan kering, saat siang matahari tetap garang menyengat. Ini tahun kedua saya bertemu dengan bulan Ramadan.Bulan Mei dan Juni di Gujarat masuk musim panas. Musim panas di India suhunya bisa mencapai 50 Celcius. Bisa kalian bayangkan bukan, bagaimana rasanya berpindah dari iklim tropis tiba-tiba harus bertemu dengan kondisi panas ekstrem seperti ini.

Keceriaan Anak Muslim India Belajar di Sekolah Alquran

Tinggal di negara yang memiliki ratusan dewa, kekaguman saya muncul ketika melihat di sini keagungan Alquran masih terjaga. Menjadi minoritas di negaranya, kaum muslim India tak pernah lemah maupun lengah dalam usaha menegakkan agama Islam.Tak hanya puluhan ribu madrasah berdiri tegak, mencetak ahli agama, hafiz dan hafiza, para ahli Alquran hingga ahli tafsir. Muslim India juga memiliki program pendidikan agama khusus bagi anak-anak yang bersekolah di sekolah umum. Luar biasa, bukan?Organisasi masjid di setiap daerah memiliki dana khusus yang didapat murni dari para donatur. Mereka mendirikan kelas-kelas belajar Alquran di setiap wilayah muslim India. Proses belajar mengajar ini diadakan di luar jam belajar sekolah.

Sensasi Lezat Nasi Goreng ala India

Apa sih menu praktis di segala suasana? Nasi goreng tentunya. Tak hanya mudah untuk dibuat sendiri di rumah, nasi goreng juga banyak dijual di warung tenda hingga di restoran mewah.Terutama bagi saya yang berada di negara orang, nasi goreng selalu menyelamatkan ritual makan saya. Terlebih saat Ramadan seperti sekarang ini. Malam yang terasa pendek, mengharuskan saya menyiapkan menu sahur yang praktis. India memang merupakan negara yang serba ajaib. Tak hanya tradisi dan budayanya yang sempat membuat saya selama hampir dua tahun merasa stres karena terkena shock culture, makanannya juga ajaib bagi lidah dan perut saya. Tapi ternyata, India memiliki nasi goreng yang khas juga lho.

Geliat Madrasah di Negeri Hindustan

India, meski merupakan komunitas Muslim kedua terbesar di dunia, penduduk Muslim India masih menjadi kaum minoritas. Meski demikian, ini tidak menyurutkan semangat kaum Muslim India untuk tetap berusaha membuat agama Islam tetap berdiri tegak. Puluhan ribu madrasah berdiri di seluruh pelosok tanah Hindustan. Di situlah para pemuda pemudi Muslim belajar tentang agama.Gedung-gedung madrasah berdiri megah, meski fasilitas di dalamnya masih sangat sederhana. Madrasah jenis ini seperti pondok pesantren di Indonesia. Berfungsi sebagai tempat yang mentransmisikan ilmu-ilmu agama dengan penekanan khusus pada fiqih, tafsir, dan hadis.Mereka punya pemikiran luar biasa, loh. Sebagian masyarakat Muslim India masih beranggapan bahwa ilmu agama menjadi salah satu nilai lebih dan memiliki jalan cepat menuju Allah. Karena itulah meski tak mendapat pengetahuan umum lainnya, masyarakat Muslim India dengan senang hati mengirimkan anak-anak mereka ke madrasah.Baca Selengkapnya...