Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

www.infoyunik.com

Kumpulan Info Unik

Gara-gara Maksiat di Saat Sepi, Amalan Pun Hancur

 – Suatu ketika Rasulullah SAW pernah menyampaikan kepada sahabat, tentang kaum yang tampak alim ketika berkumpul, namun zalim pada diri sendiri tatkala sendirian dan sepi. Kaum ini muncul pada akhir zaman, menjelang hari kiamat.Mereka melakukan maksiat yang dianggap sepele, namun faktanya justru menghancurkan pahala dari amalan yang sudah dilakukan. Bahkan, meskipun amalan yang dimiliki sudah setinggi gunung Tihamah, namun pahalanya tetap akan musnah.Tindakan maksiat ini dilakukan dengan sembunyi-sembunyi dan dalam keadaan berani serta menganggap remeh dosa. Lalu, apakah kita termasuk dalam kaum yang dikatakan Sang Nabi? 

Bahaya Berhutang Jika Berniat Tidak Mengembalikan

 – Hutang menjadi salah satu alternatif yang akan dilakukan, jika seseorang memiliki permasalahan finansial. Cara ini menjadi salah satu solusi untuk meringankan beban, ketika kondisi keuangan sedang mengalami himpitan.Namun selain menjadi solusi, ada banyak permasalahan yang kemungkinan muncul saat kita berhutang. Terutama saat proses pengembalian yang sering kali tidak sesuai jadwal kesepakatan.Hal lainnya yang kerap terjadi adalah adanya niat peminjam hutang, untuk melupakan dan tidak mengembalikan. Banyak orang yang mengabaikan, padahal bahayanya sangat mengerikan. Seperti apa? Berikut ulasannya.

Bersedekah dengan Uang Haram, Bolehkah?

 – Bersedekah merupakan salah satu tindakan terpuji karena bisa membantu orang lain. Tidak dipungkiri, aktivitas berbagi rezeki ini menimbulkan kepuasan batin. Terlebih jika mereka yang kita bagi memang sangat membutuhkan bantuan, pasti akan menimbulkan kebahagiaan.Namun terkadang, kita tidak lagi memperkarakan halal dan haram harta yang disedekahkan. Tidak jarang ada yang bilang, biarlah menjadi pencuri jika hasilnya dibagi-bagikan kepada mereka yang membutuhkan. Tindakan kriminal bahkan seolah dimaklumi karena dilakukan untuk berbagi.Padahal, memastikan sedekah berasal dari uang halal dan haram merupakan hal yang sangat penting. Para ulama bahkan menyebut perumpamaannya seperti mencuci pakaian menggunakan air kencing. Seperti apa penjelasan lengkapnya? Berikut ulasannya.

Doa Ini Diucapkan Umar Saat Lelah Mengurus Rakyatnya

 – Umar bin Khatttab merupakan salah satu sosok sahabat Nabi yang berperan dalam perkembangan agama Islam. Meskipun awalnya ia sangat menentang agama Islam, namun pada akhirnya ia jugalah yang membela agama Allah ini sekuat tenaga.Tidak cukup sampai di situ, Umar juga melanjutkan amanah untuk menjadi khalifah sepeninggal Abu Bakar ash-Shiddiq. Ia merupakan sosok pemimpin yang peduli dan mau turun langsung melihat kesulitan rakyatnya.Hal ini terkadang membuat dirinya merasa kelelahan. Namun, ketika lelah mengurusi permasalahan rakyatnya, ia tidak lupa untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT. Doa inilah yang membuatnya tetap kuat menjalani masa kepemimpinannya sebagai khalifah. Lantas, doa apa yang sering diucapkan Umar tersebut?

Daya Tangkap Lambat? Baca Doa Ini agar Cerdas

 – Setiap manusia diberikan kapasitas kecerdasan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki daya tangkap demikian cepat, namun ada pula yang lambat ketika memahami sesuatu. Meskipun bisa diasah dengan belajar, namun tidak sedikit yang berputus asa dalam meningkatkan kecerdasannya.Selain dengan bersekolah, banyak cara yang bisa dilakukan agar kecerdasan mengalami peningkatan. Hal ini tentu membutuhkan biaya yang demikian besar. Ternyata tidak hanya ikhtiar dengan belajar, manusia seharusnya menambah usaha untuk menjadi cerdas dengan berdoa.Pasalnya, Dia lah maha penentu seseorang bisa cerdas atau tidak. Sehingga sudah seharusnya, kita meminta kepada Sang Pemilik keputusan untuk mendapatkan kecerdasan. Lantas, bagaimana doa agar menjadi cerdas? 

Dua Kalimat yang Memperberat Timbangan Akhirat

.co.id – Setelah kiamat terjadi, kehidupan manusia tidak lantas berakhir begitu saja. Justru peristiwa ini menjadi awal mula bagi kehidupan yang kekal abadi selamanya. Setelah menjalani fase hisab atau perhitungan, maka akan diketahui, manusia akan masuk surga atau di neraka.Nantinya amal baik dan buruk manusia ditimbang terlebih dahulu. Ada yang nilai amalnya memberatkan timbangan kebaikan, ada pula kebaikan yang nilainya tidak begitu memberatkan.Dua kalimat berikut ini ternyata memiliki nilai yang berat saat ditimbang pada hari kiamat. Kalimatnya begitu mudah diucapkan dan sangat dicintai Allah SWT. Sudah pernahkah Anda mengucapkannya? Seperti apa lafaznya?

Kisah Hikmah Nabi Khidir dan Lima Perintah Allah

 – Nabi dan Rasul merupakan orang-orang pilihan Allah SWT untuk menyampaikan wahyu dan menyebarkan agama Islam. Mereka ini jelas memiliki keimanan yang luar biasa untuk bertakwa kepada-Nya. Ada banyak jumlah Nabi di dalam agama Islam, namun hanya 25 Nabi dan Rasul yang wajib diketahui.Salah satu Nabi yang tidak termasuk dalam 25 nabi dan rasul itu adalah Nabi Khidir. Namun ternyata, nabi yang satu ini memiliki kisah populer semasa hidupnya dan bahkan diabadikan dalam jurnal 1001 kisah teladan Muslim.Dalam kisah tersebut beliau diceritakan mendapatkan lima perintah dari Allah SWT ketika tidur. Lima perintah tersebut bukanlah perintah sembarangan dan tentu saja harus dilaksanakan. Lantas, perintah seperti apa yang diberikan Allah kepada Nabi Khidir? Berikut kisah selengkapnya. 

Kisah Malaikat Mikail Menahan Matahari dengan Sayapnya

 – Malaikat Mikail merupakan salah satu pembesar setelah Malaikat Jibril. Tentara Allah SWT ini betugas menurunkan hujan dan membagikan rezeki kepada makhluk yang ada di muka bumi. Pada satu ketika, Allah SWT memerintahkannya untuk menahan matahari.Hal ini membuat waktu Subuh menjadi lebih lama dibanding biasanya. Kisah ini terjadi pada suatu Subuh, saat Rasulullah SAW memimpin salat berjamaah. Ternyata, pada saat rukuk punggung sang Nabi ditahan oleh Malaikat Jibril, sehingga tidak bisa bangkit.Hal ini tentu membuat nabi dan makmumnya bingung. Ternyata, ada peristiwa yang lebih besar terjadi, malaikat Mikail juga menahan matahari agar Subuh jadi melambat. Sebenarnya, apa yang terjadi hingga Malaikat Mikail menahan matahari?

Inilah Jumlah Anak-anak Nabi Adam AS

 – Nabi Adam Alaihis Salam merupakan bapak dari seluruh umat manusia. Beliau merupakan manusia pertama yang diciptakan langsung oleh Allah SWT. Bersama Siti Hawa, Nabi Adam AS menjalani kehidupan berumah tangga. Dari keduanya, lahir keturunan yang jumlahnya terus bertambah hingga saat ini.Konon, setiap hamil, Siti Hawa selalu melahirkan anak kembar laki-laki dan perempuan. Putra pertama mereka bernama Qabil dengan kembaran putri sulungnya bernama Qalima. Sedangkan putra bungsunya bernama Ummul Mughits.Ahli sejarah menyebutkan, jika Nabi Adam tidak wafat sebelum beliau menyaksikan keseluruhan keturunannya berjumlah 400 ribu jiwa. Lantas, berapa jumlah anak-anak Nabi Adam sebenarnya?

Bacalah Doa ini agar Urusan Selalu Dipermudah

 – Setiap orang tentu memiliki kesibukan dan urusannya masing-masing. Tidak jarang, ada di antara mereka merasa kesulitan dengan menumpuknya urusan di dunia. Bahkan, ada di antaranya yang merasa terlalu lelah dan akhirnya menyerah.Padahal sebenarnya, sebagai orang yang beriman kita tidak seharusnya mudah berputus asa. Hal ini karena, Allah SWT senantiasa memberikan pertolongan apabila kita berkomunikasi kepada-Nya. Salah satunya dengan memohon doa kepada Allah SWT.Ternyata, ada begitu banyak doa yang bisa dibaca agar urusan dipermudah oleh Allah SWT. Bahkan, di antaranya sudah tertera di dalam Alquran namun banyak yang belum mengetahuinya. Lantas, doa apa sajakah yang bisa dibaca untuk memohon pertolongan pada Allah?

Sering Takut? Baca Surat Ini untuk Perlindungan

 – Setiap surat dalam alquran begitu istimewa dan memiliki keutamaan. Membacanya tidak hanya mendatangkan pahala dan keberkahan, namun juga menimbulkan ketenangan. Surat berikut ini juga memiliki kelebihan, salah satunya adalah sebagai perlindungan.Semasa hidupnya, Nabi Muhammad SAW selalu membaca surat ini sebagai perlindungan dari kejahatan manusia dan setan. Di antara kita juga mungkin sering merasa ketakutan. Ada yang menghilangkannya dengan membaca Alquran, namun ada pula yang justru membawa benda-benda menyesatkan.Jika Rasulullah SAW saja membacanya, tentu kita sebagai umatnya perlu untuk mengikutinya. Surat tersebut bernama al–Mu’awwidzatain. Namanya memang tidak familiar, namun sebagian besar Umat Islam hapal dengan surat ini. Seperti apa? Berikut ulasannya.

Inilah Tiga Dosa Paling Besar yang Jarang Diketahui

 – Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang tidak pernah luput dari perbuatan dosa. Ada saja hal yang menyebabkan manusia terjerumus dalam sebuah tindakan yang berujung pada bertambahnya dosa orang tersebut. Mulai dari kurangnya iman, hingga terjebak bujuk rayu orang terdekat yang gemar bermaksiat.Dosa yang terus bertumpuk di dunia tentu saja menjadi kerugian bagi pelakunya. Sebab ia akan mendapatkan ganjaran berupa siksaan di neraka kelak. Banyak orang yang hanya mengetahui beberapa perbuatan yang ternyata bisa menimbulkan dosa.Namun ternyata, ada tiga perbuatan yang dapat menimbulkan dosa paling besar daripada perbuatan lainnya. Perbuatan inilah yang sudah semestinya menjadi kewaspadaan umat muslim. Tiga dosa besar apa sajakah yang dimaksud? Berikut informasi selengkapnya.

Masa Tinggal Nabi Adam di Surga dan Bumi

 – Nabi Adam AS merupakan manusia pertama yang merasakan bagaimana nikmatnya surga. Di tempat yang paling indah itu, Allah SWT mempertemukan sang Nabi dengan Siti Hawa. Keduanya bisa makan apa saja yang dikehendaki di dalamnya.Sebelum akhirnya diturunkan Allah SWT ke bumi, banyak kisah yang sudah mereka jalani. Para ulama berbeda pendapat tentang lamanya masa menetap bagi Adam dan Hawa di dalam surga.Ada yang mengatakan, satu hari menurut perhitungan dunia. Ada pula yang bependapat jika Adam AS menetap di surga hingga 43 tahun empat bulan sebelum akhirnya diturunkan ke bumi. Hal yang menjadi tolak ukurnya adalah waktu penciptaan, yakni saat terakhir pada hari Jumat, Beliau juga dikeluarkan dari surga pada hari tersebut.

Kisah Tangisan Batang Kurma karena Rindu Rasulullah

.co.id – Baginda Muhammad SAW merupakan nabi akhir zaman penuntun umat Islam. Tidak hanya dicintai oleh umat pada zamannya, hingga saat ini manusia masih terus rindu meski tidak pernah tatap muka langsung dan bertemu.Begitulah pesona sang Nabi, yang tidak pernah lekang oleh waktu. Bahkan tidak hanya manusia, hewan serta benda mati pun memberikan cinta kepadanya. Kisahnya terjadi pada batang kurma yang terisak-isak menangis, karena kerinduannya kepada Rasul.Beruntung, kasih sayang Nabi tidak terbatas kepada manusia saja. Jika saat itu Rasulullah tidak menenangkannya, niscaya batang kurma tersebut menangis hingga hari Kiamat. Nabi memegang dan memeluk batang kurma ini dengan penuh kasih sayang. Hingga akhirnya, tangisan batang kurma yang didengarnya pun diam. Seperti apa kisahnya lengkapnya? 

Inilah Bacaan Doa ketika Dapat Mimpi Buruk

 – Mimpi adalah bunga tidur yang kerap kali muncul saat terlelap. Terkadang, mimpi yang datang membuat perasaan menjadi lebih bahagia. Tapi ada kalanya, dalam tidurnya manusia bermimpi tentang hal buruk dan tidak diinginkan.Tidak jarang, mimpi buruk membuat seseorang terbangun di tengah malam. Ternyata, mimpi bisa juga karena bawaan perasaan atau permainan setan. Sehingga, seseorang yang terbangun tidur karena mimpi buruknya disarankan untuk membaca doa.Sayangnya, kebanyakan dari kita justru melanjutkan memejamkan mata ketika terbangun karena mimpi. Padahal, Nabi Muhammad SAW dalam hadisnya meriwayatkan, agar ketika mengalami mimpi buruk seseorang membaca doa dan meminta perlindungan dari Allah. Seperti apa doanya?

Sering Mengambil Barang Milik Kantor? Ini Akibatnya

 – Pekerja baik di perusahaan maupun pemerintahan tidak jarang memanfaatkan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi. Misalnya menggunakan printer untuk kepentingan sendiri, fotokopi kertas untuk kebutuhan pribadi, dan masih banyak lainnya.Tidak jarang, beberapa karyawan atau pegawai ada yang membawa pulang suvenir kantor seperti mug, pena payung, dan benda-benda kecil lainnya. Parahnya, barang-barang ini dibagi-bagikan untuk keluarga ataupun tetangga. Baiknya, kebiasaan ini segera dihentikan.Selain malu pada atasan jika ketahuan, Anda juga harus menanggung dosa karena memanfaatkan barang milik perusahaan. Pasalnya, berat dosa akan selalu lebih besar dari pada perbuatan. Dalam Islam, tindakan ini bernama Ghosob yang artinya mengambil barang tanpa izin. Baca Selengkapnya ...

Begini Lafaz Doa Agar Lulus Ujian

 – Pelajar dan mahasiswa tidak pernah lepas dari istilah ujian. Memasuki semester akhir, baik guru maupun dosen akan memberikan soal-soal ujian sesuai dengan pembahasan seputar pelajaran yang sehari-hari sudah diajarkan.Biasanya, masa-masa ujian menjadi waktu yang menegangkan. Bagaimana tidak, materi satu semester diujikan, tanpa boleh melihat contekkan, apalagi bertanya kiri dan kanan. Tidak jarang banyak yang begitu ketakutan hingga tidak mampu menjawab soal yang diberikan.Selain belajar keras, menghadapi ujian juga perlu melibatkan Tuhan. Caranya adalah dengan berdoa agar proses ujian dimudahkan. Sayangnya, banyak orang terlalu percaya diri atas usaha yang sudah dilakukan. Sehingga tidak bermunjat terlebih dahulu sebelum soal ujian dikerjakan. Lalu seperti apa doanya?

Kisah Perjalanan Kapal Nabi Nuh Usai Banjir Bandang

 – Bencana banjir bandang terbesar dalam sejarah peradaban terjadi pada masa kehidupan Nabi Nuh. Peristiwa itu menenggelamkan makhluk bumi, kecuali mereka yang ikut ke dalam kapal yang dibuat oleh sang Nabi.Saat banjir menghantam, kapal ini kemudian berlayar membawa penumpang dalam gelombang laksana gunung. Air bah ini dengan mudah menggulung manusia ingkar yang berlarian mencari keselamatan. Tidak ada yang tersisa, kecuali mereka yang percaya kepada risalahnya.Konon, setelah sehari yang mengerikan itu, Sang Nabi dan pengikutnya mengarungi lautan selama 150 hari. Hingga akhirnya, bahtera itupun berlabuh di atas bukit yang bernama Al-Judi. Bagaimana kisah perjalanan kapal Nabi Nuh usai banjir bandang ini?

Ilmu Nabi Adam AS Melebihi Malaikat?

 – Nabi Adam Alaihissalam merupakan manusia pertama yang diciptakan Allah SWT. Saat beliau hadir, setan dan malaikat diperintahkan untuk sujud kepadanya sebagai bentuk penghormatan kepada Bapak umat manusia tersebut. Pada awalnya, penciptaan Nabi Adam sempat dipertanyakan oleh malaikat.Dalam hadis dijelasakan jika malaikat pernah berkata, “Tidaklah Tuhan Kami menciptakan suatu makhluk, kecuali kami lebih berilmu darinya.” Terlebih lagi malaikat mengetahui jika nantinya anak cucu Adam hanya akan membuat kerusakan di muka bumi.Pernyataan malaikat terkait ilmu ini pun kemudian diuji oleh Allah SWT. Lantas, benarkah ilmu yang diajarkan Allah SWT kepada Nabi Adam AS melebihi ilmunya para malaikat? Baca Selengkapnya ...

Inilah Waktu Terbaik Membaca Surat Alkahfi pada Hari Jumat

 – Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam. Bahkan, Rasulullah SAW menyebut dalam sabdanya bahwa kemuliaan Jumat melebihi Idul Fitri dan Idul Adha.Pada hari ini umat Islam diingatkan untuk membaca Surat Alkahfi. Dalam hadist disebutkan barangsiapa yang membaca surat Alkahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.Selain itu, Umat islam yang membaca surat Alkahfi pada hari Jumat akan menghindarkan dari fitnah Dajjal.

Inilah Dua Keunggulan Rasulullah Dibandingkan Nabi Adam

 – Nabi merupakan lelaki pilihan Allah SWT yang mendapatkan wahyu, namun tidak wajib untuk menyebarkannya kepada orang lain. Lain halnya dengan Rasul yang memiliki kewajiban wahyu tersebut kepada kaumnya.Semua nabi adalah sosok yang mulia, sebab mendakwahkan ajaran Allah kepada orang lain. Ternyata, Allah SWT mengaruniakan kelebihan kepada beberapa orang Nabi yang tidak dimiliki oleh Nabi lainnya. Akan tetapi, hal ini bukan berarti Allah memuliakan Nabi yang memiliki tersebut saja.Contohnya adalah Nabi Muhammad dan Nabi Adam. Ternyata, Allah mengaruniakan dua keunggulan untuk Rasulullah atas Nabi Adam. Keunggulan apa sajakah yang dimaksud tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

Ini Niat Doa Mandi Wajib Sesuai Anjuran Rasul

.co.id – Mandi wajib dilakukan umat Islam untuk menyucikan diri dari hadas besar, seperti junub, haid, dan nifas. Dengan mengguyurkan air ke seluruh tubuh, maka seseorang sudah dalam kondisi suci dan boleh beribadah kembali.Meski sama-sama membersihkan tubuh dengan air, namun mandi wajib berbeda dengan mandi pada umumnya. Terdapat tata cara serta niat yang harus diterapkan ketika melakukan mandi ini.Akan tetapi, masih banyak di antara umat Islam yang salah dalam membaca niat mandi wajib. Tidak jarang banyak juga yang justru tidak berdoa dahulu dan langsung mandi saja. Lantas, bagaimana niat yang sesuai dengan anjuran Rasul? 

Bacalah Doa ini Saat Dilanda Rasa Rindu

 – Perasaan rindu tentu saja pernah dialami oleh semua orang. Terlebih lagi ketika kita berada dalam jarak yang cukup jauh dari orang yang dirindukan. Tidak hanya kepada sesama manusia, rasa rindu akan muncul ketika seseorang berharap bertemu dengan Allah SWT dan Rasulullah SAW.Pada dasarnya, rindu menjadi salah satu fitrah manusia. Namun hal yang harus dipahami adalah, jangan sampai perasaan rindu tersebut justru membawa kita mengikuti bisikan setan yang menyesatkan. Terlebih lagi ketika kita merindukan seseorang yang bukan mahramnya.Maka dari itu, ketika perasaan rindu menghinggapi hati ada baiknya berdoa kepada Allah SWT. Pada kenyataannya memang ada doa-doa yang bisa dibaca ketika seseorang mengalami perasaan rindu. Doa apa sajakah yang dimaksud? Berikut informasi selengkapnya.