Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

www.arbamedia.com

The information and inspiration portal.

6 Manfaat Dahsyat Talas Rebus, Nomor 3 Sangat Dibutuhkan

 – Talas adalah tanaman jenis umbi-umbian yang banyak dikenal masyarakat Indonesia. Ubi talas tumbuh hampir seukuran dengan lobak, memiliki bentuk bulat atau lonjong dengan kulit berserat cokelat, serta permukaan yang ditandai dengan bentuk seperti cincin melingkar.Ubi talas bisa kita konsumsi dengan cara direbus, guna meraih manfaat dan khasiat yang terkandung di dalamnya. Nah, berikut adalah ulasan terkait manfaat talas rebus yang bisa kamu dapatkan.1. Bagus untuk dietSekitar 100 gram umbi talas menyediakan 112 kalori. Kalori dari umbi talas merupakan karbohidrat kompleks penyuplai energi yang bernama Amilopektin dan Amilosa, serta sangat rendah lemak. Sehingga ia bisa dimanfaatkan untuk menu diet pengganti nasi yang kamu konsumsi setiap hari.

Anda Punya Tanda Lesung Ini di Bawah Punggung? Ternyata Ini Artinya

 – Secara umum, setiap orang terlahir dengan kondisi tubuh yang berbeda-beda. Dengan berbagai macam bentuk yang mereka miliki, mungkin tak semua orang memiliki lekukan lesung seperti membentuk lubang kecil yang ada pada bagian bawah punggung.Bila kamu atau temanmu yang memiliki lekukan seperti ini, pastinya menandakan bahwa ada indikasi tertentu yang berkaitan dengan kondisi kesehatan tubuh.Melansir laman healthybiofood, lekukan lesung yang terdapat di punggung bagian bawah pada pria maupun wanita menandakan adanya kinerja positif dan maksimal yang sedang berlangsung dalam tubuh.

5 Tanaman Mistis Ini Manjur Tumpas Segala Penyakit

 – Siapa sangka ragam tanaman yang selama ini kita kenal dengan jenis tanaman mistis, ternyata memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk memelihara kesehatan. Bahkan tanaman ini diperkaya dengan berbagai nutrisi alami yang terkandung, serta bisa kita gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh kita dari dalam.Terdapat beragam tanaman yang dikenal sebagai tanaman mistis, konon katanya hanya banyak digunakan sebagai ritual-ritual kejawen yang berhubungan dengan ilmu mistis masa lampau.Berikut adalah beberapa jenis tanaman mistis yang memiliki segudang manfaat dan bisa kamu olah sehari-hari.

Hati-hati, 6 Makanan Ini Berakibat Fatal Bagi Ibu Hamil

 – Kehamilan merupakan suatu fase di mana, seorang ibu menantikan hadirnya buah hati yang sudah lama ditunggu-tunggu. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, kehamilan itu memiliki beberapa tahapan yang biasa dikenal dengan istilah trimester.Pada tahap ini ibu hamil sangat disarankan untuk menjaga asupan makanannya, agar tetap sehat. Seperti salah satunya mengonsumsi makanan yang tinggi nutrisi. Hal ini perlu diterapkan ibu hamil guna memenuhi kebutuhan si janin.Tidak hanya itu, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin untuk mencukupi kebutuhan tubuhnya. Meski banyak makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi, tapi tidak semua makanan bisa mereka konsumsi. Seperti beberapa makanan berikut ini bisa berakibat fatal, jika dibiarkan begitu saja dikonsumsi oleh ibu hamil. Apa saja itu?

Letakkan Tanaman Ini di Ruangan, Nyamun Pun Menjauh

 – Nyamuk merupakan salah satu musuh manusia yang keberadaannya sangat menganggu. Sebagai salah satu jenis binatang berbahaya, banyak orang beranggapan bahwa nyamuk bisa menyebabkan kematian. Sebenarnya, untuk mengusir keberadaan jenis binatang satu ini tidaklah rumit.Kamu bisa memilih jenis tanaman-tanaman tertentu yang memiliki aroma segar menurut kita, sehingga bisa membuat nyamuk menjadi tak nyaman ada di ruangan. Berikut ini adalah jenis tanaman yang cukup ampuh mengusir nyamuk di ruangan rumah. Apa saja?Tanaman pertama yang bisa kamu pilih adalah serai wangi. Serai wangi merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang banyak digunakan sebagai penyedap makanan atau minuman untuk menghasilkan cita rasa yang segar.

Tak Ingin Terkena Usus Buntu? Tinggalkan 8 Kebiasaan Buruk Ini

 – Usus buntu termasuk salah satu jenis penyakit dalam, yang terjadi akibat peradangan aau pembengkakan pada bagian kelenjar Apendiks. Penyakit usus buntu kebanyakan terjadi pada seseorang, yang memiliki kebiasaan mengonsumsi jenis-jenis makanan kasar, atau sulit sekali untuk dicerna tubuh.Penyakit ini bisa terasa lebih parah dan terasa sakit jika perut telah mengalami tekanan. Nah untuk memperjelas faktor penyebab utama usus buntu berdasarkan kebiasaan, mari kita simak ulasan berikut ini.1. Sering konsumsi gorenganSangat mustahil rasanya jika salah satu di antara kita tidak pernah memakan gorengan. Makan makanan gorengan sebenarnya tidak menimbulkan masalah, dengan catatan tidak dikonsumsi setiap hari atau menjadi kebiasaan. Makanan gorengan diolah dengan menggunakan lemak jenuh untuk mematangkannya.

5 Tanda Paru-paru Dipenuhi Banyak Racun

 – Sebagai salah satu organ terpenting di dalam tubuh, paru-paru merupakan jenis organ dalam yang memiliki tugas untuk mengatur pernapasan. Paru-paru berperan sebagai pengelola udara yang masuk, seperti oksigen dan mengatur pemutaran karbondioksida yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.Seiring dengan berjalannya waktu, paru-paru juga bisa mengalami kerusakan. Bisa dibayangkan bukan, jika paru-paru Anda mengalami masalah. Nah, untuk mengetahui seberapa besar masalah yang terjadi dalam paru-paru, berikut ini tanda-tanda yang harus Anda waspadai.Tanda pertama yang bisa saja terjadi, yaitu napas menjadi semakin pendek. Gejala napas pendek, terjadi karena kondisi organ yang bertugas sebagai pengelola oksigen dan karbondioksida dipenuhi racun atau zat asing karsinogenik.

Tak Ingin Terserang Paru-paru Basah? Hindari Kebiasaan Ini

 – Paru-paru basah merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menyerang siapa saja, berdasarkan kondisi individual masing-masing. Dalam istilah medis, penyakit ini disebut dengan Pneumonia. Gejala penyakit ini awalnya tak begitu terasa, namun bisa berubah menjadi kronis jika tidak mendapatkan perawatan yang efisien.Sementara, salah satu gejala umum dari penyakit ini adalah rasa nyeri dada yang berkepanjangan, atau bagian tangan kerap berkeringat. Nah, berikut ini terdapat beberapa kebiasaan yang sering diabaikan oleh penderita paru-paru basah. Kebiasaan merokok dan alkohol jadi salah satunya. Kebiasaan merokok dan pecandu alkohol bisa membuat kondisi kesehatan seseorang menjadi buruk, apalagi untuk fungsi paru-paru Anda.

Bahaya, Jangan Teguk 6 Minuman Ini Setelah Minum Obat

 – Mengonsumsi obat medis memang tidak boleh kita lakukan sembarangan. Ada aturan perintah dan larangan khusus, jika kita masih dalam pengaruh obat dokter. Hal ini ditujukan pada kita, guna meminimalisir suatu hal yang akan timbul dari efek mengonsumsi obat-obatan tersebut.Namun, kebanyakan orang justru menganggap hal ini remeh, sehingga sebagian besar dari mereka lebih memilih mengonsumsi obat-obatan dengan cara yang salah. Nah, berikut ini terdapat beberapa jenis minuman yang tidak boleh kamu konsumsi setelah minum obat medis.Jus buah salah satunya. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa, mengonsumsi jus buah itu sangat tidak disarankan bagi orang yang masih dalam pengaruh obat. Berbagai jenis macam buah yang ada, hanya boleh dikonsumsi setelah beberapa jam dari waktu kamu mengonsumsi obat. 

Lakukan 7 Hal yang Bikin Awet Muda dan Panjang Umur

 – Salah satu impian yang belum pasti untuk kita dapatkan yaitu memiliki umur yang panjang. Sehubungan dengan takdir yang berlaku, memang masalah umur hanya Tuhan yang tahu. Jika kita ingin memiliki tubuh sehat dengan umur yang lebih panjang, tentu akan banyak hal-hal penting yang harus kita terapkan.Sementara, faktor utama seseorang memiliki umur pendek, yaitu kebiasaan buruk yang dapat membuat orang tersebut mengalami masalah kesehatan. Siapa yang tak ingin memiliki umur panjang dengan kualitas kulit lembut, cerah, dan tentunya terhindar dari keriput meski umur sudah tua?Seperti yang dikatakan oleh Puspa Dewi nenek tertua di Indonesia bahwa, untuk memiliki tubuh seperti anak remaja di usia yang menginjak 51 tahun tidaklah sulit. Ia mengatakan, memanfaatkan waktu setiap hari dengan penuh kegembiraan, itu merupakan salah satu kunci yang membuat kita awet muda.

7 Makanan yang Perlu Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

 – Tentu akan menjadi sebuah halangan jika kesehatan kita tidak dapat terjaga dengan baik. Bagi Anda yang memiliki pekerjaan serta berhubungan dengan kinerja otak, pasti akan merasa sangat sulit untuk berkonsentrasi saat lambung mengalami masalah.Tapi jangan khawatir, ada banyak cara untuk mengondisikan agar kesehatan lambung tetap terjaga. Seperti salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan netral, dalam artian tidak ada rasa yang tajam dari makanan tersebut.Mengonsumsi makanan dengan rasa yang sangat tajam, ternyata juga bisa dikatakan tidak baik untuk kesehatan lambung. Sebagai contoh yaitu mengonsumsi buah yang terlalu Asam. Untuk itu, jika Anda memiliki masalah pada lambung, perlunya mencoba beberapa makanan seperti yang ada di bawah ini.

6 Minuman Sehat Jaga Kekebalan Tubuh di Musim Hujan

 – Perubahan suhu udara menjadi dingin dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan. Banyak orang mengatakan saat pergantian musim telah tiba, perkembangbiakan virus dan bakteri mulai meningkat, yang akhirnya dapat menimbulkan masalah pada kesehatan.Dan virus yang banyak menyerang kita pada saat musim hujan adalah influenza. Virus ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan. Meski begitu, kita tidak perlu khawatir dengan hal seperti ini.Sistem kekebalan tubuh pada diri kita dapat diperkuat, dengan meminum minuman herbal seperti yang ada di bawah ini. Tentu selain murah untuk dibeli, minuman yang kaya akan antioksidan ini juga sangat banyak digemari oleh masyarakat.

Empat Minuman Sehat Pembersih Nikotin dalam Tubuh

.co.id – Tanpa disadari, kebiasaan merokok sudah menjadi rutinitas sehari-hari, baik dari kalangan muda sampai lanjut usia. Lambat laun, jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka zat nikotin rokok akan terus menumpuk dalam tubuh yang berakibat kurang baik bagi kesehatan.Terkadang, orang sulit sekali melepaskan diri dari mengisap rokok jika sudah kecanduan. Namun, hal ini bisa ditanggulangi dengan terapi-terapi tertentu, baik secara medis atau penerapan secara tradisional. Tetapi, jika keberadaan nikotin dalam tubuh sudah terlalu banyak jumlahnya, maka kita harus segera membersihkannya secara rutin.Salah satu caranya bisa memanfaatkan beberapa bahan alami, untuk dijadikan minuman pembersih nikotin. Nah, berikut cara membuat minuman serta penggunaannya guna membersihkan tumpukan nikotin dalam tubuh.

Banyak Kesalahan, Inilah Cara yang Benar Menyeduh Teh Hijau

 – Apapun jenisnya, menyeduh minuman jenis teh secara rutin dan teratur kita akan bisa merasakan hasil yang optimal bagi kesehatan tubuh. Termasuk dalam tata aturan penyeduhan, teh hijau harus benar-benar kita perhatikan.Teh hijau memberikan manfaat yang cukup kompleks dalam perawatan kesehatan maupun kecantikan, seperti menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, melawan bakteri, jamur dan sebagainya. Nah untuk menuai hasil yang sempurna, berikut beberapa aturan yang harus kamu perhatikan dalam menyeduh teh hijau.Seperti yang disampaikan oleh seorang ahli gizi yaitu Nurul Manikam, beliau menyarankan agar penyeduhan teh hijau harus membutuhkan waktu yang cukup. Artinya kondisi air dalam gelas sudah dalam keadaan yang pekat, sehingga semua kandungan nutrisi dalam teh hijau sudah benar-benar terlarut dalam air.

6 Tipe Orang yang Berisiko Terkena Penyakit Lupus

.co.id – Apa itu penyakit lupus? Lupus bisa dikatakan sebuah gangguan tubuh, yang diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh mengalami abnormal. Di mana, terdapat senyawa penting dalam tubuh yang berbalik arah menjadi bumerang bagi tubuh itu sendiri.Bukan karena tidak ada alasan yang mengakibatkan permasalahan ini terjadi. Namun, terjadinya inflamasi kronis ini juga bisa diidap oleh orang yang memiliki gangguan tubuh tertentu. Sehingga, kemunculan penyakit lupus akan menyerang balik pada jaringan dan organ pada tubuh. Apakah pemasalahan ini membahayakan tubuh?Bisa saja, karena beberapa dampak yang ditimbulkan oleh penyakit ini pun cukup beragam. Mulai dari terjadinya inflamasi di bagian sendi, kulit, sel darah, paru-paru dan jantung. Sebelumnya, keberadaannya juga diikuti adanya beberapa gejala seperti tubuh merasa lelah, timbul ruam di kulit, rasa sakit, dan pembengkakan di bagian sendi.

6 Makanan Ini Dapat Menimbulkan Efek Halusinasi

 – Untuk menjaga kesehatan tubuh secara optimal, tentu ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Mulai dari menjaga pola makan, kebersihan lingkungan serta mengubah kebiasaan buruk menjadi yang lebih baik.Dalam Studi ilmu kesehatan dari Swiss merekomendasikan, saat kita mengonsumsi makanan, baik itu buatan maupun alami sebaiknya mengonsumsinya dalam jumlah tertentu saja.Hal demikian memang benar, karena setiap makanan yang dikonsumsi pasti memiliki rasa yang berbeda-beda. Setiap rasa pada makanan tersebut bergantung pada kandungan senyawa di dalamnya.

3 Jenis Daun Ini Bikin Rambutmu Tebal dan Panjang

.co.id – Tak dipungkiri rambut indah, tebal, dan bebas dari kerontokan termasuk menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang yang ingin memaksimalkan penampilannya. Apalagi helaian rambut yang panjang dan berkilau, mampu membuat gaya rambut jadi memesona.Namun, hal itu bisa diraih jika kita rajin melakukan perawatan rambut secara rutin, misalnya menjaga kebersihannya serta mencukupi nutrisinya guna menunjang pertumbuhan yang maksimal.Dan juga, penerapan secara umum dalam rangka memanjangkan rambut. Salah satu perawatan rambut yang bisa kita terapkan, yakni memanfaatkan beragam jenis daun dari tumbuhan-tumbuhan tertentu, untuk mencukupi nutrisi rambut maupun menjaga keindahannya. Lantas, daun apa saja yang bisa membuat rambut tebal dan panjang?

5 Kebiasaan Buruk Ini Sebabkan Diabetes Menyerang Tubuh

.co.id – Diabetes melitus adalah suatu sindrom yang menyerang pada sistem metabolisme akibat dari keturunan, pola hidup tak sehat, maupun pengaruh lingkungan. Hal tersebut menyebabkan kondisi kadar gula menjadi tidak normal.Kadar gula darah dikontrol interaksi yang kompleks oleh sejumlah zat kimia, dan juga hormon-hormon di dalam tubuh ( termasuk hormon insulin yang diproduksi oleh sel-sel beta di dalam pankreas ). Dengan demikian, dapat dikatakan jika diabetes melitus merupakan golongan penyakit kronis.Yang mana, hal ini dapat mengacu pada penyakit dengan gejala kadar gula darah yang mengalami peningkatan secara drastis. Peningkatan kadar gula ini disebabkan oleh tubuh yang tidak memiliki hormon insulin, atau insulin tidak bisa bekerja sesuai fungsinya. 

Makan Jamur Setiap Hari Ampuh Atasi 5 Penyakit Ini

 – Efek positif mengonsumsi jamur tidak kalah jika dibandingkan dengan jenis buah-buahan, minuman dan makanan sehat lainnya. Jamur memiliki beragam varietas berbeda, yang akan memiliki khasiat obat berbeda pula.Sebagaimana telah tercantum dalam hasil studi pada Jurnal Food Chemistry bahwa, tim peneliti berasal dari Pennsylvania State University telah menemukan dua senyawa antioksidan penting pada jamur, yakni Glutathione dan Ergothioneine.Para peneliti menganalisis tentang terdapatnya hubungan erat antara konsumsi jamur dengan prevalensi penyakit kronis yang diderita manusia. Dalam hasil studi tersebut menunjukkan, makan sejumlah jamur dalam porsi kecil setiap hari berdampak besar untuk kesehatan tubuh, dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang tinggi.Baca Selengkapnya ...

Tujuh Kesalahan Sarapan Ini Sebabkan Berat Badan Melonjak

.co.id – Sarapan pagi juga dikenal berguna untuk membantu penurunan berat badan. Alasannya, karena penerapan sarapan mampu membuat tubuh menyerap kalori lebih efisien. Dibandingkan, jika badan belum menerima asupan apapun, maka proses pembakaran kalori akan cenderung lebih lambat.Bahkan, jika Anda sebagai penggemar olahraga pagi, mengonsumsi makanan terlebih dahulu akan membuat peningkatan sistem metabolisme dapat diimbangi. Oleh karena itu, para ahli mengungkap bahwa begitu pentingnya, kalau kita memerhatikan sarapan pagi.Sayangnya, masih banyak sekali kesalahan yang tak diduga terutama saat kita melakukan sarapan pagi. Lantas, apa saja kesalahan yang sering dilakukan saat sarapan pagi? Berikut penjelasannya.

8 Tanda Tubuh Anda Kelebihan Konsumsi Garam

.co.id – Asupan garam berlebih sudah dipastikan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Karena, tingginya natrium memungkinkan tubuh mengalami banyak masalah. Mulai dari kolesterol tinggi, tekanan darah meningkat, diabetes, penyakit jantung bahkan sampai stroke.Sepanjang waktu tubuh manusia hampir tidak bisa lepas dari kandungan natrium ini. Banyak kemungkinan, natrium yang diperoleh tubuh berasal dari garam dapur, yang sering dicampurkan dalam menu masakan. Lantas, bagaimana jika kandungan natrium tubuh terlanjur meninggi?Anda harus segera mengenali tanda-tandanya terlebih dahulu, agar dapat dilakukan langkah pengurangan terhadap natrium tubuh itu sendiri. Sehingga, tak sampai mengakibatkan hal buruk yang menimpa kondisi tubuh. 

5 Khasiat Menakjubkan Air Rebusan Daun Jeruk Purut

.co.id – Seperti yang telah kita ketahui bahwa, daun jeruk purut sudah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang, terutama dalam hal masak-memasak. Seperti halnya dibuat campuran untuk masakan lalapan, kulupan, dan berbagai masakan lainnya.Hal tersebut karena, daun jeruk purut bisa memberikan aroma dan rasa yang sedap pada menu masakan, sehingga banyak orang yang menambahkan daun jeruk purut sebagai bahan campuran masakan. Tak hanya itu saja, ternyata daun jeruk purut juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.Hal ini karena pada daun jeruk purut terdapat senyawa alami yakni tannin, kadar steroid triterpenoid, serta minyak atsiri. Yang mana, semua kandungan zat alami tersebut sangat bermanfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh manusia.

Jaga Kesehatan Mata dengan Konsumsi 9 Buah Ini

 – Saat kamu memiliki masalah pada mata jangan dianggap remeh. Mata merupakan organ terpenting bagi kita. Karena dengan adanya mata sehat, kita jadi jeli melihat apapun yang dikerjakan. Bahkan, sebagian besar penyebab utama dari banyak korban kecelakaan adalah pandangan mata yang tidak sehat.Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin memiliki mata sehat, langkah terpenting yang harus dilakukan adalah mengubah pola hidupmu menjadi lebih sehat. Sebenarnya, untuk menjaga kesehatan mata tidaklah sulit. Anda bisa mengubah pola makan dengan mengonsumsi makanan yang memiliki nilai vitamin A tinggi.Selain itu, nutrisi lain juga perlu diperhatikan sebagai pengimbang vitamin A. Di samping makanan, kamu juga dapat menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi buah-buahan yang cukup mudah didapatkan.