Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Menikmati Musik Streaming di Spotify

Setelah lama menunggu, akhirnya Spotify, layanan 'on demand music streaming' asal Swedia secara resmi hadir di Indonesia. Sehari sebelumnya, Spotify sudah melakukan kampanye di Twitter tentang kehadiran resmi mereka di Indonesia.Tentunya pecinta musik di Indonesia menyambut kehadiran Spotify ini. Besaran file Spotify ini terbilang kecil, kurang dari 30MB yang diunduh melalui koneksi 4G LTE Advanced Smartfren, hanya beberapa saat aplikasi Spotify ini sudah terpasang.Selanjutnya adalah mendaftarkan diri di Spotify yang bisa melalui akun Facebook atau email. Saya pakai email karena tidak menggunakan Facebook. Tulis alamat email, user name dan password, beberapa detik kemudian muncul halaman pertama yang berisi berbagai kategori yang sudah disediakan oleh Spotify.

Menyoal Ketentuan TKDN Smartphone 4G LTE

– Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) bukan sesuatu yang baru. Sejak tahun 2014 atau 2015 TKDN,  khususnya 4G LTE sudah dikampanyekan. Pada tahun 2016 ini, syarat 20 persen TKDN harus dipenuhi oleh vendor dan akan naika menjadi 30 persen di tahun 2017 nanti.Hal yang sangat repot adalah bahwa dengan TKDN 20 persen saja vendor sudah kelimpungan, bagaimana jika dinaikkan menjadi 30 persen di tahun 2017? Hal yang perlu kita lihat adalah keinginan pemerintah untuk menyeimbangkan neraca impor smartphone yang beberapa tahun terakhir terus meningkat.Smartphone khususnya dari Cina membanjiri pasar Indonesia dengan harga yang sangat murah. Pembuatannya yang 100 persen di Cina membuat nilai tambah yang kecil bagi perekonomian secara keseluruhan.

Andromax R2, Smartphone VoLTE Berkinerja Bagus

Tahun lalu, Smartfren merilis Andromax R sebagai bagian dari diperkenalkannya jaringan baru 4G LTE Advanced Smartfren. Tahun ini, Smartfren merilis generasi kedua dari Andromax R tersebut, dengan peningkatan kemampuan yang sangat signifikan, terutama dengan adanya fitur Voice over LTE atau VoLTE.Andromax R2 merupakan smartphone pertama di Indonesia yang memiliki fitur VoLTE tersebut. Bagaimana kemampuan Andromax R2 tersebut? Apakah fitur yang diberikan cukup bagus dibandingkan dengan seri terdahulu? Bagaimana kemampuan VoLTE?Andromax R2 merupakan smartphone 4G LTE Advanced Smartfren yang paling bagus sejauh ini, bahkan dari seluruh smartphone seri Andromax yang pernah dirilis oleh Smartfren. Andromax R2 cepat, stabil, serta memiliki fitur VoLTE dan desain yang 'eye catching' layaknya smartphone premium.

ASUS Transformer T100HA Notebook dengan Quad Core Intel x5

- Sejak pertama kali hadir pada tahun 2013 lalu, Transformer T100 telah mendongkrak reputasi ASUS sebagai pemain utama di industri perangkat komputer 2-in-1. Tidak salah jika kemudian ASUS memperbarui lini produk Transformer tersebut di tahun 2016 dengan menghadirkan Transformer T100HA.Dibanding Transformer T100, ASUS Transformer T100HA kini dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 Home hadir dengan desain metal yang lebih tipis dengan warna-warna cerah, lebih ringan dan menawarkan daya tahan baterai hingga 12 jam penggunaan.Sebagai informasi, perangkat 2-in-1 Transformer merupakan kombinasi antara notebook 10,1 inci ultra portabel dan ringan, serta tablet super tipis. 

ASUS Rilis Tiga Seri VivoBook Terbaru

Dalam ajang ASUS Notebook Unveil (15/5) yang berlangsung di hotel Le Meriedien Jakarta dua hari yang lalu, ASUS merilis tiga notebook andalan mereka di kelas VivoBook.VivoBook merupakan lini produk ASUS yang menekankan kepada portabilitas, jadi notebook ini bisa berfungsi sekaligus sebagai notebook atau tablet. Tidak tanggung-tanggung, ASUS merilis tiga seri baru di lini VivoBoo, yaitu VivoBook Pro N552VX, VivoBook Flip TP200, dan VivoBook Flip TP301.Bila dilihat dari spesifikasi, tampaknya ASUS menyasar tiga segmen yang berbeda, yaitu kelas atas, menengah dan kelas bawah yang harganya lebih terjangkau. 

Serahkan Data atau Masuk Penjara

- Beberapa hari terakhir bukanlah hari-hari yang menyenangkan bagi Apple Inc. khususnya, dan dunia teknologi pada umumnya. Apple kini tengah bertarung dengan FBI, soal enkripsi iPhone yang pada awalnya merupakan kasus penembakan massal di San Bernardino.FBI menemui jalan buntu, karena salah satu tersangka penembakan massal tersebut meninggalkan iPhone yang kunci enkripsinya tidak bisa ditembus oleh FBI. FBI meminta pengadilan memaksa Apple untuk menulis "ulang" agar bisa dilihat informasi dengan siapa tersangka tersebut pernah berhubungan, sehingga kasus tersebut bisa dilihat lebih jauh.Sayangnya seperti dikatakan Apple Inc. sendiri, mereka tidak memiliki kunci enkripsi tersebut dan tidak mau memungkinkan adanya back doors yang bisa dimanfaatkan oleh orang jahat lainnya, atau digunakan lebih lanjut oleh penegak hukum untuk membuka iPhone-iPhone lainnya, sehingga berpotensi membahayakan pengguna Apple Inc.

ASUS Upgrade Smartphone ke Android Marshmallow

- ASUS cukup memiliki nama di Indonesia. Baru-baru ini mereka mengalahkan Samsung di kuartal ke empat, sebagai vendor dengan pengapalan smartphone terbanyak di Indonesia.Namun bisa dipastikan belum ada smartphone ASUS yang berbasis Android 6.0. Untuk itulah ASUS berusaha memperbaiki posisi mereka dalam hal update ke Android 6.0 tersebut.Beberapa hari yang lalu, melalui forum resmi mereka di ZenTalk, ASUS mengumumkan akan segera memberikan update ke Android Marshmallow untuk beberapa smartphone mereka.

ASUS Jadi Raja Smartphone Indonesia

- Pasar smartphone Indonesia terus tumbuh. Sepanjang tahun 2015 yang lalu, sangat menarik untuk dilihat persaingan para vendor untuk menguasai pasar Indonesia. Kita melihat geliat vendor, seperti Samsung, ASUS, Lenovo, LG, Sony dan banyak lainnya untuk menguasai pasar.Namun dari sekian banyak vendor tersebut, ASUS sangat layak untuk diperhatikan. Adalah perusahaan analisis pasar IDC yang membawa ketertarikan tersendiri terhadap ASUS.Berdasarkan IDC Quarterly Mobile Phone Tracker, sebanyak 8,3 juta smartphone dikapalkan di Indonesia sepanjang kuartal keempat tahun 2015, naik 14,4 persen dari 7,3 juta unit untuk periode yang sama tahun lalu.

ASUS E202S, Laptop Murah Meriah dari ASUS

Apa yang Anda harapkan dari sebuah laptop dengan harga kurang dari 3,5 juta rupiah? Layar yang cukup lebar berkualitas bagus? Baterai yang tahan sekian jam untuk browsing internet? Atau port yang jumlahnya lebih baik dari laptop dengan harga yang sama?Jika Anda memilih Laptop ASUS E202S, kemungkinan besar semua pertanyaan tersebut terjawab dengan baik. Laptop ASUS E202S merupakan laptop kelas bawah yang sangat menarik dan bisa dipakai oleh siapa saja yang menginginkan sebuah kinerja laptop yang bagus untuk komputasi ringan dan browsing internet yang lama dengan harga yang tidak membuat kantong bolong.Saya sudah beberapa hari ini menggunakan ASUS E202S ini, yang termasuk ke dalam kelas eePC yang terkenal. Spesifikasi ASUS E202S cukup baik, yaitu sebagai berikut.

Tujuh Hal Penting MiFi Andromax M2S

Saya pertama kali menggunakan MiFi Andromax M2S pada awal bulan Oktober 2015, dan semenjak itu Andromax M2S merupakan satu-satunya perangkat yang saya gunakan untuk menikmati koneksi 4G LTE.Saya sangat puas dengan kinerja Andromax M2S ini. Setelah menggunakannya selama empat bulan secara terus-menerus, perangkat ini tidak menunjukkan penurunan kinerja.Baterainya tetap awet untuk pemakaian selama 8 jam terus-menerus dan koneksi 4G LTE Advanced Smartfren tetap kencang dan stabil. Dalam artikel ini, saya akan kemukakan tujuh hal penting yang perlu diketahui dari MiFi Andromax M2S. 

Kalah di Pengadilan, Apple Harus Bayar US$625 Juta

Apple Inc. kembali mengalami kekalahan dalam sengketa paten di pengadilan. Kali ini dari sebuah perusahaan yang bernama VirnetX yang menggugat Apple Inc. karena penyalahgunaan paten mereka di fitur FaceTime.Perlu diketahui, sebelumnya di tahun 2012 yang lalu, Apple Inc. juga telah mengalami kekalahan dari VirnetX atas dugaan penggunaan paten dalam video chatting FaceTime.Saat itu, Apple Inc dinyatakan bersalah telah menyalahgunakan empat paten VirnetX di iMessage dan FaceTime. Apple Inc. diperintahkan untuk membayar US$363 ribu per hari selama 45 hari, sampai kedua belah pihak sepakat dengan perjanjian lisensi.

Hapus Aplikasi Facebook agar Daya Tahan Baterai Lebih Baik

VIVA.co.id – Sudah bukan rahasia sebenarnya bahwa aplikasi Facebook menggerogoti daya baterai. Facebook pun pernah mengakui bahwa aplikasinya boros daya, sehingga bila Anda menggunakan aplikasi ini, baterai smartphone atau tablet Anda akan sangat cepat habis.Namun, belum ada bukti nyata yang menunjukkan seberapa besar tambahan daya baterai yang Anda peroleh jika aplikasi Facebook Anda hapus dari smartphone.Samuel Gibbs menuliskan pengalamannya di Guardian saat menghapus aplikasi Facebook dan beralih ke versi mobile web dengan aplikasi Metal. Samuel Gibbs menggunakan Nexus 6 dalam pengujiannya dan ia membuktikan bahwa jika aplikasi Facebook dihapus dan berpindah ke versi mobile, ia dapat menghemat daya baterai lebih dari 20 persen.

WhatsApp Vs Telegram, Pilih Mana?

WhatsApp merupakan aplikasi chatting dengan pengguna hampir 1 miliar orang (atau sudah 1 miliar?). Kemudian Telegram yang lumayan terkenal dan Hangout yang sebenarnya memiliki potensi besar, namun tidak jelas mau diapakan oleh Google.Ketiga aplikasi chatting tersebut, kini memiliki kembarannya, yaitu versi web, sehingga chatting menjadi lebih mudah. Namun, tentu tak semudah yang dikatakan karena berbagai barrier. Khusus untuk Hangout, sebenarnya versi web sudah lebih dulu dibandingkan Telegram atau WhatsApp. Namun Hangout ini entah mau dibuat jadi apa sama Google. Mungkin Google mengalami hal yang sering dialami jomblo, yaitu galau melulu.

ASUS ZenPad 8 Tablet untuk Hiburan Multimedia

ASUS punya sejarah yang bagus di tablet. Sedikit ke belakang, tablet Nexus pertama Google merupakan buatan ASUS. Demikian juga dengan generasi kedua tablet Nexus yang berukuran 7 inchi, sehingga tidak mengherankan jika ASUS cukup fokus menghasilkan tablet yang bagus, salah satunya adalah ZenPad 8.0 Z380KL, tablet 8 inchi yang ditujukan untuk hiburan multimedia.ASUS ZenPad 8.0 Z380KL diperkenalkan menjelang penghujung tahun 2015. ASUS ZenPad 8 Z380KL muncul sebagai varian baru yang menawarkan berbagai fungsi, dan hadir dengan desain revolusioner yang lebih intuitif.Konsep yang hadir kali ini tak sekadar menyajikan tablet dengan kinerja lebih baik, namun juga memberikan fleksibilitas fungsi dan gaya melalui desain back cover yang bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan.  

Sepertinya, Surface Phone Tak Akan Mampu Tolong Microsoft

Rumor terus berkeliaran dalam beberapa hari terakhir terkait akan lahirnya versi baru dari smartphone Microsoft, setelah masa brand Lumia Nokia usai. Sejak Nokia membakar Symbian dan beralih ke Windows Phone secara total, hampir bisa dipastikan tidak ada smartphone mereka yang laku.Laku dalam hal ini bisa didefinisikan terjual sebanyak vendor lain menjual handset mereka. Ini pengalaman pahit, sebab dulu apapun ponsel yang dibuat Nokia bisa dikatakan laku seperti kacang goreng.Nokia yang sekarat dan satu-satunya vendor yang mendukung penuh Windows Phone, tentu perlu diselamatkan. Hal inilah yang dilakukan oleh Microsoft dengan membeli divisi ponsel Nokia lebih dari US$7 miliar. 

Pengalaman Gunakan Tablet ASUS ZenPad 7.0

Sebagai vendor yang kini sedang populer, ASUS tidak melupakan pasar tablet, terutama tablet dengan layar 7 inchi. Dalam subpasar ini, ASUS merilis ZendPad 7.0 Z370CG yang ditujukan untuk hiburan multimedia.Sudah hampir seminggu saya menggunakan ASUS ZenPad 7.0 Z370CG ini, sebagai perangkat tambahan di sisi smartphone 5 inchi ASUS Zenfone 2 Laser, yang saya pakai sehari-hari.Tujuan saya memakai ASUS ZenPad 7.0 Z370CG ini tiada lain untuk hiburan multimedia, seperti menonton film, menonton video YouTube dan video-video lain seperti video konser artis yang sudah terlebih dahulu diunduh.

Internet Cepat 4G LTE Advanced Smartfren Hadir di Lenovo

Awal tahun 2016, Smartfren hadir dengan sebuah kerja sama yang memungkinkan pengguna makin banyak menggunakan jaringan 4G LTE Advanced mereka. Kemarin (13/1), Smartfren bersama Lenovo Indonesia secara resmi merilis paket bundling Lenovo A6010 dengan Smartfren.Nantinya setiap pembelian Lenovo A6010, konsumen akan memperoleh kartu perdana data Smartfren 4G LTE Advanced dan gratis layanan data sebesar 2GB untuk lima hari.Bertempat di Pisa Cafe, Jakarta, Smartfren mengumumkan kerja sama bundling handset Lenovo A6010 bersama dengan Lenovo Indonesia. Kerja sama tersebut merupakan komitmen Smartfren untuk meningkatkan layanannya bagi pengguna agar dapat menikmati jaringan Smartfren 4G LTE Advanced yang cepat, luas dan stabil.

Pelajaran Privasi dan Data dari GoJek

Negara-negara yang tergabung di Uni Eropa sampai saat ini masih berkelahi dengan raksasa teknologi seperti Apple, Google, Microsoft dan banyak lainnya terkait privasi dan keamanan data pengguna. Baru-baru ini bahkan Facebook didenda karena lalai memerhatikan sisi privasi.Namun ceritanya akan lain dan jauh berbeda dengan di Indonesia. Kita bisa melihat kepada peristiwa yang baru saja terjadi, yaitu bocornya aplikasi GoJek. Sedikit kembali ke belakang, GoJek merupakan hot start up Indonesia saat ini.Penggunanya mungkin sudah mencapai jutaan jika melihat jumlah unduhan aplikasi mereka di Android saja, belum lagi di iOS. Namun sangat disayangkan, start up ini lalai soal privasi dan keamanan data penggunanya. 

BlackBerry Tinggalkan OS BlackBerry

Beberapa tahun terakhir bukan saat yang menyenangkan bagi BlackBerry. Vendor yang menginisiasi kelahiran smartphone ini berjuang untuk mengembalikan nama mereka di pasar telepon pintar.Namun, itu bukan sesuatu yang mudah. BlackBerry pernah memimpin pasar smartphone dunia. Namun, kelahiran iOS tahun 2007 dengan iPhone dan diikuti kemudian oleh Android membuat mereka kehilangan arah dan berkutat dengan OS yang sudah ketinggalan.Pada akhirnya BlackBerry harus menyesuaikan diri dengan pasar yang cepat sekali berubah. Pergantian CEO mereka lakukan, kemudian pemutusan hubungan kerja dan terakhir meninggalkan OS buatan mereka sendiri, yaitu BlackBerry OS.Kabar ditinggalkannya OS BlackBerry oleh BlackBerry dikonfirmasi oleh CEO BlackBerry John Chen di  ajang Consumer Electronic Show 2016 di Las Vegas kepada CNet. Chen mengatakan, bahwa di tahun 2016 ini tidak akan ada smartphone BlackBerry baru berbasis OS BlackBerry. Rencananya, BlackBerry akan merilis setidaknya dua smartphone baru, namun keduanya berbasis Android Google.

Coolpad Rilis Logo Baru di Ajang CES 2016

Brand Coolpad mungkin tak begitu familiar bagi pengguna smartphone Indonesia. Namun sebenarnya, Coolpad merupakan brand smartphone besar di Cina.Kini sepertinya Coolpad berusaha untuk memberikan brand image yang baru, sehingga pengguna akan lebih mengenal mereka. Hal pertama yang dilakukan oleh Coolpad adalah mengganti logo mereka.Bertempat di ajang CES 2016 di Las Vegas, Coolpad menyampaikan transformasi brand untuk pertama kalinya sejak perusahaan tersebut didirikan. Sebagai salah satu brand smartphone ternama di Cina, Coolpad kembali menjadi perusahaan smartphone yang fokus pada pengalaman pengguna dalam memakai smartphone. 

Prediksi 2016: Android Keren, Windows Mati Gaya

Android telah menjadi pilihan lebih dari satu miliar pengguna smartphone dunia. Platform milik Google ini diuntungkan oleh banyaknya vendor yang memilih untuk merilis smartphone mereka di platform android untuk bisa bersaing di pasar smartphone.Dengan banyaknya produsen di platform android, tidak mengherankan dalam waktu singkat android menguasai pasar smartphone, lalu diikuti tablet. Android yang terus diperbaiki dan dikembangkan oleh Google untuk beberapa tahun ke depan akan tetap jadi pilihan nomor satu vendor smartphone.Khususnya pada 2016, saya memprediksikan makin banyak vendor yang akan terjun ke pasar smartphone dan menggunakan android sebagai platform pilihan mereka. Dengan demikian, Microsoft yang berupaya untuk menarik vendor agar memakai platform Windows akan menemui jalan yang sama sulitnya dengan tahun lalu.  

Android Lebih Aman Dibandingkan iOS Apple?

Sepanjang persaingannya dengan iOS, Android selalu saja dianggap memiliki lubang keamanan yang jauh lebih banyak dibandingkan iOS. Android justru dianggap kurang aman.Tak hanya itu, hal tersebut juga dijadikan bahan kampanye jelek untuk terus menjadikan iOS sebagai platform yang lebih baik dari sistem keamanan. Padahal, sejatinya Android tersebut sangat aman bahkan mungkin lebih aman dibandingkan iOS yang dipromosikan lebih aman.Salah satu bukti bahwa Android lebih aman dibandingkan dengan iOS adalah laporan terbaru yang dirilis oleh CVE Details tentang seberapa banyak keretanan yang dipublikasikan ke publik sebuah software sepanjang tahun 2015 yang lalu. 

Zenfone Go, Smartphone Entry Level ASUS yang Menarik

Konsumen smartphone di Indonesia masih sangat mencintai smartphone dengan harga terjangkau. Hal ini terkait dengan daya beli mereka yang sebagian besar memang masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan sangat lakunya smartphone harga terjangkau, yang biasanya berada di kelas 'entry level'.Menurut studi lembaga riset GfK sampai dengan pertengahan 2015, sebanyak 21,2 persen smartphone yang terjual di Indonesia merupakan produk smartphone yang dipasarkan di harga Rp1 juta sampai dengan 1,5 juta.Peringkat kedua terbesar, yakni 16,6 persen adalah smartphone seharga Rp1,5 sampai 2 juta. Dengan potensi pasar yang sangat besar tersebut, tidak heran banyak vendor yang meskipun memproduksi seri flagship, tetap tidak melupakan seri entry level ini.