Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

penghuni60sains.blogspot.com

All About Science and Sains

Banyak Turis di Utah Tanpa Sadar Membuang Jejak Dinosaurus

 – Para pengunjung yang datang ke taman negara bagian Amerika Serikat di Utah, kemungkinan besar telah secara tidak sengaja menghancurkan jejak fosil dinosaurus. Tentu saja hal ini sangat disayangkan.Mencakup hampir 2.000 hektar, Red Fleet State Park adalah sebuah taman yang sangat populer, tidak hanya untuk kegiatan satwa liar dan rekreasi saja, tetapi juga karena jejak dinosaurusnya yang terawetkan dengan sangat baik, yang berasal dari jutaan tahun yang lalu.Namun baru-baru ini, beberapa fosil jejak tersebut telah hilang karena ulah para pengunjung taman yang mungkin tanpa sadar melemparkannya ke danau terdekat karena dianggap sebagai batu biasa.

Kapsul Waktu Atmosfer Ini Dapat Mengubah Sejarah Bumi

 – Terkubur di dalam butiran batu garam kuno, sebuah tim ahli geologi telah menemukan jejak-jejak atmosfer yang ramah terhadap binatang. Jika dikonfirmasi, temuan itu akan mendorong kembali peningkatan oksigen di Bumi ratusan juta tahun.Penemuan ini memunculkan pertanyaan baru, tentang evolusi kehidupan yang rumit baik di sini maupun di luar tata surya kita. Bumi mungkin menjadi marmer biru kita yang nyaman hari ini, tetapi masuklah ke dalam mesin waktu dan lakukan perjalanan kembali ke dua miliar tahun sebelumnya.Dijamin, Anda akan segera mati lemas akibat kekurangan oksigen. Sementara, para ilmuwan telah menemukan jejak oksigen di Bumi sejak lebih dari tiga miliar tahun, butuh ribuan tahun aktivitas mikroba sebelum akhirnya udara menjadi sesuatu yang dekat dengan apa yang kita anggap bisa bernapas. 

Menara Miring Pisa Tidak Pernah Ambruk, Ini Penjelasannya

 – Siapa yang tidak tahu bangunan unik satu ini, Menara Miring Pisa di Italia. Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan menara miring ini. Ya, Menara Miring Pisa adalah bangunan yang memiliki struktur konstruksi paling aneh.Tak hanya aneh, menara ini juga menimbulkan banyak pertanyaan bagi yang melihatnya. Bagaimana bisa menara miring itu tetap berdiri kokoh meski sudah berusia 500 tahun? Pertanyaan misteri ini berusaha dijawab oleh para ilmuwan dan insinyur.Dikenal karena kemiringannya yang mengkhawatirkan, menara yang dibangun pada abad ke-12 ini sudah mulai miring, bahkan sebelum konstruksi selesai karena tanah di bawahnya terlalu lunak di satu sisi. Tingkat kemiringannya semakin memburuk sampai dibuat upaya untuk menstabilkan pada tahun 1990-an.

Waspada, Robot Mirip Terminator Sekarang Bisa Mengejar Anda

 – Penggabungan antara teknologi dan sains saat ini benar-benar sudah semakin canggih. Robot seperti manusia yang dulunya hanya ada di fiktif belaka, saat ini mulai terlihat sempurna.Bahkan, robot-robot humanoid yang dikembangkan oleh para ilmuwan di Boston Dynamics ini dapat berlari dan melompat di luar ruangan, tanpa terikat pada kabel apa pun. Mungkin butuh waktu tiga tahun untuk mencapainya, tetapi saat ini robot ciptaan yang menakutkan seperti manusia telah diberikan kebebasan untuk pergi ke mana saja dan bahkan dapat melompati rintangan di jalan yang ia lalui.Tentu saja dengan semakin canggihnya penciptaan robot, apalagi dengan keberadaan kecerdasan buatan yang belum lama ini juga muncul pada robot Sophia yang menjadi warga negara Arab, maka tidaklah menutup kemungkinan, robot seperti dalam film Terminator akan terlihat berkeliaran di masa depan.

Paus Balin Purba Adalah Predator Terganas Pada Masanya

 – Paus balin adalah hewan terbesar di Bumi, meskipun mereka hewan terbesar namun mereka hanya memakan mangsa yang berukuran kecil, mereka memiliki kemampuan untuk menyaring sejumlah besar mangsa kecil dari air laut menggunakan baleen seperti sisir di mulut mereka.Namun, bukti baru yang ditemukan ini, berdasarkan analisis tengkorak Llanocetus denticrenatus (paus baleen tertua kedua yang diketahui sampai saat ini), menunjukkan bahwa paus tersebut awalnya memiliki gusi yang berkembang dengan baik, tetapi tidak memiliki balin."Llanocetus denticrenatus adalah kerabat kuno dari raksasa lembut modern kita, seperti paus bungkuk dan biru. Tidak seperti mereka, bagaimanapun, ia memiliki gigi, dan mungkin adalah predator yang tangguh, " kata Dr Felix Marx, ahli paleontologi dari Royal Belgian Institute of Natural Sciences.

Asteroid 'Buangan Masa Lalu' Ditemukan di Sabuk Kuiper

 – Sebuah asteroid yang diperkirakan berasal dari hari-hari awal tata surya telah ditemukan berada pada jarak empat miliar kilometer jauhnya dari Bumi lebih tepatnya berada di wilayah yang dikenal sebagai wilayah Sabuk Kuiper atau Kuiper Belt, yaitu wilayah yang paling ramai di tata surya kita setelah orbit Neptunus.Minat pada batuan angkasa yang jauh ini pertama kali digelitik oleh astronom Universitas Queen, Dr Wesley Fraser yang telah melakukan pengamatan rutin menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble.Dia memperhatikan bahwa 'spektrum reflektansi' asteroid itu berbeda dengan objek yang berdekatan.

Luar Biasa, Hewan Ini Hidup Berevolusi Jutaan Tahun Tanpa Kawin

 – Semua yang namanya makhluk hidup, tentu tidak terlepas dari kegiatan ‘bereproduksi’ untuk menambah keturunan dan menjaga spesies mereka dari kepunahan. Itulah mengapa Tuhan menciptakan makhluk hidup itu saling berpasang-pasangan. Seperti yang kita ketahui kegiatan bereproduksi pada hewan dibutuhkan adanya pertemuan antara sel kelamin jantan dan sel telur betina melalui sebuah proses ‘perkawinan’ atau hubungan seks.Namun, bagaimana mungkin jika ternyata ada hewan kecil mikroskopis yang sanggup bertahan hidup dan berevolusi hingga puluhan juta tahun tanpa melakukan proses ‘perkawinan’.Bagaimana hal ini bisa terjadi? Sebut saja namanya ‘Bdelloid rotifers’. Bdelloids adalah hewan mikroskopis yang hidup di habitat air tawar dan basah di seluruh dunia. Terlepas dari kurangnya seks, kita tahu mereka telah berevolusi selama puluhan juta tahun ke dalam lebih dari 500 spesies.

Tidak Ada Waktu untuk Alien, Inggris Musnahkan Berkas UFO

 – Misteri UFO memang telah lama menjadi intrik di berbagai negara. Banyak yang percaya bahwa UFO atau alien itu ada. Namun sayangnya hingga saat ini belum ada satu pun bukti yang benar-benar meyakinkan.Sebagian hanyalah cerita-cerita saja yang tanpa bukti kuat akan kebenarannya. Hal ini tentu saja sempat membuat intelijen Inggris kewalahan. Sehingga mereka memutuskan untuk tidak lagi menangani kasus seperti ini.Dokumen yang tidak diklasifikasikan dari Kementerian Pertahanan Inggris telah mengungkapkan rincian dari studi UFO tahun 1997. Pada saat itu, minat terhadap fenomena UFO telah mencapai puncaknya, sehingga menciptakan sesuatu yang memusingkan bagi staf intelijen yang dibanjiri dengan permintaan informasi secara rutin.

Tidak Ada Ruang Tersembunyi di Makam Tutankhamun

 – Pencarian ruang tersembunyi di dalam makam Raja Tutankhamun, dimulai pada tahun 2015, ketika arkeolog Inggris Nicholas Reeves menemukan apa yang dia yakini sebagai garis besar, setidaknya satu pintu tersembunyi setelah memeriksa foto-foto resolusi tinggi dari interior makam.Kemudian pada bulan Maret 2016, pihak berwenang mengungkapkan bahwa mereka telah mengidentifikasi apa yang tampak sebagai dua ruangan tersembunyi di dalam makam. Yaitu sebuah penemuan yang tampaknya mengkonfirmasi keberadaan ruang pemakaman rahasia, banyak yang menduga ruang ini mungkin ruang khusus untuk ibu Raja Tutankhamun, yaitu Ratu Nefertiti.Sedihnya, dua tahun kemudian, para pejabat Mesir kini telah mengungkapkan bahwa hasil dari set pemindaian ketiga telah menentukan sekali, dan untuk semua itu tidak ada ruang tersembunyi di balik dinding kuburan.

Temuan Arkeologi Ini Membuktikan Keberadaan Nabi Daud?

 – Selain dikenal sebagai Nabi, Daud juga konon dikenal sebagai seorang Raja kedua dalam kerajaan Israel. Reruntuhan kota yang sudah ada sejak 3.000 tahun yang lalu ini, telah menghidupkan kembali perdebatan tentang apakah Raja Daud benar-benar ada.Kota yang ditemukan di Yudean Shephelah di sebelah timur bukit Hebron ini, telah dianggap oleh beberapa arkeolog menjadi kota Kanaan Eglon yang telah disebut-sebut dalam sejarah.Menurut penanggalan radiokarbon dilakukan pada sampel yang diambil dari lantai dan pondasi pemukiman, juga menegaskan bahwa tanggal reruntuhan kota tersebut sekitar 1.000 SM. Waktu di mana Raja Daud atau lebih dikenal juga sebagai Raja David, memerintah seperti disebut dalam Alkitab.

Efek Mematikan Bom Hiroshima yang Belum Banyak Diketahui

 – Bom nuklir 'Little Boy' yang dijatuhkan di Hiroshima pada tahun 1945 telah mengakhiri kehidupan puluhan ribu warga sipil. Dalam sebuah penelitian baru, para ilmuwan menganalisis tulang rahang dari seorang individu korban yang cukup malang, berada kurang dari satu mil dari hipocenter bom pada 6 Agustus 1945.Ini adalah pertama kalinya, tulang korban digunakan untuk mengukur jumlah radiasi yang diserap selama serangan. Penelitian sebelumnya berfokus pada aspek lain dari efek bom.Para peneliti mengungkapkan bahwa tulang rahang telah menyerap total 9,46 grays (joule energi radiasi per kilogram materi), yaitu hampir dua kali lipat dari dosis yang mematikan.

Semut Gurun Gunakan Medan Magnet Bumi Agar Tak Tersesat

 – Ini adalah kehidupan semut yang luar biasa. Semut gurun atau yang memiliki nama latin Cataglyphis ternyata memiliki keahlian yang belum tentu dimiliki oleh manusia sekalipun. Meskipun semut ini bekerja di padang pasir yang sangat luas, namun ia bisa menemukan jalan pulang ke sarangnya dengan mudah. Apa yang digunakannya?Semut gurun hidup dalam sarang bawah tanahnya yang gelap. Selama berminggu-minggu di awal karirnya ia harus rela merawat sang ratu dan anak-anaknya, membangun ruangan di dalam sarang, merapikan dan menggali terowongan.Di suatu waktu, semut-semut pekerja ini harus keluar dari sarangnya hingga jarak yang sangat jauh, menjadi semut pengumpul, mengumpulkan apapun yang dapat mereka gunakan bagi kelangsungan hidup mereka.

Runtuhnya Jembatan Silver Virgina Terkait Makhluk Bersayap?

 – Ini sebuah cerita klasik yang telah beredar dan membuat heboh banyak orang. Cerita tentang kemunculan makhluk cryptid bersayap yang kerap digambarkan sebagai sosok menyerupai manusia dengan sepasang sayap dan dua mata merah raksasa, makhluk tersebut dikenal dengan nama “Mothman”.Bagi orang-orang Virgina, legenda tentang penampakan Mothman sudah bukan cerita baru lagi. Seolah-olah cerita ini bukan hanya sebuah cerita fiksi belaka, namun menjadi sesuatu yang menjelma nyata.Tampaknya, awal beredar cerita ini dimulai sekitar tahun 1960-an. Mothman telah terlihat di banyak tempat di Virginia dan Virginia Barat, tetapi jumlah penampakan terbesar terjadi atau dekat tempat yang dikenal sebagai "Area TNT," dump amunisi yang ditinggalkan yang berasal dari Perang Dunia II tepatnya dekat Point Pleasant, West Virginia.

Ngeri, Nyamuk Ini Besarnya Melebihi Telapak Tangan!

 – Seorang entomolog Cina berhasil menemukan serangga yang memiliki lebar sayap 11,5 centimeter, selama kunjungan lapangan tahun lalu. Spesimen besar itu dilaporkan adalah milik spesies bernama Holorusia mikado, dan ditemukan selama kunjungan lapangan ke Gunung Qingcheng di Chengdu, ibukota provinsi Sichuan Cina.Serangga besar ini biasanya tumbuh sekitar 8 centimeter, membuat yang satu ini sangat besar."Nyamuk ini tampak mengerikan, tetapi tidak memakan darah. Nyamuk dewasa memiliki umur hanya beberapa hari dan terutama memakan nektar," kata Zhao Li, kurator Museum Serangga dari Cina Barat.

‘Jembatan Eksplorasi’ Manusia Akan Dibuat di Bulan

 – NASA telah mengungkapkan bahwa, platform Lunar Orbital-Gateway yang ambisius akan diluncurkan pada awal tahun 2022 nanti. Dirancang sebagai jembatan antara Bulan dan ruang angkasa, stasiun ruang angkasa baru ini akan memiliki awak hingga empat astronot pada suatu waktu dan di masa depan.Mereka akan bertindak sebagai batu loncatan ke Mars. Stasiun ini juga akan memudahkan astronot untuk berkunjung ke permukaan Bulan. "Kami ingin memahami mekanika orbital di sekitar Bulan sedikit lebih baik, jauh dari gravitasi bumi dengan baik," kata Administrator Associate NASA, William Gerstenmaier.Melakukan sesuatu di wilayah ini, di mana gravitasi bukan pengemudi besar adalah cara operasi yang berbeda. Kapsul baru berawak milik Lockheed Martin Orion akan digunakan untuk antar jemput astronot ke stasiun. 

Penambang Asteroid Bisa Menjadi Triliuner Pertama di Dunia

 – Mungkin salah satu di antara pertambangan di Bumi yang sukses membuat seseorang menjadi kaya adalah pertambangan emas. Emas memang menempati posisi hasil tambang termahal di dunia. Namun, bagaimana jika ternyata ada lagi hasil tambang yang konon menurut para ilmuwan akan berpotensi menghasilkan para triliuner pertama di dunia. Pertambangan apakah itu?Jawabannya adalah pertambangan asteroid. Asteroid yang melewati kita secara teratur mungkin tidak tampak sangat berharga, tetapi di dalam banyak batuan spacefaring di sana terletak keberuntungan lainnya seperti misalnya keberadaan emas, platinum dan mineral lainnya yang benar-benar dapat membuat penambangan ruang angkasa menjadi usaha komersial yang sangat aktif.Tahun lalu, perusahaan investasi perbankan Goldman Sachs telah menerbitkan laporan setebal 98 halaman, yang menganjurkan penambangan asteroid sebagai peluang menghasilkan uang yang berpotensi menguntungkan, bagi mereka yang bersedia melakukan investasi.

Ditemukan Pertama Kalinya Spesies Baru Cumi-cumi 'Aneh'

 – Kapal penjelajah Okeanos Explorer NOAA belum lama ini berhasil memfilmkan cephalopoda yang luar biasa, selama ekspedisi terbarunya. Digambarkan oleh salah satu ahli biologi kelautan sebagai "mungkin cumi-cumi paling aneh yang pernah saya lihat".Cumi-cumi merah yang luar biasa ini, terlihat oleh kapal selam ribuan kaki di bawah Teluk Meksiko Barat. Dengan corak khas dan postur tubuhnya yang aneh dan terbalik, makhluk itu tentu saja tidak biasa."Anda mendapatkan banyak gurita yang duduk di tanah dan menggemaskan," kata ahli biologi, Sarah McAnulty. "Yang ini lebih mirip cumi vampir berwarna, tapi kemudian memiliki pola tubuh yang benar-benar aneh yang benar-benar membuatku terpukau. Hampir tampak seperti nautilus dalam caranya berenang."

Mungkinkah Alien Terjebak Oleh Gravitasi Planetnya Sendiri?

 – Berbicara tentang planet yang layak huni ataupun planet yang diperkirakan terdapat kehidupan alien, saat ini masih menjadi topik terhangat di kalangan para ilmuwan dan astronom. Apalagi seiring dengan semakin banyaknya penemuan planet-planet ekstrasurya, yang diperkirakan mirip Bumi, ataupun berada dalam zona layak huni dari bintang induknya.Sejauh ini, perburuan kehidupan di luar bumi yang ada di dunia ekstrasurya telah difokuskan terutama untuk mencari planet terestrial, yang seukuran Bumi dan terletak di zona layak huni dari bintang induknya.Akan tetapi, dengan ditemukannya planet mirip Bumi yang berukuran sangat besar seperti Kepler-69c, atau biasa disebut sebagai ‘Super Earths” yang juga kebetulan berada di zona layak huni tersebut menimbulkan pertanyaan. Jika memang benar mereka berpenghuni? Lantas mengapa tidak ada penampakan dari mereka?

Mungkinkah Alien Terjebak Oleh Gravitasi Planetnya Sendiri?

 – Berbicara tentang planet yang layak huni ataupun planet yang diperkirakan terdapat kehidupan alien, saat ini masih menjadi topik terhangat di kalangan para ilmuwan dan astronom. Apalagi seiring dengan semakin banyaknya penemuan planet-planet ekstrasurya, yang diperkirakan mirip Bumi, ataupun berada dalam zona layak huni dari bintang induknya.Sejauh ini, perburuan kehidupan di luar bumi yang ada di dunia ekstrasurya telah difokuskan terutama untuk mencari planet terestrial, yang seukuran Bumi dan terletak di zona layak huni dari bintang induknya.Akan tetapi, dengan ditemukannya planet mirip Bumi yang berukuran sangat besar seperti Kepler-69c, atau biasa disebut sebagai ‘Super Earths” yang juga kebetulan berada di zona layak huni tersebut menimbulkan pertanyaan. Jika memang benar mereka berpenghuni? Lantas mengapa tidak ada penampakan dari mereka?

Ternyata, Planet Uranus Itu Berbau Seperti Telur Busuk

 – Uranus merupakan planet ketujuh dalam tata surya yang paling banyak tidak disukai. Planet ini adalah salah satu dari ketiga raksasa gas dalam sistem tata surya kita yang memiliki cincin planet. Kehadiran gas di Uranus memang telah lama dicurigai.Tapi, gas tersebut tidak sampai membuat para astronom melakukan pengamatan, dengan menggunakan instrumen Near-Infrared Integral Field Spectrometer (NIFS) pada teleskop Gemini Utara di Hawaii. Instrumen ini mampu melihat tanda keberadaan hidrogen sulfida di atas puncak awan Uranus.Seperti yang kita ketahui bahwa, hidrogen sulfida adalah gas yang memberikan bau seperti telur busuk. Hal tersebut berarti, planet ini jelas bukan tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi oleh siapa pun. 

Sapi Akan Menjadi Mamalia Terbesar yang Tersisa di Dunia

 – Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa sapi akhirnya akan menjadi mamalia terbesar yang tersisa di Bumi. Dalam sebuah penelitian baru, ahli biologi Universitas New Mexico bernama Felisa Smith dan rekan-rekannya menguraikan kemungkinan yang terjadi di masa depan, di mana semua mamalia yang lebih besar dari seekor sapi akan punah karena kegiatan manusia."Satu-satunya saat menjadi besar adalah buruk ketika manusia terlibat. Kita adalah pemangsa yang efisien dan telah lama sekali berlangsung, jadi tidak ada penilaian pertimbangan di sini, hanya apa yang dilakukan hominid," katanya.Kepunahan mamalia yang lebih besar adalah pola yang telah berlangsung selama ribuan tahun, dengan banyak spesies mamalia besar, seperti misalnya mammoth berbulu, yang semakin lama semakin banyak berjatuhan di pinggir jalan.

Sapi Akan Menjadi Mamalia Terbesar yang Tersisa di Dunia

 – Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa sapi akhirnya akan menjadi mamalia terbesar yang tersisa di Bumi. Dalam sebuah penelitian baru, ahli biologi Universitas New Mexico bernama Felisa Smith dan rekan-rekannya menguraikan kemungkinan yang terjadi di masa depan, di mana semua mamalia yang lebih besar dari seekor sapi akan punah karena kegiatan manusia."Satu-satunya saat menjadi besar adalah buruk ketika manusia terlibat. Kita adalah pemangsa yang efisien dan telah lama sekali berlangsung, jadi tidak ada penilaian pertimbangan di sini, hanya apa yang dilakukan hominid," katanya.Kepunahan mamalia yang lebih besar adalah pola yang telah berlangsung selama ribuan tahun, dengan banyak spesies mamalia besar, seperti misalnya mammoth berbulu, yang semakin lama semakin banyak berjatuhan di pinggir jalan.

Kapal Selam Nazi yang Hilang Akhirnya Ditemukan

 – Reruntuhan salah satu U-boat yang paling terkenal di Jerman telah ditemukan di lepas pantai Denmark. Kapal Perang Dunia II ini merupakan kapal selam U-3523 yang telah lama berada di pusat desas-desus bahwa kapal tersebut berada di bawah kepemimpinan Nazi. Bahkan mungkin termasuk Hitler sendiri. Di mana kapal selam tersebut telah menjadi kapal pengangkut keselamatan Amerika Selatan setelah Jerman menyerah pada akhir perang.Penemuan reruntuhan kapal itu akhirnya membuat teori-teori ini berhenti. "Setelah perang, ada banyak desas-desus tentang kepemimpinan Nazi yang melarikan diri di U-boat dan membawa emas Nazi ke tempat aman, dan U-3523 mendukung rumor tersebut," tulis Museum Perang Laut Denmark Jutland di situsnya.Kapal selam itu ditemukan duduk di sudut 45 derajat sekitar 130 meter di bawah permukaan laut. Apa yang dibawanya dengan persis saat kapal itu tenggelam tetap masih misteri. Citra pemindaian dasar laut oleh Museum Perang Laut Jutland di utara Denmark menunjukkan puing-puing U-boat U-3523 milik Nazi Jerman yang tampak jelas di dasar laut pantai utara negara itu.