Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Mencicipi Kuliner Asinan di Kota Hujan, Bogor

Jalan-jalan ke kota Bogor pasti identik dengan segudang angkutan umumnya. Selain memiliki tempat wisata alam yang indah, Bogor juga dikenal dengan sajian kulinernya yang menggoda selera.
Di setiap sudut kota Bogor juga menampilkan aneka jajanan kaki lima dengan rasa bintang lima. Asinan merupakan sebuah kuliner atau makanan jajanan, yang terbuat dari bahan sayur-sayuran dan buah dengan siraman kuahnya yang khas.
Tak hanya itu, di kota Bogor kita juga akan mudah menemukan banyak kuliner asinan. Dari bentuk warna dan tampilan yang ditawarkan hingga rasanya yang beraneka ragam pun, menjadi ciri khas jajanan Bogor yang bisa kita nikmati saat liburan di kota Bogor. 

Read Full Article
Menikmati Mie Gendut nan Lezat di Marugame Udon
Sejak bergabung di grup Asinan Blogger yang meriah, heboh, dan kaya informasi, aku sering dapat info baru tentang berbagai hal, terutama info tempat makan yang sedang populer di Bogor.Ya, Asinan Blogger adalah sekumpulan blogger cewek warga Bogor dan sekitarnya. Dari grup ini aku pertama kali mendengar tentang Marugame Udon, sebuah gerai restoran Jepang yang baru buka di mal Botani Square."Ramai sekali pengunjung Marugame Udon. Sampai harus antre. Tapi memang enak sih udonnya." Ucap salah satu teman bloggerku. Ah, jadi penasaran. Sepanjang pengalamanku makan udon, alias mi Jepang yang gendut-gendut itu, tak ada yang berkesan. Rasanya, ya begitu saja. Hambar.
Empat Alasan Kenapa Hujan Disukai
Hujan yang turun tipis-tipis di balik jendela, termasuk salah satu bagian favorit bagi orang-orang yang suka menikmati hujan. Bagi penikmat hujan, hujan yang turun merupakan sebuah kebahagiaan kecil yang Tuhan turunkan untuk manusia.Meski ada beberapa orang yang mengaku membenci hujan, tapi masih banyak orang di luar sana yang menyukai hujan. Bahkan merindukan hujan turun setiap waktu. Di bawah ini ada beberapa alasan kenapa orang menyukai hujan.Meneduhkan. Ini di luar hujan yang melanda Jakarta dan kota-kota lain yang berakibat banjir. Lagipula kalau banjir, yang salah bukan hujannya, tapi sistem peresapan air dan pengelolaan sampah yang tidak beres.
Hujan Bom, Fenomena Langka Air Hujan
Ketika hujan datang, air yang turun biasanya tidak berbentuk gumpalan, tapi setiap tetesan airnya terpisah-pisah hingga akhirnya jatuh ke tanah. Namun, ada sebuah fenomena hujan langka yang mungkin baru pertama kali Anda dengar, yang disebut hujan bom.Berbeda dengan hujan pada umumnya, fenomena hujan bom turun dalam keadaan air menggumpal atau menyatu menyerupai sebuah bom yang kemudian jatuh dan menghempas ke tanah secara bersamaan dalam satu titik.Fenomena hujan bom atau juga dikenal sebagai microburst ini sangat berbahaya dan bisa merusak apa saja yang dihantamnya. Ilustrasi hujan bom tak berbeda jauh ketika bom dijatuhkan dan kemudian meledak dengan radius tertentu.
Hujan di Antara Elegi dan Narasi tentang Malaikat
Tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan Juni. Tak ada yang lebih bijak dari hujan bulan Juni. Tak ada yang lebih arif dari hujan bulan Juni. Bait-bait puisi Sapardi Djoko Damono, tentang hujan itu seolah mengekalkan keindahan hujan.Lalu menyempurnakan kepingan kesempurnaan hujan dengan narasi tentang malaikat yang turun bersamanya. Hujan yang membawa rahmat kepada semesta alam. Menyuburkan tanah dan membuat anak-anak tertawa.Mereka yang mengaku pecinta hujan akan memandang hujan sesempurna dan sesuci itu. Bahwa hujan juga sangat lekat dengan rezeki. Mungkin itu alasan mengapa Tuhan menciptakan Mikail, malaikat yang mendapat tugas mengatur hujan sekaligus rezeki.
Romantisme 'Salju' di Kota Bogor
.co.id – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti romantisme itu adalah bersifat seperti dalam cerita roman (percintaan), bersifat mesra, mengasyikkan. Tapi, kok ada salju di Kota Bogor? Padahal di daerah tropis dataran rendah bisa dipastikan tidak mungkin ada salju.Memang, fenomena salju di daerah tropis hanya ada di Pegunungan Jayawijaya Papua. Selain salju abadi, ada juga fenomena embun upas di Dieng yang menyerupai salju. Kenapa saya posting tentang romantisme salju di Kota Bogor?Karena Bogor menyimpan banyak kenangan dan salju sepertinya barang langka di daerah tropis. Salju memang tidak pernah turun di Bogor, tetapi kalau hujan es memang sering terjadi di Bogor. Paling tidak itulah pengalaman selama tinggal di Bogor semasa kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB).
Lima Alasan Anda Harus Traveling ke Kebun Raya Bogor
Jika berbicara tentang Bogor, tentu kamu akan teringat langsung dengan Puncak serta curug-curug yang berhamparan di kota seribu hujan itu. Padahal, masih ada satu lagi yang paling terkenal dan sangat cocok untuk Anda singgahi di kota ini.Namanya Kebun raya Bogor, siapa yang tidak tahu Kebun Raya Bogor? Kebun Raya Bogor KRB merupakan salah tujuan wisata di Bogor dan pusat konservasi tumbuhan. Sebagai pusat konservasi, Kebun Raya Bogor mempunyai koleksi jenis-jenis tumbuhan, tanaman serta pohon-pohonan, dari berbagai negara di dunia.Sebenarnya sangat banyak sekali, tempat yang harus dikunjungi di sini, tapi menurut saya jika Anda ke Kebun Raya Bogor jangan lupa untuk datang ke beberapa spot berikut ini.
Kriuk Renyah Ikan Balita, Oleh-oleh Tradisional Kota Hujan
 – Salah satu kota di Jawa Barat ini, terkenal dengan asinan dan talas. Kalau ada yang lebih mengenal kota hujan ini, mungkin akan tahu oleh-oleh khas lainnya yaitu manisan pala dan roti unyil.Tapi ada satu lagi oleh-oleh yang rekomendasikan jika berkunjung ke Bogor. Mungkin tidak terlalu akrab di telinga, namun makanan ini populer pertama kali di kota Bogor, yaitu: Ikan Balita.Disebut “balita” karena terbuat dari ikan mas yang memang diolah saat berusia masih kecil-kecil. Ikan Balita dikemas dalam plastik kedap udara dan dibungkus lagi dengan dus berwarna hijau terang. Kemasannya higienis dan cukup eksklusif untuk dijadikan oleh-oleh spesial dari Bogor.
Berburu Kuliner Berkuah yang Enak dan Hangat di Malang
Oktober sudah menunjukkan taringnya, hujan yang telah lama tidak datang akhirnya turun setiap hari. Kota-kota besar di Indonesia seperti Malang mengalami hujan yang cukup deras di awal bulan. Saat sore menjelang, mendung langsung datang dan hujan turun saat jam pulang kerja tiba.Bagi beberapa orang, hujan sangat menyebalkan karena mereka susah akan ke mana-mana. Namun, bagi mereka yang menyukai hujan, saat angin langit itu turun sama halnya dengan wisata kuliner.Mereka akan mengelilingi Malang untuk menembus hujan hingga akhirnya menemukan kuliner berkuah yang hangat dan super yummy ini. Yuk, simak apa saja kuliner di Malang yang bisa diburu saat hujan tiba.Baca Selengkapnya...
Menikmati Sajian Kuliner Olahan Sumsum di Bogor
Bogor yang memiliki julukan sebagai kota hujan, terletak sekitar 60 kilo meter dari kota Jakarta. Karena letak kotanya yang sangat strategis, menjadikan Bogor ramai dikunjungi oleh para wisatawan.Salah satu destinasi wisata favorit dan populer di Bogor adalah wisata kulinernya. Bukan menjadi hal yang aneh, bila Bogor banyak disambangi oleh para wisatwan yang sering mencicipi kelezatan dari kuliner khas Bogor.Terutama bagi kita yang pecinta kuliner, di kota ini banyak tempat yang menawarkan beragam varian dan rasa kuliner yang akan memanjakan serta memuaskan lidah kita. Seperti salah satunya kuliner dengan jenis olahan sumsum sapi berikut ini. 
Pengalaman Pertama di Jalur Sepeda dan Pedestrian Kota Bogor
Kota Bogor memiliki kisah tersendiri, perjalanan bangsa Indonesia juga tak bisa dipisahkan dari kota penyangga Jakarta itu. Ada Istana Bogor yang kerap dipakai Presiden RI untuk menggulirkan roda pemerintahan.Mulai dari zaman Presiden Soekarno, Soeharto hingga Joko Widodo. Lalu, di kota yang sama juga terdapat Kebon Raya Bogor yang dikenal hingga mancanegara. Di kebon ini terdapat sejumlah tumbuhan langka dan berumur sangat tua.Selain itu, terdapat kampus pencetak sarjana pertanian, yakni Institut Pertanian Bogor IPB . Kota Bogor patut menempati posisi penting bagi nusantara. Kota di Provinsi Jawa Barat ini juga terus berbenah. Penataan arus lalu lintas jalan juga tak luput dari perhatian. Marka dan rambu jalan hingga fasilitas bagi pedestrian ikut ditata.
Tips Berwisata di Daerah dengan Curah Hujan Tinggi
 – Saat ini Indonesia telah memasuki musim hujan. Musim yang terjadi di akhir tahun ini sering membuat orang kerepotan, karena harus menyiapkan barang yang tidak biasa kita gunakan saat musim panas. Namun musim hujan bukan halangan bagi para wisatawan untuk menikmati liburannya.Justru terkadang ada rasa tersendiri ketika berwisata di kota dengan curah hujan tinggi. Tapi sobat, Indonesia itu unik. Karena tiap daerah curah hujannya berbeda-beda. Jangankan begitu, di tempat kelahiran saya, hujan bisa terjadi hanya di satu komplek perumahan saja.Aneh kan? Itulah Indonesia dengan wisata kota hujannya. Balik lagi, daerah-daerah di Indonesia itu memiliki tingkat curah hujan yang berbeda sobat, misalnya saja kota Bogor. Berwisata di kota ini dijuluki sebagai wisata kota hujan, karena Bogor terletak di ketinggian 190 – 330 mdpl.
Secuil Keindahan di Kampung Wisata Pabangbon, Bogor
Wisata alam Bogor memang tidak akan pernah ada habisnya, dalam menyajikan keindahan dan potensi alamnya. Di mana, hal ini menjadikan Bogor sebagai pusat perhatian bagi para wisatawan, baik lokal maupun luar daerah Bogor.Kampung Pabangbon merupakan salah satu detinasi wisata di Bogor yang sedang hits di media sosial. Tempat wisata satu ini sangat ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah Bogor. Tempat wisata alam di Bogor ini semakin kental, ketika kita merasakan nuansa alam di pegunungan hutan pinus.Hal ini dikarenakan objek wisata Kampung Wisata Pabangbon ini berada di lahan perhutani yang berada di kaki gunung Halimun Bogor. Objek wisata Bogor ini memiliki ketinggian sekitar 720 meter di atas permukaan laut.
Sepuluh Tempat Makan Bakso Enak di Bogor
Bakso, di Indonesia bisa dibilang ini adalah kuliner sejuta umat. Bagaimana tidak, hampir di setiap kota kita pasti akan bertemu dengan "tukang bakso", baik yang memakai gerobak keliling, mangkal di kaki lima, di halaman rumah, ruko sampai yang menjajakannya dalam bentuk resto atau kafe.Tak terkecuali di Bogor, di kota yang terkenal dengan julukan Kota Hujan ini, kita juga dapat dengan mudah menemukan tukang bakso di berbagai sudut penjuru kota. Sebagian di antaranya malah sudah berjualan selama puluhan tahun, dan namanya sudah lekat di kalangan masyarakat Bogor. Bahkan ada yang sudah punya beberapa cabang.Mereka punya keunikan tersendiri dalam setiap hidangan baksonya sehingga punya pelanggan yang setia. Nah buat yang hobi ngebakso di Bogor, inilah sepuluh tempat ngebakso di Bogor yang enak, terkenal dan punya banyak pelanggan setia, dilengkapi peta lokasi dan koordinat GPS untuk masing-masing tempatnya.
16 Tempat Wisata Alam di Bogor
Bogor adalah salah satu daerah di Indonesia yang kaya dengan keindahan alamnya, jadi tidak heran, banyak tempat wisata alam di Bogor dan sekitarnya yang selalu ramai dikunjungi pada saat musim liburan seperti akhir pekan atau hari libur nasional.Ada banyak pilihan tempat wisata alam yang ada di Bogor, mulai dari yang berupa air terjun hingga danau ada di sini. Selain itu, di jantung kota Bogor terdapat sebuah kebun raya yang legendaris yaitu Kebun Raya Bogor, dan masih banyak tempat menarik lainnya.Nah, buat kamu yang ada rencana liburan di sekitar Bogor, wajib tahu beberapa tempat wisata alam paling direkomendasikan untuk dikunjungi di sekitar Bogor ini. Penasaran? Langsung saja baca ulasannya berikut ini.
Wisata Seru Bersama Keluarga di Kuntum Farmfield Bogor
 – Bogor kini menjelma sebagai salah satu tempat wisata tujuan favorit di Jawa Barat selain Bandung. Di kota satu ini terdapat banyak sekali tempat wisata keren, yang dapat kita kunjungi. Mulai dari wisata alam hingga wisata keluarga seru, bisa kita nikmati di kota Bogor.Nah, berbicara mengenai wisata keluarga di Bogor, ada satu objek wisata yang cukup menarik perhatian para wisatawan. Adalah Kuntum Farmfield Bogor, tempat ini merupakan sebuah agrowisata yang mengusung konsep edukasi dan rekreasi.Kuntum Farmfield Bogor sudah cukup populer sebagai tempat wisata keluarga favorit di Bogor dan kota sekitarnya. Bisa dibilang Kuntum Farmfield adalah sebuah kebun binatang mini, di mana di dalamnya terdapat beraneka ragam binatang seperti kambing, kelinci, bebek, ayam, dan angsa.
Asyiknya Berwisata di Kebun Raya Bogor
 – Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata, terutama hari Sabtu dan Minggu.Di sekitar Kebun Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Kebun Raya Bogor, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, tidak perlu kesulitan karena selain letaknya berada di jantung Kota Bogor.Khusus pintu 2 hanya dibuka pada hari minggu dan libur saja, sedangkan bagi para anggota dapat menggunakan pintu 2 , pintu 3 dan pintu Gd Konservasi yang mulai dibuka pukul 06.00-08.00. Berlaku tarif masuk bagi pengunjung Kebun Raya Bogor.
Mencicipi Kuliner Asinan di Kota Hujan, Bogor
Jalan-jalan ke kota Bogor pasti identik dengan segudang angkutan umumnya. Selain memiliki tempat wisata alam yang indah, Bogor juga dikenal dengan sajian kulinernya yang menggoda selera.Di setiap sudut kota Bogor juga menampilkan aneka jajanan kaki lima dengan rasa bintang lima. Asinan merupakan sebuah kuliner atau makanan jajanan, yang terbuat dari bahan sayur-sayuran dan buah dengan siraman kuahnya yang khas.Tak hanya itu, di kota Bogor kita juga akan mudah menemukan banyak kuliner asinan. Dari bentuk warna dan tampilan yang ditawarkan hingga rasanya yang beraneka ragam pun, menjadi ciri khas jajanan Bogor yang bisa kita nikmati saat liburan di kota Bogor. 
Menikmati Kelezatan Asinan Betawi H. Mansyur di Rawamangun
Bila kita berbicara tentang Kota Jakarta, tentu hal ini tidak bisa lepas dari penduduk aslinya yaitu orang Betawi. Di tengah pesatnya perkembangan zaman masyarakat Betawi, hadir memberi warna sendiri bagi Kota Jakarta, tidak terkecuali dengan kuliner khas Betawi yang sangat beragam.Warung Asinan Betawi yang sudah puluhan tahun berdiri ini, sangat terkenal dengan nama asinan H.Mansyur atau dikenal juga dengan sebutan Asinan Betawi Kamboja. Walau lokasi warung asinan Betawi ini masuk agak dalam, namun jalan untuk akses ke warung asinan Betawi di Rawamangun, Jakarta Timur, ini bisa dilalui dengan kendaraan beroda dua ataupun empat.Konon, menurut informasi yang saya terima, warung asinan Betawi H.Mansyur di Rawamangun ini sudah berdiri sejak tahun 70-an. Dan sekarang telah diwariskan oleh Almarhum H.Mansyur kepada anak-anaknya.
Begini Penampakan Hujan Jika Dilihat dari Pesawat
Hujan sudah menjadi bagian dari proses alam. Biasanya, hujan ada yang mencakup area yang luas ada pula yang sempit. Yang berarti tidak semua area terkena hujan, ada area yang kering dan ada area yang terkena hujan.Mungkin di antara kalian ada yang pernah melihat area tertentu terkena hujan, sementara sebelahnya tidak terkena hujan secara bersamaan. Jika diperhatikan, fenomena semacam ini sangat menakjubkan.Nah, kebanyakan dari kita hanya melihat hujan dari bawah. Kita hanya melihat air hujan jatuh saja, tapi pernah terbayang seperti apa bentuk hujan jika dilihat dari atas? Mungkin satu-satunya cara untuk melihatnya adalah dengan naik pesawat.
Bukan Air, Lima Planet Ini Miliki Hujan yang Mengerikan
Secara garis besar, di planet Bumi hanya ada beberapa tipe hujan, mulai dari hujan air, hujan salju, dan kadang hujan es. Semua jenis hujan yang ada di planet Bumi umumnya tidak membahayakan kehidupan di dalamnya. Lalu, seperti apa hujan di planet lain?Yang jelas hujan di planet lain jauh berbeda dengan hujan yang ada di Bumi. Hujan di planet lain kebanyakan sangat berbahaya, seperti hujan kaca, hujan batu, hujan asam sulfat, hingga hujan berlian. Bayangkan jika hujan seperti itu ada di Bumi, mungkin setiap kali terjadi hujan banyak yang akan meninggal.Penasaran seperti apa hujan di planet lain? Dilansir dari Mother Nature Network MNN , berikut lima planet yang memiliki hujan mengerikan yang sejauh ini sudah diketahui para ilmuwan. Setelah membaca artikel ini, Anda pasti bersyukur bisa tinggal di planet Bumi.
Enam Tips Memotret saat Musim Hujan
Musim hujan kadang menjadi kendala ketika berburu lansekap. Tetapi sebenarnya, ketika musim hujan Anda dapat memperoleh kesempatan untuk mendapat foto lansekap yang indah. Nah, agar dapat memperoleh foto lansekap yang indah ketika musim hujan, berikut beberapa tips memotret ketika musim hujan.Memotret di musim hujan tidak harus basah-basahan. Ketika musim hujan seperti sekarang ini, jika tidak bekerja untuk memotret badai, sebenarnya tidak ada alasan untuk memotret sambil hujan-hujanan. Ketika mulai nampak awan hitam pekat, segeralah berlindung.Memotret momen hujan ini dapat dilakukan dari dalam gedung atau dari dalam mobil. Usahakan agar kamera terhindar dari air hujan, agar tetap kering dan tidak berembun.
Tujuh Kuliner Halal di Kawasan Pecinan, Bogor
Selama perayaan tahun baru Imlek kemarin, sampai 15 hari ke depan, ada satu ruas jalan di Bogor yang menjadi pusat perhatian. Kenapa? Karena kawasan ini terkenal sebagai salah satu daerah pecinan di kota Bogor, termasuk menjadi salah satu lokasi pusat perayaan Cap Go Meh yang akan diadakan pada tanggal 22 Februari 2016 nanti.Ruas jalan itu adalah Jalan Suryakencana, di mana di salah satu sudutnya terdapat klenteng tertua di kota Bogor, yaitu Klenteng Hok Tek Bio yang juga menjadi pusat perayaan Imlek di kota hujan ini.Tidak hanya itu, jalan Suryakencana juga dikenal sebagai salah satu pusat kuliner tradisional. Membentang sepanjang kurang lebih 1 kilometer, mulai dari kawasan Pasar Bogor sampai Perempatan Gang Aut/Jl Roda, beberapa kuliner khas Kota Hujan hadir di tempat ini.
Empat Fakta Menarik tentang Kesaktian Pawang Hujan
Setiap kali seseorang ingin mengadakan suatu acara besar, maka orang yang paling dicari adalah pawang hujan. Pasalnya, pawang hujan ini cukup penting demi kesuksesan acara yang bersangkutan. Sebab tak sedikit suatu acara gagal gara-gara terjadi hujan.Sebagaimana yang kita ketahui, pawang hujan seolah mampu menghentikan hujan di daerah tertentu. Sehingga cuaca yang seharusnya hujan bisa berganti cerah. Selain itu, ada beberapa fakta menarik tentang pawang hujan yang mungkin belum Anda ketahui.Ilmu pawang hujan. Manusia biasa tidak akan mampu mengendalikan cuaca di suatu tempat. Makanya, ilmu pawang hujan ini sangat berkaitan erat dengan yang namanya hal-hal gaib. Konon, semakin sakti si pawang hujan, maka semakin hebat pula ia dalam mengendalikan cuaca.