Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Selain Menyegarkan, Air Tebu Mampu Turunkan Berat Badan

 – Pernah merasakan kesegaran dari air tebu? Air tebu atau sari tebu termasuk salah satu minuman yang popular, karena rasanya menyegarkan dan harganya juga sangat murah meriah. Air tebu banyak dijual di sepanjang jalan dalam kemasan botol, plastik, dan biasanya diminum dengan campuran es batu.Ada banyak jenis tebu yang bisa dikonsumsi, mulai dari tebu hijau, tebu hitam, tebu merah, dan lain sebagainya. Semua jenis tebu memiliki sari yang manis menyegarkan, sehingga cocok menjadi alternatif minuman sehari-hari.Tahukah Anda, jika es tebu tak hanya ampuh melepaskan dahaga saja, tapi juga membantu turunkan berat badan. Luar biasa bukan, dari minuman yang enak ini kita bisa mendapatkan tubuh ideal. Daripada penasara, simak kandungan luar biasa pada air tebu berikut ini.

Cara Mengatasi Telapak Kaki Sakit Nyeri Setelah Berdiri Lama

 – Pernah mengalami sakit pada telapak kaki bagian tengah hingga ke tumit, setelah berdiri terlalu lama atau setelah bangun tidur? Sakit atau nyeri pada telapak kaki merupakan keluhan yang sangat mengganggu, bagaimana tidak kaki terasa bagai menginjak paku atau ditusuk-tusuk.Mungkin Anda bingung, apa penyebab telapak kaki bagian tengah terasa sakit dan bagaimana cara mengatasinya? Penyebab paling sering dari sakit atau nyeri pada telapak kaki adalah plantar faciitis, yakni peradangan pada lapisan tebal yang ada di sepanjang kaki yang menghubungkan tulang tumit menuju telapak kaki bagian depan sampai jari-jari kaki.Sebenarnya dalam kondisi normal, plantas faciitis berfungsi seperti shock absorber yang menyerap serta menahan goncangan, dan membantu gerakan lengkungan pada telapak kaki. Namun ketika terjadi ketegangan dan tekanan atau beban besar pada kaki, maka secara otomatis akan menyebabkan facia jadi meradang sehingga muncul rasa sakit.

Begini Cara Tepat Memilih Pembalut untuk Wanita

 – Pembalut merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi wanita setiap bulan. Jelas saja, karena hampir setiap bulan wanita akan mengalami menstruasi. Ada banyak merek pembalut yang beredar di pasaran, meski begitu Anda tidak boleh sembarangan memilih pembalut.Alasannya jelas untuk kesehatan organ intim Anda, oleh karena itu apapun yang melekat padanya wajib diperhatikan. Apalagi, belakangan ini marak pembalut yang mengandung zat pemutih atau klorin, di mana jika digunakan dalam jangka waktu lama dapat berefek buruk bagi kesehatan.Pasti tidak mau bukan, Anda mengalami hal buruk gara-gara sembarangan memilih pembalut? Daripada salah memilih, berikut ini kami bagikan beberapa cara tepat memilih pembalut yang baik untuk wanita.

Lakukan Hal Ini agar Kaki Tidak Nyeri Saat Bangun Tidur

 – Tidur nyenyak semalaman, tapi waktu bangun kaki terasa nyeri? Tidur harusnya membuat tubuh menjadi segar dan bugar. Tapi nyatanya karena beberapa sebab, sehingga seseorang justru merasakan tidak nyaman pada tubuhnya setelah bangun tidur, termasuk bagian kakinya yang menjadi kaku, kram, dan kesemutan.Tidak mengherankan, karena mungkin selama seharian penuh, Anda disibukkan dengan beragam aktivitas dari mulai berjalan, berdiri dan duduk lama sehingga kaki menjadi kaku. Kondisi tersebut pasti menyiksa dan membuat Anda merasa tidak nyaman, bukan?Sudah pasti, apalagi keesokan harinya Anda harus siap bekerja keras lagi. Tidak mau mengalami kaki nyeri dan kaku saat bangun tidur, bukan? Anda bisa melakukan beberapa cara sederhana berikut ini, untuk mengatasinya.

Manfaat Microgreens bagi Kesehatan, Jangan Diabaikan

 – Mungkin Anda masih merasa asing dengan microgreens, bukan? Ya, karena memang sayuran ini baru populer belakangan ini. Tahukah Anda, jika microgreens termasuk salah satu makanan super yang sangat bermanfaat bagi kesehatan?Microgreen memiliki ukuran mini, karena bisa dinikmati saat masih sangat muda, yakni sekitar 2 minggu setelah disemai. Tapi meskipun ukurannya kecil, namun di dalam sayuran ini terdapat kandungan nutrisi super lengkap.Mulai dari vitamin, mineral, dan senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayur microgreens bisa diolah sebagaimana sayuran biasanya, baik direbus, dikukus, dijadikan lalapan maupun campuran salad. Sayuran mini ini memiliki tekstur yang ringan dan rasa yang lumayan ramah di lidah. 

8 Manfaat Mengejutkan 'Baby Oil' bagi Orang Dewasa

 – Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan baby oil, bukan? Jelas saja, apalagi bagi Anda yang pernah memiliki anak, di mana baby oil ini termasuk salah satu minyak untuk perawatan yang wajib dimiliki bayi. Baby oil untuk bayi bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran di kulitnya yang lembut, menghaluskan kulit, menghangatkan tubuh, dan bisa juga untuk olesan saat dipijat.Tapi ternyata, tak hanya untuk bayi saja karena baby oil juga bisa memberikan manfaat pada orang dewasa. Sayangnya, tak banyak orang yang menyadarinya sehingga merasa aneh saja untuk memakainya. Padahal, sudah jelas-jelas baby oil itu termasuk minyak bermanfaat.Tapi, tak sedikit orang seolah merasa aneh jika dipakai orang dewasa. Berikut ini terdapat manfaat menakjubkan dari baby oil untuk orang dewasa. Apa saja itu? Simak yuk selengkapnya berikut ini.

Rutin Makan Pisang Hijau, Khasiatnya Luar Biasa

 – Jika harus memilih antara pisang yang sudah matang kekuningan dengan pisang yang masih hijau, pasti Anda akan memilih pisang yang sudah matang, bukan? Sangat jelas, karena pisang kekuningan dan matang pasti memiliki rasa manis dan enak.Akan tetapi, bukan berarti yang hijau tidak bermanfaat, karena ternyata pisang kuning maupun hijau (masih mentah) sama berkhasiatnya. Bahkan disebutkan bahwa, banyak sekali keuntungan yang didapat dari makan pisang hijau.Beberapa keutamaan yang terdapat pada pisang hijau, membuat Anda tak perlu ragu lagi untuk mengonsumsinya. Penasaran, kira-kira apa sajakah manfaat mengonsumsi pisang hijau? Simak langsung ulasannya berikut ini.

Di Balik Sayur Pakis yang Enak, Ini Dia Rahasia Sehatnya

 – Suka menikmati olahan sayur pakis? Pakis merupakan satu satu jenis tanaman paku yang ternyata bisa diolah menjadi sayuran yang lezat. Bagian yang dimasak adalah batang, rimpang, tunas, dan daun yang masih muda.Pakis yang memiliki nama latin Diplazium Esculentum ini tak hanya enak dikonsumsi, tapi juga mengandung banyak gizi. Beberapa di antaranya protein, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, fosfor, kalsium, tembaga, zat besi, dan masih banyak lagi lainnya.Selain itu, dalam pakis juga mengandung senyawa penting, seperti flavonoida dan polifenol. Dibandingkan sayuran lain, pakis termasuk istimewa karena tumbuh alami dan tidak terkontaminasi zat kimia, seperti peptisida. 

Di Balik Sayur Pakis yang Enak, Ini Dia Rahasia Sehatnya

 – Suka menikmati olahan sayur pakis? Pakis merupakan satu satu jenis tanaman paku yang ternyata bisa diolah menjadi sayuran yang lezat. Bagian yang dimasak adalah batang, rimpang, tunas, dan daun yang masih muda.Pakis yang memiliki nama latin Diplazium Esculentum ini tak hanya enak dikonsumsi, tapi juga mengandung banyak gizi. Beberapa di antaranya protein, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, fosfor, kalsium, tembaga, zat besi, dan masih banyak lagi lainnya.Selain itu, dalam pakis juga mengandung senyawa penting, seperti flavonoida dan polifenol. Dibandingkan sayuran lain, pakis termasuk istimewa karena tumbuh alami dan tidak terkontaminasi zat kimia, seperti peptisida. 

Waspada, Makanan Enak Ini Justru Bahayakan Ginjal

 – Ginjal termasuk organ vital bagi tubuh. Selain fungsinya bisa menyaring darah, ginjal juga menyaring dan membuang limbah (racun, garam berlebih, dan urea), mengendalikan cairan tubuh, mengatur tekanan darah, mengatur sel darah merah, mengatur keseimbangan asam basa (pH) darah, dan masih banyak lagi lainnya.Bisa dibayangkan bukan, bagaimana jika ginjal kita bermasalah. Sudah bisa dipastikan, tubuh kita akan mengalami berbagai masalah kesehatan, dari mulai penyakit batu ginjal, gagal ginjal, dan masalah serius lainnya. Menjaga kesehatan ginjal bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya menjaga pola makan sehat.Tahukah Anda jika ada banyak sekali makanan yang meskipun enak, tapi justru dapat membahayakan organ ginjal. Makanan seperti ini harusnya sudah kita waspadai, jangan sampai hanya karena enak, lantas kita mengorbankan organ penting tubuh kita.

Dianggap Bunga Hias, Gingseng Jawa Punya Banyak Khasiat

 – Jika mendengar tentang tanaman gingseng, pasti yang terbayang di benak Anda adalah tanaman berkhasiat untuk kekuatan pria. Namun, gingseng yang akan kita bahas di sini adalah gingseng Jawa atau Kolesom, atau Som Jawa.Tanaman ini seringkali ditanam sebagai tanaman hias, karena memang memiliki daun subur dengan bunga berwarna-warni.  Anda pasti tahu, jika gingseng Jawa yang memiliki nama latin Talinum Crassifolium ini merupakan salah satu jenis sayur yang bisa dimasak menjadi aneka hidangan lezat.Bahkan, di dalam tanaman gingseng Jawa juga terkandung banyak nutrisi penting yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam gingseng Jawa terdapat banyak gizi serta senyawa penting yang bermanfaat untuk tubuh.

Setop Buang Kulit Bawang Merah, Ini Dia Khasiatnya

 –  Bawang merah termasuk salah satu kebutuhan pokok di dapur Anda, bukan? Sudah jelas, karena hampir semua masakan menggunakan bawang merah sebagai bumbu untuk menyedapkan masakan. Sebelum digunakan, pasti Anda akan mengupas kulit bawang merah tersebut bukan? Lantas, dibuang ke mana kulit-kulit bawang merah itu?Kebanyakan orang akan langsung membuang kulit bawang merah karena dianggap sampah yang tidak berguna. Padahal kalau kamu tahu manfaatnya, pasti akan menyesal karena sudah mengabaikan kulit bawang merah.Dalam kulit bawang merah terdapat kandungan zat quercetin yang membantu turunkan tekanan darah, sehingga Anda terhindar dari penyakit hipertensi, jantung, dan juga stroke. Selain itu, masih banyak lagi khasiat lainnya yang perlu Anda tahu.

Berwarna Putih, Kunyit Satu Ini Tak Kalah Hebat Khasiatnya

 – Anda pasti tidak asing dengan rempah-rempah kunyit, bukan? Ya, kunyit biasa digunakan sebagai bumbu masak, minuman karena warnanya kuning cerah. Tapi tahukah Anda, jika selain kunyit yang berwarna kuning, ada juga jenis kunyit lainnya yang tak kalah berkhasiat, yakni kunyit putih.Kunyit putih memiliki bentuk rimpang bulat dan warnanya putih, seperti kencur serta aroma khas yang harum. Berbeda dengan kunyit kuning, kunyit putih mungkin kurang populer dan agak sulit ditemui. Meski tidak begitu dikenal, namun kunyit putih mengandung manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.Kunyit putih mengandung banyak gizi penting, di antaranya protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta kandungan senyawa lainnya. Lantas, apa sajakah manfaat yang bisa kita dapatkan dari kunyit putih? 

Cegah Kanker Payudara dengan Konsumsi 8 Makanan Ini

 – Menerapkan pola hidup sehat membuat tubuh lebih sehat dan kebal terhadap penyakit mematikan, termasuk salah satunya kanker payudara. Kanker payudara merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak menyerang wanita.Oleh karena itu, upaya pencegahan harus dilakukan agar para wanita sehat dan terhindar dari penyakit mengerikan ini. Salah satu upaya yang bsia dilakukan untuk mencegah penyakit kanker payudara adalah dengan rutin mengonsumsi makanan sehat bernutrisi.Ketika asupan nutrisi untuk tubuh terpenuhi dengan baik, maka tubuh akan lebih sehat dan daya tahan tubuh kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit, termasuk kanker payudara. Ingin tahu apa sajakah makanan sehat yang wajib dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker payudara?Baca selengkapnya...

Usir Nyamuk hingga Cegah HIV dengan Bunga Geranium

.co.id – Pernah dengar tentang bunga geranium? Bunga geranium merupakan sejenis bunga yang cukup indah, karena memiliki beraneka warna yang indah, dari mulai ungu, pink, biru hingga putih.Bunga geranium memiliki bentuk yang beragam, bahkan disebutkan ada lebih dari 200 spesies dari tumbuhan geranium. Tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias, karena bunga geranium memiliki banyak manfaat yang luar biasa.Di dalam bunga dan daun geranium terdapat kandungan minyak esensial, yang bisa dimanfaatkan untuk obat tradisional. Kira-kira, apa sajakah manfaat sehat yang bisa kita dapatkan dari bunga geranium? Agar lebih jelasnya, simak informasi berikut ini.

Manfaat Daun Beluntas yang Sering Diabaikan

.co.id – Pernah menikmati olahan daun beluntas atau mungkin merasakan khasiat dari jamu beluntas? Bagi yang tinggal di daerah pedesaan, daun beluntas mungkin tak asing lagi buat mereka. Hal tersebut karena, tanaman ini memang termasuk tanaman yang liar dan mudah tumbuh, meskipun tidak sengaja ditanam.Meski sering dipandang sebelah mata, namun daun beluntas bisa diolah menjadi aneka hidangan yang lezat menggoda, seperti pepes beluntas, kotok, rempeyek beluntas, dan lainnya. Bahkan, daun beluntas bisa dijadikan minuman herbal atau jamu berkhasiat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.Daun beluntas merupakan bahan makanan yang aman dikonsumsi, karena di dalamnya mengandung banyak gizi. Mulai dari karbohirat, energi, protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan mineral penting lainnya. Dan berikut ini beberapa manfaat daun beluntas yang sering diabaikan.

Berhenti Buang Kulit Melinjo dan Ketahui Manfaatnya

 – Anda suka makan emping melinjo? Saat membuat emping melinjo, biasanya kulitnya dibuang-buang bukan, karena dianggap tidak banyak manfaatnya. Padahal selain bijinya, kulit melinjo juga banyak manfaatnya untuk kesehatan.Kulit melinjo bisa diolah menjadi aneka hidangan dan camilan yang lezat, dari mulai keripik hingga sayuran. Rasanya sangat enak, bahkan kulit melinjo memiliki banyak manfaat yang tak terduga untuk kesehatan. Hal tersebut karena di dalam kulit melinjo terdapat kandungan nutrisi penting untuk tubuh.Mulai  dari vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor, protein, dan masih banyak yang lainnya. Tak mengherankan, jika kulit melinjo memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaatnya?

Tak Terduga, Umbi Suweg Punya Manfaat Luar Biasa

 – Pernah mendengar tentang umbi suweg? Umbi suweg merupakan salah satu jenis umbi yang biasa tumbuh di tanah yang lembap. Umbi suweg memiliki bunga yang aneh, karena baunya mirip bangkai. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Amorphophallus Paeoniifolius ini memang termasuk keluarga bunga bangkai.Sebagaimana umbi yang lain, umbi suweg juga terdapat di dalam tanah sehingga untuk mengambilnya dibutuhkan cangkul. Umbi suweg memiliki bentuk yang unik, mirip cobek, karena memang ada cekungan di bagian tengahnya.Meski begitu, umbi suweg memiliki rasa yang sangat enak, agak manis dan teksturnya punel. Suweg bisa dinikmati dengan cara dikupas dan dipotong-potong, lalu dikukus hingga matang. 

Manfaat dan Efek Samping Kopi Hijau bagi Kesehatan

 – Jika Anda pecinta kopi, pasti Anda sudah sering mencicipi beragam jenis kopi. Selain kopi luwak, ternyata ada juga jenis kopi lainnya yang saat ini cukup terkenal, yakni kopi hijau. Dinamakan kopi hijau, karena berasal dari biji kopi yang belum dilakukan proses pemanggangan sebagaimana kopi hitam.Dibandingkan kopi yang sudah dipanggang, ternyata kopi hijau memang lebih istimewa dari lainnya. Hal tersebut karena, kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat yang tinggi. Jelas saja, karena kandungan tersebut memang bisa berkurang akibat proses pemanggangan.Untuk kandungan gizi kopi hijau hampir bisa dikatakan sama dengan kopi hitam, sama-sama tinggi kafein. Hanya saja, kalau kopi hijau masih mengandung beberapa nutrisi yang lengkap, mulai dari asam amino, protein, klorogenat, karbohidrat, mineral, lipid, dan juga vitamin. 

Setop Buang Kulit Lemon, Ini Dia Manfaatnya

 – Anda pasti sudah tidak ragu lagi dengan khasiat sehat yang ada dalam buah Lemon, bukan? Lemon merupakan buah yang kaya vitamin C yang cukup tinggi, sehingga memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan.Tahukah Anda, jika tak hanya air lemon saja yang memberikan manfaat sehat, tapi juga kulit lemonnya. Dalam kulit lemon terdapat kandungan vitamin A, vitamin C, dan betakaroten yang lebih tinggi dibandingkan air perasannya. Alasan itulah yang membuat Anda tidak boleh membuang kulit lemon, tapi justru disarankan untuk mengambil manfaatnya.Mungkin tak semua orang tahu, apa manfaat sehat kulit lemon dan bagaimana cara mengonsumsinya. Jika masih meragukan manfaatnya, simak penjelasannya berikut ini.

Cegah Penyakit Mematikan dengan Makan Bawang Putih

 – Memanfaatkan bawang putih sebagai bumbu masakan, mungkin sudah biasa. Tapi, apakah Anda bersedia, jika diminta makan bawang putih mentah? Bawang putih memiliki aroma khas yang cukup menyengat, serta rasa yang tidak enak di lidah.Tapi meski memiliki aroma dan rasa yang tidak enak, namun mengonsumsi bawang putih mentah setiap hari dapat memberikan khasiat yang luar biasa untuk menangkal penyakit mematikan, seperti stroke dan kanker.Mungkin sebagian dari Anda heran, bagaimana mungkin bawang putih yang seringkali hanya dianggap sebagai bumbu dapur justru berikan manfaat hebat untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat yang kita dapat, jika sering konsumsi bawang putih mentah?

7 Manfaat Kesehatan dari Sayuran Timun Krai

.co.id – Bagi penggemar sayur asem atau rujak yang merupakan makanan khas Jawa Timur, pastilah Anda tidak asing dengan sayur krai. Sayur yang berwarna hijau bercorak ini hampir mirip dengan mentimun, hanya saja ukurannya jauh lebih kecil dan dagingnya tebal.Jika mentimun bisa dinikmati secara langsung sebagai lalapan, maka timun krai harus diolah lebih dulu, seperti dikukus atau direbus agar rasanya lebih enak. Ketika dimasak, timun krai memiliki rasa yang istimewa, yakni manis dan menyegarkan.Ternyata, di balik rasanya yang enak, sayuran timun krai menyimpan beragam manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.  Lantas, apa saja manfaatnya? Agar lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini.

6 Khasiat Sehat dari Sayur Klentang Kelor

.co.id – Pernah menikmati segar dan lezatnya sayur Klentang? Kelentang atau klentang merupakan buah dari tanaman kelor, yang memiliki warna kehijauan dan bentuknya segitiga memanjang.Klentang termasuk satu jenis sayur yang sangat direkomendasikan untuk semua kalangan, karena minim kandungan bahan kimia dan di dalamnya mengandung banyak gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, bahkan ampuh sembuhkan beberapa penyakit.Ingin tahu lebih banyak tentang sayur kelentang, di sini kita akan mengupas rahasia tentang sayuran satu ini.