Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Ternyata, Panci dan Wajan Ada Bahayanya

.co.id – Ada yang baru saya ketahui tentang bahaya panci dan wajan yang biasa digunakan untuk memasak. Panci dan wajan yang digunakan dalam hal ini terbuat dari tembaga atau aluminium. Bahaya yang didapat adalah keracunan. Kok bisa?Ya, karena bahan metal tersebut dapat berinteraksi dengan panas dan makanan. Meresap pada makanan yang pada akhirnya bisa menumpuk dalam tubuh Anda, malah terkadang dapat menyebabkan keracunan. Meski menumpuk, sedikit demi sedikit alias perlahan saja, namun lama-lama bisa menggunung.Tingkat racun tembaga dapat merusak imun dan memungkinkan sel-sel kanker berkembang biak. Ketika digosok dengan alat yang kasar, peralatan makan stainless steel bahkan dapat mengeluarkan sejumlah kecil metal racun seperti kromium dan nikel.

Ibu Hamil Boleh Minum Teh, Asalkan...

.co.id – Memang secara umum teh mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang rusak dan juga menjadi penangkal radikal bebas dalam tubuh.Bukan itu saja, teh juga sangat ampuh untuk mencegah berkembang biaknya sel kanker dalam tubuh manusia. Selain itu, teh juga dapat melangsingkan tubuh, mengurangi kolesterol dalam darah, dan juga mampu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Dalam satu cangkir teh mengandung vitamin E berkisar antara 100-200IU yang ternyata mampu mencukupi kebutuhan vitamin E dalam satu hari bagi tubuh. Vitamin E dengan jumlah ini dapat menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus dan mulus. Teh juga bisa digunakan untuk terapi kesehatan.

Tiga Fungsi Utama Kandung Empedu

.co.id – Kandung empedu, termasuk salah satu dari enam organ dalam yang berongga. Kandung empedu dengan hati berhubungan dan terletak di antara daun hati yang pendek. Antara hati dengan kandung empedu dihubungkan oleh meridian, atau saluran energi.Kandung empedu terletak tepat di bawah hati dan berfungsi untuk menyimpan cairan empedu yang diproduksi oleh hati. Kandung empedu ini bisa menyimpan sebanyak 0,4 liter cairan empedu. Hati setiap harinya bisa menghasilkan sekitar satu liter cairan empedu.Cairan empedu adalah cairan yang berwarna hijau kekuningan yang diperlukan untuk pencernaan makanan berlemak di usus kecil. Berikut, tiga fungsi utama dari kandung empedu:

11 Penyakit yang Ditandai dengan Flu

Flu atau influenza adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus. Flu masih bisa disembuhkan dengan obat biasa disertai makan, istirahat, serta olahraga yang teratur.Namun apa jadinya jika semua itu sudah dilakukan, namun belum kunjung sembuh juga? Hal ini bisa menjadi tanda awal suatu penyakit lainnya yang lebih berbahaya.Gejala flu yang tampak adalah batuk, pilek, ingusan, kepala pusing, dan sebagainya. Batuk hubungannya ke daerah tenggorokan dan dada. Sedangkan pilek, berhubungan dengan hidung. Jadi hati-hatilah, segera periksakan diri ke dokter jika flu Anda tak kunjung sembuh. Lalu, apa saja penyakit yang ditandai dengan flu?

Enam Manfaat Konsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat adalah makanan yang mengandung serat, di mana tubuh tidak dapat mencerna atau menyerapnya. Karena tidak dapat dicerna oleh bagian pencernaan dalam tubuh, maka serat ini tak dapat menghasilkan energi atau kalori bagi tubuh kita.Serat banyak ditemukan dalam buah, sayur, kacang-kacangan, dan gandum. Dalam Islam, makan yang baik adalah dengan makan sebelum kita lapar, dan berhenti sebelum kita kenyang. Bahkan Rasulullah menganjurkan untuk mengelola cara makan seperti itu.Kenapa kita harus mengonsumsi makanan berserat? Karena makanan berserat ini sangat membantu dalam proses pencernaan. Apa saja manfaat mengonsumsi makanan berserat? Berikut penjelasannya.

Ketahui Bahaya Minum Teh untuk Anak

Teh adalah minuman yang berasal dari daun teh yang telah dikemas maupun dikeringkan terlebih dahulu. Rasanya agak pahit sedikit, meskipun begitu, jika ditambah dengan gula, rasanya segar sekali.Kita sebagai manusia memang membutuhkan makan dan minum. Kegiatan tersebut sudah menjadi kewajiban agar bisa tetap beraktivitas di muka bumi ini, termasuk ibadah. Bukan orangtua saja, namun juga anak-anak memang sudah seharusnya banyak mengonsumsi air. Hal itu banyak disarankan oleh para ahli gizi dan kesehatan.Meskipun anak-anak disarankan untuk mengonsumsi banyak cairan, namun jenis minuman ini hendaknya jangan dan tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak. Teh, ya minuman teh. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika memberikan teh kepada anak-anak. Sebaiknya, ketahui dampaknya terlebih dahulu berikut ini.

Tiga Faktor yang Pengaruhi Kecerdasan dan Jasmani Seseorang

Sejak lahir, jasmani seseorang akan terus berkembang, baik dalam bentuk badan, ukuran-ukuran badannya, maupun dalam daya kerjanya. Semuanya akan terus tumbuh hingga anak mencapai dewasa. Pertumbuhan dan perkembangan ini akan terus berkembang hingga anak berusia 25 tahun.Tapi ingat, bahwa perkembangan jiwa seseorang, di antaranya perkembangan kecerdasan seseorang, tidaklah berhenti di usia 25 tahun. Karena perkembangan jiwa atau kecerdasan seseorang, mungkin saja masih dapat berlangsung terus sesuai dengan kemampuan masing-masing anak.Lalu, apa saja yang memengaruhi pertumbuhan jasmani dan pertumbuhan kecerdasan seseorang? Ada beberapa faktor yang turut memengaruhinya, di antaranya adalah sebagai berikut.

15 Buah yang Mengandung Serat Tinggi dan Khasiatnya

Serat yang tinggi sangatlah bagus untuk pencernaan, agar proses metabolisme menjadi lancar. Tak ada salahnya juga untuk mencoba buah berserat tinggi. Selain itu, manfaatnya juga bisa menanggulangi penyakit-penyakit tertentu seperti buah alpukat.Buah ini mampu menanggulangi penyakit anemia serta regenerasi sel. Pisang dan pepaya juga memiliki serat tinggi. Siapapun yang mengalami kesulitan buang air besar, pasti disarankan untuk mengonsumsi buah pisang dan buah pepaya.Pisang memiliki kegunaan yang bisa mengurangi kadar asam dalam lambung, serta mengobati gangguan pada lambung. Bisa juga untuk mengobati penyakit jantung dan sakit stroke. Lalu, buah-buahan apa lagi yang mengandung tinggi serat?

10 Macam Faktor Risiko Tumor Otak

Apa itu tumor otak? Tumor otak adalah suatu pertumbuhan sel abnormal di dalam jaringan otak atau dari jaringan sekitar otak. Biasanya tumor otak berupa benjolan yang tak lazim.Angka kejadiannya sendiri bisa mencapai 21 kasus per 100 ribu penduduk. Hal ini berdasarkan survey yang dilakukan oleh badan terkait yang ada di Amerika Serikat. Penyebab dari penyakit tumor otak, rupanya belum diketahui secara pasti.Meskipun begitu, bisa dilihat dan kemungkinan besar ada beberapa faktor risiko yang sebaiknya dicurigai. Namun bisa diketahui dari faktor risikonya, seperti yang ada pada berikut ini. Apa saja?

Begini Pencegahan dan Pengobatan Anemia pada Ibu Hamil

Apa itu yang dinamakan anemia? Anemia adalah suatu kondisi dimana kadar hemoglobin hb , yang merupakan sel darah merah dalam tubuh rendah. Ibu hamil adalah salah satu golongan yang rentan terhadap anemia ini.Meskipun anemia bukan merupakan kelainan, namun tetap harus ditangani dengan cepat dan tepat. Karena anemia yang diabaikan pada ibu hamil, akan mengganggu kesehatan ibu dan janin. Anda tak mau seperti itu, bukan?Untuk mengetahui apakah ibu hamil menderita anemia atau tidak, sebaiknya dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Pemeriksaan hemoglobin untuk mengukur jumlah hemoglobin, sehingga protein zat besi dapat membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Bagaimana Cara Kerja Terapi Jus?

Ada banyak artikel yang memuat bermacam-macam resep cara membuat jus, mulai dari yang sederhana dengan bahan minim, hingga yang berbahan lebih mahal. Jus banyak mengandung nutrisi, seperti zat besi, beta karoten, selenium, vitamin C, kalsium, kalium, serta vitamin E, dimana vitamin ini dinyatakan bisa mencegah dan menyembuhkan kanker.Kandungan vitamin E ini, mampu bekerja dalam menghambat penyebaran dan pertumbuhan sel-sel kanker. Dan kita bisa dengan mudah mendapatkan nutrisi penting ini dengan meminum jus.Jus tersebut adalah jus apel, bayam, seledri, bawang putih, lobak, kol, jeruk, brokoli, wortel, serta sayuran lainnya. Tidak ada salahnya mencoba melakukan terapi jus ini, untuk menyembuhkan macam-macam penyakit. Lalu sebenarnya, bagaimana cara terapi jus itu bekerja?

Positif dan Negatif Menjadi Menantu Kesayangan Mertua

Salah satu tantangan dalam pernikahan adalah menjalin hubungan harmonis dengan keluarga pasangan, terutama dengan mertua. Seringkali dilihat, jangankan menjadi menantu kesayangan, akur dengan mertua saja bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan.Sebenarnya, kedekatan antara menantu dan mertua tergantung dari pola yang terjadi di lingkungan pasangan. Misalnya saja, jika suami adalah anak kesayangan ibunya, maka bisa jadi istri menjadi menantu kesayangan.Namun tak selalu begitu, tak menutup kemungkinan yang terjadi adalah sebaliknya karena adanya faktor kecemburuan atau orangtua yang super posesif. Untuk bisa menjadi menantu kesayangan mertua, ternyata ada positif dan negatifnya. Lantas, apa positif dan negatifnya?

Jadwal Ideal Pemberian MPASI Berdasarkan Usia Bayi

Sampai berapa kali dalam sehari, bayi diberi makan? Dan berapa porsinya untuk sekali makan? Pasti itu menjadi salah satu pertanyaan yang kerap diucapkan oleh orangtua baru.Selama enam bulan sudah, bayi diberikan ASI eksklusif dan rata-rata sukses. Sekarang saatnya untuk memperkenalkan makanan pendamping untuk si kecil.Namun tak jarang, pemberian MPASI ini menjadi pertanyaan juga bagi orangtua baru. Mulai dari jenis apa yang harus diperkenalkan terlebih dahulu, berapa porsinya dan sebagainya. Berdasarkan usia bayi, berikut jadwal dan menu makan dalam sehari.

Enam Tanda Kehamilan yang Sehat

"Semoga kehamilannya sehat dan lancar ya bu." Doa serta harapan tersebut selalu terucap bahkan sampai berkali-kali diucapkan oleh seseorang ketika berpapasan dengan seorang ibu yang sedang mengandung. Tapi, sebenarnya kehamilan yang sehat itu seperti apa?Nah, untuk memastikan kehamilan yang benar-benar sehat dan tak ada masalah, sebaiknya ibu hamil rutin memeriksakan dirinya ke dokter mengenai kehamilannya.Mengacu pada WHO, pemeriksaan kehamilan harus dilakukan minimal empat kali. Yaitu satu kali pada trimester pertama, satu kali pada trimester kedua, dan dua kali pada trimester terakhir.

Delapan Keadaan Ibu Hamil Harus Konsumsi Suplemen

Kebutuhan akan vitamin dan mineral untuk ibu hamil perlu dicukupi agar kesehatan ibu dan calon bayi tetap terjaga dan pertumbuhan janinnya bisa tetap optimal.Kalau vitamin bisa diperoleh dengan mudah, maka lain halnya dengan yang namanya mineral. Dan rupanya memang cukup sulit untuk didapatkan.Namun perlu diketahui oleh semuanya bahwa, tak semua suplemen aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Untuk itu, apa perlu ibu hamil mengonsumsi suplemen sepanjang masa kehamilannya? Yuk simak berikut ini penjelasannya.

Empat Penyebab Bayi Sulit Tidur Lelap

Perlu diketahui oleh orang tua baru bahwa bayi yang baru lahir lebih banyak tidur ketimbang anak di atas satu tahun. Namun ada kalanya terdapat kondisi dimana si kecil justru susah tidur dan rewel. Padahal orang tuanya sudah berusaha sekuatnya agar anak segera terlelap tidur.Hal ini bukan tanpa sebab kenapa si kecil berperilaku sedemikian rewelnya. Biasanya bayi akan sulit tidur karena merasa lapar dan rasa tidak nyaman pada dirinya. Rasa ini bisa membuat bayi menangis untu protes kepada orang tuanya. Lantas, apa yang menyebabkannya rewel dan tidak mau segera memejamkan mata?Kolik, yaitu gangguan pencernaan yang biasanya banyak terjadi pada usia baru lahir, antara 0 hingga 3 bulan. Gangguan pencernaan ini berpusat pada rangsangan saraf, sehingga terjadi penumpukan gas pada perut.

Sepuluh Risiko Operasi Sesar bagi Ibu Hamil

Memang zaman sekarang ini, banyak ibu hamil yang memilih persalinan melalui operasi sesar karena takut merasakan sakit ketika harus melahirkan secara normal, atau tidak ingi menunggu lama seperti menunggu proses pembukaan. Bahkan, ada juga yang beralasan melakukan operasi sesar karena ingin melahirkan sang bayi pada tanggal-tanggal tertentu semisal awal tahun dan sebagainya.Menurut ilmu kedokteran, suatu kehamilan dinyatakan cukup bulan atau aterm dalam bahasa kedokteran, apabila usia kandungan sudah memasuki 37 minggu ke atas berdasarkan hari pertama hari terakhir.Artinya adalah di saat usia ini janin secara organ sudah matang dan siap lahir pada usia kehamilan 40 minggu. Pada kondisi tertentu, bisa saja operasi sesar dilakukan sebelum 37 minggu prematur .

Kenali Demam pada Anak

Demam adalah gejala yang sering muncul pada anak. Sebenarnya demam itu bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Untuk itu, kenali dahulu jenis demam agar dapat mengatasinya dengan tepat. Pastinya Anda akan sangat sedih bila si kecil yang biasanya lincah dan lucu, tiba-tiba lesu karena demam.Memang saat ini alasan terbanyak anak dibawa ke dokter karena demam atau panas. Melihatnya, hati terasa sangat kasihan pada anak yang sedang sakit demam. Sudah seharusnya, orang tua pintar dalam menanggapi permasalahan seperti ini.Demam merupakan sebuah gejala atau sinyal dari tubuh. Sinyal atau reaksi yang menandakan bahwa tubuh sedang dimasuki oleh mikro organisme yang bisa berupa bakteri atau virus.

Konsumsi Kerupuk bagi Anak-anak, Bagus atau Tidak?

Kriuk..kriuk...kriuk.... ketika kita sedang makan kerupuk. Selain suaranya yang mengundang selera, justru sebenarnya nilai kandungan gizinya lah yang harus dicari. Sangat seru sekali kalau kita melihat anak-anak makan kerupuk sambil menyantap nasi.Duh, sebenarnya bagus tidak ya mengonsumsi kerupuk ini? Kerupuk sangat disukai anak-anak terutama bagi mereka yang sudah memiliki gigi. Rasa renyah serta cita rasa yang gurih dalam kerupuk, mengundang anak untuk mengonsumsi sebanyak-banyaknya. Padahal kerupuk itu belum tentu bagus untuk anak-anak.Kalau kita lihat, sebenarnya zat gizi yang terkandung di dalam kerupuk, tak ada yang istimewa, bahkan banyak tak bermanfaatnya terutama bagi anak-anak dan batita. Meskipun terdapat kandungan protein pada kerupuk ikan atau udang, namun nutrisi tersebut akan rusak saat proses penggorengan kerupuk.

Kenali Infeksi Paru-paru pada Anak

Jangan anggap remeh sesak napas yang terjadi, apalagi yang terjadi pada anak, sebab bisa saja itu adalah awal dari gangguan paru-paru. Apabila tidak segera ditangani, akan berakibat infeksi yang bisa mengganggu pertumbuhan buah hati Anda.Kesehatan paru-paru pada usia balita harus lebih diperhatikan, karena gangguan pada paru dapat menyebabkan gangguan perkembangan si anak. Jenis penyakit paru-paru, di antaranya, pneumonia, asma, batuk dan bronchitis.Peneumonia adalah proses infeksi akut yang mengenai jaringan paru-paru alveoli . Terjadinya penumonia seringkali bersamaan dengan proses infeksi akut pada bronkus biasa disebut bronchopneumonia .

Delapan Cara Atasi Ruam Popok pada Bayi

Betapa sedihnya hati orangtua ketika melihat si kecil terus menerus menangis, rewel setiap saat. Coba dilihat kulitnya, siapa tahu si kecil mengalami ruam popok.Hapap maklum, karena kulit bayi sangat tipis, bahkan lima kali lebih tipis dari kulit orang dewasa. Akibatnya, kulit bayi menjadi mudah terluka akibat berbagai macam paparan.Dengan menjaga agar kulit bayi tetap bersih dan kering adalah metode paling efektif dalam menangani dan mencegah ruam popok. Dan berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ruam popok.

Lima Kondisi Ibu Hamil yang Tidak Boleh Puasa

Ibu hamil dan menyusui diperbolehkan untuk tidak berpuasa pada bulan Ramadan. Itu semua demi kebaikan calon buah hatinya agar sehat dan tidak terkena penyakit. Ada beberpa zat penting yang harus dipenuhi pada saat kehamilan, yaitu asam folat, zat besi serta kalsium.Asam folat bisa diperoleh dari kacang-kacangan. Sementara zat besi bisa didapatkan dari sayur-sayuran. Dan zat kalsium bisa didapatkan dari susu dan ikan. Yang terpenting empat sehat lima sempurna terpenuhi.Jangan sampai ibu hamil mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, seperti diare, muntah berat, infeksi, atau penyakit lain semisal pengentalan darah. Berikut ini ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan ibu hamil tidak boleh berpuasa selama bulan Ramadan.

Delapan Tips Lancar Jalankan Ibadah Puasa

Puasa sudah seminggu lebih menghampiri kita. Puasa Ramadan itu hukumnya wajib bagi umat Islam yang sedang tidak ada halangan. Meskipun puasa Ramadan hukumnya wajib, namun tak semuanya berpuasa. Karena, ada beberapa golongan yang diberikan keringanan untuk tidak berpuasa, namun bisa menggantinya di waktu yang lain.Salah satu golongan yang diperbolehkan tersebut adalah ibu yang sedang menyusui. Meskipun demikian, masih banyak juga ibu menyusui yang tetap menjalankan ibadah puasa. Boleh-boleh saja, asalkan nutrisi yang dibutuhkan tetap terpenuhi selama melaksanakan puasa.Sebenarnya ada beberapa aturan yang mesti dilaksanakan, agar dalam melaksanakan ibadah puasa tetap berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah dengan mengatur menu makanan yang disantap ketika sahur dan berbuka puasa.