Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Romantisme 'Salju' di Kota Bogor

.co.id – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti romantisme itu adalah bersifat seperti dalam cerita roman (percintaan), bersifat mesra, mengasyikkan. Tapi, kok ada salju di Kota Bogor? Padahal di daerah tropis dataran rendah bisa dipastikan tidak mungkin ada salju.Memang, fenomena salju di daerah tropis hanya ada di Pegunungan Jayawijaya Papua. Selain salju abadi, ada juga fenomena embun upas di Dieng yang menyerupai salju. Kenapa saya posting tentang romantisme salju di Kota Bogor?Karena Bogor menyimpan banyak kenangan dan salju sepertinya barang langka di daerah tropis. Salju memang tidak pernah turun di Bogor, tetapi kalau hujan es memang sering terjadi di Bogor. Paling tidak itulah pengalaman selama tinggal di Bogor semasa kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Menikmati View yang Indah dari Candi Ratu Boko

.co.id – Apabila berkunjung ke Candi Prambanan, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Candi Ratu Boko. Tiket masuk Candi Prambanan dan Ratu Boko dapat dibeli terusan di tiket box Candi Prambanan. Apabila, membeli tiket terusan Candi Ratu Boko, Anda akan disediakan mobil angkutan dari Candi Prambanan ke Candi Ratu Boko, dan diberikan air meneral sebagai konsumsinya.Candi Ratu Boko atau ada yang menyebut sebagai Situs Ratu Baka. Di mana, Situs Ratu Baka adalah sebuah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang menyerupai candi, yang lokasinya berada sekitar 3 km sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan.Candi Ratu Boko berada di sebuah bukit dengan ketinggian 196 meter dari permukaan laut. Karena berada di ketinggian, pemandangan di sekitar Candi Rato Boko akan terlihat sangat indah. Seperti apa penampakan Ratu Boko?

Kedai Ayra di Tasikmalaya, Hadirkan Lezatnya Mi Aceh

.co.id – Indonesia terkenal memiliki beragam kuliner menarik. Salah satu kuliner khas Indonesia adalah olahan minya yang tiada duanya. Indonesia terkenal memiliki masakan olahan mi yang bervariasi dan beragam jenisnya.Hampir setiap daerah memiliki masakan olahan mi, misalnya di Jawa ada mi Jawa, di Batam ada mi lendir, dan di Aceh ada mi Aceh. Mi Aceh adalah olahan mi yang kaya akan rasa, karena memakai bumbu yang sangat beragam. Selain itu juga, kekhasan mi Aceh adalah rasa rempah-rampahnya yang sangat kuat.Rasa mi Aceh umumnya terasa pedas. Mi Aceh terbuat dari mi yang kuning tebal. Mi Aceh biasanya divariasikan dengan seafood (udang dan cumi), irisan daging sapi, daging ayam, atau daging kambing, dan disajikan dalam sup sejenis kari yang pedas dan gurih. Penasaran bukan?

Anggrek Terkecil di Dunia Tumbuh di Tahura Djuanda Bandung

.co.id – Indonesia terkenal memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah. Salah satunya adalah memiliki anggrek terkecil di dunia atau Taeniophyllum Glandulosum. Anggrek terkecil di dunia ini tumbuh di Taman Hutan Raya atau Tahura Ir. H. Djuanda, Bandung. Anggrek terkecil di dunia ini merupakan salah satu keunikan Tahura Djuanda Bandung.Sejak pertama kali ditemukan pada tahun 2008, nampaknya keberadaan anggrek terkecil di dunia ini seperti luput dari perhatian. Hal ini mungkin disebabkan karena fisiknya yang sangat kecil. Ukuran anggrek terkecil di dunia ini kurang dari 0,5 cm. Pengunjung Tahura Djuanda Bandung sering melewatkan mengamati anggrek ini.Selain ukurannya yang kecil, juga karena ia menempel di pohon meranti merah setinggi 25 meter yang tumbuh di area blok pemanfaatan Tahura Djuanda. Kulit pohon meranti yang kasar agak menyulitan kita untuk menemukan keberadaan anggrek ini. Untuk bisa menemukan anggrek Thaenophylum tidaklah mudah. Karena di Indonesia hanya terdapat di dua lokasi yang diketahui tumbuh anggrek jenis ini. 

Begini Cara Mudah Hasilkan Uang dari Hobi

.co.id – Artikel tentang komersialisasi hobi ini, sebenarnya adalah lanjutan dari artikel tentang pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia, apalagi kalau bukan hobi yang dibayar. Bagi saya, hobi adalah sesuatu yang penting karena bisa mengurangi stres.Tetapi, yang jadi permasalahan adalah ternyata hobi saya mahal. Meskipun saya bukan orang kaya, tetapi ternyata hobi saya begitu mahal. Lantas, hobi apa itu sehingga bisa dikategorikan mahal ? Yang jelas, untuk membunuh rasa jenuh karena pekerjaan, saya suka traveling.Hobi traveling ini memerlukan akomodasi dan dokumentasi. Akomodasi dan dokumentasi adalah salah satu pengeluaran terbesar traveler. Jadi, traveling adalah salah satu hobi saya yang mahal. 

Tips Mengatasi Ngantuk ketika Mengemudi saat Traveling

.co.id – Mengemudi ketika traveling dengan jarak yang cukup jauh memang menyenangkan, tetapi ada kalanya membuat lelah. Kelelahan ini adalah salah satu penyebab mengantuk ketika mengemudi. Selain itu, banyak traveler yang senang mengemudi di malam hari dengan alasan lebih adem dan menghindari kemacetan.Tetapi ternyata nyetir di malam hari lebih berpotensi menyebabkan mengantuk ketika nyetir. Tampaknya perlu tips untuk mengatasi rasa kantuk yang menyerang ketika mengemudi saat traveling.Rasa kantuk saat berkendara merupakan hal yang biasa dialami traveler, ketika traveling dengan jarak yang cukup jauh. Memang, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah berhenti dan istirahat sejenak kemudian tidur. Carilah tempat rest area atau tempat istirahat yang aman dan nyaman.

Menikmati Keindahan Grand Sayang Kaak, Wisata Baru di Ciamis

.co.id – Apabila mendengar nama ‘Grand Sayang Kaak’ yang kebarat-baratan, mungkin sebagian orang mengira ini adalah nama sebuah perumahan atau regency di Ciamis. Tetapi ternyata, ini adalah nama sebuah objek wisata alam di Handap Herang, Ciamis.Nama ‘Kaak’ berasal dari bunyi burung mirip gagak yang berbunyi ‘kaak’. Objek wisata alam Grand Sayang Kaak ini adalah milik perorangan. Objek wisata alam ini dikelola oleh Karang Taruna setempat.Objek wisata alam Grand Sayang Kaak ini cukup luas, yaitu 3 hektare, yang berada di tepi jurang di atas sungai Citanduy. Karena berada di atas sungai Citanduy yang berkelok, membuat tempat wisata ini memiliki pemandangan alam yang indah.

Mengenal Situs Masjid Besar Manonjaya di Tasikmalaya

.co.id – Situs Masjid Besar Manonjaya adalah salah satu situs bersejarah di Kabupaten Tasikmalaya. Masjid Besar Manonjaya sudah ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 238/M/1999 tentang Penetapan Keraton, Gedung, Masjid di Wilayah Provinsi Jawa Barat sebagai Benda Cagar Budaya.Masjid Besar ini lebih dikenal sebagai Masjid Agung Manonjaya. Arsitektur Masjid Agung Manonjaya ini memadukan gaya arsitektur Eropa dengan gaya aristektur tradisional Sunda dan Jawa.Nuansa tradisional Masjid Agung Manonjaya sangat terasa dengan bentuk dari elemen bangunan, seperti ruang salat untuk wanita, serambi (pendopo) di sebelah timur, dan menara bersusun tiga. Menara bersusun tiga di Masjid Agung Manonjya ini konon salah satunya merupakan pemberian dari Syech H. Abdul Muhyiwaliyulloh.

Mudahnya Mengurus Roya Sendiri di Kantor Pertanahan

.co.id – Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua debitur datang juga. Setelah selama 10 tahun menjadi debitur bank untuk membeli sebuah rumah dengan skema KPR, cicilan lunas juga. Tiba waktunya untuk mengambil sertifikat tanah ke bank.Tetapi pihak bank menyampaikan kalau sertifikat tersebut harus diroya dulu di Kantor Pertanahan Kota Tasikmalaya. Dokumen yang saya terima dari pihak bank setelah kredit lunas adalah, sertifikat tanah yang dibebani hak tanggungan, sertifikat hak tanggungan, izin mendirikan bangunan, surat keterangan roya, akta jual beli, akta pemberian hak tanggungan, akta pengakuan utang, dan kuasa untuk menjualLangkah selanjutnya adalah ke Kantor Pertanahan Kota Tasikmalaya atau dulu dikenal dengan nama Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mengurus proses roya. Secara sederhana, proses roya adalah proses mencoret tulisan di sertifikat tanah yang berisi klausula pembebanan hak tanggungan atas tanah.

Jalan Laswi Tempat Paling Instagramable di Tasikmalaya

 – Selain Taman Dadaha, ternyata masih banyak tempat yang menarik untuk selfie di Tasikmalaya. Salah satu tempat paling instragramable di Tasikmalaya adalah Jalan Laswi.Kenapa Jalan Laswi? Ada apa di Jalan Laswi? Ternyata di Jalan Laswi Tasikmalaya pohon pelindung jalannya didominasi oleh Bungur (Lagerstroemia speciosa). Pohon Bungur ini ketika berbunga, akan nampak sangat indah karena bunganya sangat banyak dan berwarna ungu.Pohon Bungur atau Laban dalam Bahasa Sunda, biasanya berbunga pada bulan Oktober-November. Ketika Pohon Bungur berbunga, Jalan Laswi Tasikmalaya nampak sangat indah seperti di negara 4 musim. Jalan Laswi nampak seperti terowongan bunga yang indah.

Obyek Wisata Alam Gratis di Ciamis

.co.id – Berlibur ke obyek wisata alam yang bernuansa alami sedang menjadi trend di kalangan travelers. Berlibur ke obyek wisata alam ini dapat mengurangi kepenatan setelah bekerja.Karena tingginya minat untuk berlibur ke obyek wisata alam, membuat banyak investor dan Pemerintah Daerah mengembangkan obyek wisata alam. Konsekuensi dari tingginya minat ini adalah untuk menikmati obyek wisata alam tiket masuk cenderung mahal bagi sebagian orang.Tetapi ternyata tidak bagi obyek wisata alam di Ciamis ini. Di Kabupaten Ciamis, ada 2 obyek wisata alam yang dapat dikunjungi secara gratis. Pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Pengunjung cukup membayar parkir yang dikelola oleh karang taruna setempat.

Sepadankah Membeli Mobil 4 Wheels Drive untuk Traveling ?

.co.id – Mobil 4 Wheels Drive (4WD) adalah mobil yang memiliki penggerak roda pada keempat rodanya. Mobil four-wheel drive yang biasa disingkat 4WD dikenal juga dengan sebutan 4X4. Mobil 4WD atau 4x4 memiliki kemampuan untuk berkendara segala medan kondisi jalan (off road). Tetapi apakah worthed membeli mobil 4 Wheels Drive (4WD) untuk traveling?Baiklah kita bahas dulu kemampuan mobil 4WD. Yang pasti mobil 4WD memang dirancang untuk berkendara di medan jalan yang berat. Mobil 4WD dapat digunakan di jalan dengan kondisi seperti berlumpur, jalan licin atau jalan dengan tanjakan terjal.Kenapa mobil 4WD dapat digunakan di medan berat seperti itu? Karena mobil 4WD memiliki penggerak di keempat rodanya, maka mobil 4WD memiliki traksi yang besar. Energi dari mesin disalurkan ke keempat rodanya, sehingga masing-masing roda memiliki tenaga untuk menggerakkan mobil.

Lezatnya Matoa, Buah Lokal dari Papua

 – Buah matoa mungkin terdengar asing di sebagian pembaca. Saya saja baru mengetahui buah ini sekitar tahun 1993. Saya pertama kali mengenal buah matoa ketika praktikum Dendrologi di Fakultas Kehutanan-IPB.Waktu itu, saya baru mengenal pertelaan matoa dari daun. Belum mengetahui buahnya seperti apa dan bagaimana rasa buah ini. Ketika di mata kuliah Dendrologi, disampaikan kalau matoa itu satu famili dengan buah rambutan. Tetapi bedanya terletak di rambutnya, kalau matoa permukaan kulit buahnya mengkilat dan tidak memilik bulu seperti rambutan.Matoa (Pometia pinnata) merupakan tanaman buah lokal dari Papua. Secara ilmiah, matoa dikelompokkan ke dalam famili Sapindaceae. Biasanya buah ini berbunga pada bulan Juli sampai Oktober, dan menjadi buah yang dapat dipanen sekitar bulan November-Januari.

Ada Kuliner Khas Banyumas di Tasikmalaya

 – Banyumas selain dikenal karena getuk gorengnya, juga ternyata memiliki kuliner khas lainnya. Kuliner khas Banyumas yang lain di antaranya sate, mendoan, serta soto Sokaraja.Untuk menikmati masakan khas Banyumas, tidak perlu jauh-jauh, di Tasikmalaya ada Warung Sate Purwokerto yang menyediakan beragam kuliner khas Banyumas. Menu unggulan yang disediakan di Warung Sate Purwokerto adalah sate kambing muda, sate ayam, gulai, tongseng, soto Sokaraja, dan mendoan.Meskipun berada jauh dari Banyumas, tetapi Warung Sate Khas Purwokerto di Tasikmalaya masih tetap dapat menghadirkan kuliner khas Banyumas yang rasanya tidak kalah dari tempat aslinya. Rahasia kelezatan kuliner di sini adalah dari bahan olahan yang selalu segar, kambing muda pun selalu dipotong dadakan setiap hari.

Kopi Ki Oyo, Aslinya Kopi Ciamis

 – Sekitar sebulan lalu, Presiden Joko Widodo, mengundang Ngopi Sore ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Sejumlah pelaku bisnis kopi (barista dan pemilik kedai kopi lokal) diundang Presiden ikut serta dalam acara tersebut.Presiden Joko Widodo mendorong para pebisnis kopi untuk mempromosikan kopi lokal. Presiden Jokowi meyakini kalau kopi lokal akan mampu bersaing apabila disajikan dan diolah secara profesional.Di kancah perkopian internasional, Indonesia berada di urutan ke-4, setelah Brasil, Vietnam, dan Colombia. Dan memang ternyata kopi lokal sudah mulai menjadi bisnis yang menjanjikan, terbukti untuk lingkup Jawa Barat saja, beberapa komoditas kopi lokal sudah mulai dikenal dan diminati para penikmat kopi.

Bunga Bangkai di Kebun Raya Bogor Segera Mekar

 – Ada yang belum tahu Bunga Bangkai? Sesuai dengan namanya, bunga ini mengeluarkan bau busuk seperti bau bangkai. Bau busuk seperti bangkai ini sebenarnya adalah salah satu cara untuk mengundang kumbang atau lalat, agar dapat melakukan penyerbukan secara alami.Secara ilmiah, Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum) dikelompokan ke dalam suku talas-talasan (Araceae). Bunga Bangkai merupakan tanaman endemik dari Sumatera. Bunga Bangkai biasanya tumbuh di hutan hujan tropis.Bunga Bangkai ini dikenal sebagai bunga bangkai raksasa, karena bunganya sangat tinggi, bahkan Amorphophallus gigas, menurut referensi konon tingginya dapat mencapai 5 meter.

Mengenal Pisang Tongka Langit yang Punya Banyak Khasiat

 – Semua orang Indonesia pasti tahu pisang, tetapi tidak semua tahu bagaimana bentuk tandan pisang. Tandan buah pisang, umumnya menjuntai ke bawah. Batang tandan pisang menggantung dengan sisir menghadap ke bawah.Tetapi ada satu jenis pisang yang tandannya tidak menggantung, tetapi menghadap ke atas. Pisang yang tandannya menghadap ke atas namanya Pisang Tongka Langit. Pisang Tongka Langit (Musa troglodytarum) adalah spesies pisang langka. Selain langka, keunikan pisang Tongka Langit adalah tandannya menghadap ke atas berbeda dengan tandan pisang kebanyakan.Menurut referensi dari Balai Penelitan Tanaman Buah Tropika, Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia, penyebaran Pisang Tongka mulai dari Maluku, Papua sampai Pasifik (Solomon, Samoa, Fiji dan lain-lain).

Menjelajahi Keunikan Kepulauan Seribu

 – Kepulauan Seribu adalah gugusan kepulauan yang berada sebelah Utara Jakarta di Laut Jawa. Pusat Pemerintahan Kepulauan Seribu berada di Pulau Pramuka. Jarak pusat Pemerintahan Kepulauan Seribu dari Jakarta kurang lebih sekitar 50 kilometer.Kepulauan Seribu memang terdiri atas banyak pulau. Meskipun begitu, tidak semua pulau berpenghuni. Malah ada pulau yang besarnya hanya kurang lebih setengah ukuran lapangan bola volley.Jumlah pulau di Kepulauan Seribu mungkin tidak tepat berjumlah 1000 buah pulau, tetapi mungkin karena banyaknya pulau, maka sering disebut Pulau Seribu. Mungkin karena banyaknya pulau maka diistilahkan menjadi Pulau Seribut. Sama halnya dengan Candi Prambanan atau Candi Loro Jonggrang yang sering disebut Seribu Candi.

Waspadai 4 Jebakan Tilang di Lampu Merah

.co.id – Seperti yang pernah saya tulis di artikel sebelumnya, berurusan dengan polisi lalu lintas atau ditilang ketika traveling sangat tidak menyenangkan. Bukankah begitu? Ketika traveling, sudah pasti banyak melintasi traffic light atau terkadang disebut lampu merah atau bangjo.Nah, ternyata lampu merah ini menyimpan jebakan yang bisa membuat pengendara ditilang. Apa saja jebakan tilang di traffic light yang jarang diketahui banyak orang? Berikut ini adalah hal-hal yang sering tidak diperhatikan oleh pengemudi, yang mengakibatkan mereka ditilang oleh polisi lalu lintas.Terkadang, pengemudi tidak menyadari telah melanggar rambu lalu lintas yang mengakibatkan ditilang. Seperti belok kiri ikut lampu APILL. Pada persimpangan jalan yang dilengkapi Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL), seringkali ada rambu tambahan bertuliskan ke kiri jalan terus atau kiri ikuti lampu.Baca selengkapnya...

Manisnya Tengteng, Makanan Khas Tradisional Sunda

.co.id – Makanan tradisional di Indonesia terkenal sangat beragam. Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki aneka jenis makanan tradisional. Makanan tradisional Jawa Barat ini mulai dari minuman, camilan, sampai makanan berat.Nah, ada penjual makanan tradisional yang diproduksi di Cikoneng Ciamis. Salah satu makanan tradisional khas Ciamis adalah tengteng. Selain tengteng, makanan tradisional khas Ciamis yang sudah sangat terkenal adalah galendo.Nama makanan tradisional tengteng ini terdengar lucu. Seperti bunyi suara lonceng. Meskipun makanan tradisional ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan lonceng. Karena memang bahan baku pembuatan tengteng ini adalah beras.

Keuntungan Tinggal Dekat dengan Kampus

.co.id – Sejalan dengan semakin banyaknya perguruan tinggi, ternyata semakin banyak juga penduduk musiman. Penduduk musiman ini adalah mahasiswa yang datang dari luar kota. Memiliki rumah dan tinggal di sekitar kampus, ternyata memiliki banyak keuntungan.Bagi yang memiliki jiwa pengusaha, tinggal dan memiliki rumah di sekitar kampus tentu bisa menjadi peluang bisnis. Bisnis yang bisa dilakukan di sekitar kampus, yang paling umum adalah membuka usaha tempat kos. Selain membuka tempat kos, bisa sekalian membuka usaha rumah makan.Hal lain yang bisa menjadi peluang bisnis adalah membuka jasa cuci baju kiloan. Usaha rumah makan dan cuci baju kiloan ini ternyata semakin menjamur. Hal ini karena, banyaknya mahasiswa dari kalangan menengah ke atas. Mereka lebih mementingkan kuliah, urusan lainnya tidak terlalu khawatir. 

Menikmati Indahnya Pagi dengan Sarapan Kupat Tahu Nineung

 – Ketika traveling ke satu kota dan menginap di hotel, biasanya sarapan sudah disediakan. Terkadang tidak semua tamu hotel menyukai menu sarapan hotel, dan alternatifnya adalah mencari sarapan di luar hotel.Tetapi yang menjadi permasalahaan adalah ketika pagi hari, sarapan yang tersedia biasanya hanya bubur ayam. Nah, ketika berkunjung ke Tasikmalaya, jangan khawatir mencari sarapan di sekitar kota Tasikmalaya pada pagi hari.Di pusat kota Tasikmalaya tersedia banyak sarapan yang dapat dinikmati di pagi hari. Sarapan ini bisa berupa tutug oncom atau dikenal dengan TO, nasi kuning, nasi cikur, bubur ayam dan kupat tahu. Salah satu kupat tahu yang buka di pagi hari adalah Kupat Tahu Nineung.

Pesona Keindahan Candi Prambanan dan Legenda Roro Jonggrang

.co.id – Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Selain sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia, juga dikenal sebagai candi terindah di Asia Tenggara. Candi Prambanan dikenal juga sebagai Candi Roro Jonggrang. Karena keindahannya, Candi Prambanan dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia.Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 Masehi sebagai persembahan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu, yaitu Brahma sebagai Dewa Pencipta, Wishnu sebagai Dewa Pemelihara, dan Siwa sebagai Dewa Pemusnah.Karena keindahannya, Candi Prambanan telah memikat hati Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama. Barack Obama sangat terkesan dengan relief Candi Prambanan. Menurut sejarah, Candi Prambanan dibangun oleh Rakai Pikatan dan mulai dibangun pada sekitar tahun 850 Masehi.