Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

KPK Bikin Wisata Baru di Kaur, Asyik Buat Selfie

 – Selain terkenal wisata baharinya, Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu juga memiliki objek wisata alam lainnya yang wajib kamu kunjungi. Apa itu?Ada tempat wisata baru di Kaur, namanya Wisata Bukit Riang. Tempat wisata ini digagas oleh Komunitas Pemuda Kreatif (KPK) Kaur, lokasinya di Desa Pancur Negara Kecamatan Kaur Utara. Meski terbilang baru dibuka, atau sejak sepekan yang lalu.Namun, objek wisata baru ini sudah menjadi primadona khususnya anak-anak muda. Terutama bagi mereka yang hobi foto, menjadikan tempat ini sebagai objek pengambilan foto yang layak dikunjungi. “Spot fotonya sangat bagus mas,” kata seorang pengunjung.

Mengintip Ritual Cuci Pantai Nelayan di Bengkulu Selatan

 – Ratusan warga terutama yang berprofesi sebagai nelayan berduyun-duyun memadati tempat pelelangan ikan (TPI) Pasar Bawah, Jumat (11/5/2018). Mereka melaksanakan ritual cuci pantai yang memang biasa digelar di bulan ke lima setiap tahunnya, khususnya menjelang puasa.Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Yusti Murni menceritakan, ritual tersebut digelar sebagai bentuk rasa syukur nelayan atas nikmat dan rezeki yang diberikan para nelayan selama ini. Melalui ritual cuci pantai tersebut, mereka memohon kepada Allah SWT agar terhindar dari marabahaya, serta meminta rezeki yang berlimpah kepada nelayan.Karenanya, selama ini banyak kejadian buruk yang menimpa para nelayan seperti karam, bahkan ada yang jatuh korban jiwa. Diceritakannya, syarat-syarat yang disiapkan warga untuk gelar ritual cuci pantai itu yakni jambar burung dara, jambar ayam kampung hitam, dan jenis kambing kumbang.

Sebakas, Desa yang Hilang Disumpah Si Pahit Lidah

 – Bagi masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan dan sekitarnya, Dusun Tinggi atau Sebakas merupakan sebuah wilayah yang penuh mitos dan misteri. Apalagi, lokasi yang berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut ini menjadi lokasi yang kerap digunakan untuk berziarah. Masyarakat setempat percaya bahwa Sebakas merupakan sebuah dusun tua yang hilang.Konon, di lokasi berbukit ini dahulunya ada sebuah istana dengan perkampungan warga yang hilang karena disumpah oleh si Puyang Serunting, atau dikenal dengan si Pahit Lidah di berbagai cerita rakyat. Letaknya secara administratif berada di wilayah Kecamatan Air Nipis. Namun, akses terdekat untuk menuju dusun itu yakni dari Desa Bandar Agung, Kecamatan Ulu Manna.Meski berada di lokasi yang cukup jauh dengan medan yang terjal, namun lokasi yang berada di tengah hutan ini sering dijadikan warga untuk ziarah atau bersemadi. Bahkan terdapat sejumlah pakar sejarahawan dari Jawa, yang melakukan penelitian di dusun tersebut. Para peneliti berkeyakinan bahwa terdapat keterkaitan antara Kerajaan Majapahit dengan Dusun Sebakas. Konon dusun ini menjadi salah satu lokasi pelarian Patih Gajah Mada dari Majapahit. 

Berwisata Sambil Berobat di Suban Air Panas Curup

 – Provinsi Bengkulu juga memiliki tempat pemandian air panas yang eksostis seperti di daerah lain di Indonesia. Adalah Suban Air Panas, letaknya di Desa Cawang Baru, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong.Kabupaten Rejang Lebong menjadikan tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di daerahnya. Sebab, letaknya sangat strategis, yaitu berada tak jauh atau sekitar 2 kilometer dari jalan lintas Bengkulu – Lubuk Linggau Sumatera Selatan. Dan hanya sekitar 6 kilometer dari Kota Curup.Akses untuk menuju ke objek wisata ini sangat mudah. Saat masuk pengunjung akan disuguhkan pemandangan perumahan penduduk yang asri dan pepohonan bambu yang rindang. Plus, suara gemericik air yang mengalir dari daerah pegunungan.

Moleknya Pesona Air Terjun Cughup Embun di Pagar Alam

 – Selain kaya akan peninggalan purbanya berupa bebatuan megalith, Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan dikenal sebagai bagian dari Kerajaan Sriwijaya yang memiliki keindahan alam. Letak geografisnya diapit oleh dua dataran tinggi, yakni Bukit Barisan dan Gunung Dempo.Dengan kontur daerah yang bergelombang, membuat bumi Besemah ini kaya akan Curug dengan beragam keunikannya. Salah satunya yang terkenal di kalangan traveler adalah Curug Embun. Warga sekitar menyebutnya Cughup.Jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata yang eksostis ini, letakknya di Desa Pematang Bango persis berada di kaki Gunung Dempo. Dari Kota Palembang butuh waktu sekitar 8 jam melalui jalur darat. Sedangkan, jika dari Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam.