Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

10 Hal Baru dari Google I/O 2018 yang Perlu Diketahui

 – Google I/O setiap tahunnya selalu memberi kejutan. Ada saja hal baru yang dimunculkan dari event tahunan yang diadakan raksasa teknologi ini. Perwakilan developer dari penjuru dunia yang diundang pun senantiasa memberikan tepuk tangan, ketika Sundar Pichai menyampaikan poin demi poin keberhasilan dan rencana pengembangan Google di bidang teknologi. Lantas apa hal baru dari Google di tahun 2018 ini?Sekadar informasi, Google I/O adalah sebuah konferensi tahunan para developer teknologi yang bekerja sama dengan Google. Tujuan khusus acara ini sebagai wahana 'etalase' capaian-capaian Google di bidang teknologi.Meski masih banyak proyek yang dirahasiakan Google, pada acara ini sebuah batasan antara konsumen dengan teknologi miliknya seolah-olah dibuat menghilang.

Deretan Ponsel yang Muncul di Film-film Marvel

 – Buat penggemar film-film Marvel, sepertinya tak susah untuk mengidentifikasi alur cerita dari Avengers: Infinity War. Namun, buat yang baru menyaksikan satu-dua film, niscaya akan senantiasa banyak bertanya-tanya sepanjang durasi sinema.Pasalnya Marvel Cinematic Universe (MCU), begitu deretan film Marvel disebut, sudah rilis 18 film sejak 2008.Pada awalnya, MCU ditandai dengan dirilisnya Iron Man. Meski garis waktu ceritanya tidak berurutan berdasarkan waktu rilis, namun perkenalan demi perkenalan dari setiap tokoh membuat MCU memimpin jauh dibandingkan rival terdekatnya dalam pembuatan semesta sinema, DC Extended Universe (DCEU).  Ya, memang menarik kalau bertutur soal semesta sinema yang satu ini. Sayangnya kali ini saya hanya ingin bercerita soal cameo ponsel yang dipakai para tokoh dalam MCU sejak Iron Man.

Tiga Fitur Media Sosial dari Tiga Raksasa Teknologi

.co.id – Mengikuti sepak terjang para raksasa teknologi memang terasa melelahkan. Sebab terkesan mereka tak pernah libur dalam menelurkan inovasi di bidang teknologi.Namun buat yang terjun di dunia online, internet marketing, serta social media, mengikuti perkembangan Facebook, Google, dan sebangsanya merupakan sebuah kewajiban. Pilihannya update atau outdate.Untuk itulah, buat para pegiat internet marketing, ada tiga tools yang saat ini sudah dibuat oleh tiga raksasa teknologi: Facebook, Google, dan Amazon. Tools tersebut terkait dengan penggunaan media sosial yang akan membantu pemilik brand dalam memasarkan produknya. Eh, memang Amazon punya media sosial? Nah kalau penasaran, baca hingga selesai artikel ini.

Waspada dan Bijaklah Menggunakan Aplikasi Testony

.co.id – “Semakin tinggi pohon, semakin kencang angin bertiup”, begitulah pepatah yang saat ini berlaku pada Testony. Aplikasi yang dibuat oleh perusahaan pengembang aplikasi asal Jerman ini, pada mulanya dianggap biasa saja.Tapi, setelah Testony viral dan menghiasi beranda Facebook setiap harinya, banyak pihak mulai menengok tebak-tebakan random ini. Seorang pendeta Nigeria menyebut, jika Testony sebagai aplikasi setan, setelah salah satu sesi pertanyaannya menyinggung ajaran Kristen yang mapan.Mungkin tinggal menunggu waktu pula, lembaga keagamaan di Indonesia bersikap yang sama. Pasalnya, di beberapa status media sosial dan forum kajian pun sudah dibahas masalah aplikasi yang diindikasikan seperti ramalan ini. 

Eksperimen Akun Palsu di Instagram yang Mengejutkan

.co.id – Pasca dibeli Facebook pada 2012 silam, Instagram terus melejit. Dari sebuah aplikasi yang hanya memiliki pengguna 40 jutaan saja, lalu satu tahun setelahnya tumbuh dua kali lipat, jadi 90 juta pengguna pada 2013.Instagram memang aplikasi kecil pada masanya, namun visi Mark Zuckerberg ketika melihat aplikasi berbagi foto ini menepis segala kritik yang pernah terlontar. Instagram tumbuh menjadi aplikasi raksasa, yang kini punya 700 juta pengguna.Selain mendapat berkah dengan hubungan saudaranya Facebook, Instagram berbeda sejak lahir. Rumusan postingan yang menarik dalam media sosial, yakni postingan yang memiliki gambar, alih-alih tulisan panjang, telah dibawa oleh Instagram semenjak dibuat. Sehingga pengguna Instagram diuntungkan dengan konsep berbagi foto ini, terlebih buat selebgram.

Lima Kerugian Memakai MicroSD pada Smartphone

 – Kondisi low-storage di smartphone memang menyebalkan. Ini berarti pengguna mesti memindahkan data-data yang sudah tersimpan ke tempat lain. Maka pilihan yang biasanya diambil adalah menambahkan MicroSD agar penyimpanan di smartphone itu bertambah. Tapi sudah tepatkah pilihan ini?Sebetulnya, ada alasan mengapa semakin bagus dan mahal sebuah smartphone maka daya simpan internalnya pun akan diperbesar. Ini berarti smartphone itu tidak membutuhkan penyimpanan eksternal dalam bentuk MicroSD.Produsen smartphone memahami kalau penambahan MicroSD bukan pilihan yang tepat, namun demi meluaskan pilihan-pilihan pengguna yang mungkin saja mengharapkan smartphone-nya punya daya simpan besar, slot MicroSD pun dibuat.Baca Selengkapnya ...

Perubahan Youtube Selain Logo Baru yang Perlu Diketahui

.co.id – Sejak 12 tahun menemani pengguna internet dengan menjadi platform berbagi video, YouTube akhirnya mengubah logonya. Logo dengan kata 'you' dan 'tube' yang terpisah satu sama lain itu telah dipakai sejak didirikan pertama kali oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, pada Februari 2005."Kita punya kata 'tube' di dalam tube," kata Christopher Bettig, sosok yang mengepalai bidang seni di YouTube,"dan ini aneh. Tak ada yang tahu apa ini." Tube sendiri berarti televisi dalam bahasa slang. Dan memang agak aneh ketika ada televisi di dalam televisi seperti logo YouTube yang lama. Namun ketika logo itu sudah mendarah daging dalam YouTube, agaknya setiap pengguna tidak terlalu memerhatikan jika pun ini aneh.Ketika YouTube mengumumkan ada perubahan logo yang telah dipakai sejak platform ini cuma bisa memutar video 320 x 240 pada skala 4:3, jarang yang memerhatikannya. Karena memang tak ada perubahan yang signifikan kecuali menggeser tube merah itu ke posisi sebelum kata 'you' yang kini sudah menyatu dengan 'tube'. 

Inilah Perubahan Algoritma Facebook di 2018

 – Facebook kini memiliki 2,07 miliar pengguna aktif. Angka ini merupakan potensi bagi digitalisasi bisnis yang kian hari kian berkembang. Oleh karenanya, banyak pelaku bisnis baik perusahaan maupun perorangan untuk menancapkan nama mereknya di media sosial yang berdiri pada 2004 silam ini.Media sosial yang digawangi Mark Zuckerberg ini pun membuka ‘keran’ bisnisnya dengan memberi kesempatan yang luas pada pemegang merek untuk beriklan di Facebook Ads. Pelaku usaha pun menyambutnya dengan baik.Facebook untung, pemilik usaha pun semakin luas dalam menjangkau pelanggannya. Praktis, ada lonjakan penghasilan bersih yang diperoleh perusahaan yang bermarkas di Menlo Park, California ini.

Cara Optimasi SEO Video YouTube

 – Video di YouTube pun ternyata nasibnya bisa sama dengan tulisan di blog. Ya, video bisa teronggok tak jelas di kanal masing-masing tanpa dilihat siapapun.Salah satu penyebabnya adalah video itu tak pernah ditemukan oleh mereka yang membutuhkannya. Setiap orang yang mencari sesuatu di Google bakal disuguhkan dua hal, yakni video YouTube dan artikel di website.Untuk itu, perlu ada optimasi mesin pencari agar video tadi bisa muncul di halaman pertama Google maupun menu pencarian di YouTube sendiri. Istilah umum untuk hal ini lazim disebut Search Engine Optimization (SEO). Ya, video di YouTube sangat perlu untuk dioptimasi SEO-nya. Bagaimana caranya?

Tiga Pelajaran Penting dari Matinya Windows Mobile

.co.id – Microsoft telah meniadakan Windows Mobile beberapa tahun belakangan ini. Alasannya sederhana, yakni pemakainya sedikit. Dalam hitungan BBC, Windows 10 Mobile saja dipakai hanya 0,03. Sementara menurut NetMarketShare, Windows Phone hanya dipakai oleh 0,87 persen pengguna smartphone.Lini ini memang masih dikuasai Android dengan angka 65,53 persen, disusul kemudian oleh iOS di 32,34 persen. Pilihan Microsoft memang ekonomis. Sebab apapun yang tak menghasilkan uang, selayaknya tak usah dilanjutkan.Meski begitu, tak perlu khawatir buat para pengguna ponsel berbasis Windows. Sebab menurut Joe Belfiore, ponsel tersebut bakal terus diberi dukungan keamanan dan perbaikan apabila ada bugs. Tapi tentu tak akan ada inovasi baru.

Empat Alternatif iPhone X dengan Harga Lebih Murah

.co.id – Apple telah meluncurkan seri iPhone terbarunya. Kalau melihat tren pemberitaan, tampak Apple hanya menerbitkan iPhone X saja. Padahal ada tiga gawai yang diluncurkan dari markas Apple pada Rabu (13/9) kemarin ini, yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.Ya, iPhone X menyita perhatian, sebab ia menjadi gawai unggulan yang diproduksi pula secara spesial. Ia menandai sepuluh tahun kehadiran iPhone sejak dibuat pertama kali pada 29 Juni 2007. Sehingga spesifikasi dan kecanggihan yang dibenamkan oleh Apple pada iPhone X begitu menggoda.Sayangnya, harganya terlampau tinggi buat orang yang bukan fans fanatik Apple. Sebab untuk mendapatkan ponsel ini, Anda mesti merogoh kocek sebesar US$999 atau sekitar Rp13 juta. Ya, harganya hampir setara dengan motor matic.

Sepuluh Kecanggihan Ini Hadir Pertama Kali di iPhone X

.co.id – Dari Steve Jobs Theater, Cupertino, Apple akhirnya merilis gawai yang paling dinanti penggemarnya. Tak tanggung-tanggung, dari markas besar Apple di Amerika Serikat ini, Apple menelurkan tiga ponsel pintar sekaligus, yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.Nah, nama yang terakhir memang gawai nan spesial dari Apple. Sebab, iPhone X merupakan sebuah gawai penanda kalau iPhone sudah berusia sepuluh tahun sejak generasi pertama dikenalkan Apple pada 29 Juni 2007.Jadi simbol 'X' disitu merupakan bilangan Romawi yang berarti sepuluh. Sepuluh tahun perjalanan iPhone memang menjadi dekade penuh perjuangan. Sebab dari data Bloomberg, nilai perusahaan Apple masih berada di posisi ke-70 saat iPhone dibuat pertama kali.

Banyak Aplikasi Chat, Mengapa Telegram yang Diblokir?

Saat ini keberadaan aplikasi percakapan di Play Store maupun App Store sungguh bak cendawan di musim penghujan. Rata-rata, semua pemilik smartphone biasanya memiliki empat hingga lima aplikasi percakapan.Sebut saja WhatsApp, Line, Facebook Messenger, BBM, Google Allo, dan Telegram. Namun dari sekian banyak aplikasi ini, pertanyaannya mengapa Telegram saja yang diblokir? Pemerintah Indonesia melalui Kemenkominfo sudah memblokir aplikasi Telegram per Jumat, 14 Juli 2017 kemarin.Hal ini terlihat dari tidak bisa diaksesnya domain yang terkait dengan aplikasi Telegram, baik telegram.me maupun telegram.org. Warga internet pun ramai di Twitter dengan belasan ribu kicauan mempertanyakan pemblokiran ini.

Ini Alasannya Kita Masih Terjebak Berita Hoax

Internet memang memudahkan banyak hal, salah satunya mendapatkan informasi. Dalam beberapa menit, informasi yang berada di ujung dunia sekalipun bisa langsung diketahui, berkat keberadaan teknologi komunikasi satu ini.Tapi sisi gelapnya tentu saja banyak, salah satunya adalah tersebar masifnya informasi palsu atau lumrah juga disebut hoax. Berita sebenarnya merupakan hasil produksi jurnalistik yang cukup melelahkan. Itulah sebabnya, menjadi seorang jurnalis itu tak mudah.Hal tersebut karena, dalam membuat sebuah berita ia wajib melakukan riset dan verifikasi fakta yang ketat. Namun, saat ini seseorang bisa disebut jurnalis hanya berbekal duduk manis di depan komputer, bahkan smartphone dengan koneksi internet yang baik.

Tiga Alasan Tak Perlu Tunggu Samsung Galaxy Note 8

Samsung Galaxy Note 8 akan menjadi pelipur lara bagi Samsung. Ya, sebab pabrikan asal Korea ini telah dihantam habis oleh petaka yang dipicu meledaknya baterai Note 7. Sebuah petaka yang meski tak membuat bangkrut, cukup menyita anggaran, perhatian, dan tentu saja kredibilitas Samsung sebagai pimpinan pasar ponsel Android.Lalu, dengan merilis Samsung Galaxy Note 8 tentu membawa secercah harapan agar ponsel premium ini tetap menjadi raja di pasaran. Samsung Galaxy S8 dan S8 setidaknya cukup menjadi pelipur lara Samsung, atau boleh jadi sebagai bahan move on dari petaka yang sudah terjadi sebelumnya.Dan kini sepertinya pabrikan Korea ini berupaya lebih mempercepat penyakit amnesia publik terhadap mengepulnya asap baterai Note 7 itu. Tapi masalahnya, apakah Samsung Galaxy Note 8 bisa menjadi penerus flagship di ranah phablet setelah dirilisnya seri S8?

Dilematika Judul 'Clickbait' bagi Blogger

Bagi banyak orang, clickbait adalah sampah digital yang mesti dibuang jauh-jauh. Namun jauh lebih banyak orang yang masih terpedaya dengan judul-judul clickbait, sehingga mereka memberikan kliknya terhadap judul tersebut. Dan dilema pun terjadi.Clickbait adalah sebuah trik untuk memancing orang agar melakukan klik terhadap tautan yang disediakan. Alat pancingnya berupa judul yang membuat penasaran. Kadang-kadang dibuat sebombastis mungkin agar daya pancingnya betul-betul mantap. Lalu, mengapa mesti dilema?Jurnalistik. Buat yang selalu bertahan dengan kaidah kepenulisan ala jurnalistik, maka judul clickbait ini memang penyakit dalam dunia kepenulisan. Sebab sebuah judul yang baik, dalam kaidah jurnalistik, wajib mengandung informasi yang mewakili tulisan secara keseluruhan.

Ini Smartphone Pertama dari Pencipta Android

Andy Rubin adalah sosok penting di balik sistem operasi sejuta umat, Android. Sebab pria berusia 54 tahun ini menjadi pencipta dari sistem operasi ponsel pintar yang paling banyak dipakai ini. Lewat Android Inc. Andy mendapatkan 17 paten dari penemuannya.Kemudian Google datang pada 2005, mengakuisisi Android Inc. dan menjadikan lulusan Utica College New York ini sebagai orang penting di bidang mobile dan digital content Google. Googel mencopot Andy Rubin dari jabatan tersebut dan menggantinya dengan Sundar Pichai, yang kini jadi orang nomor satu di situ.Andy dipindahkan ke bagian robotika, sebuah divisi yang memang baru dimulai oleh Google. Namun setahun kemudian, Andy Rubin resmi hengkang dari Google setelah sembilan tahun mengabdi. Ia pun mandiri, memulai segalanya dari awal sejak 2014, dengan mendirikan perusahaan rintisan alias start-up bernama Essential Products.

Tiga Fakta Pengguna Media Sosial 'Membantu' Terorisme

Ledakan bom terjadi di Kampung Melayu, Jakarta, pada Rabu 24 5 malam. Menurut pihak kepolisian, sebagaimana dikutip dari beberapa laman berita, ada 15 orang yang menjadi korban. Lima di antaranya meninggal dunia, dan sepuluh lainnya kini dirawat di rumah sakit.Sampai saat ini, belum ada konfirmasi soal siapa yang berada dibalik bom yang diduga merupakan bom bunuh diri di Kampung Melayu itu. Namun yang jelas, pelakunya adalah teroris. Sebab, disebutkan kalau usaha menciptakan ketakutan, kengerian, dan kekejaman oleh seseorang atau golongan disebut teror. Dan pelakunya disebut teroris.Teroris senantiasa bertujuan untuk menciptakan ketakutan, kengerian, serta kekejaman, dengan cara apapun. Ingatlah, kata kunci dari kegiatan terorisme, yakni takut, ngeri, dan kejam.

Tentang Matinya MP3 yang Perlu Diketahui

Pasca berakhirnya masa pita kaset, prosesi mendengarkan musik memang menjadi lebih mudah. Hal tersebut menandakan era digital sudah mulai berjaya. Dan sebagai penggantinya, telah tersedia format MP3 yang sangat fleksibel dan efisien.MP3 bisa dipindahkan dari pemutar musik satu ke pemutar musik lainnya. Lewat perangkat tertentu, seperti ponsel, MP3 player, laptop, dan lainnya yang mampu merekam suara. Kini, seseorang juga bisa dengan mudahnya membuat file MP3 mereka sendiri.Namun kabar pun beredar, kalau MP3 kini dimatikan. Benarkah demikian? Sebelum menjawab pertanyaan semacam itu, ada baiknya kita tengok sejarah MP3. Pada tahun 1988, sekelompok teknisi di Jerman menghadapi kesulitan dengan file audio yang mereka punya. Benarkah begitu?

Smartphone Pertama yang Dibuat Khusus untuk Live-Streaming

Asus Zenfone Live ZB501KL, merupakan ponsel yang diklaim sebagai video selfie expert. Sebab selfie expert saja, mungkin, terlampau mainstream. Ponsel yang diluncurkan pada Selasa 16 5 2017 di Jakarta ini telah menjadi jawaban atas tren ponsel yang dibuat khusus untuk memaksimalkan penggunaan kamera depan.Ya, tren ponsel khusus selfie. Pada ponsel selfie biasa, fitur pemercantik hasil pemotretan biasanya hanya dilakukan setelah sesi foto berakhir. Nah, uniknya Asus Zenfone Live terletak pada fitur beautification yang dipasang saat proses pemotretan berjalan.Jadi tak butuh proses editing setelah sesi foto selesai. Tak cuma itu, yang sangat luar biasa dari ponsel Asus ini, yakni real-time beautification yang dijalankan saat proses live streaming.

Mewaspadai Bisnis dengan Skema Ponzi

Skema Ponzi bermula dari seorang pria Italia yang terlahir bernama Carlo Ponzi. Pada tahun 1900-an, pria yang kemudian bermigrasi ke Boston, AS ini kemudian memulai bisnis dengan komoditas utama perangko.Nah, mengapa pria yang kemudian mengubah namanya jadi Charles Ponzi ini, hingga kini begitu terkenal? Apa sebenarnya yang dimaksud skema Ponzi ini? Ponzi, pada waktu itu memiliki konsep menjual perangko. Sebab saat itu, ada kupon perangko yang memungkinkan sebuah perangko dihargai lebih mahal di negara lain.Selisih harga ini kemudian diakali oleh Ponzi sebagai ladang bisnis. Merasa punya peluang usaha baru namun nihil modal, Ponzi pun merayap mencari investor. Ia menjual gagasannya, bahkan skema bisnisnya.

Delapan Teknologi yang Dikenalkan dalam Facebook F8

Facebook telah meraksasa, baik kapasitasnya sebagai perusahaan teknologi maupun platform media sosial. Fakta bahwa 1,86 miliar penggunanya tak bisa dibantah siapa saja. Besar dan tak terkejar.Dan lewat F8, selaku agenda tahunan, semua mata memandang tajam, menyeksamai langkah, dan meniru gerak hingga berupaya mengimitasi suksesnya.F8 bertempat di San Jose, California, Amerika Serikat. Acara yang dihelat pada tanggal 18 dan 19 April 2017 ini, selalu menarik untuk diamati, sebab di sinilah seluruh pengembang jempolan yang memakai platform Facebook hadir. Mereka menyaksikan visi dan pengejawantahan dari sang pendirinya, Mark Zuckerberg, terhadap dunia teknologi.

Alasan Beli Smartphone yang Sebaiknya Dihindari

Pabrikan smartphone setiap tahun memunculkan perangkat yang baru. Bahkan dalam hitungan bulan pun ada saja produk baru yang dilepas ke pasaran. Sukses atau tidak smartphone tersebut nantinya kadang seperti untung-untungan saja, kecuali bagi perangkat flagship.Serius atau tidak, untung-untungan atau dengan perhitungan yang matang, merilis sebuah smartphone yang baru biasanya didahului dengan promosi apapun bentuknya. Dari promosi inilah orang-orang pun tergoda untuk menggadaikan rasionalitasnya demi sebuah gengsi akan kepemilikan smartphone baru. Dan gengsi adalah fanatisme dalam bentuk lain.Orang-orang yang fanatik sering melepas rasionalitasnya demi mempertahankan sebuah argumen, pun dengan fanatik atas smartphone. Lalu, apakah tidak usah beli smartphone baru? Ya, tidak begitu juga. Maksudnya adalah adanya promo-promo tertentu yang seringkali mengakali kita agar menjauh dari rasionalitas dalam menghabiskan uang.