Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Surga Relaksasi Alam di Kedung Pedut, Kulon Progo

Kulon Progo memiliki beragam tempat wisata yang bisa kita kunjungi. Salah satunya adalah Kedung Pedut. Objek wisata Kedung Pedut merupakan salah satu tempat wisata alam yang menawarkan sensasi ketenangan dan keasrian, dari lingkungan alam sekitarnya.
Bagi kita yang jenuh dengan kesibukan khas metropolitan, nuansa kampung, dan alam pedesaan di tempat wisata alam Kedung Pedut, Kulon Progo ini mampu memberikan Anda kesegaran yang begitu alami.
Walau perjalanan menuju lokasi objek wisata ini cukup melelahkan. Namun setelah kita sampai di lokasi, maka semua rasa lelah tersebut akan hilang dan sirna. Semua akan hilang setelah kita melihat suguhan pemandangan alam yang indah disertai suara gemercik air yang sejuk.

Read Full Article
Mengungkap Misteri Tebing Kayangan di Kulon Progo
Wisata di Yogyakarta memang tak pernah ada habisnya. Ada saja spot-spot menarik yang wajib dikunjungi untuk menambah koleksi foto ataupun pengalaman. Aku kembali mencari lokasi wisata yang belum pernah aku kunjungi. Kali ini, tempat wisata yang aku kunjungi adalah Tebing Kayangan di Kulon Progo.Tebing Kayangan merupakan wisata alam yang berlokasi di Pendoworejo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Suguhan yang diberikan dari Tebing Kayangan adalah sebuah tebing yang cukup tinggi yang di bawahnya ada sebuah aliran sungai, yang membuat pemandangan di sini sangat menarik.Tak hanya itu saja, di Desa Pendoworejo, selain dapat melihat Tebing Kayangan, Anda akan disuguhkan hamparan sawah yang sangat luas. Aku ke Tebing Kayangan menggunakan sepeda. Kurang lebih perjalanan 1 jam dari kota Yogyakarta dan untuk jaraknya kurang lebih 30 km.
Tengok, Enam Tempat Paling Romantis di Kulon Progo
Kulon Progo merupakan nama sebuah kabupaten di Yogyakarta, yang beribukotakan di Wates. Letaknya di kabupaten sebelah barat, berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul di sebelah timur, Samudra Hindia di sebelah selatan, Kabupaten Purworejo di sebelah barat, dan Kabupaten Magelang di sebelah utara.Kulon Progo memiliki tipografi, 70 persennya merupakan kawasan pegunungan, sisanya kawasan pesisir pantai.Kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata yang berbau alam, meskipun begitu, nuansa romantis masih bisa kamu peroleh jika berlibur ke Kulon Progo. Berikut tempat romantis yang harus kamu kunjungi bersama orang tersayang.
Surga Relaksasi Alam di Kedung Pedut, Kulon Progo
Kulon Progo memiliki beragam tempat wisata yang bisa kita kunjungi. Salah satunya adalah Kedung Pedut. Objek wisata Kedung Pedut merupakan salah satu tempat wisata alam yang menawarkan sensasi ketenangan dan keasrian, dari lingkungan alam sekitarnya.Bagi kita yang jenuh dengan kesibukan khas metropolitan, nuansa kampung, dan alam pedesaan di tempat wisata alam Kedung Pedut, Kulon Progo ini mampu memberikan Anda kesegaran yang begitu alami.Walau perjalanan menuju lokasi objek wisata ini cukup melelahkan. Namun setelah kita sampai di lokasi, maka semua rasa lelah tersebut akan hilang dan sirna. Semua akan hilang setelah kita melihat suguhan pemandangan alam yang indah disertai suara gemercik air yang sejuk.
Asiknya Ngecamp di Puncak Suroloyo Kulon Progo
 – Puncak Suroloyo merupakan salah satu wisata alam terindah yang ada di Kulon Progo, dengan ketinggian kurang lebih 2.000 meter. Menjadikan tempat ini sebagai puncak tertinggi di pegunungan menoreh.Beberapa informasi mengatakan, jika Puncak Suroloyo merupakan pertemuan antara 4 gunung yaitu Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, serta Merapi, karena jika ditarik garis lurus maka puncak ini menjadi porosnya. Ya, memang banyak sekali versi cerita dari tempat ini, yang pasti jika berkunjung kita bakal disuguhi pemandangan yang sangat menakjubkan.Puncak Suroloyo terletak di kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, salah satu kecamatan yang berbatasan dengan kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Untuk mencapai tempat ini cukup mudah, namun perlu berhati-hati karena medannya yang penuh dengan tanjakan tinggi.
Bersepeda ke Air Terjun Musiman Grojogan Kedung Tolok
Grojogan Kedung Tolok ini adalah air terjun musiman di wilayah Selopamioro, Imogiri. Lokasinya terpelosok di tengah desa yang berada di pinggir jalan Imogiri-Siluk. Kedung Tolok juga terkadang disebut sebagai Curug Kajor atau Curug Siluk.Keunikan dari Grojogan Kedung Tolok adalah air terjunnya yang memiliki kolam besar. Menuju Grojogan Kedung Tolok memang minim petunjuk arah. Untung salah satu teman saya pernah ke sini, jadi lancar saja untuk menuju ke sini.Untuk menuju ke sini, silakan menuju arah Siluk. Lalu setelah jembatan Siluk masih ke timur lagi kira-kira 1 km dan jika menemui persimpangan yang salah satu jalannya naik, itu dia arah Grojogan Kedung Tolok. Arah Grojogan Kedung Tolok ini melewati kampung. Saat hampir sampai, nanti kita akan menemui persimpangan yang memisahkan jalur mobil dan motor.
Atmosfer Bendungan Kulon Progo Serasa Berada di Kayangan
 – Jika kamu dari arah Yogyakarta, melalui jalan Godean, lalu menuju Kalibawang, kamu akan mendapati Bendungan Kayangan Kulon Progo. Apa kamu tahu bendungan satu ini? Bendungan ini diberinama Kayangan. Kenapa begitu?Sama dengan namanya, bendungan ini memang seperti di kayangan. Tapi, jangan sampai kamu berpikir kayangan ini banyak dipenuhi dengan bidadari-bidadari cantik nan jelita. Kayangan yang dimaksud di sini adalah keadaannya yang benar-benar indah dan bisa bikin kita nyaman.Suasana serta atmosfer di bendungan ini benar-benar membuat kita seolah berada di kayangan. Kayangan selalu nyaman untuk ditempati, dinikmati, dan dijadikan tempat relaksasi yang sangat mengasyikkan. Begitu juga yang terjadi, ketika kamu mengunjungi kawasan Bendungan Kayangan Kulon Progo ini. 
Growol, Makanan Bercitarasa Unik dari Kulon Progo
Pasti bertanya-tanya, apa itu growol? Bahkan, jika ditanya pada anak zaman sekarang yang tinggal di Kulon Progo, kemungkinan banyak yang tidak mengetahuinya.Memang tidak bisa dipungkiri, jika makanan khas dari Kulon Progo satu ini sudah hampir tenggelam. Namun, bagi orang yang kelahiran 90-an ke bawah, biasanya growol masih menjadi salah satu makanan favorit untuk sekadar camilan atau bahkan makanan pokok.Jika ditengok kembali ke belakang, growol merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang memiliki rasa hambar atau gurih. Sedangkan, untuk bahan yang digunakan untuk membuat growol adalah singkong.

Pesona Kuncung Mas, Curug Cantik di Kulon Progo
 – Jogja merupakan salah satu provinsi di Jawa yang tak hanya punya deretan kuliner lezat tapi juga destinasi wisata jempolan. Selain landskap gunung dengan gardu pandangnya yang menawan, daerah istimewa ini juga memiliki banyak air terjun cantik nan memesona. Salah satunya yang ada di Kabupaten Kulon Progo berikut.Kulon Progo menjadi salah satu tujuan wisatawan. Selain mampir ke pusat kota Jogja, kabupaten ini memiliki banyak objek wisata eksotis, termasuk Curug Kuncung Mas. Destinasi wisata ini berada di Jl. Sermo, Desa Banyunganti, Sokomoyo, Gunung Kelir, Kecamatan Jatimulyo. Letaknya tidak jauh dari Curug Sigembor, masih satu tempat dan jatuh di sungai yang sama.Nama Kuncung Mas sendiri memiliki asal-usul yang menarik. Menurut warga sekitar, ada ikan kuncung mas yang hidup di sungai tersebut. Sayang, ikan ini telah tiada. Tak hanya cerita kuncung mas, warna air di sini juga menakjubkan. Di kolam alami yang berada di bawah tebing, airnya terlihat berwarna biru tosca. Sangat cantik dipadukan dengan pepohonan hijau di sekitar. 
Kalibiru, Hutan Wisata yang Sedang Hits di Kulon Progo
Berkat seorang artis yang mengunggah foto liburan di objek wisata Kalibiru melalui Instagram pribadinya, kini Kalibiru di Kulon Progo menjadi destinasi wisata di Jogja yang wajib untuk dikunjungi, serta menjadi salah satu wisata yang hits di kota yang mendapat julukan sebagai Kota Pelajar ini.Hutan Kalibiru berlokasi di Perbukitan Menoreh, Kabupaten Kulon Progo, dengan ketinggian sekitar 450 mdpl. Hal itu membuat kawasan wisata ini memiliki udara yang sejuk dan relatif belum tercemar oleh polusi udara. Hutan wisata milik pemerintah tersebut, kini dikelola oleh masyarakat setempat dan menjadi objek wisata alam maupun edukasi.Namun, bagi yang tertarik untuk berkunjung ke objek wisata alam di Kulon Progo ini sebaiknya terlebih dulu persiapkan fisik dengan baik. Pasalnya, salah satu kegiatan paling menarik yang harus Anda coba ketika di sana adalah mencoba jalur trekking.
Waduk Mini dengan Keindahan Maksimal di Kulon Progo
Jika mendengar waduk di Yogyakarta pasti yang terbesit adalah Waduk Sermo yang ada di Kulon Progo. Waduk indah ini merupakan satu-satunya yang miliki keindahan maksimal di Yogyakarta.Nah untuk kali ini berbeda, karena bukan waduk sermo yang akan kita bicarakan. Namun, masih satu daerah dengan Waduk Sermo yakni di Kulon Progo. Waduk mini atau embung ini bernama Embung Bajaroya.Nama dari Embung atau Waduk Mini Bajaroya ini diambil dari daerah Embung yang berada, di desa Banjaroya, kecamatan Kalibawang, kapubaten Kulon Progo, Yogyakarta. Penasaran dengan waduk mini satu ini?
Geblek, Makanan Unik Khas Kulon Progo
Geblek. Ingat, ini bukan ungkapan yang ditujukan untuk seseorang, tapi ini adalah nama makanan khas dari Yogyakarta bagian barat, alias Kulon Progo. Tidak hanya panorama alam Perbukitan Menoreh saja yang ada di Kulon Progo, namun ada makanan khas yang namanya sangat unik dan tentunya wajib dicoba ketika berkunjung ke sini.Makanan itu adalah geblek. Geblek bisa dibilang seperti cireng karena bahan yang digunakan sama, namun yang berbeda adalah bentuk dan rasanya. Jika cireng memiliki banyak rasa seperti pedas atau lainnya, geblek hanya memiliki rasa asli dari aci yang digoreng dan bentuknya seperti angka delapan.Jangan mengerutkan dahi dulu, apalagi berpikir rasanya tidak enak. Berbeda dengan cireng yang biasa ditemui, geblek memiliki cita rasa yang sangat enak, apalagi jika dijodohkan dengan tempe benguk. Apa itu tempe benguk?
Intip Tempat Tinggal Banteng di Cidaun,Ujung Kulon
Taman Naisonal Ujung Kulon merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk ditelusuri bagi para pecinta dunia wisata petualangan. Di kawasan wisata Ujung kulon ini, kita tidak hanya dapat menikmati indahnya pantai dan laut saja, tapi kita juga bsa mengenal flora dan fauna yang hidup di alam bebas.Selain badak bercula satu yang ada di Ujung Kulon, ternyata  tempat ini juga dikenal sebagai populasi banteng. Menurut data dari Taman Nasional Ujung Kulon, terdapat sekitar 800 banteng di tempat ini.Tidaklah heran, bila banyak terdapat padang pengembalaan banteng yang bisa kita temukan di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, di antaranya di Cigenter dan Cidaun. Penasaran? Yuk intip tempat tinggal banteng berikut ini.
Terjepit di Kedung Gupet
Kedung Gupet ini berlokasi di atas Kedung Tolok dan Kedung Cumplung, tentunya masih di desa Selopamioro, Imogiri. Potensi desa Selopamioro memang tidak ada habisnya, selain kearifan lokal pedesaan, wilayahnya ternyata memiliki wisata air yang bagus dan berpotensi.Kedung Gupet memiliki kolam paling kecil dibandingkan dua kedung yang saya sebutkan tadi. Keunikan dari Kedung Gupet ini adalah, kolamnya yang berbentuk mirip dengan bathup kamar mandi. Saya yang mencoba untuk berendam merasakan seperti terjepit di kolam tersebut.Karena hanya seukuran bathup, maka kolam Kedung Gupet hanya muat untuk satu orang saja. Dan tidak dalam, hanya sekitar setengah meter saja. Namun yang menarik di Kedung Gupet ini adalah aliran air yang cukup deras di atas kolam, sehingga kita bisa bersandar sambil menikmati derasnya air yang mengalir di pundak.
Kemeriahan Festival 1000 Lampion Terbang di Kulon Progo
Beberapa waktu lalu, sebanyak 1000 lampion menghiasi langit Kulon Progo. Acara yang diberi tajuk "Menoreh Night Spectacular" ini mengambil tempat di Alun-alun Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, pada 28 Mei 2016 kemarin.Acara yang bisa dibilang sangat sukses itu menarik perhatian baik warga Kulon Progo sendiri maupun luar Kulon Progo. Kemeriahan Festival 1000 Lampion Terbang ini, diharapkan bisa menjadi ajang promosi sekaligus ikon baru dari Kulon Progo.Tidak hanya pesta 1000 lampion saja, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik, seperti lomba cosplay, dan night bike riders. Nah untuk yang terlewat dan ingin mengetahui seperti apa Kemeriahan Festival 1000 Lampion Terbang Kulon Progo ini, berikut ulasannya.
Bermain di Jernihnya Air Taman Sungai Mudal
Satu dua tahun ini daerah Kulon Progo mulai berbenah dengan mengedepankan sektor pariwisata, yang digarap dengan begitu apik. Alam Kulon Progo yang asri memang sangat disayangkan, jika tidak dikembangkan lebih.Banyak tempat wisata baru bermunculan, terutama pada kawasan perbukitan di mana terdapat berbagai sumber mata air yang memunculkan air terjun nan indah. Salah satu air terjun yang dibuka resmi pada awal tahun 2016 ini, tergolong paling baru adalah Taman Sungai Mudal.Meski sebenarnya, objek wisata ini sudah diketahui sejak 2015, pemberlakuan tiket masuk yang menandakan resminya Taman Sungai Mudal ini baru awal 2016, yang diresmikan oleh bupati Kulon Progo, Bapak Hasto Wardoyo.
Sensasi Loncat di Air Terjun Kedung Pedut
Asyiknya traveling di Yogyakarta memang tidak ada bosannya. Kota dengan sejuta wisata ini terus mempercantik diri guna memikat wisatawan asing maupun lokal. Tak heran, wisatawan asing sangat betah berlibur di Yogyakarta.Nah kali ini akan kami ajak kalian ke salah satu wisata asyik di Perbukitan Menoreh. Ya, namanya Air Terjun Kedung Pedut, kamu pernah ke sana? Atau, baru kali ini mendengarnya? Kedung Pedut ini sangat cocok bagi kamu yang suka bermain dengan alam.Spesialnya lagi, kalau kamu suka jumping style di kolam pemandian. Kedung Pedut memang patut untuk kamu coba kunjungi. memang keren untuk dicoba. Jika penasaran, simak yuk ulasannya berikut ini.
Hijau dan Romantis, Kata Yang Tepat Untuk Hutan Mangrove Kulon Progo
Hutan Mangrove Kulon Progo. Kebanyakan orang pastinya belum tau jika di Yogyakarta memiliki Hutan Mangrove. Wajar saja, karena lokasi dari Hutan Mangrove Kulon Progo ini belum lama dibuka.Walaupun belum lama dibuka, hutan Mangrove Kulon Progo sudah menjadi daya tarik sendiri khususnya bagi warga sekitar, selain karena lokasi yang sangat apik, di Yogyakarta memang baru kali ini memiliki obyek wisata hutan Mangrove.
Inovasi Aneka Rasa Panganan Geblek Khas Kulon Progo
.co.id – Salah satu ikon kuliner Kulon Progo yang sering saya beli saat balik ke kampung halaman adalah geblek. Makanan tradisional berbahan dasar pati dengan bentuk seperti angka delapan ini, memiliki tekstur yang kering di luarnya dan kenyal saat digigit.Ada salah satu warung penjaja geblek yang direkomendasikan. Nama warungnya lucu, yaitu "Mr. Telo". Lokasinya tak jauh dari RS PKU Muhammadiyah Nanggulan. Kalau kamu dari Perempatan Kenteng, jalan saja ke arah timur. Nanti, kamu akan menemukan warung kecil dan sederhana di kiri jalan, dengan bannernya yang mencolok bertuliskan geblek.Di warung ini, kamu bisa menjajal geblek dengan beberapa varian rasa, yaitu orisinal, tuna, tengiri, dan udang. Sebuah inovasi panganan khas Kulon Progo yang perlu kamu ketahui. Geblek yang awalnya hanya memiliki rasa gurih saja, kini telah dikreasikan dengan berbagai rasa, sehingga menggungah selera.
Daftar Tempat Wisata Keren di Kulon Progo Yogyakarta
Jogja memang keren, hampir semua Kabupaten di Provinsi Yogyakarta memiliki tempat wisata yang sangat menarik. Nah salah satu kabupaten di Yogyakarta yang juga mempunyai objek wisata keren adalah Kulon Progo.Kulon Progo merupakan kabupaten yang terletak paling barat dan berbatasan langsung dengan Magelang di Jawa Tengah. Walaupun begitu, di sini terdapat banyak sekali tempat menarik yang layak kita kunjungi, seperti yang sudah dirangkum di bawah ini.Siapa bilang cuma Kabupaten Gunung Kidul dan Bantul saja yang mempunyai pantai, di Kulon Progo juga ada pantai dengan pemandangan unik, yaitu pantai Glagah. Inilah pantai paling terkenal di Kulon Progo. Pantai Glagah terkenal dengan tetrapodnya atau bebatuan yang dibuat dan difungsikan untuk mencegah abrasi air laut.
Kecantikan Air Terjun Kembang Soka di Kulon Progo
Air terjun Kembang Soka terletak di kawasan dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo sekitar 35 km dari pusat kota Yogyakarta. Seperti julukannya yang dikenal Kulon Progo, the jewel of Java memang memiliki sejuta pesona wisata yang belum banyak diketahui para wisatawan.Di mana, keindahan alam yang belum banyak terjamah oleh tangan manusia, menjadikan kawasan ini bak surga tersembunyi yang begitu memesona di Kulon Progo. Jembatan bambu yang berada di hadapan air terjun Kembang Soka ini juga menjadi tempat favorit untuk selfie. Air terjun Kembang Soka Kulon Progo, biasanya juga disebut dengan air terjun kembar yang keindahannya begitu memesona. Di mana, air terjun ini mampu mengundang decak kagum para pengunjung yang datang ke tempat ini.
Ekspedsi Alam Liar ke Taman Nasional Ujung Kulon
Alam liar di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Konon, dulunya kawasan ini, pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli botani asal kebangsaan Jerman F.Junghun.Pada tahun 1921 oleh Pemerintah Hindia Belanda kala itu, Ujung Kulon dan Pulau Panaitan ditetapkan sebagai kawasan suaka alam. Dan pada tahun 1992, status Ujung Kulon berubah menjadi Taman Nasional.Tidak hanya itu saja, Ujung Kulon juga ditetapkan sebagai warisan alam dunia oleh badan PBB UNESCO. Taman Nasional Ujung Kulon ini memiliki banyak kekayaan alam yang bisa kita nikmati. Sebut saja seperti Cigenter, Curug Cipaniis, tempat ziarah, dan masih banyak lagi lainnya. 
Deretan Wisata Menarik di Kulon Progo, Jangan Dilewatkan
 – Berbicara tentang Yogyakarta seakan tak ada habisnya, kota dengan sejuta pesona ini menawarkan berbagai macam hal yang membuat pengunjung merasa rindu untuk kembali ke kota ini. Selain dikenal sebagai kota pelajar, Jogja juga dikenal sebagai kota wisata, karena memang di sini semuanya ada.Geliat perkembangan wisata yang semakin hari semakin ramai, ternyata juga berdampak pada kemajuan pariwisata di masing-masing kabupaten di Yogyakarta, tak terkecuali salah satunya kabupaten Kulon Progo. Bagi yang belum tahu, kabupaten Kulon Progo merupakan kabupaten paling Barat dari Jogja yang berbatasan langsung dengan Purworejo Jawa Tengah.Perlahan tapi pasti, perkembangan pariwisata di Kulon Progo menjadi daya tarik untuk wisatawan. Kulon Progo juga kaya akan destinasi wisata, mulai dari deretan pantai, wisata alam, bahkan camping ground, semuanya ada di sini.
Berendam Melepas Gerah di Kedung Cumplung
Masih di sekitar Grojogan Kedung Tolok Selopamioro Imogiri, lebih tepatnya berada naik di atas Grojogan Kedung Tolok. Terdapat kolam air yang sangat cocok untuk berendam di kala terik, nama kolam tersebut adalah Kedung Cumplung.Kedung Cumplung ini memang sangat cocok untuk mencemplung, karena airnya yang lumayan jernih. Air yang lumayan jernih ini, berasal dari aliran air terjun yang selalu mengalir dan langsung mengalir ke bawah kolam.Kedalaman air pada papan tulisan sekitar 1,5 meter. Namun, saat saya mencobanya, terdapat cekungan sedalam hampir 2 meter di salah satu pojok kolam. Tapi tak perlu khawatir, kolam ini masih tergolong aman karena luas bagian terdalamnya tidak terlalu lebar.