Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Wisata Religi Saat Ramadan? Coba Kunjungi 8 Masjid Ini

 – Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, Indonesia mempunyai banyak masjid yang megah, menarik, dan penuh cerita sejarah di balik pembangunannya. Selain sebagai tempat ibadah, beberapa masjid ini memiliki fungsi lain yaitu sebagai wisata religi bagi umat islam.Nah, di bulan Ramadan ini rasanya sangat tepat untuk bisa berwisata religi ke beberapa masjid yang ada di Indonesia. Selain jalan-jalan dan beribadah, kita juga bisa belajar sejarah dan budaya setiap daerahnya dalam menyambut bulan Ramadan.Dan berikut ini terdapat 8 masjid di Indonesia yang layak untuk Anda kunjungi saat bulan Ramadan ini. Dimulai dari sisi Timur Pulau Jawa, tepatnya di Malang Jawa Timur, terdapat satu masjid yang sangat fenomenal yaitu Masjid Tiban di Turen, Malang, Jawa Timur. 

5 Cara Mudah Menabung Buat Kamu yang Susah Menyisihkan Uang

 – Ingin traveling tapi belum ada budget uang yang cukup? Ya jawaban yang paling simpel adalah dengan menabung. Memang menabung ini bisa dibilang gampang-gampang susah lho, bukan perkara berapa uang jajanmu atau penghasilanmu, namun semua itu tergantung niat dan sedikit memakasakan diri untuk menyisihkan uang.Nah maka dari itu, kali ini kita bakal bahas bagaimana sih cara mudah untuk menabung dan menyisihkan uang? Selain mudah cara berikut ini juga sangat efektif lho. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.1. Menabung Secara BerjamaahPernahkah kamu menabung secara berjamaah? Ternyata kegiatan itu sangat berguna dan bekerja degan baik untuk kita yang susah banget untuk menyisihkan uang.

5 Cara Mudah Menabung Buat Kamu yang Susah Menyisihkan Uang

 – Ingin traveling tapi belum ada budget uang yang cukup? Ya jawaban yang paling simpel adalah dengan menabung. Memang menabung ini bisa dibilang gampang-gampang susah lho, bukan perkara berapa uang jajanmu atau penghasilanmu, namun semua itu tergantung niat dan sedikit memakasakan diri untuk menyisihkan uang.Nah maka dari itu, kali ini kita bakal bahas bagaimana sih cara mudah untuk menabung dan menyisihkan uang? Selain mudah cara berikut ini juga sangat efektif lho. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.1. Menabung Secara BerjamaahPernahkah kamu menabung secara berjamaah? Ternyata kegiatan itu sangat berguna dan bekerja degan baik untuk kita yang susah banget untuk menyisihkan uang.

Keseruan Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia Jelajahi Dubai

 – Siapa coba yang tidak ingin liburan ke Dubai? Dubai menjadi salah satu destinasi liburan favorit keluarga dengan taman hiburan, pantai, brunch, dan berbagai pengalaman menarik lainnya yang sangat menyenangkan.Tak sedikit selebriti Indonesia juga telah menikmati liburan keluarga di sana, seperti salah satunya adalah Glenn Alienskie dan Chelsea Olivia. Banyak hal keren dan unik yang bisa dinikmati di kota ini, seperti bangunan-bangunan pemecah rekor dunia, kebudayaan tradisionalnya, dan pulau buatan manusia yang terletak tepat di pinggir garis pantainya.Karena keunikan dan keindahannya, membuat pasangan selebriti Glenn Alienskie dan Chelsea Olivia lebih memilih untuk menelusuri Dubai layaknya petualang. Wah, jadi penasaran bukan keseruan mereka?

Unik, Museum Macan Hadirkan Pameran Yayoi Kusuma

 – Setelah dibuka pada November 2017, museum seni modern dan kontemporer pertama di Indonesia, Museum MACAN, akan membawa Yayoi Kusuma: Life is The Heart of A Rainbow. Pameran survei yang telah sukses di berbagai negara ini, akhirnya ke Jakarta pada 12 Mei - 9 September 2018.Pameran survei Yayoi Kusama ini berfokus pada perkembangan artistik sang seniman selama hampir 70 tahun. Dimulai dengan karya dari era 1950-an. Menampilkan lebih dari 130 karya yang menggambarkan kreativitas sang seniman, dan periode-periode penting dalam karier dan hidupnya.Pameran ini adalah penampilan kumpulan karya Yayoi Kusama, terbesar yang pernah diadakan di Indonesia. Sejak pembukaannya, Museum Macan telah memamerkan karya instalasi Yayoi Kusama, Infinity Mirrored Room – Brilliance of the Souls (2014), di area Taman Patung.

Bukit Tranggulasih, Spot Sunset Cantik dari Banyumas

 – Sudah kenal dengan Bukit Tranggulasih? Ya, bukit yang satu ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat luar biasa, terutama saat pagi hari dengan sunrisenya, dan sore hari dengan sunsetnya.Bicara soal bukit Tranggulasih, lokasi ini sebenarnya sudah dikenal sejak jaman dulu, khususnya warga sekitar Banyumas. Dahulunya bukit ini lebih dikenal dengan lokasi camping paling favorit di Banyumas.Seiring perkembangan jaman Bukit Tranggulasih dipoles kembali, dan mulai dikenal lebih luas karena adanya sosial media. Sampai sekarang Bukit Tranggulasih selalu dipadati oleh pengunjung, baik dari dalam Banyumas maupun luar.

7 Fakta di Balik Bakpia, Oleh-oleh Khas Yogyakarta

 – Siapa yang tak kenal dengan Bakpia, salah satu makanan khas yang wajib dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Yogyakarta.Mungkin diantara kalian ada yang pernah atau sering membawa oleh-oleh makanan yang satu ini, berbentuk bulat kecil namun memiliki rasa yang nikmat. Sama seperti halnya gudeg jogja, bakpia juga sudah menjadi makanan serta oleh-oleh yang sangat khas dari kota pelajar ini.Di balik cita rasa Bakpia yang nikmat terdapat beberapa cerita dan fakta yang sangat unik, bahkan bisa dibilang aneh dan tidak disangka-sangka.

9 Tempat Sarapan Pagi Terenak di Yogyakarta

 – Kuliner di Yogyakarta tidak diragukan lagi kenikmatannya, mulai dari jajanan unik, aneh, hingga tradisional sekalipun bisa kamu temukan di kota pelajar ini. Nah pada kesempatan kali ini, kita bakal bahas tentang kuliner asyik dan enak untuk sarapan pagi di Yogyakarta.Selain sangat nikmat, beberapa menu makanan khas sarapan pagi ini tidak akan bisa ditemukan di tempat lain. Lantas, di mana saja tempatnya? Tempat paling tepat yang bisa kamu pilih untuk menikmati sarapan yaitu Gudeg Yu Djum Wijilan.Siapa sih yang tidak kenal dengan Gudeg Yu Djum? Namanya sudah sangat populer dan melegenda. Selain rasanya sangat enak, Gudeg Yu Djum juga bisa dinikmati saat pagi hari dan bisa dimasukkan ke dalam menu sarapan pagi terenak yang ada di Yogyakarta.Baca Selengkapnya ...

5 Tips Nyaman Menikmati Malioboro Yogyakarta

 – Siapa yang tidak kenal dengan Malioboro, salah satu ikon pariwisata Jogja ini sudah memiliki nama besar yang sangat melekat pada wisatawan. Selain tempat untuk bersantai menikmati kota Jogja, Malioboro juga kaya dengan beragam penjaja jualan.Mulai dari oleh-oleh, kuliner kerajinan maupun kesenian semua bisa kamu temukan di Malioboro. Tak heran, jika wisatawan menjadikan Malioboro sebagai destinasi wajib saat berkunjung ke kota gudeg ini. Malioboro juga menajadi salah satu poros kota Jogja.Di mana, setiap harinya dari pagi sampai pagi lagi akan selalu ramai dengan pengunjung  yang ingin menikmati suasana kota Jogja. Rasanya, tak pernah bosan untuk lagi dan lagi menikmati kota Yogyakarta. Berikut ini terdapat cara agar kamu nyaman menikmati Malioboro. 

7 Tips Memilih Tempat Duduk yang Nyaman di Kereta Api

 – Saat ini transportasi umum sudah mulai ramai-ramai digemari oleh masyarakat, baik itu bus maupun kereta api. Hal itu merupakan buah dari upaya pemerintah dalam melakukan perbaikan transportasi publik, sehingga masyarakat lebih memilih transportasi umum untuk mengantarkan sampai tujuan.Berbagai fasilitas yang disediakan transportasi umum saat ini, harus meningkatkan kepuasan para penggunanya. Terlebih sebentar lagi memasuki libur lebaran dan arus mudik, maka transportasi umum khususnya kereta api menjadi pilihan pertama para pemudik.Selain anti macet, layanan di kereta saat ini sudah jauh lebih baik dari berbagai sisi. Apalagi sekarang, kereta api ekonomi pun sudah benar-benar berbeda dengan yang dulu. Desain yang mewah dan tempat duduk yang lebih nyaman, sudah bisa kita dapatkan di kelas ekonomi.

Telek Oseng, Enviromental Art di Watu Payung Gunungkidul

 – Pasti Anda akan mengerutkan dahi, ketika mendengar "Telek Oseng". Kira-kira, apa sih Telek Oseng itu? Telek Oseng merupakan judul pameran environmental art yang digagas oleh Wisnu Ajitama dan Pandai Ruang.Telék Oséng ini hadir sebagai ruang meditasi bagi masyarakat industri maupun masyarakat yang lelah dengan hiruk-pikuk kendaraan di perkotaan, serta gerak masyarakat yang dituntut untuk serba cepat. Di mana, ruang-ruang publik telah terkontaminasi oleh modernisasi dan digitalisasi.Mau tidak mau, masyarakat memerlukan segala kebutuhan dengan kecepatan yang fantastis tanpa sempat menyadari kemungkinan-kemungkinan yang bisa diciptakan dari alam. Pameran "Telek Oseng" bertujuan untuk memberdayakan material alam sebagai bentuk estetika lingkungan.

Deretan Wisata Menarik di Kulon Progo, Jangan Dilewatkan

 – Berbicara tentang Yogyakarta seakan tak ada habisnya, kota dengan sejuta pesona ini menawarkan berbagai macam hal yang membuat pengunjung merasa rindu untuk kembali ke kota ini. Selain dikenal sebagai kota pelajar, Jogja juga dikenal sebagai kota wisata, karena memang di sini semuanya ada.Geliat perkembangan wisata yang semakin hari semakin ramai, ternyata juga berdampak pada kemajuan pariwisata di masing-masing kabupaten di Yogyakarta, tak terkecuali salah satunya kabupaten Kulon Progo. Bagi yang belum tahu, kabupaten Kulon Progo merupakan kabupaten paling Barat dari Jogja yang berbatasan langsung dengan Purworejo Jawa Tengah.Perlahan tapi pasti, perkembangan pariwisata di Kulon Progo menjadi daya tarik untuk wisatawan. Kulon Progo juga kaya akan destinasi wisata, mulai dari deretan pantai, wisata alam, bahkan camping ground, semuanya ada di sini.

Begini Langkah Pembuatan Paspor Baru Secara Online 2018

 – Liburan di luar negeri tentu menjadi dambaan tersendiri, namun sebelum melakukannya tentu ada persyaratan yang wajib dipenuhi yang tidak lain dan tidak bukan adalah paspor. Paspor adalah dokumen resmi yang menjadi identitas kita saat melakukan perjalanan antar negara.Jadi, jika sekarang belum punya paspor, segera bikin daripada menunda-nunda. Nah sebelum membuat, pahami dulu syarat pembuatan paspor yang diperlukan, seperti E-KTP asli dan fotokopi akta kelahiran, surat nikah, ijazah terakhir, atau surat baptis asli dan fotokopi (cukup pilih salah satu dokumen yang di dalamnya terdapat informasi nama, tempat tanggal lahir, dan nama orang tua).Di era teknologi sekarang ini, membuat paspor akan lebih mudah dengan sistem online. Caranya cukup mudah dan tidak rumit. Penasaran bagaimana langkah-langkah membuat paspor online?

Berburu Sunset Sambil Naik Jeep di Pantai Samas

 – Wisata jeep di Jogja tak harus di Kaliurang atau kawasan Merapi. Menikmati keindahan alam dengan mengendarai mobil off-road di Jogja tak hanya di kawasan pegunungan saja. Tawaran yang keren, kini juga datang dari kawasan Pantai Selatan.Lebih tepatnya lagi di pesona Pengklik Pantai Samas. Pengelola wisata pesona Pengklik Pantai Samas menawarkan paket wisata Jeep Samas. Bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) maupun komunitas otomotif di kawasan Pantai Samas, Desa Srigading, Sanden, Bantul mereka membuat paket wisata jeep kawasan pantai.Yang ditawarkan pada paket wisata Jeep Samas ini memang lain dengan Wisata Jeep Lava Tour. Suasana lain, trek juga berbeda. Tapi tetap tidak kalah menantang dari lainnya. Penasaran bukan?

Ini Dia Lift Tertinggi di Dunia, Menegangkan tapi Indah

 – Pernah terbayangkan lift tertinggi di dunia itu seperti apa? Nah, lift yang satu ini ternyata memiliki ketinggian 300 meter yang diberinama The Bailong Elevator. The Bailong Elevator merupakan lift outdoor paling tinggi di dunia. The Bailong Elevator terletak di Taman Hutan Nasional Zhangjiajie Tiongkok.Selain sangat tinggi, lift outdoor ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat luar biasa. Lift outdoor tertinggi di dunia ini mengantarkan pengunjung ke puncak di salah satu tebing Taman Hutan Nasional Zhangjiajie. Dari puncak tebing ini kita bisa menemukan keindahan yang sangat luar biasa.The Bailong Elevator ini diresmikan pertama kali pada april 2002 dan memiliki 3 lift yang bisa mengantarkan 4000 pengunjung setiap jamnya. Dengan kecepatan tiga meter per satu detik, pengunjung bisa mencapai tebing hanya dalam waktu 2 menit saja. 

Kapan Waktu yang Pas untuk Liburan ke Pulau Komodo?

 – Siapa sih yang tidak ingain liburan di Pulau Komodo? Selain bisa menikmati pemandangan alam yang sangat luar biasa, kita bisa menemui hewan pruba yang masih hidup sampai sekarang, yakni Komodo.Nah, tahukah kamu tentang kapan waktu yang pas untuk liburan ke Pulau Komodo? Berikut ini ulasan lengkapnya. 1. Bulan Januari-Maret. Cukup baik untuk sekadar naik perahu sampai berlayar dan melihat Komodo di Pulau Komodo ataupun tetangganya Pulau Rinca.Tapi, pada bulan Januari ini biasanya masih masuk dalam musim hujan, dan mengharuskan aktivitas diving tidak direkomendasikan untuk bulan ini. Namun, kita bisa menikmati festival reba, acara ini merupakan festival panen tahunan.

6 Tempat Wisata Malang Bak di Luar Negeri

 – Bicara soal tempat wisata di Malang tentu sangat menyenangkan. Hal ini karena Malang merupakan daerah yang memiliki banyak pesona wisata, mulai dari wisata alam, edukasi, sampai yang unik yang membuat kita sedang berada di luar negeri.Jadi, buat kalian yang ingin liburan ke luar negeri namun biaya belum mencukupi, Malang raya adalah pilihan tepatnya. Nah terus di mana saja wisata di Malang yang akan membuat kita seperti sedang di luar negeri?1. Hobbiton di Taman Kelinci PujonUntuk yang pertama adalah Hobbiton Taman Kelinci yang berloasi di Malang (Pujon-Batu). Di sini kita bakal disuguhkan pesona alam yang indah dan tentunya Rumah Hobbit atau kelinci, seperti yang ada di film Lord Of The Rings dan Film The Hobbit yang berada di Selandia Baru.

Takut Naik Pesawat Terbang? Jangan Panik, Ini Tipsnya

 – Pesawat terbang adalah alat transportasi yang bisa dibilang sangat efisien. Selain nyaman, naik pesawat terbang tentu sangat menghemat waktu. Namun, memang tidak sedikit orang yang takut naik pesawat terbang. Hal ini terjadi bisa karena beberapa faktor.Mulai dari merasa takut dengan ketinggian, cemas yang berlebihan sampai baru pertama kali menjajal naik pesawat terbang. Ketakutan saat naik pesawat terbang tentu menjadi hal yang sangat mengganggu. Bukan begitu?Apalagi bagi seseorang yang harus bekerja keluar kota dengan jarak yang jauh dan mengharuskan transportasi udara untuk mobilitasnya. Tapi jangan khawatir, Anda bisa mengatasi rasa ketakutan tersebut dengan cara berikut ini. 

Tergoda dengan Indahnya Bukit Seribu Bintang Kuningan

 – Sudah pernah mendengar Bukit Seribu Bintang? Mungkin yang terbayang adalah bukit bintang yang ada di Yogyakarta. Memang hampir mirip namanya, namun untuk lokasi dan sensasinya sangat jelas berbeda. Hal tersebut karena, tempat ini  berada di Jawa Barat dan terletak tepat di Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan Jawa Barat.Lalu, mengapa tempat ini disebut sebagai bukit 1000 bintang? Dari namanya saja, sudah jelas alasannya. Saat malam hari di tempat ini kita bisa menikmati ribuan bintang yang bersinar dengan catatan cuaca mendukung. Lantas, apa yang menakjubkan dari Bukit 1000 Bintang ini?Selain tempat untuk menikmati langit dengan hiasan bintang di malam hari, tempat yang berada di bawah Gunung Cermai ini juga menawarkan area camping ground yang luas, disertai pemandangan indah di sekitarnya. Tak percaya?

Petolo Mayang, Jajanan Nikmat di Solo yang Hampir Hilang

 – Bicara soal kuliner di Indonesia memang tidak ada habisnya, mulai dari yang modern sampai yang hampir menghilang seperti Petolo Mayang ini pun ada. Mungkin masih asing di telinga kalian, tentang jajanan seperti apa Petolo Mayang ini?Nah kali ini kami akan ulas Petolo Mayang yang sekarang sudah hampir hilang. Padahal jika sudah mencoba kenikmatannya, tidak ada tandinganya dan ingin nambah lagi. Petolo Mayang merupakan jajanan tradisional yang bisa dibilang mirip dengan gempol pleret.Adonan untuk membuat Petolo Mayang, menggunakan tepung beras yang dibentuk seperti pempek yang keriting dan  adonan tersebut kemudian dikukus. Untuk penyajiannya biasanya dihidangkan bersama ketan srikaya, serabi dan disiram dengan santan hangat yang sudah diberi gula merah.

Sebelum ke Taj Mahal, Perhatikan 5 Aturan Ini Lebih Dulu

 – Siapa yang tak mau jika diberi kesempatan untuk pergi berlibur ke luar negeri? Saya yakin pasti banyak di antara kalian yang akan menerima tawaran tersebut. Kapan lagi bisa jalan-jalan ke luar negeri mengunjungi berbagai tempat yang menarik, dan penuh nilai sejarah.Seperti halnya mengunjungi salah satu bangunan favorit di India yaitu Taj Mahal, bangunan yang dibangun pada abad ke 17 ini memiliki arsitektur begitu indah. Tidak heran, jika sampai saat ini tercatat setiap tahunnya pengunjung Taj Mahal bisa mencapai 7-8 juta. Luar biasa, bukan?Ya, dengan jumlah yang fantastis tersebut, maka pemerintah India membuat kebijakan yaitu membatasi jumlah pengunjungnya, yaitu 40 ribu setiap harinya. Kebijakan tersebut digunakan untuk menjaga bangunan tersebut agar tetap terawat.

Lima Tips Buang Air Besar saat Mendaki Gunung

 – Mengisi hari libur dengan mengunjungi berbagai tempat memang sudah menjadi kebutuhan saat ini. Selain untuk refreshing, berlibur juga dapat mengembalikan mood sehingga siap untuk kembali menghadapi banyaknya pekerjaan yang sudah menunggu untuk diselesaikan. Mau mengisi liburan ke pantai ataupun ke gunung, itu tergantung pilihan masing-masing. Yang pasti, semua tempat tersebut menyuguhkan pemandangan indah yang khas.Bagi Anda yang memiliki hobi untuk mendaki atau naik gunung, maka sudah seharusnya mempersiapkan beberapa hal sebelum berangkat. Mulai dari peralatan dan perlengkapan sampai makanan. Jangan sampai ketika sudah sampai di puncak, kita bingung dan kelaparan karena tidak membawa bekal makanan serta minuman yang cukup.Selain beberapa persiapan tersebut, masih ada persiapan lain yang perlu diperhatikan, yaitu kebersihan. Tidak jarang ketika kita sudah sampai di puncak kita bingung saat ingin buang air besar. Karena sudah pasti di puncak tidak ada toilet umum yang bisa dipergunakan. 

Mengenal Kesenian Angguk Tarian Khas Kulon Progo

 – Kabupaten yang menjadi perbatasan paling barat Yogyakarta, termasuk kaya dalam hal tempat wisata. Segalanya ada di sini, mulai dari deretan pantai di sebelah selatan sampai wisata alam di perbukitan menoreh, yang menawarkan pemandangan indah dengan udara sejuk khas pegunungan.Selain tempat wisata yang sangat menarik, kita juga bisa menikmati berbagai kesenian dan budaya yang ada di sini. Dan salah satu yang paling unik adalah kesenian tradisional Angguk.Pernahkah mendengar atau menyaksikan kesenian Tari Angguk yang menjadi tarian khas Kulon Progo? Kesenian ini sudah ada sejak zaman dahulu dan sudah diwariskan secara turun temurun ke beberapa generasi. Seiring perkembangan zaman, tarian ini juga mengalami berbagai perubahan namun tetap bertahan dengan sejarahnya.