Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

7 Cara Bangkitkan Semangat Kerja yang Menurun

 – Kehilangan semangat dalam bekerja tentu bisa dialami oleh siapa saja, termasuk pebisnis. Semangat yang menurun bisa terjadi akibat kondisi bisnis yang sedang lesu, Anda sedang jenuh di kantor, Anda sedang mengalami stres kerja, atau Anda sedang malas karena baru selesai liburan.Apapun penyebabnya, Anda harus segera mengatasinya. Anda tidak boleh membiarkan motivasi hilang dari dalam diri Anda, karena akan membuat bisnis Anda terpuruk dan berantakan. Untuk itu, berikut cara mengembalikan semangat kerja yang bisa dilakukan agar Anda kembali bergairah dalam bekerja. Dimulai dari mengingat tujuan awal Anda. Mengingat tujuan dapat menjadi cara membangkitkan semangat yang mulai rapuh. Anda akan termotivasi lagi untuk mengejar kesuksesan yang belum tercapai. Maka dari itu, ingatlah kembali ‘goals’ yang ingin dicapai. 

10 Jajanan Buka Puasa yang Banyak Dicari dan Dijual

 – Saat bulan Ramadan tiba, banyak orang berjualan takjil atau makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Bulan suci ini memang memberikan peluang usaha bagi siapa saja yang ingin mulai berbisnis kuliner.Tak heran, jika banyak orang menggelar lapak jualan jajanan di pinggir jalan selama Ramadan. Bagi Anda yang tertarik untuk berjualan jajanan untuk berbuka puasa, sebaiknya Anda menjual jajanan yang biasanya paling laris.Asalkan enak dan Anda menjualnya di tempat yang strategis, pasti akan banyak orang yang membeli. Nah, berikut beberapa jajanan baik itu makanan dan minuman yang cocok dijual selama bulan puasa Ramadan.

5 Kegiatan Akhir Pekan yang Tidak Baik bagi Pebisnis

 – Weekend atau akhir pekan adalah waktu luang bagi para pebisnis dan pekerja. Biasanya, hari Sabtu dan Minggu akan menjadi hari yang santai dan bebas dari rutinitas pekerjaan. Kecuali, ada kegiatan kantor atau urusan bisnis yang memang harus dilakukan di saat weekend.Namun, jika Anda tidak bekerja di akhir pekan, maka manfaatkan waktu kosong Anda untuk melakukan hal-hal yang berguna. Sebab, orang sukses tidak akan menyia-nyiakan setiap waktu yang dimilikinya. Oleh sebab itu, pastikan Anda merencanakan akhir pekan dengan bijaksana.Dan tak lupa untuk hindari melakukan beberapa aktivitas tidak bermanfaat berikut ini, karena akan membuat Anda menyesal di kemudian hari. Lantas, apa saja yang perlu pebisnis hindari saat di akhir pekan?

7 Peluang Kerja Sampingan Malam Hari yang Menjanjikan

 – Mencari uang tambahan bisa dilakukan di malam hari, setelah Anda melakukan rutinitas harian Anda dari pagi hingga sore. Memang tidak mudah untuk membagi waktu. Energi juga sudah berkurang di malam hari. Belum lagi beban pikiran akan menjadi bertambah.Namun, lihatlah orang lain yang sudah berhasil berbisnis dan bekerja di malam hari. Jika Anda sungguh berniat untuk mendapatkan penghasilan tambahan, maka Anda pasti bisa berusaha sebaik mungkin untuk menghadapi risikonya.Untuk itu, bagi pelajar, mahasiswa, dan karyawan yang mau memulai usaha atau menjalankan pekerjaan sampingan di malam hari, berikut sejumlah peluang yang bisa Anda coba. 

Setop Ulangi Kesalahan yang Sama, Hindari 6 Hal Ini

 – Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, tapi tidak semua orang belajar dari kesalahannya. Ada pebisnis yang berulang kali mengulangi kesalahannya dan terus gagal dalam berbisnis. Namun, ia tidak juga menyadari apa penyebab kegagalannya.Memang benar, jika seseorang berbuat salah, terkadang sedikit sulit untuk langsung berani mengakuinya dan berubah. Ego yang tinggi membuat orang tersebut enggan mengakui kelemahannya, karena merasa hal itu akan semakin menjatuhkan harga dirinya.Namun, sikap seperti itu hanya akan membuatnya tidak menyadari penyebab kesalahannya. Ia pun cenderung akan kembali melakukan kesalahan yang itu-itu lagi. Oleh sebab itu, khususnya bagi Anda pebisnis, hal-hal berikut ini jangan sampai terulang lagi, supaya bisnis Anda bisa berjalan lebih baik.

9 Cara Tambahkan Followers Instagram, Tak Perlu Following

 – Instagram (IG) adalah salah satu aplikasi media sosial terfavorit banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sebagai jejaring sosial yang populer, Instagram kini menjadi sarana untuk mengembangkan usaha. Para pebisnis memanfaatkan aplikasi ini untuk mempromosikan bisnis online maupun bisnis offline miliknya.Tentu saja, bagi Anda yang menggunakan Instagram untuk berbisnis, Anda pasti membutuhkan follower atau pengikut agar usaha Anda tetap bertahan di kalangan netizen pengguna Instagram. Lalu, bagaimana cara memperbanyak followers Instagram?Pastinya, Anda butuh waktu dan usaha yang konsisten agar dapat menambah banyak followers tanpa perlu menambah jumlah following di akun Anda. Jangan khawatir, berikut ini terdapat cara jitu untuk tambahkan followers di Instagram.

4 Tips Tetap Fokus Saat Hari Kejepit Nasional

 – Harpitnas adalah singkatan dari Hari Kejepit Nasional atau Hari Terjepit Nasional. Istilah tidak resmi ini populer di kalangan pebisnis dan pekerja. Misalnya, hari Senin Anda bekerja seperti biasa dan Selasa adalah hari libur nasional, tapi Rabu Anda sudah kembali bekerja.Hari yang dianggap tanggung, karena hari ini bekerja, besok libur, tapi lusa sudah masuk kerja lagi. Kondisi ini pun terkadang membuat orang-orang sedikit malas dan ingin tetap meliburkan diri. Padahal, pekerjaan tidak bisa ditinggalkan. Masih banyak tanggung jawab yang harus dikerjakan.Lagi pula, setiap tahun cukup banyak hari kejepit di Indonesia. Sehingga bukan sikap yang bijaksana, jika Anda selalu malas saat bertemu dengan harpitnas. Lantas, bagaimana menyikapi hal ini saat harpitnas?

7 Ciri-ciri Orang Gila Kerja, Apakah Anda Termasuk?

 – Orang yang gila kerja atau disebut workaholic, adalah orang yang sangat suka bekerja. Namun, orang yang gila kerja cenderung dipandang negatif oleh lingkungan. Dia dianggap sudah terlalu kecanduan kerja, karena hampir tidak pernah mau berhenti bekerja.Seorang pecandu kerja akan rela mengorbankan dirinya untuk terus bekerja, bahkan hampir tidak punya waktu untuk hal dan orang lain. Akibatnya, hubungannya dengan kerabat dan sahabat pun menjadi kurang dekat. Memang, hal ini menjadi tanda bahwa dia adalah pekerja keras.Akan tetapi, caranya bekerja keras kurang tepat karena setiap orang butuh break atau rehat sejenak dari rutinitas pekerjaan dan menikmati sisi kehidupan yang lain. Berikut ini adalah ciri-ciri orang yang gila kerja. Apakah Anda salah satunya?

5 Alasan Pentingnya Kejujuran dalam Berbisnis

 – Setiap pebisnis harus bisa menjaga etika bisnis dengan melakukan hal yang pantas untuk dilakukan. Salah satunya dengan menjaga sikap kejujurannya. Kejujuran adalah hal terpenting untuk menciptakan kepercayaan seseorang.Jika Anda tak jujur, masih adakah orang yang mau percaya? Memang betul, sejumlah bisnis besar melakukan kecurangan diam-diam. Selama belum terbongkar ke publik, bisnis tersebut masih bisa bertahan dan meraih tujuannya.Namun, bagi Anda yang ingin berbisnis dengan cara yang baik dan benar, pertahankan kejujuran dalam bisnis Anda. Sebab, kejujuran adalah hal esensial yang wajib ditaati dalam segala aspek kehidupan. Tidak percaya? Simak berikut ini ulasannya.

7 Usaha yang Cocok untuk Pelajar SMA, Sangat Menjanjikan

 – Memulai usaha tidak harus menunggu sampai usia dewasa. Siswa SMA (Sekolah Menengah Atas) pun sudah bisa berbisnis sendiri. Bagi anak SMA, orangtua pasti mengharapkan Anda lebih mengutamakan pendidikan. Namun, menjalankan usaha sambil sekolah itu memungkinkan.Anda bisa menjadi pebisnis muda sejak remaja. Jika Anda berniat untuk berbisnis, mulailah dengan usaha kecil-kecilan. Anda tak perlu terlalu memaksakan diri untuk membuka usaha yang berisiko besar dan sulit dikelola sembari bersekolah.Apalagi jika modal usaha masih minta sama orangtua atau hanya bersumber dari tabungan pribadi, maka tak perlu muluk-muluk. Coba saja dulu peluang usaha bermodal kecil, menjanjikan, dan mudah dijalankan berikut ini. 

5 Karakter Bisnis yang Mampu Cerminkan Pengusaha Sukses

 – Siapapun yang menjalani bisnis sudah pasti ingin mencapai kesuksesan. Memang, definisi kesuksesan itu ada bermacam-macam. Misalnya, penjualan meningkat dari waktu ke waktu, perusahaan mendapatkan penghargaan di taraf nasional maupun internasional, bisa lebih unggul dari kompetitor, dan sebagainya.Dalam menjalani bisnis, memang ada naik-turunnya. Ada kalanya bisnis terpuruk, tapi selalu ada cara untuk bangkit dari kegagalan. Nah, selama menjalani proses tersebut, setidaknya bisnis yang Anda jalani harus memiliki 5 kata berikut ini.Kata sifat yang pertama ditandai dengan perubahan atau aktivitas produktif yang terus berkelanjutan. Tentu saja, setiap pemilik bisnis menginginkan usaha yang dijalani terus produktif. Hal ini menjadi sangat penting, sebab dalam setiap bisnis adanya perubahan bisa memberikan semangat baru untuk membuat usaha berjalan dengan lebih baik lagi. 

Menyambut Bulan Ramadan, Pebisnis Perlu Lakukan 7 Hal Ini

 – Bulan suci bagi umat Muslim akan segera tiba. Orang-orang beragama Islam di seluruh dunia pasti tak sabar untuk menyambutnya. Saat Ramadan tiba, banyak orang akan melakukan puasa selama 29-30 hari. Bagi Anda yang merayakannya, suasana religius akan sangat kentara dalam kehidupan pribadi Anda.Sebagai individu yang taat, pasti akan ada perubahan positif yang terjadi dalam diri Anda. Namun, di balik momen Ramadan, sebagai pebisnis ada juga hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis Anda dengan baik.Bahkan sekalipun Anda adalah non muslim, Anda juga perlu memerhatikannya. Nah, berikut berbagai persiapan yang sebaiknya Anda lakukan menjelang bulan suci Ramadan. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

8 Kutipan Kartini yang Mendalam bagi Pebisnis Wanita

 – Raden Adjeng Kartini atau Raden Ayu Kartini (R.A. Kartini) dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita. Setiap tanggal 21 April, Indonesia memperingati jasanya dalam memperjuangkan kesetaraan gender bagi kaum perempuan.Semasa hidupnya (21 April 1879 – 17 September 1904), Kartini yang berasal dari kalangan priyayi atau bangsawan Jawa ini, adalah sosok yang tegas dan mempunyai tekad kuat untuk mencapai keinginannya. Melihat perempuan pribumi memiliki status sosial yang rendah di masyarakat, membuat wanita kelahiran Jepara ini berniat untuk memajukan derajat mereka melalui pendidikan.Beliau pun sempat mendirikan sekolah wanita di Rembang pada 1903. Namun, usianya tak panjang. Beberapa hari setelah melahirkan Soesalit Djojoadhiningrat, anak dari hasil pernikahannya dengan Bupati Rembang, K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, Kartini akhirnya meninggal dunia.

Anda Tidak Akan Sukses jika Masih Lakukan 11 Hal Ini

 – Setiap orang pasti ingin meraih kesuksesan. Tidak ada seorang pun yang mengharapkan kegagalan terjadi dalam hidupnya. Namun masalahnya, banyak orang yang belum berhasil mencapai tujuannya. Tanpa disadari, ada hal-hal yang salah yang dilakukan mereka sehingga membuat mereka menjadi gagal.Khususnya bagi seorang pebisnis, memang betul jika kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Namun, jika Anda masih melakukan beberapa hal berikut ini, kesuksesan dipastikan akan terus tertunda dan mungkin tak akan pernah tercapai.Kebiasaan menunda pekerjaan akan membuat Anda menggampangkan hal-hal penting. Ada banyak tugas yang harus dikerjakan, tapi Anda akhirnya bekerja terburu-buru dan tidak maksimal. Padahal, seorang pebisnis harus cekatan. Jangan lambat atau sengaja menunda pekerjaan penting.

5 Manfaat 'Me Time' Setelah Seharian Bekerja

 – Me time adalah waktu untuk diri sendiri dan tidak diganggu orang lain. Semua orang pasti pernah merasa ingin sendirian tanpa kehadiran siapapun. Keadaan yang lazim dialami, apalagi ketika Anda merasa ingin rehat sejenak dari segala rutinitas yang melelahkan.Anda pasti ingin punya waktu pribadi tanpa bersama orang lain. Saat Me time', Anda bisa melakukan hal-hal yang Anda sukai atau bahkan tidak melakukan apapun. Aktivitasnya bebas, karena yang penting Anda merasa senang dan nyaman. Bukan begitu?Setiap orang punya cara masing-masing saat sendirian. Waktu untuk diri sendiri jadi momen untuk menyegarkan pikiran. Ada yang berolahraga, membaca buku, menonton film di rumah, bermain game online, perawatan di salon, bahkan ada yang suka jalan-jalan sendirian.

10 Rekomendasi Bisnis Sampingan Karyawan yang Menjanjikan

 – Bagi Anda yang berprofesi sebagai karyawan full-time atau karyawan penuh waktu, Anda bisa sambil menjalankan usaha sampingan.Walau Anda sangat sibuk dan banyak menghabiskan waktu di tempat kerja, memulai bisnis bukan hal yang tidak mungkin. Sebab masih ada waktu untuk mengerjakan urusan bisnis dikala ada waktu senggang di kantor, di malam hari sepulang bekerja, dan juga di akhir pekan.Risikonya, kesibukan Anda pasti akan meningkat. Namun, penghasilan Anda akan bertambah. Kondisi keuangan Anda akan lebih baik dan Anda bisa lebih siap dalam mempersiapkan masa depan.

Sebelum Buka Usaha Sendiri, Pikirkan Hal Ini Baik-baik

 – Ada banyak karyawan kantoran yang ingin segera memulai bisnis, tetapi terlalu gegabah dan kurang persiapan. Sebelum Anda mengajukan resign, pastikan Anda sudah mempersiapkan diri untuk melangkah ke dunia bisnis.Sebagai pebisnis pemula, pikirkan baik-baik perubahan hidup yang akan Anda jalani. Hindari untuk mengundurkan diri dari pekerjaan tanpa pertimbangan yang matang. Sebab, Anda akan menghadapi banyak risiko yang belum pernah Anda alami sebelumnya saat bekerja kantoran.Untuk itu, pikirkan terlebih dahulu hal-hal penting berikut ini agar Anda lebih siap memulai bisnis pertama Anda. Jika Anda mau buka usaha sendiri, Anda harus siap menjalani gaya hidup yang berbeda. Anda akan banyak menghabiskan waktu sendirian. Terutama, saat bisnis sedang sepi, Anda butuh upaya untuk menyemangati diri agar tidak bosan.

Jangan Takut Bisnis Merugi, Ikuti 5 Tips Berikut Ini

 – Siapa sih yang ingin bisnisnya rugi? Tidak ada seorang pun yang mau mengalami kerugian. Namun, kerugian adalah bagian dari bisnis. Setiap pebisnis pasti pernah mengalaminya. Anda yang akan memulai usaha tidak perlu ketakutan sebelum mencoba terjun ke dunia bisnis.Lantas, bagaimana jika bisnis juga tidak laku? Tentu ada solusi untuk setiap masalah. Anda jangan terlalu khawatir, sebelum Anda menghadapinya sendiri. Jangan takut rugi dan selalu memikirkan kerugian. Karena pikiran tentu sangat mengontrol semangat Anda.Jika Anda sering memikirkan hal negatif, maka tindakan Anda juga cenderung menjadi negatif. Lebih baik fokus memikirkan profit atau keuntungan. Pikirkan bagaimana cara membuat produk Anda laris dan membuat usaha Anda terus beruntung.

7 Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri

 – Banyak orang ragu untuk memulai usahanya sendiri. Supaya lebih percaya diri, mereka akhirnya mencari partner atau mitra bisnis untuk diajak bekerja sama. Padahal, Anda tidak harus bergantung dengan orang lain.Karena berbisnis sendiri atau berdua ataupun beramai-ramai, sebenarnya sama-sama memiliki risiko yang harus ditanggung. Untuk itu, jika Anda tidak yakin untuk berbisnis bersama orang lain, maka tak ada salahnya Anda mencoba berbisnis seorang diri.Mungkin dengan sendirian, Anda bisa lebih nyaman dalam mengelola bisnis Anda. Sebagai bahan pertimbangan bagi Anda pebisnis pemula, berikut sejumlah keuntungan yang bisa Anda rasakan jika menjalankan usaha sendiri tanpa partner. 

Mau Berbisnis tapi Modal Minim? Ini Solusinya

 – Kekurangan modal usaha menjadi salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh para pebisnis pemula. Saat akan memulai sebuah bisnis, modal usaha adalah kebutuhan penting yang harus dipenuhi. Ide bisnis tidak dapat direalisasikan dengan maksimal jika modalnya terbatas.Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, minimnya modal usaha bukan berarti Anda harus menunda atau menghentikan impian Anda untuk berbisnis. Ada banyak cara untuk mengumpulkan modal usaha sebanyak yang Anda butuhkan.Asal Anda punya tekad yang kuat untuk berbisnis, pasti ada solusinya. Nah, jika uang Anda saat ini tidak cukup banyak untuk modal usaha, berikut cara yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan dana tambahan untuk bisnis Anda.

4 Kriteria Barang yang Paling Cocok Dijual Online

 – Banyak sekali ide bisnis online yang bisa Anda temukan di internet. Namun, terkadang Anda tetap bingung saat menentukan produk atau barang yang akan dijual. Untuk mempermudahnya, Anda harus terlebih dahulu menilai kriteria barang apa yang kira-kira paling cocok jika dijual online.Memang, segala keperluan manusia tampaknya sudah bisa ditemukan di internet. Ingin membeli barang apapun bisa dilakukan secara online. Meski demikian, pebisnis online sebaiknya jangan asal memilih barang yang akan dipasarkan.Terutama bagi pebisnis pemula, tidak semua barang pasti akan laku jika dijual online. Strategi pemasaran memang berpengaruh terhadap tingkat penjualan, tetapi jenis barang juga akan menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli. Tidak hanya itu, jenis barang juga akan menentukan cara Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis online Anda. 

8 Tips agar Bisa Sukses Memimpin Perusahaan

 – Setiap pengusaha yang sukses pasti melewati banyak suka dan duka. Proses merintis usaha dari nol hingga berkembang dan sukses menjadi perusahaan yang besar, merupakan perjalanan bisnis yang panjang dan rumit. Tentu saja, ada rahasia agar bisa menjadi sukses.Seperti para pengusaha yang telah berhasil mengembangkan bisnisnya hingga ke taraf nasional bahkan internasional. Namun, yang pasti mereka tidak menjalani proses yang instan, karena ada yang sempat gagal dan baru kemudian berhasil setelah mencoba berkali-kali.Nah, bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis sukses atau Anda yang saat ini sedang memimpin sebuah perusahaan, semoga tips berikut ini bisa bermanfaat agar Anda bisa sukses membangun bisnis Anda.

9 Contoh Reward untuk Karyawan Berprestasi

 – Perusahaan sering kali memberikan penghargaan atau reward kepada karyawan dalam bentuk uang. Seperti pemberian bonus atau kenaikan gaji. Pemberian reward merupakan tanda bahwa, Anda menghargai kinerja karyawan.Reward dapat mendorong karyawan agar bekerja lebih giat dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perusahaan. Namun, reward tidak melulu harus berupa uang. Anda bisa menunjukkan apresiasi dengan berbagai cara.Salah satunya dengan mengadakan kegiatan outing kantor. Anda bisa memberikan reward berupa kegiatan outing untuk tim atau divisi terbaik di kantor. Anda bisa menyewakan villa dan mengadakan sejumlah kegiatan yang menyenangkan saat outing berlangsung.Baca Selengkapnya ...