Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Hutan Hujan Baru Tumbuh Menyerap Lebih Banyak Karbon

VIVA.co.id – Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa hutan hujan yang baru tumbuh kembali dapat menyerap hingga 11 kali lebih banyak karbon dibanding hutan tua.

Hutan hujan di dunia ini telah lama memainkan peran penting dalam perjuangan melawan perubahan iklim dengan deforestasi menyumbang hingga 20% dari emisi karbon seluruh dunia.

Ada hutan primer yang penting karena mereka adalah penyerap karbon terestrial terbesar di planet ini, tapi sekarang para ilmuwan telah mempelajari peran hutan yang baru tumbuh telah menentukan bahwa vegetasi pertumbuhan kembali sebenarnya menyerap hingga 11 kali karbon lebih banyak dari tanaman hutan yang tua.

Baca selengkapnya ...

Read Full Article
Panorama Menakjubkan di Hutan Pinus Pengger
Hutan pinus tak melulu menyuguhkan keindahan pepohonan yang menjulang tinggi nan rindang saja. Namun, juga panorama alam yang menghipnotis para pengunjungnya. Salah satu hutan pinus di Yogyakarta, yang menawarkan keindahannya itu adalah Hutan Pinus Pengger.Pada umumnya di kalangan wisatawan yang kerap terdengar dan dikunjungi adalah Hutan Pinus Mangunan. Tapi sebenarnya, di daerah Dlingo itu sendiri berjejer wisata hutan pinus lainnya, seperti hutan pinus Becici.Dan tampaknya pula, di daerah lainnya yang masih satu kawasan akan terus dilestarikan hutan pinus untuk menarik wisatawan. Perlu diketahui, setiap wisata itu memiliki keunikannya masing-masing. Hal ini pula yang menyebabkan wisatawan tak pernah jenuh mengunjungi spot-spot indah sejenis lainnya.
Bukan Air, Lima Planet Ini Miliki Hujan yang Mengerikan
Secara garis besar, di planet Bumi hanya ada beberapa tipe hujan, mulai dari hujan air, hujan salju, dan kadang hujan es. Semua jenis hujan yang ada di planet Bumi umumnya tidak membahayakan kehidupan di dalamnya. Lalu, seperti apa hujan di planet lain?Yang jelas hujan di planet lain jauh berbeda dengan hujan yang ada di Bumi. Hujan di planet lain kebanyakan sangat berbahaya, seperti hujan kaca, hujan batu, hujan asam sulfat, hingga hujan berlian. Bayangkan jika hujan seperti itu ada di Bumi, mungkin setiap kali terjadi hujan banyak yang akan meninggal.Penasaran seperti apa hujan di planet lain? Dilansir dari Mother Nature Network MNN , berikut lima planet yang memiliki hujan mengerikan yang sejauh ini sudah diketahui para ilmuwan. Setelah membaca artikel ini, Anda pasti bersyukur bisa tinggal di planet Bumi.
Empat Alasan Kenapa Hujan Disukai
Hujan yang turun tipis-tipis di balik jendela, termasuk salah satu bagian favorit bagi orang-orang yang suka menikmati hujan. Bagi penikmat hujan, hujan yang turun merupakan sebuah kebahagiaan kecil yang Tuhan turunkan untuk manusia.Meski ada beberapa orang yang mengaku membenci hujan, tapi masih banyak orang di luar sana yang menyukai hujan. Bahkan merindukan hujan turun setiap waktu. Di bawah ini ada beberapa alasan kenapa orang menyukai hujan.Meneduhkan. Ini di luar hujan yang melanda Jakarta dan kota-kota lain yang berakibat banjir. Lagipula kalau banjir, yang salah bukan hujannya, tapi sistem peresapan air dan pengelolaan sampah yang tidak beres.
Lima Hikmah Diturunkan Hujan Menurut Alquran
Hujan adalah air yang turun dari udara. Di Bumi, hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. Dua proses yang mungkin terjadi bersamaan dapat mendorong udara semakin jenuh menjelang hujan, yaitu pendinginan udara atau penambahan uap air ke udara.Virga adalah presipitasi yang jatuh ke Bumi namun menguap sebelum mencapai daratan, inilah satu cara penjenuhan udara. Presipitasi terbentuk melalui tabrakan antara butir air atau kristal es dengan awan. Butir hujan memiliki ukuran yang beragam mulai dari pepat, mirip panekuk butir besar , hingga bola kecil butir kecil .Hujan merupakan karunia Allah, mencium bau hujan merupakan karunia Allah SWT. Apalagi merasakan kesejukannya juga termasuk karunia Allah. Bau hujan ternyata berasal dari suatu zat kimia yang dihasilkan bakteri Actinomycetes pada saat pembentukan spora.
Pesona Ribuan Pinus di Hutan Pinus Imogiri Yogyakarta
Sudah kenal dengan Hutan Pinus Imogiri? Hutan Pinus Imogiri merupakan bagian dari Resort Pengelolaan Hutan atau RPH yang berada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Keindahan dan kesejukan dari Hutan Pinus Imogiri menjadi salah satu alasan kenapa para traveler selalu berbondong-bondong untuk datang ke sini.Seperti namanya, ketika berkunjung ke sini Anda bakal disuguhkan ribuan pohon pinus yang berjajar rapi dan membentuk suatu pola unik. Suasana hutan pinus dengan luas sekitar 500 hektare ini sangatlah tenang dan sejuk dengan aroma khas dari pohon pinus.Hutan Pinus Imogiri juga sering digunakan untk foto pra nikah, karena panorama di sini sangatlah memesona. Selain itu, menurut cerita, hutan atau pohon pinus itu melambangkan cinta bagi orang Korea, karena memang pohonnya yang lurus tidak bercabang.
Tujuh Hutan Paling Memikat di Muka Bumi
Sebuah tempat luas yang dipenuhi beragam pepohonan serta berbagai macam tanaman, itulah yang disebut dengan hutan. Hutan yang merupakan tempat tinggal alami bagi flora dan fauna juga memiliki peranan penting, bagi berlangsungnya kehidupan di planet bumi yang kita tempati ini.Peran penting hutan di antaranya seperti, menjadi paru-paru dunia, meminimalisir polusi udara, menyimpan cadangan air, dan masih banyak lagi yang lainnya.Hutan memang menjadi habitat bagi flora dan fauna yang tentunya mereka sangat nyaman berada di sana. Sebaliknya, bagi sebagian orang mungkin hutan identik dengan suasana seram atau bahkan tempat yang sama sekali tak nyaman. Namun anggapan tersebut jelas tak berlaku untuk hutan-hutan berikut ini.
Berlibur Saat Musim Hujan, Kenapa Tidak?
 – Akhir-akhir ini nampaknya langit lebih akrab dengan awan hitamnya, ya Indonesia telah memasuki musim penghujan. Namun, musim hujan bukan halangan bagi para wisatawan untuk menikmati liburannya. Justru terkadang ada rasa yang berbeda dari biasanya, saat berlibur di musim hujan.Jika kamu ingin berlibur saat musim seperti ini, jangan khawatir kita punya beberapa tips wisata saat hujan yang harus kamu ketahui. Jadi, meskipun musim hujan kamu tetap bisa menikmati liburan tanpa terganggu oleh hujan sekalipun.Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah pakaian yang akan kamu kenakan. Wisata saat hujan dengan curah yang tinggi, ada baiknya menggunakan celana pendek atau pakaian yang simpel. Karena penggunaan celana pendek bisa menghindarkan pakaian kita terkena air hujan.
Empat Alasan Banyak Orang Bunuh Diri di Hutan Aokigahara
 – Aokigahara merupakan sebuah hutan yang terletak di sebelah barat kaki Gunung Fuji, Jepang. Hutan ini sekilas tampak sama seperti hutan pada umumnya, namun ada yang membuat hutan ini berbeda.Hutan Aokigahara dikenal sebagai tempat bunuh diri paling populer di Negeri Sakura. Karena banyak orang yang bunuh diri, Aokigahara dikenal sebagai hutan paling angker. Konon roh-roh orang yang bunuh diri di dalam hutan ini akan terus bergentayangan selamanya.Yang masih jadi misteri, kenapa banyak sekali orang yang bunuh diri di “Lautan Hutan” ini? Masyarakat setempat memiliki beberapa versi cerita tentang misteri Aokigahara yang membuatnya jadi tempat paling populer untuk bunuh diri.
Empat Fakta Menarik tentang Kesaktian Pawang Hujan
Setiap kali seseorang ingin mengadakan suatu acara besar, maka orang yang paling dicari adalah pawang hujan. Pasalnya, pawang hujan ini cukup penting demi kesuksesan acara yang bersangkutan. Sebab tak sedikit suatu acara gagal gara-gara terjadi hujan.Sebagaimana yang kita ketahui, pawang hujan seolah mampu menghentikan hujan di daerah tertentu. Sehingga cuaca yang seharusnya hujan bisa berganti cerah. Selain itu, ada beberapa fakta menarik tentang pawang hujan yang mungkin belum Anda ketahui.Ilmu pawang hujan. Manusia biasa tidak akan mampu mengendalikan cuaca di suatu tempat. Makanya, ilmu pawang hujan ini sangat berkaitan erat dengan yang namanya hal-hal gaib. Konon, semakin sakti si pawang hujan, maka semakin hebat pula ia dalam mengendalikan cuaca.
Hutan Pinus Kragilan, Wisata Cantik yang Ramai di Instagram
Buat sahabat traveler yang hobi memainkan instagram, rasanya belum nge-hits jika belum memasukkan foto-foto dengan latar belakang hutan pinus. Memang wisata hutan pinus menjadi incaran para traveler termasuk saya.Hampir setiap daerah mempunyai hutan pinus andalan. Jika Yogyakarta mempunyai hutan pinus Mangunan, Magelang juga tak mau kalah dengan hutan pinus Kragilan. Jadi jika sedang traveling ke Magelang, jangan lupa mampir ke hutan pinusnya.Hutan pinus yang berlokasi di desa Kaponan, Pakis, Magelang tepatnya di lereng Merbabu mendapat julukan top selfie Kragilan. Entah siapa yang memulai memberikan nama tersebut, tapi yang pasti hutan pinus ini memang sangat indah dan banyak spot untuk foto yang menarik.Baca Selengkapnya...
5 Penangkis Kecelakaan Motor Saat Hujan
Hujan masih terus mengguyur kota Jakarta pada Februari 2017. Seingat saya, hujan cukup rajin mengguyur bumi dalam tiga bulan terakhir ini. Bagi para pesepeda motor, hujan menjadi tantangan tersendiri.Maksudnya, jika terpaksa berkendara dalam hujan, banyak hal yang harus diwaspadai. Maklun, hujan menjadi salah satu aspek yang memicu kecelakaan lalu lintas jalan di jalan raya. Data yang saya peroleh memperlihatkan bahwa, dalam tiga tahun terakhir, setiap hari rerata terjadi dua kecelakaan yang dipicu hujan.Kecelakaan itu melibatkan semua jenis kendaraan bermotor. Ya, kontribusi hujan cukup tinggi kepada faktor alam yang memicu kecelakaan, yakni sekitar 65 . Sedangkan, kontribusi terhadap total kecelakaan di tanah air sekitar 1 .
Hujan di Antara Elegi dan Narasi tentang Malaikat
Tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan Juni. Tak ada yang lebih bijak dari hujan bulan Juni. Tak ada yang lebih arif dari hujan bulan Juni. Bait-bait puisi Sapardi Djoko Damono, tentang hujan itu seolah mengekalkan keindahan hujan.Lalu menyempurnakan kepingan kesempurnaan hujan dengan narasi tentang malaikat yang turun bersamanya. Hujan yang membawa rahmat kepada semesta alam. Menyuburkan tanah dan membuat anak-anak tertawa.Mereka yang mengaku pecinta hujan akan memandang hujan sesempurna dan sesuci itu. Bahwa hujan juga sangat lekat dengan rezeki. Mungkin itu alasan mengapa Tuhan menciptakan Mikail, malaikat yang mendapat tugas mengatur hujan sekaligus rezeki.
Begini Penampakan Hujan Jika Dilihat dari Pesawat
Hujan sudah menjadi bagian dari proses alam. Biasanya, hujan ada yang mencakup area yang luas ada pula yang sempit. Yang berarti tidak semua area terkena hujan, ada area yang kering dan ada area yang terkena hujan.Mungkin di antara kalian ada yang pernah melihat area tertentu terkena hujan, sementara sebelahnya tidak terkena hujan secara bersamaan. Jika diperhatikan, fenomena semacam ini sangat menakjubkan.Nah, kebanyakan dari kita hanya melihat hujan dari bawah. Kita hanya melihat air hujan jatuh saja, tapi pernah terbayang seperti apa bentuk hujan jika dilihat dari atas? Mungkin satu-satunya cara untuk melihatnya adalah dengan naik pesawat.
Hutan Hujan Baru Tumbuh Menyerap Lebih Banyak Karbon
VIVA.co.id – Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa hutan hujan yang baru tumbuh kembali dapat menyerap hingga 11 kali lebih banyak karbon dibanding hutan tua.Hutan hujan di dunia ini telah lama memainkan peran penting dalam perjuangan melawan perubahan iklim dengan deforestasi menyumbang hingga 20% dari emisi karbon seluruh dunia.Ada hutan primer yang penting karena mereka adalah penyerap karbon terestrial terbesar di planet ini, tapi sekarang para ilmuwan telah mempelajari peran hutan yang baru tumbuh telah menentukan bahwa vegetasi pertumbuhan kembali sebenarnya menyerap hingga 11 kali karbon lebih banyak dari tanaman hutan yang tua.Baca selengkapnya ...
Mengenal Hutan Tropis di Arctic, Norwegia
Para ilmuwan melihat tunggul fosil di Hutan Tropis di Arctic Norwegia. Hutan lebat dengan pohon-pohon setinggi 12 kaki dan batang yang lebar serta cabang daun yang melengkung dengan hutan yang luas dekat khatulistiwa seperti pada 280 juta tahun yang lalu. Hutan ini bukan saja sebagai salah satu hutan tertua di bumi tetapi juga mempunyai distribusi yang besar terhadap penurunan karbon dioksida di atsmosfer dari waktu ke waktu.Selama Periode Devonian (416.000.000-358.000.000 tahun yang lalu) pohon-pohon besar yang tumbuh di bumi sekitar waktu itu karbon dioksida di atsmosfer turun secara signitifkan. Para ilmuwan melihat hutan ini sebagai bukti mempunyai peranan yang penting dalam penurunan CO2 dari atsmosfer.Pohon menggunakan gas rumah kaca untuk berfotosentesis dan membentuk makanan manis. Berkontribusi terhadap peristiwa pendinginan global yang terjadi pada masa Periode Devonian. Penemuan terbaru dari Hutan Kuno Svalbard yang terletak di sekelompok pulau di Norwegia di Samudra Arctic menarik perhatian Chris Berry dan Cardiff University.
Enam Tips Memotret saat Musim Hujan
Musim hujan kadang menjadi kendala ketika berburu lansekap. Tetapi sebenarnya, ketika musim hujan Anda dapat memperoleh kesempatan untuk mendapat foto lansekap yang indah. Nah, agar dapat memperoleh foto lansekap yang indah ketika musim hujan, berikut beberapa tips memotret ketika musim hujan.Memotret di musim hujan tidak harus basah-basahan. Ketika musim hujan seperti sekarang ini, jika tidak bekerja untuk memotret badai, sebenarnya tidak ada alasan untuk memotret sambil hujan-hujanan. Ketika mulai nampak awan hitam pekat, segeralah berlindung.Memotret momen hujan ini dapat dilakukan dari dalam gedung atau dari dalam mobil. Usahakan agar kamera terhindar dari air hujan, agar tetap kering dan tidak berembun.
Rain.works Buat Hujan Lebih Menyenangkan
Ah hujan, males banget ngantornya Begitu yang saya lontarkan kalau pagi-pagi hujan. Ya, mungkin banyak orang yang sebal saat hujan. Mereka merasa bahwa hujan itu suram dan murung. Paling enak itu, hujan ya ada di rumah sambil minum atau makan yang hangat-hangat. Kalau terpaksa keluar, pasti menyebalkan.Mungkin itu yang mendasari Peregrine Church, saat mempelajari super-hydrophobic coating dari sebuah video online. Dia berpikir pasti akan menyenangkan jika benda ini dapat membuat orang tersenyum.Oh iya, sedikit penjelasan, super-hydrophobic coating ini adalah semacam cairan yang mana jika melekat pada sebuah benda, maka benda tersebut tidak akan basah. Artinya benda tersebut akan tetap kering walaupun terkena air. Ya, seperti jas hujan. Tidak akan basah dan menyerap air, karena memang bahan jas hujan anti air. Jadi, kalau ada lantai yang dilapisi cairan ini tidak akan basah.
Bukan Pohon, Ini yang Hasilkan Oksigen Terbanyak
Sejak sekolah dasar, kita sering mendengar bahwa hutan atau pepohonan merupakan penghasil oksigen yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan dibuatnya peraturan tentang penebangan liar.Padahal, maksud dari peraturan penebangan tersebut bukanlah karena pepohonan merupakan penghasil oksigen terbesar bagi bumi, namun pepohonan memiliki kemampuan untuk menyerap zat karbon dioksida.Pepohonan menyerap zat karbon dioksida dan cahaya matahari untuk memroses makanan mereka, atau biasa kita kenal sebagai proses fotosintesis. Proses ini juga membutuhkan cahaya matahari. Jika bukan pepohonan yang menjadi penyokong oksigen, lalu apa yang menjadi pemeran utama adanya oksigen di bumi?
Menyingkap Keindahan Hutan Pinus Grenden
Hutan Pinus Grenden mulai populer di kalangan wisatawan, dan para pencinta outdoor. Salah satu wisata di kaki Gunung Merbabu ini semakin menggeliat, apalagi satu stasiun televisi swasta mulai melirik eksotisme Hutan Pinus Grenden.Terlebih lagi di media sosial, foto-foto cantik mulai tersebar, dan tentu saja media-media online dan para travel blogger berlomba-lomba mengulas pesona alam Hutan Pinus Grenden.Hutan Pinus Grenden bisa dibilang sebagai penyempurna wisata hutan pinus di Indonesia. Di hutan Pinus Grenden, tak hanya menjulang tinggi pepohonan pinus yang elok nan rindang. Namun lebih dari itu, alamnya juga menyenangkan, keindahan hutan alami di pegunungan Merbabu, dan pucuk Merapi terlihat jelas.
Lima Hutan Menakjubkan Seperti di Negeri Dongeng
.co.id – Film yang berlatar belakang di negeri dongeng biasanya banyak menyajikan tempat-tempat indah seperti hutan yang mungkin tidak akan ditemukan di dunia ini. Tapi kebanyakan tempat indah dalam film dongeng itu hanyalah hasil editan.Namun nyatanya, hutan-hutan menakjubkan seperti dalam negeri dongeng itu benar-benar ada di dunia nyata. Hutan-hutan ini tak kalah indah dengan hutan-hutan yang ada dalam cerita dongeng.Jika masuk ke kawasan hutan ini, Anda akan merasakan sensasi seolah berada di negeri dongeng. Berikut hutan-hutan menakjubkan yang mirip dalam cerita dongeng yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.
Hujan Bom, Fenomena Langka Air Hujan
Ketika hujan datang, air yang turun biasanya tidak berbentuk gumpalan, tapi setiap tetesan airnya terpisah-pisah hingga akhirnya jatuh ke tanah. Namun, ada sebuah fenomena hujan langka yang mungkin baru pertama kali Anda dengar, yang disebut hujan bom.Berbeda dengan hujan pada umumnya, fenomena hujan bom turun dalam keadaan air menggumpal atau menyatu menyerupai sebuah bom yang kemudian jatuh dan menghempas ke tanah secara bersamaan dalam satu titik.Fenomena hujan bom atau juga dikenal sebagai microburst ini sangat berbahaya dan bisa merusak apa saja yang dihantamnya. Ilustrasi hujan bom tak berbeda jauh ketika bom dijatuhkan dan kemudian meledak dengan radius tertentu.
10 Hutan Misterius di Dunia, Menyimpan Sejuta Rahasia
 – Hutan paling misterius tak ubahnya dengan hutan lain yang dipenuhi pepohonan. Bedanya, kawasan hutan misterius terasa lebih mencekam. Sekalipun indah, keindahan tersebut tak mampu menutupi kesan seram dan penuh misteri.Lantas, hutan manakah yang paling misterius di dunia? Yang pertama adalah Hoia Baciu Forest. Banyak orang yang mengaku pernah melihat UFO di dekat hutan ini. Ada juga yang mengatakan bahwa, hutan Hoia Baciu adalah hutan paling berhantu di dunia atau Segitiga Bermuda dari Transylvania.Bagi orang yang percaya akan hantu, di tengah hutan ini terdapat kliring lingkaran sempurna yang biasanya menarik paranormal.  Tidak hanya Hoia Baciu Forest, masih ada hutan misterius lainnya yang jarang orang ketahui.
Fakta Hutan Aokigahara, Tempat Bunuh Diri di Jepang
 – Awal tahun 2016 yang lalu, layar bioskop kedatangan film bernuansa horor 'The Forest'. Di mana, film ini merupakan hasil kolaborasi antara Jepang dan Amerika, yang menceritakan tentang hutan terangker di Jepang yaitu hutan Aokigahara.Hutan Aokigahara berada di kali gunung Fuji atau lebih tepatnya sekitar 100 km di sebelah barat kota Tokyo. Hutan ini juga sangat terkenal sebagai tempat untuk melakukan bunuh diri, jadi tidak heran apabila hutan ini dijuluki hutan terangker di Jepang.Kalau dilihat secara sekilas, hutan yang juga disebut oleh penduduk lokal dengan nama Jukai (lautan pohon) ini nampak indah sekali. Tapi ketika masuk lebih dalam lagi, maka banyak fakta mengerikan yang akan ditemui. Apa saja faktanya?