Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

www.matrapendidikan.com

Blog Artikel Pendidikan Anak.

Yang Menarik dari Obor Peserta Pawai Keliling

.co.id – Pawai obor adalah semacam kegiatan berjalan kaki bersama sambil membawa obor. Obor yang digunakan terbuat dari bambu atau talang lemang. Di Minangkabau, obor dari talang lemang ini disebut dengan pusuang. Bahan bakar obor dari bambu atau talang lemang adalah minyak tanah.Dikatakan obor karena api berasal dari sumbu yang terbakar. Sumbu obor terbuat dari kain bekas berbahan dasar kapas. Obor lazimnya digunakan sebagai sumber cahaya penerangan. Sebelum masuk listrik penerangan ke wilayah pedesaan, sebelum banyak dijual senter maupun lilin, orang di daerah pedesaan ini banyak yang menggunakan obor sebagai alat penerangan untuk keluar rumah.Namun di era milenial ini obor dijadikan sebagai pelengkap untuk kegiatan tertentu, seperti pawai obor dalam memperingati hari besar Islam, peringatan tahun baru Islam, merayakan lebaran Idul Fitri dan Idul Adha.

Kerbau Suka Berkubang di Lumpur, Ini Alasannya

.co.id – Kerbau merupakan hewan ternak atau peliharaan dari golongan mamalia yang bertubuh besar. Ternyata hewan ini memiliki kebiasaan unik. Kerbau suka berkubang di lumpur atau berendam dalam air. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pengaruh panas (kalor) pada tubuhnya.Ada apa dengan tubuh kerbau? Kenapa hewan ini lain dari sapi dan kuda? Dan sapi tidak suka berendam atau berkubang di lumpur? Ya, Hary Delfingra, S.Pd, kontributor kami mengirim gambar kawanan ternak kerbau untuk memperkuat penjelasan dalam artikel ini.Beberapa kawanan kerbau sedang berkubang di lumpur hitam yang pekat. Secara alamiah, kerbau memang termasuk hewan ternak yang tidak tahan dengan panas atau cuaca panas. Kerbau memiliki kulit di seluruh permukaan tubuhnya yang berwarna gelap.

Peran Ibu dalam Pendidikan Anak di Lingkungan Keluarga

 – Seorang ibu memegang peranan penting dalam proses pendidikan anak. Kenapa tidak? Pendidikan pertama bagi anak di lingkungan keluarga diperoleh langsung melalui seorang ibu. Dapat dikatakan, ibu adalah pendidik pertama bagi anak dalam proses pendidikannya.Seperti sudah diketahui bahwa pendidikan anak di lingkungan keluarga lebih diarahkan pada pembentukan karakter anak. Seorang ibu lebih dekat dengan anak, lebih mengerti dan memahami karakter anaknya. Oleh sebab itu, seorang ibu menjadi ‘nara sumber’ utama bagi anak dalam pengembangan pendidikan karakter di rumah tangga. Pemberdayaan peranan ibu dalam proses pendidikan anak akan mengantarkan anak bangsa yang berbudi luhur. Jayanya suatu bangsa tidak semata karena penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Lebih dari itu, karena karakter dan ciri khas bangsa yang berbudi pekerti mulia.

Pendapatan Adsense Anjlok? Fokuslah pada Trafik Pengunjung

.co.id – Bukan lagi menjadi rahasia kalau publisher Adsense (Indonesia) saat ini sedang mengalami permasalahan yang hampir sama. Pendapatan Adsense mengalami penurunan drastis alias anjlok, terutama selama tahun 2017 ini.Sejauh pengamatan kami, permasalahan penurunan penghasilan Adsense bukan disebabkan oleh publisher Adsense. Segala upaya sudah dilakukan, mulai dari optimasi blog, artikel, sampai optimasi iklan Adsense itu sendiri.Namun apa hendak dikata, penurunan pendapatan itu tetap terjadi. Hanya persentase penurunannya saja yang berbeda-beda. Sebagai salah seorang publisher Adsense, kami mengira penurunan earnings Adsense disebabkan oleh anjloknya nilai biaya klik iklan (BPK).

Negeri Ini Subur untuk Ditanami Tumbuhan

 – Ya, tak salah lagi. Negeri ini ditakdirkan dalam kondisi tanah yang subur. Jika tanahnya subur berarti rakyatnya akan makmur. Jika tidak demikian adanya, berarti ada yang tidak beres dengan anak penghuni negeri ini dalam memanfaatkan kesuburan tanah.Negeri ini memang subur. Apa yang ditanam pasti tumbuh. Tongkat ditanam bisa jadi tanaman. Salah satunya batang singkong. Stek batang singkong akan tumbuh dengan subur dan berumbi. Ubi kayu alias singkong alias ketela pohon, paling tidak untuk direbus.Bosan makan singkong rebus, bisa diolah menjadi singkong goreng, tape singkong, lepat singkong, dan sebagainya. Tape singkong diolah lagi menjadi goreng tape singkong. Jika Anda berdomisili di daerah pedesaan, tentu akan melihat sawah atau ladang dan hutan.

Ubi Jalar Ini Bikin Siswa Kaget

.co.id – Siswa SMPN 4 Lintau Buo, merasa kaget setelah menemukan ubi jalar berukuran cukup besar saat panen di kebun sekolah tersebut. Mereka panen ubi jalar di kebun kelas didampingi oleh guru mata pelajaran muatan lokal Keterampilan Pertanian.“Saya benar-benar kaget, pak. Selama ini saya belum pernah melihat buah ubi jalar sebesar itu,” kata seorang siswa kepada saya. Berdasarkan pengamatan saya, ubi jalar tersebut berdiameter lebih kurang 30 cm dan beratnya mencapai 5 kg lebih.Ubi jalar berukuran tidak biasa tersebut dibawa dan ditaruh di atas meja guru mata pelajaran Keterampilan Pertanian di ruang kantor majelis guru. Sementara itu, H.Aditiawarman, guru mata pelajaran Keterampilan Pertanian SMPN 4 Lintau Buo, mengatakan bahwa, fakta ubi jalar berbuah sebesar itu bisa saja terjadi.

Fungsi Rumah dalam Perspektif Pendidikan Anak

 – Rumah merupakan tempat tinggal dan berlindung bagi anggota keluarga dari pengaruh luar yang kurang baik. Rumah akan melindungi anggota keluarga dari sengatan cahaya matahari, cuaca dingin, dan akses lain yang merugikan.Dalam perspektif pendidikan anak, rumah yang baik tidak hanya sekadar rumah yang memenuhi syarat kesehatan. Lebih dari itu, rumah yang baik bagi anak dapat memenuhi beberapa fungsi yang terkait dengan kebutuhan dan pendidikan anak.Rumah yang baik bagi anak, tidak harus rumah megah. Tidak mesti rumah permanen atau tidak. Rumah pribadi atau rumah kontrakan. Namun rumah tersebut memenuhi kebutuhan anak yang sedang menjalani proses pendidikan.

Uniknya Prinsip dan Cara Kerja Sebuah Ketapel

.co.id – Tahukah Anda ketapel itu apa? Atau pernahkah Anda membuat ketapel mainan untuk anak, bahkan untuk Anda gunakan sendiri? Bagaimana prinsip kerja ketapel saat digunakan? Ya, sebuah ketapel terdiri dari tiga komponen, yaitu gagang, karet, dan alas.Gagang ketapel terbuat dari bahan kayu bercabang. Namun ada juga dari bahan kayu yang tidak bercabang. Komponen kedua adalah karet pegas. Karet pegas paling sederhana terbuat dari karet gelang yang dirangkai sedemikian rupa.Alas ketapel terbuat dari kain atau karet pejal. Alas ini berguna untuk menempatkan batu atau kerikil untuk dilontarkan. Ketiga komponen ketapel bekerja secara sinergis sehingga dapat melontarkan benda dengan baik.

Uniknya Ikan Buntal Air Tawar Ini

.co.id – Pernahkah Anda mendengar nama ikan buntal? Kalau belum, berikut ini disajikan tentang ikan buntal dan keunikan ikan tersebut. Ikan buntal tidak hanya terdapat di laut. Di air tawar atau payau, seperti sungai, danau dan telaga, juga terdapat ikan buntal. Ikan ini tidak lazim dikonsumsi, entah karena dagingnya tipis, atau zat yang dikandung tubuhnya tidak baik bagi kesehatan.Seperti apa bentuk ikan buntal air tawar? Gambar ikan buntal diperoleh melalui seorang rekan, Hary Delfingra, S.Pd yang hobi memancing dan memanah ikan di sungai. Penjala ikan atau pemancing ikan di sungai tidak mau mendapatkan ikan buntal. Namun, kadang-kadang ikan ini sering terperangkap jala lempar atau tersangkut pada mata kail pancing.Ikan ini termasuk salah satu ikan air tawar yang berperilaku unik. Dapat mengubah volume atau ukuran tubuhnya. Pada foto yang saya dapat, ikan buntal sedang mengubah volume tubuhnya menjadi besar dan bulat seperti bola besar dengan kulit kasar. Saat bebas berenang di air, ikan buntal bertubuh normal. Namun, ketika tersentuh atau terperangkap jala lempar atau tersangkut pada mata kail, tubuh ikan ini berubah jadi besar. 

Pembinaan Potensi dan Bakat Siswa Melalui Kegiatan Osis

.co.id – Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Hal ini terbukti dengan bangsa yang memiliki kualitas sumber daya manusia yang tinggi berawal dari sistem pendidikan yang bagus.Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan, bahwa pendidikan Indonesia berfungsi untuk mengembangkan kemampuan, membentuk watak, serta peradaban bangsa, yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa.Selain itu, pendidikan Indonesia juga bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Lima Semangat Sumpah Pemuda untuk Pelajar

 – Anak sekolah pada umumnya sudah hafal kalau Hari Sumpah Pemuda diperingati tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Mereka juga sudah mengetahui bagaimana proses tercetusnya Sumpah Pemuda. Intinya adalah semangat pemuda untuk mewujudkan keinginan mencapai kemerdekaan.Semangat untuk bersatu dalam keberagaman tertuang dalam ikrar bertanah air satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan berbahasa satu bahasa Indonesia. Dan, kemerdekaan yang diproklamirkan tanggal 17 Agustus 1945, adalah titik kulminasi semangat perjuangan bangsa Indonesia umumnya dan generasi muda pada umumnya.Hikmah apa yang perlu dipetik dari semangat sumpah pemuda? Jika dulu orang berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan, maka saat ini berorientasi untuk mengisi kemerdekaan itu. Mengisi kemerdekaan dengan kegiatan pembangunan di segala bidang.

Lima Indikator Kesuksesan Orangtua Mendidik Anak

 – Banyak orang beranggapan, orangtua yang sukses dalam mendidik anak adalah orangtua yang berhasil menghantarkan anaknya menjadi sarjana dan berhasil dalam karier. Anggapan itu tidak salah, namun tidak juga benar seluruhnya.Hakikat orangtua sukses mendidik anak bersifat relatif. Tergantung dari sudut mana orang tersebut memandang. Namun demikian secara universal, sukses mendidik menyangkut dalam berbagai aspek.Seorang anak taat beribadah, santun bersikap dan bertingkah laku, serta memiliki kecakapan untuk mengatasi masalah hidup dan kehidupan. Berkaitan dengan ini, paling tidak ada tiga pertanyaan yang perlu diajukan.

3 Hal Ini Mungkin Wajib Anda Tanyakan pada Anak

 – Orang tua mana yang tidak memiliki kepedulian pada anaknya. Semua orang tua pasti mempunyai perhatian terhadap anak, baik yang masih bersama di rumah maupun yang jauh dari rumah.Perhatian orang tua terwujud dalam bentuk pemenuhan kebutuhan jasmani maupun rohani. Termasuk di dalamnya kebutuhan akan biaya pendidikan anak. Semua itu bertujuan untuk menciptakan suasana di mana anak dapat belajar dengan tekun di sekolah maupun di perguruan tinggi.Perhatian orang tua belum akan lepas bila anak-anak sudah jauh dari rumah. Jauh dari rumah karena melanjutkan pendidikan di tempat lain. Orang tua tidak dapat bertemu muka setiap hari dengan anak karena mereka tinggal di indekos. Kalau pulang ke rumah, itu dalam waktu tertentu. Sekali seminggu atau sekali sebulan.Ketika anak tinggal di indekos, otomatis tanggung jawab orang tua dalam pengawasan diserahkan sementarakepada pemilik indekos. Orangtua tidak mungkin memantau dan mengawasi anak setiap hari.

Menulis Kreatif Sulit? Lakukan Enam Cara Ini

 – Siapa pun akan memahami kalau menulis itu menjadi susah bagi seseorang apabila tidak didasari oleh minat dan keterampilan untuk menulis. Namun, minat menulis kreatif itu bisa dibangkitkan. Keterampilan menulis kreatif itu bisa dilatih.Anda yang berkemauan menulis namun merasa tidak mampu menulis, ini lebih baik dan berpotensi untuk terampil menulis. Kenapa? Kemauan adalah kunci untuk melakukan sesuatu, termasuk menulis. Kemauan itu bisa lagi dibangkitkan melalui berbagai pendekatan dan metode.Dengan adanya kemauan menulis dan membiasakan diri berlatih, terlepas dari berkualitas atau tidak sebuah tulisan, maka suatu saat menulis menjadi gampang bagi Anda. Nah, bila menulis kreatif itu masih susah, apa yang perlu Anda upayakan? Coba simak uraian berikut ini.

Makna di Balik Melepas Balon ke Angkasa

 – Peringatan HUT PGRI ke- 72 dan HGN 2017 di SMPN 2 Lintau Buo ditandai dengan berbagai kegiatan. Di antaranya adalah upacara bendera yang pelaksananya adalah guru dan tenaga kependidikan di sekolah. Kemudian, acara pemotongan kue ulang tahun PGRI dan pelepasan balon ke angkasa.Para guru dan tenaga kependidikan masing-masingnya menerima dan memegang balon yang diberi oleh kepala sekolah. Kemudian, balon itu dilepas ke angkasa dengan serentak sehingga membentuk formulasi unik di angkasa. Lalu, apa makna pelepasan balon itu?Balon menjadi salah satu benda ringan berisi gas oksigen atau helium, yang dijadikan sebagai ungkapan perasaan seseorang atau kelompok. Biasanya, balon itu dipilih aneka warna sehingga menarik untuk dipandang mata.

Delapan Penyebab Siswa Susah Diatur dalam Belajar

 – Semua guru mengalami, atau paling tidak pernah mengalami suasana mengajar yang kurang menyenangkan. Suasana pembelajaran kurang terkendali, karena semua siswa sulit diatur. Mereka menunjukkan perilaku menyimpang dalam belajar. Akibatnya proses pembelajaran terganggu.Suasana belajar di ruang kelas tidak kondusif. Tujuan pembelajaran tidak tercapai. Akhirnya, guru kehabisan tenaga atau merasa kelelahan, setelah meninggalkan kelas tersebut. Apa penyebab siswa susah diatur dalam pembelajaran? Berikut identifikasi delapan penyebab siswa tidak mudah diatur dalam belajar.Siswa belum siap belajar. Ketika masuk kelas, guru langsung memulai kegiatan mengajar. Pada saat itu siswa belum siap untuk belajar. Apalagi, guru masuk ke suatu kelas sebagai lanjutan jam pelajaran sebelumnya dengan guru lain.

3 Pilar Utama dalam Membangun Karakter Jujur pada Anak

.co.id – Seorang anak sudah memiliki potensi dan dan karakter jujur sejak dilahirkan. Namun lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat, akan berpengaruh dalam perkembangan potensi dan karakter jujur tersebut.Pengaruh lingkungan internal dan eksternal yang kondusif akan menumbuhsuburkan segala potensi dan karakter jujur. Penanaman karakter jujur yang bagus di lingkungan keluarga sejak dini, akan berkembang dengan baik bila lingkungan sekolah dan masyarakat sejalan dalam membangun karakter anak.Karakter jujur dapat dipandang dalam dimensi jujur kepada diri sendiri, jujur kepada Allah SWT, dan jujur kepada orang lain. Jujur kepada diri sendiri berkaitan dengan mengakui kesalahan dan kekurangan diri sendiri serta berusaha untuk memperbaikinya.

Peran Pendidik dalam Memperkokoh Persatuan Negeri

 – Peringatan Hari Pahlawan jatuh pada tanggal 10 November setiap tahunnya. Peringatan Hari Pahlawan tahun 2017 ini mengangkat tema, Perkokoh Persatuan untuk Membangun Negeri. Pahlawan adalah sosok pembela kebenaran untuk kemaslahatan suatu bangsa.Bagi bangsa Indonesia, pahlawan adalah pembela kebenaran untuk menegakkan, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan. Dengan demikian, pahlawan tidak semata berjuang membela kebenaran dengan memanggul senjata.Semua anak bangsa dapat menjadi pahlawan termasuk pahlawan dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang. Anak bangsa dapat menjadi pahlawan dalam mengisi kemerdekaan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.Baca selengkapnya...

Delapan Cara Ampuh Hindari Galau

 – Galau adalah suasana atau kondisi yang tidak menentu alias kacau. Perasaan galau artinya suasana hati yang dilanda perasaan yang tak menentu. Bercampur aduk antara resah dan gelisah. Orang yang sedang dilanda perasaan galau akan sulit mengontrol diri. Mereka akan mudah marah, cepat tersinggung, atau malah jadi pemurung. Mengapa orang dilanda galau?Galau berawal dari satu atau beberapa masalah yang sedang dihadapi. Pada anak muda atau siswa pada umumnya, masalah yang sering melanda adalah masalah sosial dan hubungan muda-mudi.Konflik sosial dan hubungan muda-mudi yang bermasalah rentan menimbulkan perasaan galau. Menghilangkan atau mengusir perasaan galau, tidak semudah mengatakannya. Kadang-kadang, orang dewasa atau orangtua juga susah memberikan masukan kepada anak yang sedang galau.

Randai, Kesenian Tradisional Minangkabau yang Unik

.co.id – Randai adalah kesenian khas Minangkabau. Artinya, hanya masyarakat Minangkabau yang memiliki jenis seni drama ini. Randai merupakan jenis pertunjukan drama tradisonal Minangkabau yang mengangkat kisah tentang cerita rakyat yang sudah lama hidup dalam masyarakat Minangkabau.Cerita yang sudah lama dikenal oleh masyarakat Minangkabau antara lain, kaba Cindua Mato, Malin Deman, Anggun Nan Tongga, Sabai Nan Aluih, dan lain sebagainyaSebagai seni pertunjukan, randai menggabungkan berbagai unsur seni, di antaranya seni drama, seni tari, seni suara, musik dan seni bela diri, yang sarat dengan pesan budaya, agama dan moral.

Pentingnya Sosialisasi Hari Bela Negara

 – Jika Anda mengajukan pertanyaan pada anak sekolah, kapan diperingati Hari Bela Negara (HBN)? Anda akan tersenyum simpul karena banyak di antara siswa yang kebingungan menjawabnya.Tentu saja, Anda berkesimpulan bahwa HBN belum dikenal luas oleh siswa di sekolah. Salah satu penyebabnya adalah sosialisasi tentang HBN tersebut masih belum memadaii di lingkungan sekolah. Oleh sebab itu, diperlukan sosialisasi peringatan HBN lebih gencar lagi oleh semua pihak terutama di institusi, termasuk institusi pendidikan.Seperti diketahui, peringatan HBN berkaitan dengan peristiwa sejarah Republik Indonesia, yaitu hari Deklarasi Pembentukan PDRI tanggal 19 Desember 1949. Dalam catatan sejarah Republik Indonesia, ketika agresi militer kedua, kota Yogyakarta sebagai ibu kota RI berhasil diduduki oleh agresor. Baca Selengkapnya ...

12 Ciri Pelajar Kritis Berdasarkan Pengamatan Empiris

 – Anda sebagai guru pasti akan senang menghadapi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis. Terlepas dari berprestasi atau tidak, siswa yang berpikir kritis dapat diamati secara langsung di dalam maupun luar pembelajaran di lingkungan sekolah.Oleh sebab itu, sering guru berkomentar kalau seorang siswa itu kritis dalam belajar (berpikir). Pembelajaran yang berlangsung di ruang kelas sesungguhnya lebih berorientasi untuk merangsang struktur kognitif siswa untuk berpikir kritis.Siswa yang berpikir kritis lebih cenderung menggunakan penalaran dan berpikir logis dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini akan dapat diamati oleh guru ketika menjalankan proses pembelajaran di kelas.

Guru Tak Kalah Piawai dari Murid Mengibarkan Merah Putih

 – Ternyata penampilan para guru tak kalah keren, dibanding siswa dalam mengibarkan bendera merah putih. Seperti peringatan HUT PGRI dan HGN di SMPN 2 Lintau Buo, pelaksana upacara dilakukan oleh para guru dan tenaga kependidikan.Yang menarik adalah petugas penggerek bendera terdiri dari orang-orang muda gagah dan cantik. Ada 3 orang pengibar bendera merah putih. Mereka adalah Hary Delfingra, S.Pd dan R.Hidayatullah, A.Md.Kom sebagai penggerek bendera serta Refrimadona, S.Pd sebagai pembawa bendera.Ketiga petugas berhasil mengibarkan bendera merah putih setiang penuh saat peringatan HUT PGRI dan HGN 2017. Mulai dari langkah awal, R.Hidayatullah memberi aba-aba dan mereka melangkah tegap sampai menuju tiang bendera. Prosesi pengibaran bendera berlangsung hidmad sampai bendera merah putih tiba di puncak tiang bendera.