Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Langkah Mudah Atasi Bengkak akibat Asam Urat

 – Asam urat merupakan penyakit yang seringkali menyerang persendian terutama di bagian sendi kaki. Asam urat dapat menyerang sendi, karena ada penumpukan zat yang bisa memicunya yakni zat purin. Sebenarnya, zat ini tidak berbahaya bila kadarnya normal.Tapi bila asupan purin sangat berlebihan, maka ginjal bisa kesulitan untuk mengolah serta membuangnya dalam bentuk urin. Alhasil, darah mulai menyalurkan purin tersebut ke bagian persendian, khususnya ke bagian kaki yang merupakan penopang tubuh.Gejala asam urat biasanya akan diawali dengan adanya nyeri hingga pembengkakan. Asam urat bisa sangat berbahaya, jika sudah bengkak. Oleh karena itu, Anda harus melakukan pengobatan agar kondisi bengkak tidak semakin parah. 

Begini Cara Menggunakan Pepaya untuk Hilangkan Bekas Jerawat

 – Jerawat memang merupakan masalah besar untuk penampilan wajah. Lantaran munculnya jerawat, bisa sangat mungkin merusak penampilan. Wajah akan terlihat memerah dengan permukaan yang tak rata dan terkadang terkesan terlihat kotor serta berkilap.Tapi masalah jerawat tidak hanya berhenti di sini saja. Karena seringkali saat jerawat sukses dihilangkan dari wajah, Anda masih perlu berjuang melawan bekas jerawat yang ada di wajah Anda. Tidak mudah untuk menemukan cara menghilangkan bekas jerawat yang ampuh dan aman.Bahkan di beberapa kasus, produk perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat malah bisa kembali memunculkan jerawat di wajah. Namun tak perlu khawatir, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat. Salah satunya menggunakan pepaya.

Ini Bedanya Asam Urat dan Radang Sendi, Wajib Tahu

 – Sendi merupakan salah satu bagian tubuh yang paling berpengaruh pada aktivitas sehari-hari. Bila sendi bermasalah, maka aktivitas bisa terganggu seperti misalnya sendi tidak bisa digerakkan lagi. Bagi Anda yang memiliki kesibukan padat, pasti akan sangat merepotkan, jika harus mengalami permasalahan pada sendi.Penyakit sendi seperti asam urat dan radang sendi, merupakan penyakit yang bisa menyerang bagian persendian Anda. Jika asam urat merupakan penyakit yang menyerang bagian sendi terutama bagian sendi kaki dan tangan. Beda lagi dengan radang sendi.Radang sendi sendiri merupakan kondisi di mana sendi terasa nyeri, dikarenakan peradangan di bagian tulang sekitar sendi. Kondisi ini menyebabkan sendi terasa kaku, sakit, dan susah digerakkan. Untuk lebih jelasnya, simak perbedaan spesifik dari asam urat dan radang sendi berikut ini.

6 Gejala Asam Urat di Lutut, Nomor 1 Jarang Disadari

 – Asam urat adalah jenis penyakit yang kerap menyerang persendian. Terutama sendi yang terdapat di bagian kaki. Salah satu sendi yang dapat terserang yaitu sendi yang ada di bagian lutut. Penyebab utama lutut Anda terserang asam urat adalah karena adanya penumpukan purin.Purin sendiri bisa ditemukan di dalam makanan. Jadi, bagi Anda penderita asam urat atau yang sudah pernah menderita asam urat, sebaiknya hindari makanan yang mengandung purin. Setelah mengetahui penyebab asam urat menyerang lutut, tentu selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah gejalanya.Pada gejala awal, Anda bisa merasakan sendi lutut yang sangat tidak nyaman. Kemungkinan besar Anda belum menyadari bahwa, kondisi ini merupakan gejala awal terjadinya penyakit asam urat.Baca Selengkapnya ...

Intip Cara Sehat Berpuasa untuk Penderita Diabetes

 – Tak mudah untuk berpuasa bagi mereka yang mempunyai masalah diabetes. Diperlukan cara sehat berpuasa yang tepat untuk bisa menjalani ibadah puasa tanpa mengorbankan kesehatan.Sementara itu bulan puasa Ramadan sudah ada di depan mata. Tinggal beberapa hari lagi kita akan menyambut bulan puasa Ramadan. Karena itu, sekarang kita akan berbagai beberapa cara sehat berpuasa untuk penderita diabetes.Hal ini agar penderita diabetes bisa tetap sehat dan juga fit selama menjalankan ibadah puasa. Lantas bagaimana seharusnya cara sehat berpuasa untuk penderita diabetes? Berikut merupakan beberapa tips puasa yang sebaiknya dijalankan.

5 Terapi Rumahan Ini Bisa Atasi Keluhan Sakit Gigi

 – Tingkat sakit gigi bermacam-macam, mulai dari rasa ngilu yang ringan hingga nyeri yang tidak tertahankan di gigi dan sekitar rahang. Beberapa penyebab utama dari sakit gigi yaitu gigi berlubang, gigi retak, infeksi, penyakit gusi atau adanya kelainan pada sendi rahang.Sakit gigi terjadi bila area tengah gigi atau yang disebut dengan pulpa mengalami iritasi atau peradangan. Pulpa sendiri terdiri dari ujung-ujung saraf yang cukup sensitif. Pulpa dapat mengalami iritasi atau peradangan disebabkan karena beberapa penyebab, di antaranya sudah disebutkan tadi.Jika saat ini Anda menderita sakit gigi, ada baiknya segera periksakan ke dokter gigi sebelum masalanya semakin bertambah parah. Atau Anda juga dapat mencoba beberapa obat sakit gigi alami untuk sementara mengurangi gejalanya. Berikut merupakan 5 cara membuat obat sakit gigi alami di rumah.

4 Penyebab Benjolan di Leher, Nomor 2 Paling Mengerikan

 – Benjolan di leher dapat berukuran besar dan dapat juga berukuran kecil. Benjolan di leher biasanya tidak bersifat kanker dan tak berbahaya. Namun benjolan di leher juga bisa menjadi sebuah pertanda penyakit serius, seperti infeksi atau adanya pertumbuhan kanker.Mungkin selama ini Anda tidak terlalu mengerti, mengapa benjolan di leher tersebut terjadi. Oleh karena itulah, simak artikel berikut ini untuk mengetahui apa saja penyebab benjolan di leher agar Anda bisa mencegahnya untuk tumbuh.Pembengkakan kelenjar getah bening adalah penyebab yang paling umum dari benjolan di leher. Kelenjar getah bening berisikan sel-sel yang membantu tubuh memerangi infeksi dan mematikan sel-sel ganas.Baca Selengkapnya ...

Sering Dibuat Kolak, Kolang-kaling Ampuh Obati Asam Urat

 – Kolang-kaling adalah buah beraroma unik. Selain sering dijadikan kolak, rupanya kolang-kaling bisa menyembuhkan penyakit asam urat. Salah satu penyakit yang bisa membuat penderitanya kesakitan di daerah persendiannya.Kolang-kaling adalah biji dari buah aren atau buah atap yang memiliki warna putih, berbentuk lonjong, dan bertekstur kenyal. Nah, jika saat ini Anda mencari buah tradisional untuk mengatasi asam urat, maka kolang-kaling adalah solusinya.Berikut akan dijelaskan mengenai kandungan serta manfaat yang terdapat di dalam kolang-kaling jika dikonsumsi oleh penderita asam urat.

4 Ciri-ciri Penyakit Diabetes yang Sulit Dikenali

 – Tidak banyak orang yang mengetahui, bagaimana mengenali kadar gula darah mereka sudah melebihi batas normal, terkecuali mereka memeriksakan diri ke dokter. Tidak banyak juga yang paham seperti apa ciri-ciri penyakit diabetes, sehingga penyakit ini tidak terdeteksi hingga akhirnya merusak organ tubuh.Bila Anda mengidap diabetes tipe 1, maka ciri-cirinya biasanya akan muncul lebih awal. Mungkin, dalam beberapa hari atau bahkan beberapa minggu setelah muncul masalah insulin di dalam tubuh. Ciri-ciri penyakit diabetes tipe 1 juga bisa lebih berat daripada tipe 2.Diabetes tipe 1 ataupun tipe 2 mempunyai beberapa ciri-ciri peringatan yang sama. Tapi, ciri-cirinya bisa saja terlalu ringan sampai sulit untuk dikenali, khususnya pada penderita diabetes tipe 2. Berikut merupakan ciri-ciri penyakit diabetes yang harus Anda waspadai. 

Selain Lezat, Sayur Oyong Bisa Sembuhkan Asam Urat

 – Oyong (Luffa aegyptiaca) adalah salah satu jenis buah-sayur yang cukup mudah ditemukan di pasar. Dan sebetulnya, oyong ini merupakan salah satu jenis buah. Hanya saja, orang-orang sering menjadikannya sebagai campuran di dalam sayur.Lantas tahukah Anda bahwa, oyong ini ternyata sangat bermanfaat untuk penderita asam urat. Mengapa demikian? Karena, oyong mengandung magnesium serta potasium yang bisa mengurangi rasa nyeri di daerah otot akibat asam urat.Tanaman asli daerah Afrika ini bisa Anda jadikan cara alami untuk menyembuhkan asam urat. Anda dapat membuat sayur oyong yang lezat untuk obat asam urat. Bagaimana cara membuat sayur oyong menjadi obat asam urat? Berikut caranya. 

Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Tepat Naikkan Berat Badan

 – Kelebihan ataupun kekurangan berat badan sama sama merupakan masalah bagi banyak orang. Overweight atau kelebihan berat badan kerap menimbulkan masalah kesehatan seperti obesitas, kanker, penyakit jantung dan lainnya.Sementara underweight atau kekurangan berat badan lebih berdampak pada penampilan yang tampak kurang macho bagi pria. Nah untuk Anda yang mempunyai badan kurus serta ingin menaikkan berat badan secara efektif, ada beberapa yang harus dilakukan.Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan berat badan menjadi lebih ideal, dan juga enak dilihat. Cara yang pertama adalah mengonsumsi makanan padat energi. Anda bisa memilih makanan yang memiliki kandungan kalori tinggi seperti salmon, alpukat dan secangkir jus anggur.

Gejala Asam Urat di Tangan, Kenali Sebelum Terlambat

 – Asam urat adalah sebuah zat yang dihasilkan dari proses pemecahan purin. Zat purin yang masuk ke aliran darah akan disaring di dalam ginjal, kemudian dikeluarkan melalui urin. Namun, jika ginjal mengeluarkan zat purin dalam jumlah yang sedikit, maka akan terjadi penumpukan purin.Zat purin yang menumpuk tersebut bisa mengkristal, sehingga munculnya penyakit asam urat. Di mana, penderitanya akan mengalami nyeri dan kaku. Tempat yang paling sering terjadinya penumpukan zat purin adalah bagian tangan.Namun, banyak orang yang tidak mengetahui jelas, apa saja gejala asam urat yang muncul di tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana gejala asam urat di tangan, karena jika penyakit asam urat dibiarkan begitu saja tentu bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh lainnya.

Daun Kelor, Tanaman Ajaib Penurun Kadar Kolesterol

 – Kelor atau Moringa oleifera mempunyai daun majemuk berwarna hijau. Pohon kelor juga menghasilkan buah kelor yang disebut kelentang. Baik daun ataupun buahnya bisa dimasak. Kelor terutama daunnya mempunyai banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.Salah satu manfaat daun kelor ini bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Sebelum mengetahui manfaat dari daun kelor untuk turunkan kadar kolesterol. Kita harus mengetahui apa itu kolesterol?Kolesterol merupakan lemak yang ada di dalam aliran darah atau sel tubuh. Kolesterol sendiri dibagi menjadi dua. Yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL)

5 Cara Mudah Sembuhkan Asam Urat di Leher

 – Mungkin Anda pernah merasakan leher begitu tegang dan tidak nyaman? Biasanya, beberapa orang yang mengalami kondisi ini mengira bahwa nyeri tersebut dikarenakan posisi tidur yang salah. Tapi, tahukan Anda bahwa nyeri tersebut juga dapat disebabkan karena hal lain yang berhubungan dengan kesehatan.Satu di antara banyaknya penyebab leher terasa nyeri dan tak nyaman, boleh jadi dikarenakan asam urat. Jika benar leher terasa tidak nyaman alias nyeri dikarenakan asam urat, maka Anda tak boleh tinggal diam. Obati kondisi tersebut agar tidak bertambah parah.Cara pertama yang bisa Anda pilih yaitu dengan menghindari makanan berpurin. Supaya kondisi setiap harinya tidak semakin memburuk, ada baiknya Anda mulai menghindari berbagai pantangan makanan penderita asam urat yang mengandung purin tinggi.

Andalkan Lima Buah Ini untuk Sembuhkan Asam Urat Anda

 – Saat asam urat menyerang, penderitanya pasti merasakan hal yang sangat tidak nyaman. Namun dengan mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan berikut ini, rasa ketidaknyaman akibat asam urat bisa diatasi.Anda dapat menurunkan kadar asam urat dengan makan buah. Tentunya, mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Berikut lima jenis buah yang bisa menurunkan kadar asam urat.Deretan yang pertama ada jeruk dan lemon. Jeruk dan lemon tentunya sudah tak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari keduanya, salah satunya kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk dan lemon ini bisa menurunkan kadar asam urat.

Apakah Si Kecil Mogok Makan? Atasi dengan 8 Cara Ini

 – Bila anak Anda sering menutup mulutnya dan menolak untuk makan, hal tersebut membuat Anda sebagai orang tua menjadi bingung bukan? Ingat, akibat mogok makan tersebut pertumbuhan anak bisa terganggu.Jadi, penting sekali Anda mencari tahu cara menambah nafsu makan anak. Ada beberapa alasan mengapa anak-anak kurang nafsu makan seperti stres, tegang, efek samping dari obat-obatan tertentu, atau rasa serta tampilan makanan yang tak menarik.Bila memang anak terlihat mogok makan, beberapa cara berikut ini bisa dilakukan agar nafsu makan anak bertambah. Cara pertama adalah hindari tindakan memaksa. Tindakan orang tua yang memaksa anak makan akibat khawatir justru bisa memancing ketegangan saat makan. Ini bisa membuat anak menjadi kurang sensitif terhadap rasa lapar di kemudian hari.

Penderita Asam Urat, Jauhi Segera 7 Jenis Makanan Ini

 – Asam urat atau gout merupakan nyeri sendi di dalam darah, yang sudah terakumulasi di daerah sendi dan membentuk kristal. Tak ada makanan penyebab asam urat yang pasti. Namun, bila kadar asam urat sudah tinggi, ada baiknya hindari beberapa jenis makanan berikut ini.Di dalam tubuh, ada zat yang disebut purin. Zat purin ini terbentuk secara alami. Di samping itu, purin juga bisa didapatkan dari beberapa makanan. Ketika perlu memecah purin, tubuh menghasilkan asam urat untuk melakukan hal tersebut.Makin banyak kadar purin yang harus dipecah, maka makin banyak juga kadar asam urat yang dihasilkan oleh tubuh. Jadi, beberapa jenis makanan berikut ini harus dibatasi bahkan dihindari guna mencegah asam urat meningkat.

Ngeri, Ini Dia Bahaya Jika Tubuh Anda Terlalu Kurus

 – Benarkah tubuh yang kurus lebih mematikan daripada tubuh yang gemuk? Sangat gemuk memang berbahaya, tapi banyak orang yang tidak sadar bahwa terlalu kurus juga rentan kehilangan nyawa.Karena ternyata, ada beberapa risiko yang harus ditanggung oleh mereka yang memiliki berat badan terlalu kurus di antaranya sebagai berikut. Bahaya tubuh terlalu kurus yang pertama adalah patah tulang.Lemak diibaratkan sebagai bahan bakar pada pembentukan esterogen, yang berfungsi menjaga kesehatan tulang. Semakin sedikit lemak di dalam tubuh, maka semakin sedikit juga esterogen yang dihasilkan. Alhasil tulang pun menjadi rapuh akibat massanya sedikit.

Minyak Zaitun, Kiat Cepat dan Alami Sembuhkan Asam Urat

 – Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang berbeda lantaran sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berbagai macam penelitian sudah dilakukan dan mengungkap bahwa olahan biji zaitun ini dipercaya bisa mencegah berbagai penyakit terutama asam urat.Asam urat adalah jenis penyakit yang penyebab utamanya adalah purin. Purin merupakan zat yang bisa ditemukan dalam makanan yang bersumber dari hewani dan tumbuhan.Penumpukan purin dalam tubuh yang tinggi bisa memicu munculnya asam urat. Minyak zaitun diketahui paling ampuh dan dinilai cukup efektif lantaran pada kandungan minyak zaitun terdapat sifat menetralisir asam dalam eritrosit. Maka, zaitun sangat bermanfaat untuk penderita asam urat.

Inilah Ciri-ciri Anda Sedang Menderita Sakit Maag

 – Ciri ciri penyakit maag sangat penting sekali untuk diketahui dan dikenali, agar Anda bisa meminimalkan terjadinya komplikasi atau hal-hal yang mungkin dapat membahayakan kesehatan.Nyeri di ulu hati, mual dan bahkan muntah setelah makan, sangat erat dihubungkan dengan penyakit maag. Akan tetapi, gejala atau ciri ciri penyakit maag bukan hanya itu saja.Masih ada sejumlah gejala atau ciri-ciri penyakit maag lainnya, yang harus Anda ketahui. Agar penyakit maag Anda bisa dikenali dan bisa segera diobati.

Hati-hati, Konsumsi Makanan Ini Bisa Sebabkan Diabetes

 – Ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan risiko seseorang menderita diabetes. Utamanya, makanan tersebut merupakan kelompok junk food seperti kentang goreng, keripik, dan minuman ringan. Saat ini, masyarakat awam sudah mengetahui jika makanan tersebut sebabkan diabetes.Namun, Anda mungkin belum menyadari bahwa, masih ada makanan lain yang biasa dikonsumsi sehari-hari bisa meningkatkan gula darah naik. Makanan tersebut bisa membuat gula darah meningkat dan dalam jangka panjang dapat membahayakan diri.Berikut ini makanan-makanan yang ada baiknya dihindari, supaya tidak menyebabkan Anda menderita diabetest. Atau, bagi Anda yang sudah menderita diabetes, agar tidak memperburuk kesehatan dengan makanan ini.

Deretan Makanan yang Bisa Turunkan Gula Darah

 – Diabetes merupakan kondisi tubuh di mana kadar gula dalam darah melebihi batas normal. Gula darah bisa ditemukan pada sejumlah makanan. Oleh karena itu, penderita diabetes harus bisa mengontrol asupan makanan yang dikonsumsinya.Diketahui, ada beberapa makanan penurun gula darah yang bisa Anda konsumsi sebagai upaya menurunkan kadar gula. Deretan makanan penurun gula darah yang pertama adalah cuka sari apel. Konsumsi cuka sari apel yang telah dicampurkan dengan air sebelum makan.Khasiatnya mampu membantu mengurangi lonjakan kadar gula darah setelah mengonsumsi makanan yang mengandung tepung bagi para penderita pra diabetes dan diabetes tipe 2. 

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Minyak Jagung

 – Minyak jagung adalah salah satu jenis minyak yang diyakini bisa menghindari kadar kolesterol tinggi. Nah, bagi Anda penderita kolesterol tinggi harus simak baik-baik artikel ini. Salah satu kategori minyak yang sehat yaitu memiliki kandungan lemak tak jenuh rantai tunggal dan lemak tak jenuh rantai ganda yang tinggi.Diketahui, minyak jagung termasuk ke dalam jenis minyak yang kaya akan kandungan lemak tak jenuh yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Minyak jagung juga diketahui memiliki kandungan fitosterol. Zat inilah yang bisa menekan kolesterol, di mana kinerjanya dapat mengalami penyerapan kolesterol termasuk LDL dalam saluran cerna. Untuk Anda yang mempunyai masalah kolesterol tinggi, bisa menggunakan minyak jagung sebagai alternatif asupan lemak. Bila perlu, kombinasikan dengan beberapa jenis minyak lainnya supaya mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.