Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Pesona Candi Jabung di Probolingo

.co.id – Dalam kitab peninggalan Majapahit yakni kitab Negarakertagama, nama asli candi ini adalah Sugata Prasista. Namun oleh masyarakat sekitar sering disebut Jabung, karena candi ini ditemukan di daerah di mana banyak pohon jabung tumbuh.Dalam kitab tersebut disebutkan, bahwa candi ini merupakan salah satu candi yang disucikan. Pada masa raja Hayam Wuruk, candi ini pernah dikunjungi beliau untuk proses penyekaran dalam upacara Srada.Dalam kitab yang berbeda yakni kitab Pararaton, candi ini memiliki gelar yang disebut dengan Bajrajina Paramitapura. Gelar ini disematkan karena bangunan candi ini memiliki fungsi penting yakni bagi persembahan 3 dewa dalam Agama Buddha. Candi Jabung terletak di Dusun Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Labuan Cermin, Danau Eksotis dari Kalimantan

 – Labuan Cermin adalah sebuah danau yang sangat indah. Letak danau ini ada di pulau Kalimantan, tepatnya di Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau Labuan Cermin ini menjadi objek wisata favorit karena memiliki air yang sangat jernih.Kerjenihan airnya membuat benda seperti perahu akan terlihat seperti mengapung. Benda-benda yang terdapat di dasar danau ini juga akan sangat terlihat jelas. Danau ini memiliki warna air yang sangat cantik, yaitu perpaduan warna hijau dan kebiruan.Perjalanan menuju ke objek wisata ini akan memakan waktu 6 jam perjalanan, lokasinya yang jauh dari pusat kota memang akan membuat siapa saja lelah saat menuju ke sini. Namun, semua pengorbanan tersebut akan terbayar dengan  keindahan panorama yang ditunjukkan di danau Labuan Cermin ini.

Fotografer ini Bantu Anak Sakit dengan Hasilkan Foto Memukau

.co.id – Seorang fotografer bernama Josh Rossi, mendadak viral akibat karyanya yang menyentuh banyak orang. Karya fotografinya menjadi sorotan, karena memberdayakan anak-anak kecil yang sedang melawan penyakit mematikan, serta memiliki keterbatasan fisik.Tentu, tujuan memberdayakan anak ini menjadi menyentuh hati, karena tujuannya yang sangat mulia yakni membantu anak tersebut menjadi lebih kuat lagi dalam menghadapi hidupnya. Bagaimanapun mereka, anak-anak itu sangat luar biasa. Mereka adalah anak-anak yang sedang berjuang melawan penyakitnya, seperti kanker dan cacat jantung.Rossi membuat tujuan dalam karya fotonya untuk mengambil kelemahan anak-anak ini, dan mengubahnya menjadi kekuatan. Dilansir dari laman Petapixel, inilah karya foto yang menyentuh banyak orang di jagad maya. 

Menikmati Indahnya Sunset di Pulau Royal

 – Indonesia tak akan kehabisan tempat-tempat indah, dari ujung barat hingga timur pasti selalu ada tempat indah yang eksotis yang bisa memukau siapa saja. Salah satu tempat di Indonesia yang memiliki keindahan yang luar biasa adalah Kepulauan Seribu.Di Kepulauan Seribu ini terdapat beragam objek wisata yang bisa kamu kunjungi. Nah, salah satunya adalah Pulau Royal. Ya, pulau ini sangat indah dan bisa dijadikan sebagai tempat untuk menikmati sunset atau matahari terbenam.Pulau Royal terletak di gugusan Pulau Kelapa, tepatnya di ujung paling barat. Pulau Royal merupakan objek wisata semi resort, jadi wajib kamu kunjungi jika main ke Kepulauan Seribu.

Tiga Pantai yang Tak Kalah Cantiknya dengan di Bali

.co.id – Bali memang memiliki pantai yang sangat cantik, inilah salah satu alasan mengapa Bali sangat populer di mata para wisatawan, baik dalam mapun luar negeri. Namun, Indonesia bukan hanya Bali semata.Di daerah lainnya Indonesia pun, kita juga masih punya banyak pantai-pantai yang cantiknya bisa bersaing dengan pantai yang ada di pulau Bali. Nah, berikut ini ada tiga pantai pilihan di luar Bali yang wajib Anda kunjungi. Ada apa saja?Salah satunya ada pantai Ora, Maluku. Pantai Ora terbilang pantai yang masih jarang dikunjungi, alsannya karena letaknya sedikit tersembunyi. Pantai yang terletak di pulau Maluku ini, dijamin suatu saat nanti pasti bisa populer seperti yang ada di Bali.

5 Objek Wisata Tasikmalaya yang Menarik Disambangi

 – Tasikmalaya merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat yang memiliki destinasi wisata asri dan sejuk untuk dikunjungi. Di Tasikmalaya terdapat beberapa tempat wisata yang khas dan menarik. Yang pertama ada Pantai Cipatujah.Siapa sangka, kawasan pesisir selatan Kabupaten Tasikmalaya ini memiliki pantai yang bagus dan eksotis. Pantai tersebut adalah Pantai Selatan Cipatujah, kawasan wisata pantai yang harus Anda kunjungi. Selain itu, juga ada Kampung Naga.Kampung Naga adalah kampung tradisional yang masih dijaga dan dilestarikan. Jika Anda penasaran dengan bagaimana sisi tradisional yang ada di Tasikmalaya, Anda bisa berkunjung ke Kampung Naga.

Tiga Spot Wisata Paling Menarik di Pulau Koh Phi-Phi

.co.id – Leonardo DiCaprio bukan hanya menjadi salah satu daya tarik utama dari pulau ini, namun keeksotisan pulau Phi-phi memang tiada duanya. Pulau Koh Phi-Phi memang tempat wisata di Thailand yang sedang naik daun, karena film yang dibintangi aktor Hollywood tersebut.Pulau Phi-phi bisa menjadi alternatif liburan murah, jika keluar negeri jaraknya dekat dan mudah dijangkau. Jika tertarik mengunjunginya, berikut ada 3 spot wisata yang wajib Anda kunjungi jika jalan-jalan ke pulau Phi-phi.Salah satunya adalah Viking Cave. Spot ini terletak di ujung timur pulau Phi-phi. Viking Cave memang menarik untuk dikunjungi, karena memiliki air laut yang sangat jernih. Selain itu, terdapat pula sebuah gua yang digunakan banyak burung sebagai sarangnya, menjadi daya tarik tersendiri untuk Viking Cave.

Wajib Dikunjungi, Inilah 4 Bukit Paling Ciamik di Indonesia

.co.id – Indonesia memiliki alam yang sangat indah, di Indonesia terdapat banyak bukit yang memesona. Walau berbeda dengan gunung, bukit tetap bisa memperlihatkan keindahan alam.Saat menaiki sebuah bukit, kita pasti akan dihadiahi dengan pemandangan yang tak kalah indahnya saat menaiki gunung. Nah, berikut ini ada empat bukit di Indonesia yang sangat terkenal.Bukit Pianemo, Papua. Raja Ampat memang sangat indah, salah satu spot yang tidak boleh Anda lewatkan jika berkunjung ke sana adalah Bukit Pianemo. Bukit ini akan memperlihatkan kepada Anda betapa eksotisnya tanah yang katanya diturunkan dari surga, yakni laut Raja Amput yang hijau.

Peneliti Jepang Berhasil Ciptakan Es Krim Anti Cair

.co.id – Hampir semua orang pasti menyukai es krim, terutama anak-anak. Namun, saat memakan es krim kita kadang merasa kesal dengan es krim yang mudah meleleh atau mencair. Namun, rasa kesal tersebut sepertinya akan segera hilang.Alasannya, ada penemuan baru yang membuat es krim yang akan kita makan nantinya tidak mudah meleleh. Para peneliti dari pengembangan Bioterapi dari Kanazawa Jepang, baru-baru ini telah menemukan cara pembuatan es krim yang anti meleleh.Penelitian ini berawal dari ketidaksengajaan tentang produk stroberi. Awalnya, pusat pengembangan Kanazawa meminta koki lokal untuk membuatkan permen yang berasal dari stroberi yang tidak laku terjual. Setelah dibuatkan, permen tersebut malah sulit mencair, sehingga terbesit ide untuk pembuatan es krim dari bahan yang berasal dari stroberi. 

Pantai Clungup, Raja Ampatnya Pulau Jawa

 – Keindahan Raja Ampat memang tidak ada bandingannya. Namun, ada sebuah tempat di Pulau Jawa yang ternyata selalu disebut mirip dengan Raja Ampat. Tempat tersebut adalah objek wisata Pantai Clungup. Pantai Clungup ini terletak di Pulau Jawa,  tepatnya di Kota Malang dan persisnya ada di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan.Pantai Clungup memiliki bibir pantai yang sangat bersih, serta memiliki pasir putih yang indah. Berkat keindahannya menjadikan pantai ini semakin menawan. Objek wisata Pantai Clungup diibaratkan sebagai objek wisata Raja Ampatnya Pulau Jawa.Pantai Clungup memiliki gugusan pulau kecil yang menyerupai Raja Ampat, walau tidak terlalu banyak. Pantai Clungup ini memiliki kesaamaan lain yakni air laut yang jernih dan tenang, sehingga keindahnnya hampir mirip dengan Raja Ampat yang ada di Papua sana.

Pesona Curug Bugbrug di Bandung Barat

.co.id – Curug Bugburg merupakan salah satu pesona wisata yang sangat berpotensial di Bandung Barat. Curug atau air terjun Bugbrug ini memiliki air terjun eksoitis yang waijb kamu kunjungi.Debit air terjun Bugburg ini sangat besar, sehingga menimbulkan suara brug ketika jatuh di dasar kolam. Oleh karena itulah, kenapa air terjun ini dinamakan Brugbug atau jika diartikan memiliki arti bertubrukan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter, sedangkan kedalaman kolam dari dasar air terjun ini sekitar 3 meter.Para pengunjung dilarang berenang di sini, karena pusaran air di dalam kolam ini cukup besar sehingga cukup berbahaya. Walau tidak bisa berenang, Anda masih bisa menikmati pesona air terjun ini di pinggiran kolam tersebut. 

Tiga Spot Wisata di Gunungkidul yang Wajib Anda Kunjungi

.co.id – Gunungkidul merupakan sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunungkidul memiliki banyak tempat wisata yang sama hitsnya dengan wilayah lainnya di kota Jogja. Dan berikut ada tiga spot wisata yang sebaiknya jangan Anda lupakan jika mau berwisata ke Gunungkidul.Pantai Ngandong. Pantai Ngandong memang belum terlalu populer, namun pantai ini sangat bersih serta indah. Cocok buat kamu yang ingin snorkeling. Fasilitasnya memang seadanya, tapi cocok untuk mengisi libur Idul Adha.Pantai Slili. Pantai ini tak kalah indah dari Pantai Ngandong. Pantai ini memiliki pasir putih dengan air laut yang tenang, cocok buat kamu yang ingin berenang. Datanglah ke sini saat pagi atau sore hari, karena pemandangannya begitu indah.

Umbul Ponggok, Wisata Air Jernih dari Klaten yang Hits

.co.id – Jika berkunjung ke Klaten, Jawa Tengah sebaiknya sempatkan main ke objek wisata Umbul Ponggok. Di sini Anda bisa menikmati wisata air jernih yang sangat fantasis. Objek wisata Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam air yang berukuran 50 x 25 meter.Air yang jernih dari Umbul Ponggok ini berasal dari sumber mata air alami yang mengalir secara terus-menerus. Kolam air ini berbeda dengan kolam air lainnya, sebab kolam Umbul Ponggok ini dasar kolamnya berupa pasir hitam, serta bebatuan yang dihuni banyak ikan bewarna-warni.Kejernihan airnya membuat Umbul Ponggok mudah sekali dikenal banyak orang. Banyak sekali orang yang mengunjungi objek wisata ini sebagai tempat snorkeling di air tawar. Anda tidak usah khawatir takut tenggelam, sebab kedalaman kolam Umbul Ponggok tidak terlalu dalam. Anda penasaran bukan? 

Tiga Spot Bogor yang Cocok untuk Berwisata Alam

.co.id – Bogor, kota hujan di tataran Sunda yang penuh dengan keindahan alam menakjubkan. Suasana yang asri, tentu membuat siapa pun yang berwisata ke sini betah. Menikmati Bogor bisa dengan berbagai macam cara, misalnya dengan menikmati berbagai kulinernya.Namun, wisata di Bogor jauh lebih terkenal karena alamnya yang sangat menyejukan. Nah, berikut ini terdapat spot wisata alam yang paling cocok dilakukan, jika ingin menyejukan suasana hati. Kira-kira, mana saja? Satu di antaranya ada Leuwi Lieuk. Leuwi Lieuk adalah danau kecil di pedalaman hutan Sentul Bogor, Arena ini masih menyatu dengan Curug Leuwi Hejo. Namun, Leuwi Lieuk sangat memesona dengan air yang masih asri dan juga jernih.

Grand New Watudodol, Pesona Baru Wisata dari Banyuwangi

 – Banyuwangi memiliki objek wisata kelas internasional yang cukup banyak. Tidak heran jika Banyuwangi kerapkali menjadi objek wisata yang diburu oleh banyak turis, dari berbagai daerah baik dalam maupun luar negeri.Baru-baru ini Banyuwangi mendapatkan pengakuan dunia internasional, di mana salah satu objek wisatanya mendapatkan penghargaan sebagai tempat wisata paling bersih tingkat Asean. Objek wisata tersebut dikenal dengan singkatan GWD atau Grand New Watudodol.Grand New Watudodol, merupakan objek wisata pantai baru yang bisa membuat siapapun terpesona. Objek wisata ini dikembangkan dengan cara yang luar biasa, walau baru pantai ini memiliki keindahan yang cukup indah, karena letaknya yang berhadapan dengan selat Bali.

4 Festival Nyeleneh di Jepang, Nomor 4 Bikin Geleng Kepala

.co.id – Dalam bahasa Jepang, festival diartikan sebagai matsuri. Matsuri ini adalah salah satu daya tarik wisata Jepang yang memang sudah menjadi negara tujuan wisata.Matsuri di Jepang pun cukup beragam, mulai dari festival resmi atau kenegaraan, hingga festival nyeleneh sekalipun banyak bertebaran di Negeri Sakura ini. Dari jumlah yang begitu banyak, berikut ada empat festival paling unik dan nyeleneh yang selalu dilakukan masyarakat Jepang.Furano Hokkai Heso Matsuri. Furano Hokkai Heso Matsuri adalah festival pusar, festival ini dilakukan dengan memamerkan lukisan yang dilukis di tubuh seseorang dengan gambar yang unik.

Arsitek Buat Kue, Bentuknya Mengejutkan

.co.id – Membuat kue adalah pekerjaan seorang chef, namun saat para pekerja desain seperti arsitek membuat kue, apa jadinya? Ya, bentuk kue tersebut pasti akan terlihat unik. Inilah yang dilakukan oleh Dinara Kasko asal Ukraina.Ia mengunggah hasil karya kuenya ke akun Instagram resminya. Setelah memostingnya banyak tanggapan dari warganet. Dari berbagai komentar banyak sekali yang memuji keterampilannya. Tentu membuat kue dengan membentuk kue tersebut dengan seni arsitek akan sangat sulit.Berbeda dengan bahan bangunan yang mungkin mudah dibentuk. Membuat kue sesuai bentuk biasa pun terkadang sulit, apalagi jika membuat kue dengan teknik desain yang rumit. Namun, Dinara mengaku tidak menemukan kesulitan yang berarti. 

Lima Spot Wisata di Garut Paling Ciamik

.co.id – Garut adalah salah satu kabupaten yang indah di Jawa Barat, daerah ini dikenal sebagai daerah penghasil dodol. Selain itu, Garut juga terkenal dengan domba garutnya yang memiliki ciri khas yang istimewa.Namun, Garut juga memiliki alam yang sangat indah. Banyak potensi wisata yang bisa kamu jelajahi jika berminat mengunjungi kabupaten ini. Nah, untuk itu, berikut kami informasikan lima tempat wisata paling ciamik yang ada di kabupaten Garut.Gunung Papandayan. Gunung Papandayan juga menjadi salah satu ikon wisata dari kabupaten Garut. Gunung ini memiliki keeksotisan yang mampu membuatmu takjub. Bagi pencinta alam, sebaiknya masukan list Gunung Papandayan sebagai gunung yang kamu daki.

Hilangkan Stres dengan Berwisata ke Pantai Tawang Pacitan

.co.id – Dengan garis pantai kedua terpanjang di dunia, Indonesia memang tidak bisa diragukan lagi dengan pantai-pantai yang indah nan eksotis. Tidak hanya pantai di Bali atau Lombok saja. Daerah lain pun memiliki banyak pantai yang bisa menyangi kedua daerah tersebut.Sebut saja Pacitan, kabupaten yang ada di provinsi Jawa Timur ini ternyata memiliki beberapa pantai yang sangat cantik. Salah satunya ialah Pantai Tawang. Pantai ini memiliki keunikan serta kualitas yang menarik untuk dijadikan salah satu destinasi wisata pantai, dengan air laut yang tenang.Walau tidak berpasir putih seperti pantai di Lombok, Pantai Tawang memiliki keunggulan lainnya. Di sini pula terdapat pasar lelang ikan dari nelayan yang sudah melaut. Anda bisa menikmati acara lelang ikan, jika tertarik Anda juga bisa membeli ikan di sana. Menarik bukan?

Okinoshima, Pulau Keramat dari Jepang yang Melegenda

.co.id – Pada 9 juli 2017, Pulau Okinoshima resmi menjadi salah satu warisan budaya dunia oleh PBB melalui Unesco. Pulau ini menjadi warisan budaya dunia, karena memiliki nilai budaya dan sejarah yang sangat penting.Tidak hanya itu, pulau ini juga dianggap keramat oleh warga Jepang. Alasannya, karena pulau ini dulunya digunakan sebagai tempat ritual kesucian bagi pelaut dan tentara yang bergabung dalam perang Rusia-Jepang.Namun, jauh sebelum itu tempat ini dijadikan tempat pertukaran barang dari berbagai daerah, terutama China dan Korea. Terbukti, di Pulau Okinoshima ada ribuan artefak yang dilindungi. Artefak tersebut ada yang berasal dari dinasti Wei (China), Mangkuk porselin dari Korea, dan beberapa artefak teridentifikasi dari kebudayaan Persia (Iran). 

Enggano, Pulau Terluar Indonesia yang Eksotis

.co.id – Pulau Enggano merupakan pulau yang masih terletak di kabupaten Bengkulu utara. Pulau ini sangat eksotis, namun masih jarang terekspos. Pulau terluar di bagian barat Indonesia ini bisa jadi salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi.Pulau Enggano memiliki pantai indah dengan pasir putih yang menghampar luas di sepanjang pantai. Tidak hanya itu, Pulau Enggano masih sangat bersih dan asri dibanding pulau-pulau lainnya. Di pulau ini Anda juga bisa menyelam untuk melihat keankeragaman hayati laut yang masih sangat terjaga.Ada banyak pantai di sini, dan hampir semua aman untuk Anda kunjungi. Bukan hanya itu saja, ombak yang sedikit besar juga cocok bagi kamu yang ingin berselenacar ria. Penasaran dengan keindahan Pulau Enggano?

Potret Kehidupan di Kota Tertinggi La Rinconada

Jauh di ketinggian 5.000 meter di atas permukaan laut di sebuah pegunungan di negara Peru, ada sebuah pemukiman yang dikenal sebagai La Rinconada. Pemukiman ini diketahui dihuni sekitar 30.000 ribu orang, sudah bertahun-tahun pemukiman ini ada dan saat ini La Rinconada menjelma jadi kota tertinggi di dunia.La Rinconada sebenarnya adalah tempat pemukiman orang-orang yang menambang emas, di sebuah pertambangan emas. Banyak orang yang berbondong-bondong datang untuk mengais harapan, untuk menemukan butiran emas di sebuah pertambangan ilegal.Awalnya, pertambangan ini merupakan pertambangan milik perusahaan terkenal namun pemilik dari perusahaan seperti tidak peduli, dengan eksodus para penambang ilegal yang mencari emas di sekitaran tambang.

Berat, Kota Seribu Jendela dari Albania

Kota Berat terletak di selatan negara Albania. Kota ini terkenal dengan arsitekturnya yang sangat menakjubkan. Kota ini sudah menjadi situs warisan dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO sejak tahun 2005.Hal ini melihat dari sejarah, budaya, dan karakter kota yang menjadi tempat akulturasi dari bebagai nilai budaya dari generasi berbeda yang ada di dunia. Berat, bisa dibilang sebagai kota yang pernah dikuasai oleh Kekaisaran Romawi, Bisantium hingga masa Ottoman Turki yang berkuasa di tanah Eropa.Maka dari itu, kota Berat sangat populer sekali akan nilai sejarah dan budayanya. Tak hanya itu, kota ini juga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Berat, bahkan dijuluki sebagai kota seribu jendala. Hal ini karena arsitektur rumah di kota berat sangat mengagumkan.