Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Kisah Kedermawanan dan Empati Utsman bin Affan

.co.id – Utsman bin Affan adalah bagian dari sahabat terbaik Nabi Muhammad SAW. Ia tumbuh menjadi pribadi yang lembut kepada sesama mukmin. Hatinya sering tersentuh saat menyaksikan keadaan mereka. Ia selalu berusaha membantu kesulitan rakyat dan menghilangkan kesedihan mereka.Tidak hanya itu, ia juga rajin menyambung silaturahmi, memuliakan tamu, memberi pekerjaan kepada orang fakir, membantu yang lemah, dan berusaha menghindarkan kesulitan mereka. Beliau dikenal sebagai sosok penyabar, ramah, dan murah hati, dan selalu memaafkan kesalahan orang lain.Teladan seluruh tingkah lakunya adalah Rasulullah SAW. Beliau mencontoh perkataan, perbuatan, dan perilaku Nabi Muhammad SAW. Ada banyak peristiwa yang menunjukkan kesabaran dan ketabahan jiwanya. 

Ketika Manusia Menerima Catatan Amal Perbuatan di Padang Mahsyar

 – Termasuk perkara yang terjadi pada hari kiamat dan wajib diimani adalah, disebarnya buku catatan amal. Disebar yakni dibagi dan dibuka untuk pemiliknya, agar dia menerima dan membacanya. Buku-buku ini adalah catatan amal perbuatan yang ditulis oleh para malaikat, yang bertugas mencatat perbuatan manusia.Menurut Ibnu Taimiyah dalam kitab Syarah al-Aqidah al-Waasithiyyah, catatan amal yang dikerjakan oleh malaikat di akhirat dibagikan dikenal dengan istilah Tunsyaru Ad Dawawin. Tunsyaru bermakna dibagikan dan dibuka untuk pembacanya.Ad Dawawin adalah lembaran yang dituliskan amalan-amalan di sana. Dalam menerima buku catatan amal manusia terbagi menjadi dua golongan, ada yang menerima buku catatannya dengan tangan kanannya, mereka adalah orang-orang Mukmin, ini adalah isyarat bahwa tangan kanan adalah untuk sesuatu yang mulia.

Kewajiban Manusia Terhadap Diri Sendiri dan Keluarga

.co.id – Kewajiban adalah syarat atau hal-hal yang harus dilakukan oleh manusia sebelum ia mendapatkan hak-nya. Jika kewajiban ditinggalkan, maka manusia akan berdosa, karena kewajiban pasti akan berdampak pada terhalangnya hak orang lain.Sebagai umat muslim, tentu saja harus melaksanakan kewajiban dan hak yang memang jadi milik kita. Jika tidak sesuai dan mengambil tidak sesuai hak dan kewajiban, maka kezaliman akan menghampiri kita.Tentunya, juga kedosaan yang akan menimpa kita. Seorang muslim yakin bahwa, kebahagiaan di dunia dan akhirat tergantung pada sejauh mana ia dapat mendidik jiwa raganya menjadi baik. Begitu pula sebaliknya.

Ketika Penghuni Neraka Mengharapkan Kebinasaan Dirinya

.co.id – Neraka adalah salah satu tempat paling mengerikan yang akan dihuni oleh orang-orang yang telah melakukan banyak dosa. Lawan dari neraka adalah surga, jika di surga terdapat kebahagiaan yang tidak terkira, ternyata di neraka inilah tempat dilakukannya penyiksaan.Di mana, neraka sebagai tebusan atau hukuman yang paling menyiksa bagi orang-orang yang berdosa. Neraka memiliki tujuh tingkatan, dan setiap tingkatan tersebut memiliki tingkat penyiksaan yang berbeda-beda. Jadi, semakin tinggi tingkatannya, maka semakin dahsyat pula siksaannya.Semua dikelompokkan berdasarkan dosa yang dimiliki oleh manusia itu sendiri. Banyak ayat dan hadis yang menjelaskan betapa dahsyatnya siksa yang mereka rasakan, dan betapa besar penyesalan mereka karena telah menyia-nyiakan kala hidup di dunia. 

Kebijakan dan Strategi Khalifah Umar bin Khattab

 – Umar ibnu Khatab putera dari Nufail al Quraisy dari suku bani Adi, salah satu kabilah suku Quraisy. Tidak ada yang tahu pasti kapan Umar ibnu Khatab dilahirkan. Ia dibesarkan layaknya anak-anak lainnya. Memasuki usia remaja, Umar menggembalakan unta ayahnya, Khatab bin Nufail, di pinggiran kota Mekkah.Pada tahun 634 M, ketika pasukan muslim sedang bergerak menaklukan Syam, Abu Bakar jatuh sakit. Ketika itulah, Abu bakar berfikir untuk menunjuk satu orang penggantinya. Pilihannya jatuh kepada Umar bin Khatab. Pandangannya yang jauh membuat Abu Bakar yakin bahwa Umarlah pemimpin yang tepat untuk menggantikannya.Namun demikian, sebelum menentukan orang yang akan menjadi penggantinya, Abu Bakar meminta penilaian dari para sahabat besar mengenai Umar. Ia bertanya kepada Abdurrahman bin Auf, Usman bin Affan, Asid bin Hudhair al anshari, said bin Zaid, dan para sahabat lain dari kalangan Muhajirin dan Anshar. Pada umumnya , para sahabat itu memuji dan menyanjung Umar.

Dua Ujian Berat Allah SWT untuk Nabi Ibrahim As

.co.id – Ibrahim merupakan Nabi dalam agama Samawi. Ia bergelar Khalilullah (Kesayangan Allah). Nabi Ibrahim bersama anaknya, Nabi Ismail, terkenal sebagai para pendiri Baitullah. Ia diangkat menjadi Nabi yang diutus kepada kaum Kaldan yang terletak di negeri Ur, yang sekarang dikenal sebagai Irak.Nabi Ibrahim merupakan sosok teladan utama bagi umat Islam dalam berbagai hal. Ibadah Haji dan penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha, merupakan beberapa perayaan untuk memperingati sikap berbakti Nabi Ibrahim terhadap Allah SWT.Ibrahim AS baru bisa mempunyai anak, ketika beliau berumur 98 tahun. Ketika itu beliau diuji 2 kali oleh Allah SWT. Pertama, ketika beliau harus meninggalkan anaknya yang baru ia punya dan yang ia dambakan, dan istrinya di padang pasir. 

Kerendahan Hati Nabi Sulaiman di Hadapan Makhluk Allah SWT

.co.id – Sulaiman bin Daud adalah satu-satunya nabi sekaligus raja yang memperoleh keistimewaan dari Allah SWT sehingga bisa memahami bahasa binatang.Dia bisa bicara dengan burung Hud-hud dan juga mampu memahami bahasa semut. Dalam Alquran surah Annaml ayat 18-26 adalah contoh dari sebahagian ayat yang menceritakan akan keistimewaan nabi yang sangat kaya-raya ini.Nabi Sulaiman adalah nabi yang dipilih Allah SWT untuk menjadi kekasihnya. Di antara karunia besarnya adalah: Mengetahui bahasa semua binatang. Dialah nabi yang paling kaya sepanjang sejarah peradaban manusia.

Perilaku Orang yang Berpegang Teguh pada Alquran

.co.id – Alquran adalah kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah SAW, melalui perantara malaikat Jibril untuk disampaikan kepada manusia sebagai petunjuk dan pedoman hidup. Alquran adalah peta dan petunjuk kehidupan.Hidup dalam sinaran petunjuk Alquran dan mematuhi ketentuan-ketentuannya, merupakan kunci untuk mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan, baik di dunia maupun akhirat. Alquran merupakan sumber ajaran Islam yang pertama.Setiap muslim berkewajiban untuk berpegang teguh kepada hukum-hukum yang terdapat di dalamnya, agar menjadi manusia yang taat kepada Allah SWT yaitu mengikuti segala perintah dan menjauhi segala larangannya.

Akhlak Terhadap Tetangga dan Masyarakat

.co.id – Yang dinamakan tetangga mencakup seorang muslim dan seorang kafir, seorang ahli ibadah dan seorang fasik, teman dan musuh, orang asing dan orang sebangsa, orang yang bisa memberi manfaat dan orang yang memberi madharat, orang dekat dan orang jauh serta yang paling dekat dengan rumahnya dan paling jauh.Ada beberapa pendapat tentang batasan tetangga : Al-Uza'i berpendapat : "Empat puluh rumah dari setiap arah." Ibnu Syihab juga berpendapat demikian.Ali bin Abi Thalib berkata : "Siapa saja yang mendengar panggilan, maka dia adalah tetangga masjid." Sekelompok manusia berkata : "Barangsiapa tinggal bersama seseorang di suatu tempat atau kota, maka dia adalah tetangga."

8 Hikmah Beriman kepada Hari Kiamat

.co.id – Pengetahuan tentang hari kiamat adalah perkara gaib yang hanya diketahui oleh Allah SWT. Sebagaimana, hal itu ditunjukkan oleh banyak ayat di dalam Alquran dan hadis-hadis Nabi Muhammad SAW.Nabi Muhammad SAW, sering sekali membicarakan keadaan kiamat dan kedahsyatannya, sehingga orang-orang waktu itu bertanya kepada beliau kapan terjadinya kiamat. Beliau mengabarkan bahwa, itu adalah masalah gaib yang hanya diketahui oleh Allah.Orang-orang beriman dengan sepenuh hati, tanpa adanya keraguan sedikit pun tentang adanya kiamat (kecil maupun besar) akan mendapatkan hikmah tersendiri. Kira-kira, apa saja hikmahnya? Simak berikut ini penjelasannya.

Ketentuan Mahar Kawin Menurut Alquran dan Hadis

.co.id – Mahar atau mas kawin adalah harta yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki ( keluarganya) kepada mempelai perempuan (keluarga dari mempelai perempuan) pada saat pernikahan. Islam sangat memerhatikan dan menghargai kedudukan seorang wanita dengan memberi hak kepadanya, yaitu hak menerima mahar.Dalam beberapa nash sudah jelas bahwa, hak seorang istri harus diberikan dan ini merupakan pemberian yang wajib bagi seorang suami yang hendak menikahi seorang istri. Akan tetapi, dalam pemberian mahar tidak serta ditentukan dalam jumlah yang tertentu.Hal inilah yang harus diperhatikan pada zaman saat ini. Oleh karenanya, banyak laki-laki yang dipersulit dalam melaksanakan pernikahan, dikarenakan tidak mengetahui aturan Islam dalam hal mahar yang sebenarnya.

Berkah Pertemuan Khadijah dengan Nabi SAW untuk Maisarah

.co.id – Sebelum Rasulullah SAW berdagang dengan membawa dagangan Khadijah, Beliau pernah bekerja sebagai pengembala domba dan kambing. Sehingga pada suatu hari, Abu Talib berkata kepada Nabi Muhammad SAW: "Khadijah Putri Khuwailid termasuk orang kaya di kalangan Quraisy.”“Kegiatan perdagangannya sampai ke Mesir dan Ethiopia. Beliau kini sedang mencari seorang yang jujur dan amanah untuk melaksanakan usaha dagangnya itu, yaitu membawa barang dagangannya dalam satu kafilah Quraisy untuk didagangkan di Syam (Syria). Wahai Muhammad, alangkah bagusnya jika kau melamar pekerjaan ini dari wanita itu?"Akan tetapi, Nabi Muhammad SAW tidak langsung melamar pekerjaan yang diberitahu pamannya tersebut. Walaupun pada dasarnya, Baginda nabi setuju dengan usulan pamannya. Ini disebabkan Baginda nabi belum pernah mengenal Khadijah. 

6 Hikmah Beriman Kepada Rasul-rasul Allah SWT

.co.id – Iman kepada Rasul-rasul Allah SWT merupakan rukun iman yang keempat dari enam rukun iman. Iman kepada Rasul berarti meyakini bahwa, Rasul itu benar-benar utusan Allah SWT, yang ditugaskan untuk membimbing umatnya ke jalan yang benar agar selamat di dunia dan akhirat.Rasul adalah manusia pilihan yang diberi wahyu oleh Allah SWT untuk dirinya sendiri dan mempunyai kewajiban untuk menyampaikan kepada umatnya. Seluruh Rasul mempunyai sifat yang sangat terpuji dan terhindar dari sifat-sifat tercela.Mengimani Rasul-rasul Allah SWT merupakan kewajiban hakiki bagi seorang muslim, karena merupakan bagian dari rukun iman yang tidak dapat ditinggalkan. Sebagai perwujudan iman tersebut, kita wajib menerima ajaran yang dibawa Rasul-rasul Allah SWT. 

Keutamaan Mendoakan Orang Lain dengan Diam-diam

.co.id – Berdoa adalah termasuk ibadah. Mendoakan sesama muslim dengan diam-diam tanpa sepengatahuan orang yang didoakan, termasuk dari sunah hasanah yang telah diamalkan turun-temurun oleh para Nabi, dan juga orang-orang saleh yang mengikuti mereka.Mereka senang kalau kaum muslimin mendapatkan kebaikan, sehingga mereka pun mendoakan saudaranya di dalam doa mereka, tatkala mereka mendoakan diri mereka sendiri. Mendoakan sesama, termasuk di antara sebab terbesar tersebarnya kasih sayang dan kecintaan di antara sesama muslimin.Oleh sebab itu, Allah SWT dan Rasul-Nya memerintahkan kaum muslimin untuk senantiasa mendoakan saudaranya, sampai-sampai Allah SWT mengutus malaikat yang khusus bertugas untuk mengaminkan setiap doa seorang muslim untuk saudaranya.

Doa, Kekuatan yang Bisa Hasilkan Keajaiban

 – Berdoa adalah permohonan seorang hamba kepada Allah SWT, dengan hati yang bersih, jiwa ikhlas, dan sikap yang tawaduk serta penuh harap. Berdoa merupakan kebutuhan bagi manusia, karena doa adalah fitrah atau panggilan jiwa.Banyak hal yang kita inginkan dalam hidup, banyak kemungkinan yang kita harapkan menjadi mungkin, banyak semoga yang ingin segera terwujudkan. Hidup adalah rahasia, begitu pula doa. Ada saja takdir yang tak terduga terjadi seiring dengan ketidakmampuan kita untuk menerkanya.Ada saja takdir yang membawa keberuntungan sebagai balasan dari doa-doa yang tak henti dipanjatkan. Ada saja takdir yang mempertemukan kita pada seseorang tak terduga, sebagai jalan cerita kehidupan yang sebelumnya diukir dalam sebuah doa. 

Madinah, Tempat Hijrah Nabi Muhammad SAW

.co.id – Hijrah menurut bahasa berarti meninggalkan, menjauhkan diri, dan berpindah tempat. Seseorang dikatakan hijrah, jika telah memenuhi 2 syarat, yaitu yang pertama ada sesuatu yang ditinggalkan dan kedua ada sesuatu yang dituju (tujuan).Dalam konteks sejarah hijrah, hijrah adalah kegiatan perpindahan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW bersama para sahabatnya dari Mekkah ke Madinah, dengan tujuan mempertahankan dan menegakkan risalah Allah SWT.Yaitu berupa akidah dan syariat Islam. Hijrah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, dan para sahabatnya ke Yatsrib yang diubah namanya menjadi Madinah, memberikan harapan besar kepada masa depan dakwah Islam. 

4 Hikmah Diharamkannya Riba dalam Islam

.co.id – Riba berarti menetapkan bunga atau melebihkan jumlah pinjaman saat pengembalian berdasarkan presentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok, yang dibebankan kepada peminjam. Riba secara bahasa, bermakna ziyadah (tambahan).Dalam pengertian lain, secara linguistik riba juga berarti tumbuh dan membesar . Sedangkan menurut istilah teknis, riba berarti pengambilan tambahan dari harta pokok atau modal secara bathil. Menurut istilah fikih, riba ialah tambahan pembayaran yang disyaratkan bagi salah seorang dari dua orang yang melakukan transaksi tanpa ada ganti rugi atau imbalan.Ada beberapa pendapat dalam menjelaskan riba, namun secara umum terdapat benang merah yang menegaskan bahwa riba adalah pengambilan tambahan, baik dalam transaksi jual-beli maupun pinjam-meminjam secara bathil atau bertentangan dengan prinsip muamalat dalam Islam. 

Mengenali Sifat-sifat Malaikat Allah SWT

.co.id – Menurut bahasa, kata “Malaikat” merupakan kata jamak yang berasal dari kata mufrad malak yang berarti kekuatan. Dalam mengemban misi dan tugasnya, para malaikat juga disebut dengan “ar-rusul”, yang berarti para utusan Allah SWT.Malaikat diciptakan oleh Allah SWT dari cahaya (nur), berdasarkan salah satu hadis nabi Muhammad SAW, “Malaikat telah diciptakan dari cahaya.” Iman kepada malaikat adalah bagian dari rukun iman. Iman kepada malaikat, maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka.Allah SWT menciptakan mereka dari cahaya. Mereka menyembah Allah SWT dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa. Tidak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah SWT saja yang mengetahui jumlahnya. 

6 Hikmah Pelaksanaan Ibadah Kurban

.co.id – Dalam istilah ilmu fikih hewan kurban biasa disebut dengan nama "al udhiyah" yang bentuk jamaknya "al-adahi" Secara bahasa kurban berasal dari kata 'qarraba' yang berarti dekat.Secara syariat kurban artinya ibadah dalam bentuk melaksanakan penyembelihan hewan tertentu atas dasar perintah Allah Swt. dan petunjuk Rasulullah Saw. dengan harapan dapat mendekatkan diri kepada-Nya. Allah Swt. memerintahkan umat Islam utuk berkurban sebagaimana tertuang dalam Alquran Surah Al-Kautsar :1-3.Pelaksanaan kurban hukumnya sunnah muakkad, artinya sangat dianjurkan. Bagi yang mampu dianjurkan untuk melaksanakan kurban. Orang yang mampu berkurban namun tidak melakukannya, maka hukum baginya adalah makruh (tidak disukai oleh Allah Swt. dan Rasul-Nya).

Adab Membesuk Orang Sakit yang Jarang Diketahui

.co.id – Membesuk orang sakit adalah perkara yang disyariatkan dalam Islam. Bahkan, dijadikannya sebagai satu bagian dari hak muslim atas muslim lainnya. Hal itu juga merupakan di antara amal saleh yang dapat mendekatkan kita kepada Allah SWT, ampunan, rahmat, dan surga-Nya.Adapun membesuk orang yang sakit memiliki kadar sunah yang begitu kuat, dan berpengaruh baik bagi hati orang yang sakit tersebut. Tujuan semua itu untuk memotivasi muslim, agar menghidupkan akhlak Islam yang agung, guna terciptanya kehidupan masyarakat muslim yang harmonis dan peduli.Ada beberapa adab yang telah disampaikan Rasulullah SAW kepada kita, berkaitan dengan membesuk orang sakit. Apa saja itu? Simak berikut ini ulasannya.

Kisah Anak Kecil Menangis karena Takut Api Neraka

.co.id – Neraka merupakan tempat di akhirat yang dipersiapkan bagi manusia, yang ingkar selama hidup di dunia. Di dalamnya, manusia akan menjalani beragam siksaan pedih sebagai bentuk balasan atas perbuatan dosa yang pernah dilakukannya.Satu hal yang sangat identik dengan neraka adalah keberadaan api yang panasnya luar biasa. Dengan panasnya yang menyala-nyala, semakin menambah pedih siksaan yang diterima orang yang masuk neraka.Dalam hadis dijelaskan, jika api yang ada di dunia ini hanya seperti bunga api akhirat nanti. Panasnya api neraka 70 kali lipat dari api yang ada di dunia. Tidak bisa dibayangkan bukan, bagaimana pedihnya siksaan ketika terlempar ke dalam neraka.Baca selengkapnya...Baca Juga: Akhir September Planet Nibiru Akan Muncul dan Hancurkan Bumi

7 Bentuk Akhlak Berhias dan Nilai Positifnya dalam Islam

.co.id – Berhias merupakan perbuatan yang diperintahkan ajaran Islam. Mengenakan pakaian merupakan salah satu bentuk berhias yang diperintahkan. Pakaian dalam Islam memiliki fungsi hiasan yaitu, memenuhi kebutuhan manusia yang tidak sekadar membutuhkan pakaian penutup aurat, tetapi juga busana yang memperelok pemakainya.Pada masyarakat yang sudah maju peradabannya ini, mode pakaian atau pun berdandan memperoleh perhatian lebih besar. Jilbab, dalam konteks ini, menjalankan fungsinya sebagai hiasan bagi para muslimah. Mode jilbab dari waktu ke waktu pun terus mengalami perkembangan.Jilbab bukan hanya sebagai penutup aurat, namun juga memberikan keelokan dan keindahan bagi pemakainya untuk mempercantik dirinya. Berhias dalam ajaran Islam tidak sebatas pada penggunaan pakaian saja, tetapi juga mencakup keseluruhan piranti (alat) aksesori yang lazim digunakan untuk mempercantik diri.

Kecepatan Malaikat Samai 50 Puluh Kali Cepatnya Cahaya

.co.id – Menurut M. Quraish Shihab, kata malaikat berasal dari bahasa Arab, yaitu mala’ikah, yang merupakan bentuk jamak dari kata malak, yang terambil dari kata la’aka, yang berarti “menyampaikan sesuatu”. Jadi, malak atau malaikat adalah makhluk yang menyampaikan sesuatu dari Allah SWT.Menurut istilah, malaikat adalah makhluk gaib yang diciptakan oleh Allah SWT dari cahaya, sebagai utusan-Nya. Mereka taat, patuh, serta tidak pernah membangkang terhadap perintah-perintah-Nya. Malaikat juga memiliki tugas mengatur urusan dari langit ke bumi, dan kemudian naik lagi dengan kecepatan melebihi kecepatan cahaya.Sebagaimana sama-sama kita ketahui bahwa, cahaya adalah termasuk yang tercepat. Namun walupun demikian, kecepatan cahaya tersebut masih kalah dengan kecepatan malaikat-malaikat Allah SWT.