Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

net-guard.blogspot.co.id

Alasan Ilmiah Pesan "Black Dot" Bisa Bikin Crash WhatsApp

 – Beberapa hari terakhir pengguna WhatsApp dihebohkan dengan kemunculan pesan jahil 'Black Dot' (titik hitam) yang mampu membuat aplikasi WhatsApp menjadi crash alias mogok bekerja bila ditekan oleh si penerima pesan.Walaupun sebenarnya pesan 'Black Dot' di WhatsApp tidak begitu berbahaya, hanya saja akibat minimnya pengetahuan pengguna, tak sedikit orang yang menjadi justru menjadi korban malfungsi WhatsApp dan kebingungan untuk mengatasi keadaan itu.Berdasarkan hasil uji coba kami, diketahui dampak dari mengakses pesan bertanda titik hitam yang disertai dengan kalimat peringatan itu adalah aplikasi WhatsApp tak akan merespon aktivitas pengguna, dan akan berhenti bekerja dalam beberapa detik.

net-guard.blogspot.co.id

Hindari Foto Facebook Dicuri Orang dengan Fitur Baru Ini

 – Khawatir foto profil akun Facebook Anda dipakai oleh orang lain? Khawatir foto yang kita bagikan di Facebook digunakan tanpa izin oleh pengguna lain? Bila ya, maka informasi dari Net-Guard kali ini "wajib" untuk Anda ketahui.Facebook mungkin telah menjadi layanan sosial media online terpopuler di dunia. Namun karena kepopulerannya pula, Facebook justru dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab sebagai sarana mengambil keuntungan dengan cara yang salah.Seperti salah satunya menggunakan akun palsu dengan memakai foto profil milik orang lain. Tentu saja, hal ini akan merugikan si pemilik foto dari sisi privasi, apalagi kalau foto profil yang digunakan tanpa izin tersebut dipakai untuk melakukan kejahatan. Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk menghindari masalah di atas?

net-guard.blogspot.co.id

Cara Ketahui Aplikasi Android Palsu di Google Play Store

 – Seiring makin banyaknya pengguna smartphone Android, maka makin banyak pula aplikasi yang bermunculan di layanan Google Play Store. Bagi pengguna Android, tentu hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri, seperti lebih banyak pilihan aplikasi yang dapat digunakan untuk memudahkan aktivitas pengguna.Namun, di balik pesatnya pertumbuhan jumlah aplikasi di layanan Google Play Store, ternyata ada masalah serius yang mengancam keamanan pengguna, yaitu kemunculan aplikasi-aplikasi palsu yang meniru (menyerupai) aplikasi tertentu yang biasanya banyak diminati pengguna Android.Bukan tanpa bukti, diketahui di tahun 2017 lalu, dari berbagai sumber dilaporkan bahwa lebih dari satu juta pengguna Android telah "tertipu" dengan memasang aplikasi WhatsApp palsu dari layanan Google Play Store. Apa bahaya aplikasi palsu?

net-guard.blogspot.co.id

Begini Cara Atasi Komputer yang Terancam CCleaner

.co.id – Apakah Anda memasang software CCleaner di perangkat komputer Anda? Bila ya, maka Anda patut menyimak serius ulasan yang akan kami bagikan berikut ini. Diketahui bersama bahwa, CCleaner adalah produk perangkat lunak komputer yang sangat populer di dunia.CCleaner berfungsi untuk mengoptimalkan kerja komputer Windows, dengan menghapus berbagai perangkat lunak dan data yang tidak dibutuhkan. Sederhananya, software ini bekerja sebagai pembersih sampah data di perangkat komputer Windows.Membahas lebih lanjut tentang CCleaner, baru-baru ini muncul berita mengejutkan berkaitan dengan laporan infeksi malware berbahaya pada software yang juga populer bagi pengguna komputer di Indonesia ini. Lantas, apa sebenarnya yang terjadi dengan CCleaner?

net-guard.blogspot.co.id

Cara Aktifkan Fitur 'Two Factor Authentication' di Instagram

 – Siapa yang tak kenal Instagram? Ya, hampir semua pengguna smartphone Android dan iOS di dunia, pernah atau bahkan sering menggunakan Instagram dalam aktivitas online-nya.Menjadi besar dan populer hingga membukukan jutaan pengguna di seluruh dunia, membuat Instagram, khususnya para pengguna layanan tersebut tak luput dari ancaman keamanan, seperti halnya tindakan pencurian akun Instagram.Menyikapi masalah ini, maka mengamankan akun Instagram oleh pemilik akun tentu menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Membahas keamanan akun Instagram, diketahui bila pada 2017 lalu pihak Instagram telah merilis fitur Two Factor Authetication (2FA) sebagai sarana untuk mengamankan akun penggunanya.

net-guard.blogspot.co.id

4 Ekstensi Chrome Ini Lindungi Keamanan Saat Browsing

Ada berbagai macam cara bagi para penjahat dunia maya, untuk membobol keamanan dan privasi seseorang saat melakukan aktivitas browsing. Salah satu contoh yang paling sering kita jumpai ditemui yaitu pencurian data penting dengan jebakan situs palsu, yang sengaja dipasang jebakan phising.Menyikapi ancaman tersebut, maka tentunya memilih jenis peramban browser yang aman sebagai sarana browsing tentu sangat penting. Pertanyaannya, jenis peramban browser apa yang paling aman untuk menghindari masalah pembobolan keamanan dan privasi kita saat browsing?Dikutip dari berbagai sumber, ada banyak jenis browser yang diklaim aman digunakan oleh penggunanya dari serangan penjahat. Akan tetapi, Net-Guard sendiri lebih menyarankan penggunaan Chrome sebagai browser yang mumpuni dalam urusan keamanan dan privasi pengguna.

net-guard.blogspot.co.id

Cara Aktifkan Fitur Keamanan WhatsApp Two-Step Verification

Hampir sebagian besar pengguna smartphone di Indonesia memanfaatkan aplikasi WhatsApp sebagai sarana komunikasi. Pasalnya, aplikasi pesan instan yang telah diakusisi Facebook tersebut dianggap lebih murah dan mudah untuk digunakan berkirim pesan dibanding memakai SMS ataupun aplikasi pesan instan lainnya.Membahas lebih jauh tentang WhatsApp, maka pada kesempatan kali ini Net-Guard akan mencoba berbagi informasi tentang cara mengamankan akun WhatsApp dengan menggunakan fitur terbarunya, yaitu fitur two-step verification verifikasi dua langkah .Perlu diketahui bahwa two-step verification merupakan langkah pengamanan akun dengan menggunakan dua tahapan verifikasi, di mana tahap pertama adalah tahap verifikasi dengan login nama pengguna dan password, dan pada tahap selanjutnya adalah tahap verifikasi menggunakan kode khusus yang dikirimkan oleh pihak WhatsApp melalui pesan singkat ke nomor ponsel pengguna. Lalu, bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut? Ikuti ulasannya di bawah ini.Baca Selengkapnya...

net-guard.blogspot.co.id

Waspada, Usaha Pembobolan Akun Gmail Gunakan Phishing

Anda salah satu pengguna layanan Gmail? Bila ya, maka mulai saat ini Anda perlu lebih mewaspadai setiap email yang masuk ke dalam kotak surat inbox akun Gmail milik Anda.Pasalnya, diketahui saat ini tengah muncul gelombang usaha pencurian akun Gmail dengan menggunakan teknik phishing. Tak seperti kebanyakan serangan, yang menggunakan teknik phishing melalui email yang dapat dikenali dengan mudah.Kali ini penjahat dunia maya menggunakan teknik phishing, yang sedikit berbeda dan lebih sulit untuk dikenali oleh kebanyakan pengguna layanan Gmail. Sebagai gambarannya, usaha pencurian akun Gmail dengan teknik phishing tersebut menggunakan lampiran "seperti" gambar.

net-guard.blogspot.co.id

Empat Virus Berbahaya yang Menginfeksi Perangkat Android

Bukan hal baru lagi, bila menyebut Android sebagai sistem operasi mobile yang paling populer di dunia. Bahkan, bisa diperkirakan dua pertiga dari total jumlah ponsel pintar yang terjual di seluruh dunia, menggunakan sistem operasi besutan Google tersebut.Namun karena kepopulerannya pula, sistem operasi Android justru menjadi target utama para penjahat dunia maya untuk menggunakannya sebagai sarana menjaring korban tindakan kejahatan mereka. Masalah ini diketahui berdasarkan banyaknya jumlah kasus infeksi virus pada ponsel Android, dibandingkan dengan beberapa sistem operasi mobile lainnya.Sebut saja seperti iOS ataupun Windows Mobile. Berkaitan dengan masalah serangan virus pada Android, maka pada kesempatan kali ini Net-Guard akan mencoba membagikan informasi tentang empat jenis virus berbahaya tersebut. Apa saja?

net-guard.blogspot.co.id

32 Juta Akun Dibobol, Twitter Imbau Pengguna Ganti Password

Siapa yang tak mengenal Twitter, hampir semua pengguna internet alias netizen di dunia memiliki akun sosial media berlambang burung biru ini. Bahkan diketahui pula, banyak perusahaan, tokoh dunia dari artis hingga beberapa presiden beberapa negara, juga menggunakan Twitter sebagai sarana komunikasi dan berbagi informasi.Berkaitan dengan media sosial online Twitter, maka berdasarkan informasi yang dikutip dari ZDNet, dikabarkan bahwa baru-baru ini sebanyak 32 juta akun Twitter diklaim telah dibobol oleh peretas asal Rusia yang menamai dirinya dengan sebutan "Tessa88".Selain itu, peretas ini juga mengatakan bertanggung jawab atas pembobolan jutaan akun MySpace, LinkedIn, dan Tumblr. Pada mulanya peretas berjuluk Tessa88 tersebut menyatakan, bahwa jumlah akun Twitter yang berhasil dibobol mencapai lebih dari 300 juta akun.

net-guard.blogspot.co.id

Awas, Perangkat iOS Bisa Pensiun Hanya karena Ubah Tanggal

Apakah Anda pengguna gadget berbasis iOS? Bila ya, maka mulai kini sebaiknya Anda disarankan untuk berhati-hati bila mengubah pengaturan tanggal pada semua jenis perangkat iOS milik Anda. Pasalnya, mengutip informasi dari pemberitaan hufftingtonpost.com, disebutkan bahwa terdapat bug pada sistem operasi iOS yang sanggup mengakibatkan iPhone, iPad, dan iPod Touch berhenti bekerja alias "pensiun".Patut dihindari, bug tersebut akan mulai memengaruhi perangkat iOS, apabila tanggal pada perangkat tersebut diatur ke tanggal 1 Januari 1970 dan melakukan restart setelahnya. Maka, ketika dinyalakan kembali perangkat iOS tersebut, booting hanya sampai pada tahap kemunculan logo Apple saja atau tak bisa menjalankan sistem operasi dengan sempurna.Keadaan ini akan tetap terjadi, sekalipun Anda mematikan dan menyalakan kembali perangkat secara berulang kali. Masalah tanggal pada iOS ini, ditemukan pada perangkat yang memiliki prosesor 64-bit serta menjalankan iOS 8 atau versi iOS di atasnya. Sementara untuk perangkat dengan prosesor 32 bit disebutkan tidak terdampak dengan bug tanggal tersebut.