Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Kenali Dua Tips Berpuasa Sehat bagi Penderita Maag

 – Seperti kita ketahui memasuki bulan puasa beberapa hal menjadi berubah termasuk pola makan. Di mana biasanya seseorang makan tiga kali sehari atau lebih, polanya berubah menjadi dua kali sehari. Sehingga selama kurang lebih 14 jam perut tidak terisi apapun sampai saatnya berbuka.Dengan begitu, perubahan pola makan inilah yang berpengaruh terhadap tubuh termasuk berkurangnya berat badan dan peningkatan asam lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan peradangan yang biasa disebut maag atau dipepsia.Gejalanya meliputi rasa sakit di bagian perut, mual, muntah dan perut kembung. Maag dikategorikan menjadi dua macam yaitu fungsional dan organik. Adapun penderita maag akibat organik berpuasa dapat memperparah kondisi tubuh jika tidak ditangani dengan baik.

Cukup Tempelkan Kulit Pisang, Gatal di Kulit Hilang Seketika

 – Seperti kita ketahui, gatal-gatal pada kulit tak bisa dianggap remeh. Hal tersebut jika dibiarkan begitu saja, bisa bertambah parah atau berakibat infeksi, ruam, dan luka pada permukaan kulit. Gatal pada kulit memang terbilang cukup banyak, di mana salah satu penyebab utamanya adalah jamur pada keringat, lingkungan yang kurang bersih, dan penggunaan air yang tidak higienis.Maka dari itu, sebaiknya kita segera lakukan upaya pencegahan agar tidak semakin parah. Salah satunya dengan memanfaatkan kulit pisang. Mungkin, kita sudah tidak asing lagi dengan manfaat yang terkandung pada buah pisang. Tapi, siapa bilang kalau hanya buahnya saja yang bermanfaat.Kulit pisang juga memiliki manfaat yang tidak terduga, salah satunya mampu mengatasi rasa gatal. Di mana, kulit pisang memiliki kandungan antioksidan dan mineral alami yang dapat membantu mengatasi, sekaligus mencegah iritasi kulit dan luka memar akibat gatal. 

Empat Manfaat Rimbang untuk Obati Asam Urat

 – Rimbang atau biasa kita kenal dengan nama tongkak (Solanum torvum Sw) adalah jenis tumbuhan dari spesies terung-terungan. Rimbang sendiri berbeda dengan tanaman terung pada umumnya, cenderung tumbuh tinggi sedangkan buahnya berkelompok dengan ukuran kecil.Umumnya rimbang digunakan sebagai pelengkap bahan masakan, di mana orang seringkali memanfaatkan rimbang sebagai salah satu bahan pelengkap sambal maupun kuah ikan. Dengan rasanya yang enak juga khas membuat masakan jadi lebih menggugah selera dan memiliki rasa yang begitu segar.Di samping itu, banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi rimbang setiap hari salah satunya menjaga kesehatan tubuh. Bukan hanya itu, rimbang juga bermanfaat bagi anda yang memiliki riwayat asam urat. Lalu, apa saja? Berikut bisa simak selengkapnya.

Menakjubkan, Daun Sukun Obati Batu Ginjal Tanpa Operasi

 – Seperti kita ketahui, salah satu organ yang sangat berharga untuk tubuh ialah ginjal. Fungsi ginjal sendiri sangat vital dan tak bisa digantikan oleh apapun. Di mana, tugas utama ginjal ialah menyaring semua kotoran serta zat sisa metabolisme agat tak mencemari darah yang bersih.Tapi, sayangnya ginjal juga sangat rentan terkena penyakit, salah satunya batu ginjal. Nah, agar material batu keras dalam ginjal luruh, tentunya Anda harus melakukan segala cara untuk mengeluarkannya melalui urin. Jangan khawatir, ada beragam cara alami yang bisa Anda lakukan.Salah satunya dengan memanfaatkan kandungan daun sukun. Tahukah Anda bahwa, daun sukun sangat efektif sebagai alternatif alami mengatasi batu ginjal karena ampuh dalam meluruhkan batu ginjal. Dengan adanya daun sukun, penderita ginjal tak harus melakukan cuci darah. 

Lima Cara Obati Asam Urat Secara Alami, Wajib Coba

 – Penyakit asam urat pasalnya kerap ditandai dengan adanya peningkatan kadar asam urat dalam darah dan mengkristal, yang nantinya akan menimbulkan peradangan di sekitar tubuh tertentu.Dan seperti halnya penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup, kebiasaan makan tidak sehat serta gaya hidup tak aktif menjadikan penyebab munculnya asam urat.Agar tidak memperburuk kesehatan tubuh Anda, berikut ini beberapa cara alami untuk mengobati asam urat yang bisa Anda coba dan lakukan di rumah. Apa saja? 

4 Komplikasi Penyakit Asam Urat yang Perlu Diketahui

 – Setiap penyakit pasti akan menimbulkan beberapa komplikasi yang bisa berakibat fatal. Karena, kondisi tubuh yang sudah terserang penyakit menjadi tak stabil, sehingga bisa memberikan dampak cukup buruk terhadap kondisi kesehatan lainnya.Begitupun dengan penyakit asam urat yang bisa memberikan komplikasi cukup buruk bagi kesehatan. Asam urat merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh terjadinya pengendapan kristal-kristal purin yang dihasilkan dari proses pemecahan protein dalam tubuh.Penumpukan kristal asam urat biasanya terjadi pada sendi, ginjal maupun pembuluh darah. Berikut adalah beberapa komplikasi dari penyakit asam urat yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Apa saja? Simak berikut ini penjelasannya.

Mudah, Sembuhkan Sinusitis dengan 3 Bahan Alami Ini

 – Sinusitis bukanlah penyakit zaman now yang diderita sebagian orang. Yap, mirip dengan pilek yang menahun, sinusitis adalah peradangan pada dinding sinus atau rongga kecil berisi udara. Di mana letaknya terdapat di belakang tulang pipi dan juga dahi.Tak hanya menyerang orang dewasa saja melainkan juga pada anak-anak. Banyak orang yang tidak tahu jika kondisi yang dialaminya tak hanya pilek biasa yang tidak kunjung sembuh. Nah, selain kesadaran sendiri kini banyak orang yang tidak tahu bagaimana menanganinya.Meski telah banyak beragam metode tersebar, mulai dari dokter sampai alternatif herbal. Akan tetapi, Anda juga bisa memanfaatkan obat yang cukup ampuh untuk mengatasi sinusitis ini, yang dapat diambil dari dapur atau pekarangan rumah Anda.

Daun Sendok, Gulma yang Dapat Sembuhkan Kencing Darah

 – Daun sendok atau memiliki nama Plantago Mayor ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di pekarangan, perkebunan teh maupun hutan yang lembap. Meski telah dianggap sebagai tanaman gulma, tanaman yang menyerupai sendok ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.Adapun daun sendok dalam dunia kesehatan dapat digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah saluran kencing, termasuk kencing darah. Hal ini karena, daun sendok telah terbukti ampuh meluruhkan seni yang tersumbat dengan kandungan kalium yang dimilikinya.Pernahkah Anda mengalami kencing berdarah? Memang, kencing darah ini tidak bisa disepelekan, di mana kencing berdarah bisa menjadi pertanda adanya masalah pada saluran kencing, ginjal atau bahkan prostat Anda. 

Luar Biasa, Bahan Alami Ini Manjur Sembuhkan Asam Urat

 – Seperti kita ketahui, asam urat adalah suatu penyakit yang memang cukup mengganggu, terutama pada orang yang sudah lanjut usia. Di mana, kondisi ini biasa dialami dengan rasa nyeri yang tak tertahankan, adanya pembengkakan di sekitar kaki, dan rasa panas di bagian persendian.Pada dasarnya, asam urat terjadi pada semua bagian tubuh, tetapi yang sering terkena asam urat adalah jari kaki, sendi jari tangan, lutut dan pergelangan kaki. Dan, asam urat biasanya rentan menyerang laki-laki dan perempuan setelah mengalami menopouse.Nah, bagi Anda yang saat ini mengeluhkan asam urat, tak harus bergantung pada obat medis saja. Karena melakukan pengobatan dengan bahan alami juga sangat jauh lebih efektif. Selain mudah didapat, tentunya aman dan tanpa khawatir efek samping. Lantas seperti apa pengobatan asam urat dengan bahan alami ini? 

Ini Dia Penyebab Mengalami Wasir setelah Melahirkan

 – Wasir adalah salah satu keluhan para wanita hamil yang biasa terjadi baik selama kehamilan ataupun setelah melahirkan. Kondisi ini membuat daerah di sekitar dubur menjadi tak nyaman. Wasir ditandai oleh adanya benjolan yang disebabkan karena membengkaknya pembuluh darah di area dubur.Kondisi ini dapat memicu rasa gatal di area tersebut. Pada umumnya, turut disertai dengan kemunculan rasa sakit dan terkadang keluar darah dari dubur ketika buang air besar.Lantas apa yang menyebabkan wasir ini muncul, terutama setelah melahirkan? Ternyata ada 3 penyebab utama Anda mengalami wasir setelah melahirkan. Simak satu-persatu penjelasannya berikut ini.

Sembuhkan Liver Tanpa Operasi dengan Biji Rami

 – Biji rami atau memiliki nama flaxseed adalah jenis makanan sehat berupa biji-bijian. Biji satu ini lebih banyak dijumpai di Amerika dan Kanada, karena iklim di sana cukup sesuai sehingga dapat tumbuh dengan subur.Biji rami sendiri memiliki rasa pedas yang khas, sehingga disukai banyak orang. Alasan lain di balik populernya, biji rami juga mempunyai nilai gizi yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya baik bagi penderita liver.Hati adalah salah satu organ vital yang memiliki peran dalam berbagai aktivitas penting di dalam tubuh. Di mana, hati sebagai penghasil protein darah yang berfungsi sebagai asupan tenaga pada sistem kekebalan tubuh, sekaligus mengatur jumlah gumpalan darah dan menyebarkan oksigen ke berbagai organ tubuh lainnya. 

Faktanya, Penderita Epilepsi Harus Hindari 5 Makanan Ini

 – Seperti kita tahu sebelumnya, epilepsi adalah penyakit yang bisa memengaruhi kesehatan sistem saraf otak jangka panjang. Biasanya, kondisi ini dapat menerima perawatan untuk mengurangi serangan kejang. Tapi, risiko kejang dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa diketahui.Oleh karena itu, perawatan epilepsi dilakukan seumur hidup hingga kondisi membaik. Bahkan, berbagai serangan penyebab epilepsi yang memang harus dihindari, termasuk asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Lantas, makanan apa saja yang perlu dihindari?Makanan karbohidrat olahan jadi salah satunya. Sebuah hasil penelitian mengungkap bahwa, penderita epilepsi sering mengonsumsi makanan mengandung indeksi glikemik tinggi maka serangan kejang akan sering terjadi.

Hilangkan Varises Seketika dengan Cabai Rawit

 – Tahukah Anda, jika varises adalah salah satu penyakit yang menyerang pembuluh darah. Di mana, pembuluh darah akan mengalami pembesaran dan muncul dalam permukaan kulit, biasanya pada lipatan lutut dan paha.Varises bisa membuat vena mengambang dan membuat pembuluh vena terlihat dari luar kulit dengan berwarna kebiruan. Munculnya varises tentu bisa membuat penampilan jadi kurang baik dan menimbulkan beberapa gejala seperti sakit, kelelahan, kegelisahan, perasaan terbakar, dan lain sebagainya.Tak hanya itu, varises akan membuat seseorang merasa tidak percaya diri apalagi jika muncul pada betis dan lipatan lutut. Oleh karena itu, menghilangkan varises perlu dilakukan agar mendapatkan kulit yang sempurna. Cara menghilangkan varises bisa Anda lakukan secara alami.

Tiga Jenis Sayuran untuk Penderita Darah Tinggi

 – Seperti kita tahu, sayuran adalah sumber gizi yang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi sayuran juga telah dianggap menjadi salah satu cara terbaik untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi. Adapun beberapa jenis sayuran yang dinilai efektif, baik untuk menurunkan sekaligus mengontrol tekanan darah tinggi.Tidak ada salahnya juga, jika Anda mengalami darah tinggi untuk terus mengonsumsinya setiap hari. Darah tinggi atau dikenal hipertensi adalah penyakit yang sangat berisiko. Karena tak hanya menyerang orang lansia, anak-anak muda juga tidak luput dari serangannya.Ketika tekanan darah tinggi, kondisi ini dapat berakibat fatal serta menyebabkan berbagai risiko penyakit lainnya, seperti stroke hingga serangan jantung. Tapi jangan khawatir, salah satu diet hipertensi yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengonsumsi sayur penurun darah tinggi. 

Tiga Jenis Sayuran untuk Penderita Darah Tinggi

 – Seperti kita tahu, sayuran adalah sumber gizi yang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi sayuran juga telah dianggap menjadi salah satu cara terbaik untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi. Adapun beberapa jenis sayuran yang dinilai efektif, baik untuk menurunkan sekaligus mengontrol tekanan darah tinggi.Tidak ada salahnya juga, jika Anda mengalami darah tinggi untuk terus mengonsumsinya setiap hari. Darah tinggi atau dikenal hipertensi adalah penyakit yang sangat berisiko. Karena tak hanya menyerang orang lansia, anak-anak muda juga tidak luput dari serangannya.Ketika tekanan darah tinggi, kondisi ini dapat berakibat fatal serta menyebabkan berbagai risiko penyakit lainnya, seperti stroke hingga serangan jantung. Tapi jangan khawatir, salah satu diet hipertensi yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengonsumsi sayur penurun darah tinggi. 

Makan Mentimun Tiap Hari, Ini yang Terjadi pada Batu Ginjal

 – Seperti kita ketahui penderita ginjal perlu memerhatikan apa yang seharusnya dikonsumsi. Bahkan, mereka juga harus mengikuti diet sehat sebagai pencegahan sekaligus perawatan. Mentimun memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari vitamin C, vitamin A, asam folat, dan mineral.Mentimun dikenal sebagai makanan yang sangat segar dan kaya akan manfaat. Tak hanya lezat disantap, timun baik untuk penderita batu ginjal. Tanaman merambat ini memang memiliki sensasi menyegarkan, baik ketika dikonsumsi atau dijadikan bahan utama pengobatan. Di mana dengan minum jus mentimun, Anda bisa konsumsi serat serta air sekaligus. Sebuah study mengungkapkan bahwa, banyak orang lebih memilih untuk membuat salad yang kaya akan timun secara teratur.

Obati Asam Urat Secara Total dengan Bawang Merah

 – Tentu sebagai asli orang Indonesia, Anda pasti sudah mengenal baik dengan bumbu penyedap masakan satu ini. Ya, bawang merah atau yang dikenal dengan nama Allium Cepa L ini adalah jenis bumbu yang biasa digunakan oleh banyak orang.Sering dimanfaatkan sebagai rempah masakan, bawang merah mempunyai aroma yang cukup tajam yang baik bagi kesehatan tubuh terutama penderita asam urat. Hal ini karena kandungan nutrisi yang cukup tinggi dapat mencegah sekaligus menurunkan kadar asam urat di dalam darah.Seperti yang kita tahu, asam urat adalah penyakit yang akan membuat penderitanya mengalami rasa nyeri yang hebat di persendian. Hal ini akibat kadar asam urat di dalam darah menumpuk, yang dipicu oleh kelebihan limbah zat purin.

Obati Asam Urat Secara Total dengan Bawang Merah

 – Tentu sebagai asli orang Indonesia, Anda pasti sudah mengenal baik dengan bumbu penyedap masakan satu ini. Ya, bawang merah atau yang dikenal dengan nama Allium Cepa L ini adalah jenis bumbu yang biasa digunakan oleh banyak orang.Sering dimanfaatkan sebagai rempah masakan, bawang merah mempunyai aroma yang cukup tajam yang baik bagi kesehatan tubuh terutama penderita asam urat. Hal ini karena kandungan nutrisi yang cukup tinggi dapat mencegah sekaligus menurunkan kadar asam urat di dalam darah.Seperti yang kita tahu, asam urat adalah penyakit yang akan membuat penderitanya mengalami rasa nyeri yang hebat di persendian. Hal ini akibat kadar asam urat di dalam darah menumpuk, yang dipicu oleh kelebihan limbah zat purin.

Konsumsi Sawi, Tips Penyembuhan Asam Urat secara Alami

 – Mendengar sayuran yang satu ini, pasti Anda terbayang bentuk dan bagaimana warnanya. Ya, sawi adalah jenis sayuran yang sering kita jumpai di Indonesia. Sawi putih atau hijau orang-orang biasa membuatnya sebagai campuran mi, nasi, atau bahkan dimasak biasa.Selain itu, ternyata kandungan sawi baik hijau atau putih kaya akan nutrisi yang sangat baik untuk mengatasi asam urat. Perlu Anda tahu, bahwa asam urat muncul akibat zat purin yang berlebihan. Zat purin dalam tubuh nantinya berubah menjadi asam urat. Sehingga ginjal tidak mampu mengeluarkan dan kristal asam urat menumpuk di persendian. Akhirnya, penderita akan merasakan sakit di bagian persendian.Tak hanya rasa nyeri, jika asam urat terus dibiarkan tanpa pengobatan, maka risiko terkena komplikasi penyakit kronis akan semakin meningkat. Dimana penderita asam urat kemungkinan akan mengalami kelumpuhan, cacat permanen, bahkan gagal ginjal yang sangat mematikan. 

Madu, Pemanis Alami yang Bisa Obati Dermatitis Seboroik

 – Siapa yang tak kenal dengan bahan alami satu ini? Ya, madu atau bahan alami ini sering orang sebut sebagai bahan terbaik untuk alternatif pengobatan. Tapi, tahukah Anda tentang khasiat madu untuk kesehatan?Seperti kita tahu banyak orang menyukai madu, karena rasanya yang sangat lezat. Selain lezat pemanis alami ini bisa membantu dalam menyeimbangkan rasa dan mengentalkan saus. Walaupun dapat dijadikan bahan masakan serbaguna, madu juga memiliki khasiat bagi kesehatan.Seperti salah satunya mengatasi dermatitis seboroik. Mungkin tak banyak orang mengetahui tentang jenis penyakit ini. Karena dermatitis seboroik bukanlah penyakit yang menular, sehingga jarang diderita. Dermatitis seboroik adalah terjadinya peradangan pada kulit kepala yang menyebabkan kulit menjadi kering dan mengelupas.

Brokoli, Jenis Sayuran yang Baik Bagi Penderita Wasir

 – Tahukah Anda jenis sayuran ini, berasal dari keluarga kubis dan telah dikategorikan sebagai tanaman hijau, yang dapat dimakan karena rasanya yang lezat dan kaya akan nutrisi. Yap, brokoli adalah sayuran yang memiliki khasiat dan manfaat baik bagi kesehatan, salah satunya baik bagi penderita wasir.Sayuran hijau ini tanpa lemak yang rendah sodium, kalori serta tinggi serat, vitamin C, potasium, B6 dan juga vitamin A. Selain itu brokoli juga mengandung antioksidan tinggi. Di mana fungsi antioksidan sendiri untuk membantu tubuh dalam menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.Wasir atau hemoroid merupakan suatu pembengkakan darah yang membesar. Di mana pembuluh darah terkena wasir berada di sekitar bokong yakni di dalam anus (rektum). Kebanyakan kondisi ini terbilang ringan bahkan tidak menimbulkan gejala apapun.

Ampuh, Begini Cara Merebus Daun Sirsak untuk Asam Urat

 – Kebanyakan orang tak mengetahui bahwa, untuk mengobati penyakit radang persendian ini kita dapat menggunakan obat asam urat alami dari tanaman. Tapi, mereka lebih memilih menggunakan obat-obatan kimia yang hanya memiliki fungsi untuk mengurangi rasa sakit sesaat saja.Bahkan, kemungkinan menimbulkan efek samping dalam jangka panjang di kemudian hari. Ya, asam urat umumnya dialami oleh pria maupun wanita yang sudah memasuki usia di atas 40 tahun. Asam urat terjadi karena adanya kandungan zat purin yang berlebihan.Di mana, ginjal tidak mampu mengeluarkan dari tubuh sehingga menumpuk di persendian dan menimbulkan rasa nyeri pada penderitanya. Tapi Anda tak perlu khawatir, Anda juga dapat melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Salah satu cara alami yang dipercaya yaitu dengan menggunakan daun sirsak.

Air Kelapa, Minuman Segar yang Bisa Sembuhkan Maag

 – Seperti kita ketahui, air kelapa sering dinikmati sebagai minuman pelepas dahaga. Karena di balik rasanya yang manis, enak, bahkan menyegarkan, ternyata air kelapa sangat baik untuk penderita maag. Dan tahukah Anda, penyakit maag sangat erat kaitannya dengan tingkat asam lambung dalam tubuh seseorang.Tapi, jika asam lambung berada dalam jumlah tak wajar, bisa menyebabkan berbagai gangguan pencernaan yang salah satunya adalah penyakit maag. Mengingat ketika maag kambuh tentu akan sangat mengganggu karena perut akan terasa nyeri dan melilit.Kondisi ini telah banyak diderita, tapi banyak orang yang sering melakukan kebiasaan buruk di saat maag kambuh sehingga berkembang menjadi lebih parah atau kronis. Jika demikian, maka jelas maag akan sangat berbahaya bahkan bisa berakibat pada kematian.