Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Tour de Pangandaran ke-9 Segera Digelar

 – Tour de Pangandaran (TdP) adalah event tahunan yang diselenggarakan oleh komunitas sepeda di Tasikmalaya. TdD kembali akan digelar pada 2018. Pada 2018, merupakan penyelenggaraan yang ke-9 (TdP 9).Tour de Pangandaran yang ke-9 direncanakan akan kembali digelar pada tanggal 17-18 Maret 2018. TdP 9, merupakan the biggest Indonesia bicycle touring event. Hal ini, karena akan melibatkan sekitar 10 ribu pesepeda dari seluruh Indonesia.Dengan keterlibatan peserta yang demikian banyak, bisa dikatakan Tour de Pangandaran adalah event tahunan bersepeda terbesar se-Indonesia, sehingga tidak salah kalau Tour de Pangandaran ke-9 ini mengusung tagline the biggest Indonesia bicycle touring event.

Menikmati Keindahan Gunung Galunggung yang Penuh Warna

Ten Thousand Hills adalah julukan yang diberikan kalangan akademisi geografi kepada Tasikmalaya. Hal ini nampaknya disebabkan karena memang Tasikmalaya memiliki bukit yang mencapai 10 ribu bukit. Salah satu gunung berapi aktif yang ada di Tasikmalaya adalah Gunung Galunggung.Elevasi Gunung Galunggung hanya sekitar 2.168 m dpl saja, sehingga sangat mudah didaki bahkan oleh anak-anak sekalipun. Gunung Galunggung sangat mudah didaki karena untuk mencapai kawah sudah dibangun tangga dari tempat parkir. Tangga 1 menuju kawah Gunung Galunggung ini berjumlah 620. Sedangkan, apabila melalui tangga 2, hanya 520 tangga tetapi lebih curam.Dengan kondisi ini, kawah Gunung Galunggung dapat dicapai hanya sekitar 20 menit saja dari tempat parkir. Gunung Galunggung termasuk salah satu gunung berapi di Jawa Barat yang relatif tidak terlalu aktif. Gunung Galunggung meletus terakhir kali pada tahun 1982 dan 1984, dan sampai tahun 2017 tidak ada aktivitas vulkanik yang mengkhawatirkan.Baca Selengkapnya...

Mengenal Tugu Koperasi di Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya dikenal sebagai kota santri dan dikenal pula memiliki banyak kerajinan. Kota Tasikmalaya dan sekitarnya memiliki banyak pusat kerajinan, di antaranya kerajinan bordir, kerajinan anyaman, kerajinan makanan olahan, batik, kelom geulis dan masih banyak kerajinan lainnya.Hampir semua masih berupa Usaha Kecil Menengah UKM . Ternyata karena memiliki banyak UKM itu, Koperasi berkembang dan lahir di Kota Tasikmalaya. Hal ini terbukti dengan terdapatnya Tugu Peringatan Kongres Koperasi Indonesia.Tugu ini merepresentasikan sejarah koperasi Indonesia. Alamat Tugu Koperasi Indonesia berada di Jl. Dr. Moh. Hatta No : 63, Kel. Sukamanah Kec. Cipedes Kota Tasikmalaya. Koordinat Tugu Koperasi Indonesia berada pada titik S7.3193 E108.2226. Jarak Tugu Koperasi dari pusat kota Tasikmalaya sekitar 2 km.

Sensasi Goyangan Jembatan Gantung Guded di Tasikmalaya

Jembatan adalah salah satu prasarana penghubung antar daerah untuk menyeberangi sungai atau lembah. Sejalan dengan perkembangan zaman dan teknologi, konstruksi jembatan semakin berkembang dan semakin bagus desain, maupun kualitasnya.Meskipun demikian, ternyata jembatan dengan konstruksi sederhana masih banyak terdapat di daerah pedesaan. Salah satu model jembatan dengan konstruksi sederhana adalah jembatan gantung. Salah satu jembatan gantung yang masih berfungsi dengan baik adalah, jembatan gantung Guded yang berada di Kabupaten Tasikmalaya.Jembatan ini menghubungkan kecamatan Parungponteng dengan kampung Guded, yang berada di seberang sungai Cilongan. Sebagian orang menyebut sungai Cilongan ini dengan nama Leuwirehe. Jembatan gantung Guded ini berada di Kampung Guded, Desa Cibanteng, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya.

Kampung Lengo yang Indah Penuh Warna di Tasikmalaya

Ternyata kampung yang indah penuh warna tidak hanya terdapat di luar negeri atau di Kota Malang saja. Di Kota Tasikmalaya juga ternyata terdapat kampung yang indah penuh warna. Zona Kece Kampung Lengo namanya.Alamat Zona Kece Kampung Lengo berada di Kelurahan Bantarsari Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya tepatnya RW 07 dan RW 14. Koordinat zona kece Kampung Lengo tepatnya pada titik S7.32475 E108.19078.Siapa sangka dulunya Kampung Lengo ini adalah kawasan kumuh. Dan hebatnya sekarang ini suasana indah dan asri tercipta di lingkungan Kampung Lengo. Perubahan kampung kumuh menjadi kampung yang tertata rapi, indah dan asri ini setelah mengikuti program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas PLPBK .

Kemeriahan Tasikmalaya Culture Festival

Kota Tasikmalaya kembali menggelar karnaval. Setelah sukses di gelaran Tasikmalaya Creative Festival, kali ini dalam ragka memeriahkan Hari Jadi Kota Tasikmalaya yang ke-15 kembali digelar karnaval.Kali ini adalah Tasikmalaya Culture Festival. Karnaval Tasikmalaya Culture Festival dilaksakan pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016 di Jalan KHZ Mustofa Tasikmalaya. Karnaval dimulai pada pukul 07,00-12.00 start dari tugu Adipura di depan Masjid Agung Tasikmalaya.Ribuan payung cantik menghiasi Tugu Adipura dengan bentuk Burung Merak raksasa. Karnaval kali ini diikuti semua instansi pemerintah, swasta, komunitas dan masyarakat umum.

Menikmati Kabut Pagi di Gunung Galunggung Tasikmalaya

Gunung Galunggung adalah salah satu gunung berapi di Tasikmalaya. Gunung Galunggung meletus terakhir kali pada tahun 1982 dan 1984. Sejak letusan tersebut, terbentuk kaldera yang besar. Lebar kaldera Gunung Galunggung ini mencapai 600 meter dengan kedalaman mencapai 300 meter.Ketinggian Gunung Galunggung hanya sekitar 2.168 mdpl, sehingga sangat mudah didaki oleh anak-anak sekalipun. Untuk mecapai kawah di gunung ini, sudah dibangun tangga dari tempat parkir. Tangga 1 menuju kawah Gunung Galunggung ini berjumlah 620, sedangkan jika melalui tangga 2, hanya ada 520 tangga tetapi lebih curam.Dengan kondisi ini, kawah Gunung Galunggung dapat dicapai hanya sekitar 20 menit saja dari tempat parkir. Salah satu keunikan Gunung Galunggung adalah terdapat musala di dasar kawah. Pada waktu-waktu tertentu, banyak pengunjung yang sengaja mengunjungi musala di dasar kawah Gunung Galunggung ini.

Berburu Ketupat Air Tanjung dari Tasikmalaya

Ketupat merupakan makanan khas Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Tetapi mungkin tidak banyak yang tahu kalau Tasikmalaya memiliki ketupat yang khas, lain daripada yang lain. Bentuknya memang sama persis dengan ketupat biasa. Tetapi ketika matang, ketupat air Tanjung cangkangnya akan tampak berwarna merah.Selain itu, ketupat biasa hanya tahan dalam 1-2 hari ketupat Tanjung ini keawetannya bisa mencapai 5 hari dan tanpa bahan pengawet. Ketupat Tanjung ini rasanya lezat, kenyal dan tidak mudah basi.Ternyata rahasia keunikan ketupat Tanjung ini diperoleh dari air tanjung yang dipakai untuk merebus ketupat ini. Air Tanjung ini memang secara alami sudah terasa asin dan gurih. Konon katanya air tanjung ini telah diperiksa di laboratorium Dinas Kesehatan dan air tanjung ini mengandung dua belas zat bermanfaat di dalamnya.

Wisata Tradisional ke Kampung Naga Tasikmalaya

 – Beberapa waktu yang lalu, saya beserta keluarga sempat mampir dan berkunjung ke Kampung Naga yang berlokasi di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.Lokasi Kampung Naga tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan Kota Garut dengan Kota Tasikmalaya, jarak dari pinggir jalan raya (tempat parkir) hanya sekitar 800 m saja.Dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dan vertical profile yang tidak terlalu curam, Kampung Naga cocok dijadikan tempat untuk hiking keluarga sekalian belajar antropologi dan memuaskan hobi fotografi.

Kawah Gunung Galunggung Pas Dijadikan Wisata Keluarga

 – Mendaki gunung berapi terdengar tidak populer dengan wisata keluarga. Sepengetahuan saya, tidak banyak gunung api yang mudah didaki bersama keluarga, terutama bersama anak kecil.Beberapa gunung api di Jawa Barat yang mudah didaki dan aman bersama keluarga, di antaranya adalah Gunung Tangkuban Perahu di Bandung, Gunung Papandayan di Garut, dan Gunung Galunggung di Tasikmalaya.Gunung Galunggung menjadi alternatif terbaik, karena jarak dari pusat Kota Tasikmalaya hanya 17 kilometer. Sehingga jika berangkat pagi, siang sudah bisa turun lagi. Di gunung ini Anda bisa menikmati sensasi mendaki bersama keluarga Anda. Penasaran bukan?