Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Inilah Keutamaan Memuliakan Anak Perempuan

Sebagian adat dan budaya di dunia, masih banyak yang mengutamankan anak laki-laki dibanding anak perempuan. Bahkan, ada yang beranggapan bahwa kelahiran anak perempuan merupakan sebuah tanda akan datangnya kesialan bagi keluarga.
Berbeda dengan anak laki-laki, yang selalu dianggap penerus dan menjadi kebanggaan orangtua. Terkadang, suami rela menceraikan istri yang tidak kunjung mendapatkan anak laki-laki. Sejak zaman jahiliyah, anak perempuan memang kerap kali mendapatkan diskriminasi.
Bahkan, tak jarang orangtua akan merasa terhina jika anaknya bukan laki-laki. Sejatinya anak laki-laki dan perempuan adalah sama. Namun, karena kecenderungan orangtua yang menyukai anak laki-laki, maka Islam pun memberi perhatian lebih terhadap hal ini. 

Read Full Article
Tahukah Anda Hikmah dan Keutamaan Salat Subuh?
Ketahuilah bahwa salat Subuh memunyai keistimewaan khusus. Bukannya salat wajib yang lain tidak memunyai keistimewaan, namun keutamaan yang terdapat dalam salat Subuh lebih agung. Hal ini wajar, sebab jika dibanding salat lima waktu yang lain, pelaksanaan salat Subuh terkesan lebih berat.Ada banyak masjid megah dengan jamaah banyak. Namun, cobalah lihat bagaimana kondisi masjid itu saat waktu Subuh datang? Siapa pun bisa melihat, bahwa saat waktu subuh hadir, biasanya masjid-masjid yang begitu megah mendadak sepi. Memang ada aktivias jamaah di dalamnya, tetapi tidak seramai salat lima waktu yang lain.Sebagai salat yang waktunya dianggap berat, meski kenyataannya tidak, tentu Allah menyediakan sesuatu yang lain dan bersifat khusus. Secara umum, salat wajib lima waktu, termasuk salat Subuh, memunyai banyak keutamaan.
10 Pondasi Pendidikan Anak di Lingkungan Keluarga
Punya anak laki-laki atau perempuan sama saja. Itu memang benar. Namun dalam proses pendidikan anak, memiliki anak lebih satu orang akan memiliki perbedaan berarti. Bagi orangtua, tugas mendidik anak laki-laki dan perempuan memiliki beban tersendiri.Anak laki-laki kelak akan menjadi pemimpin, paling tidak pemimpin di rumah tangganya. Sebagai pemimpin, anak laki-laki perlu dididik sejak dini menjadi calon pemimpin yang baik. Bertanggung jawab terhadap anggota keluarga karena di tengah keluarga anak laki-laki itu akan menjadi suami dan ayah yang baik. Memiliki karakter yang baik agar menjadi teladan bagi anggota keluarganya.Anak perempuan, kelak akan menjadi ibu rumah tangga. Menjadi ibu dari anak-anaknya, serta jadi istri yang baik dari seorang suami. Anak perempuan menjadi calon ibu rumah tangga, mengurus rumah tangga dengan penuh perhatian.
Harta Karun yang Dicari di Novel Pukat
Tere Liye selaku novelis yang sedang naik daun dan karya-karyanya yang best seller, juga melahirkan novel untuk anak-anak. Tere Liye memang cukup perhatian kepada anak-anak Indonesia, untuk itulah novel Pukat, yang merupakan serial anak-anak mamak, selain persembahannya untuk keluarganya, juga anak-anak di tanah air.Menurut pandangan Tere Liye, anak-anak merupakan generasi pengganti masa depan Indonesia yang telah dicarut-marutkan oleh individu-individu yang mencari keuntungan pada jabatannya. Benar, sungguh benar penulis novel Negeri Para Bedebah tersebut, sebab itu merupakan sikap awas untuk generasi masa depan bangsa ini.Lihatlah bacaan anak-anak sudah tidak jadi bahan yang menarik untuk digarap bagi penulis-penulis hebat di negeri kita. Maka sudah sepatutnya, kita yang juga peduli dengan anak-anak Indonesia turut mendukung bacaan anak-anak ini. Dalam serial anak-anak mamak ini, ada empat judul, yaitu Eliana, Burlian, Amelia, dan Pukat.
Inilah Empat Keutamaan Menunggu Waktu Salat
Salat wajib merupakan ibadah yang harus dikerjakan muslim lima kali dalam sehari. Selain memperoleh pahala, ternyata ada banyak keutamaan yang akan didapatkan orang yang senantiasa melaksanakan ibadah ini.Sayangnya, banyak orang mengutamakan duniawi terlebih dahulu baru setelahnya mengerjakan salat. Beberapa di antaranya bahkan harus salat diakhir waktu karena urusan dunia yang tidak kunjung selesai.Padahal, ada keutamaan tersendiri jika seorang mukmin salat di awal waktu. Terlebih, bagi mereka yang sudah bersiap akan salat meski azan sebelum dikumandangkan. Lantas apa saja keutamaannya? Berikut empat keutamaan menunggu waktu shalat tiba.
Menggemaskan, Anak-anak 5 Artis Ini Sangat Centil
Punya anak perempuan pasti menjadi kebahagiaan tersendiri bagi sang ibu. Pasalnya, setiap ibu pasti punya impian untuk bisa mendandani anak gadisnya, juga mengajaknya melakukan berbagai hal perempuan bersama. Begitu pun juga dengan sang ayah yang mempunyai impian bisa bermain bola dengan anak lanangnya.Deretan artis di bawah ini beruntung sekali bisa dikaruniai anak perempuan yang cantiknya sudah menyusul ibunya. Ditambah lagi, anak-anak artis ini sudah bisa berpose di depan kamera dengan gayanya yang centi. Salah satunya yaitu anak pertama Zaskia Adya Mecca dan suaminya, Hanung Bramantyo ini diberi nama Kana Sybilla Bramantyo, lipstiknya tak pernah ketinggalan. Sybil kini sudah menjadi anak gadis yang tak kalah cantik dengan ibundanya. Gaya centil Sybil sudah terlihat dari kecil. Anak gadis Zaskia yang satu ini sudah menyatakan dengan jelas bahwa cita-citanya adalah menjadi seorang model.
Ketahui, Sepuluh Adab dalam Menjamu Tamu
Tamu merupakan orang yang bertandang ke kediaman kita, dikarenakan ada suatu keperluan. Tenyata, memuliakan tamu di dalam Islam adalah salah satu sifat terpuji, dan merupakan perintah dari Allah SWT dan Rasul-Nya.Selain untuk menjalin silaturahim, ternyata bertamu dan menjamu tamu ini memiliki keberkahan tersendiri bagi pelakunya. Oleh sebab itu, sebagai umat muslim kita diwajibkan untuk memuliakan tamu yang mendatangi kediamannya .Ternyata di dalam menjamu tamu tersebut, ada adab-adab yang harus dilakukan oleh tuan rumah. Sangatlah penting bagi kita mengetahui apa-apa saja adab tersebut, agar bisa menjamu tamu sesuai dengan syariat agama Islam. 
Keutamaan Empat Kali Ucap Hamdalah Saat Musibah Menimpa
 – Musibah menjadi ujian terhadap keimanan seorang hamba. Ada yang bisa dengan sabar melaluinya, namun ada pula yang justru tidak terima sehingga berpaling dari pencipta. Berbagai tindakan ini kerap dilakukan manusia, ketika Allah mengujinya dengan musibah.Ekspresi dalam menghadapi musibah yang terjadi sudah selayaknya mengikuti petunjuk Rasulullah SAW. Nabi menyarankan umat agar membaca hamdalah sebanyak empat kali ketika musibah menimpa. Hamdalah merupakan salah satu zikir yang bermakna ungkapan syukur.Namun, bagaimana bisa kita bersyukur saat sedang dirundung kedukaan, karena musibah yang menimpa? Ternyata, anjuran ini memiliki keutamaan yang jarang kita tahu. Lantas, apa saja keutamaan saat ucap hamdalah? 
Perempuan-Perempuan Cahaya | Rafif Amir
Perempuan adalah tulang punggung zaman, adalah tulang punggung peradaban. Dari rahim merekalah lahir generasi-generasi terbaik. Bersama merekalah tampil pahlawan-pahlawan agung yang mengukir sejarah dengan tinta emas.Berabad-abad silam, kita menyaksikan bagaimana ketika sebuah bangsa, ketika sebuah peradaban menistakan perempuan. Jahiliyah Arab yang mengubur anak-anak perempuan hidup-hidup, Tiongkok di abad yang sama melemparkan perempuan-perempuan ke tengah laut atas perintah berhala-berhala yang mereka sembah. Di Rodiput India tak kalah jahiliyahnya, 30.000 perempuan dipanggang dalam api dan 3000 anak perempuan dibenamkan hidup-hidup dalam tanah. Di Yunani lebih parah lagi, istri-istri yang menolak diperkosa di hadapan massa dipaksa menenggak racun mematikan. Kita lihat bagaimana mereka menghancurkan diri mereka sendiri dengan kekejaman tak terperi terhadap perempuan.Maka Islam hadir di tengah-tengah kejahiliyahan total yang melanda umat manusia saat itu. Seperti cahaya, Islam datang dengan memuliakan perempuan, menempatkannya dalam derajat yang tinggi, bahkan menjadi nama salah satu surat dalam Al-Qur’an, An-Nisa’. Orang pertama yang mengetahui dan mengakui turunnya risalah dienul Islam pun adalah seorang perempuan. Perempuan agung yang diabadikan sejarah, dialah sayyidah Khadijah ra, istri pertama Rasulullah saw. Beliaulah yang menyelimuti sang musthafa saat pulang dari gua Hira dengan tubuh gemetar dan menenangkan dengan kata-kata,”Bergembiralah, sungguh, Allah Swt tidak akan pernah menghinakan dan membiarkanmu. Sungguh demi Allah, engkau adalah orang yang suka menyambung tali persaudaraan, selalu berkata benar, menyampaikan amanah, membantu orang yang membutuhkan, memuliakan tamu, dan membantu orang yang terkena musibah.” Beliaulah yang telah Allah janjikan sebuah istana yang terbuat dari permata di surga.
Rahasia di Balik Perintah Memuliakan Tamu dalam Islam
Saat ada tamu yang berkunjung ke rumah, apa yang Anda lakukan? Menyambutnya dengan ramah, cuek, sedih, atau merasa sebal? Dalam Islam, memuliakan tamu adalah perbuatan yang sangat dianjurkan.Tidak peduli siapapun yang menjadi tamu, saudara, tetangga, bahkan orang yang tidak kita kenal sekalipun wajib dimuliakan. Sayangnya, tak banyak orang yang memahami manfaat di balik perintah memuliakan tamu, sehingga tak heran jika ada sebagian orang yang menyia-siakan tamunya.Padahal, kalau kita paham akan manfaat memuliakan tamu, niscaya kita akan menjadi manusia yang senantiasa berharap akan kehadiran tamu. Ingin tahu, apa sajakah manfaat yang kita dapatkan ketika memuliakan tamu?
Tiga Keutamaan Berdzikir yang Jarang Diketahui
 – Berdzikir merupakan aktivitas ibadah yang mulia di sisi Allah SWT. Dengan berdzikir, seorang hamba menunjukkan rasa cintanya kepada Sang Pencipta. Selain mudah dilakukan karena tidak membutuhkan tenaga, amalan ini juga bisa dilakukan dimana saja.Orang yang gemar berdzikir tentu akan menghindari segala perbuatan yang dilarang oleh Allah. Sebab mereka menyadari bahwa Allah senantiasa melihat apa yang dilakukan oleh hamba-Nya. Maka tidak heran apabila orang yang suka rajin berdzikir akan mendapatkan pahala yang besar.Tidak cukup sampai di situ, ternyata rajin berdzikir kepada Allah SWT juga memiliki keutamaan-keutamaan luar biasa yang jarang diketahui oleh kaum muslimin. Keutamaan apa sajakah yang dimaksud? Berikut informasi selengkapnya.
Cara Rasulullah Memuliakan Ibu
Rasulullah begitu memuliakan seorang ibu. Saat ibunya sakit, beliau ikut merawat dan menjaganya. Bahkan begitu mulianya ibu, beliau menyebut pahala berbakti kepada Ibu setara dengan pahala jihad. Apa saja yang dilakukannya?Di dalam sebuah hadis Bukhari dikisahkan bahwa: "Suatu hari ada seorang sahabat yang bertanya kepada Rasulullah. Sahabat itu berkata, Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali? Nabi menjawab, Ibumu." Lantas sahabat tersebut bertanya lagi, Kemudian siapa lagi? Nabi Saw menjawab lagi, Ibumu Kemudian siapa lagi tanya sahabat itu lagi. Rasulullah tetap jawaban semula, Ibumu. Untuk keempat kalinya, sahabat itu bertanya dengan pertanyaan yang sama, Kemudian siapa lagi ? Beliau menjawab, Kemudian ayahmu."
Tujuh Keutamaan Malam Lailatul Qadar
Lailatul qadar termasuk malam yang banyak dinantikan oleh umat islam di seluruh dunia, karena di dalamnya terdapat kemuliaan dan keberkahan. Bahkan, begitu mulianya malam tersebut hingga dianggap lebih baik dari seribu bulan.Bagi yang memahami keutamaan malam lailatul qadar, mereka akan lebih bersungguh-sungguh dalam beribadah demi bisa memperoleh pahala yang melimpah, dan pasti agar bertambah dekat pada Allah. Namun sayangnya, tidak semua memahami, apa saja keutamaan yang terdapat dalam lailatul qadar.Agar Anda lebih bersemangat dalam menyambut malam yang lebih baik dari seribu bulan tersebut, simak keutamaan malam lailatul qadar berikut ini.
Tiga Keutamaan Membaca Surat Al-Baqarah
Alquran adalah kitab penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Melalui kitab ini, Allah mengajarkan berbagai hal tentang banyak hal.Setiap surat yang ada di dalamnya memiliki keutamaan tersendiri jika dibaca lalu diamalkan. Seperti surat-surat lainnya dalam Alquran, Surat Al-Baqarah juga memiliki keutamaan.Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW mengatakan bahwa orang yang meninggalkan surat Al-Baqarah dalam hidupnya, maka ia akan merugi. Garis besar kandungan surat ini berisi tentang hukum-hukum dalam syariat Islam. 
Keutamaan Menikahi Janda
Janda merupakan seorang wanita yang tidak memiliki suami. Banyak sebab seorang wanita menjadi janda, di antaranya karena suaminya meninggal dunia ataupun adanya perceraian dalam rumah tangga tersebut. Di pandangan sebagian pria, janda bukanlah menjadi pilihan ketika hendak mencari pasangan.Karena banyak pria yang lebih memilih untuk menikahi wanita yang masih gadis untuk dijadikan sebagai pendamping hidup. Namun, bukan berarti tidak ada pria yang mau menikahi janda. Sebenarnya dalam pandangan Islam, menikahi seorang janda juga memiliki keutamaan. Lantas, apakah keutamaan yang dimaksud tersebut?Menikahi seorang janda ternyata sama artinya dengan berjuang di jalan Allah SWT. Bahkan mereka seperti berpuasa di siang hari dan salat di malam hari. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut ini.
Inilah Keutamaan Memuliakan Anak Perempuan
Sebagian adat dan budaya di dunia, masih banyak yang mengutamankan anak laki-laki dibanding anak perempuan. Bahkan, ada yang beranggapan bahwa kelahiran anak perempuan merupakan sebuah tanda akan datangnya kesialan bagi keluarga.Berbeda dengan anak laki-laki, yang selalu dianggap penerus dan menjadi kebanggaan orangtua. Terkadang, suami rela menceraikan istri yang tidak kunjung mendapatkan anak laki-laki. Sejak zaman jahiliyah, anak perempuan memang kerap kali mendapatkan diskriminasi.Bahkan, tak jarang orangtua akan merasa terhina jika anaknya bukan laki-laki. Sejatinya anak laki-laki dan perempuan adalah sama. Namun, karena kecenderungan orangtua yang menyukai anak laki-laki, maka Islam pun memberi perhatian lebih terhadap hal ini. 
10 Anak Perempuan Tercantik Dunia
Anak-anak adalah sosok yang menggemaskan. Namun, bagaimana jika dalam usia yang sangat belia itu mereka sudah memperlihatkan sosok yang cantik dan imut? Hal itulah yang dialami oleh 10 anak perempuan di bawah ini.Karena kecantikan dan kelucuan wajahnya, mereka dianggap sebagai anak-anak perempuan tercantik di dunia. Sebut saja salah satunya adalah Cristina Fernandez Lee. Gadis cilik ini lahir pada tanggal 27 September 2005 di Seoul.Cristina merupakan anak perempuan campuran keturunan Korea-Spanyol. Ayahnya berdarah Spanyol sedangkan ibunya berdarah Korea. Di Korea, Cristina sukses menjadi ‘ulzzang’ (sebuah istilah di Korea yang diberikan kepada seseorang yang memiliki wajah menarik).
Ini Alasan Suami Wajib Memuliakan Istri
.co.id – Jika istri memiliki kewajiban untuk taat pada suaminya, maka sebaliknya para suami juga wajib memuliakan istrinya. Memuliakan di sini memiliki arti yang luas, jadi tidak sekadar memanjakan tapi juga memberikan nafkah yang halalan thoyiban, menyayangi istri sepenuh hati, memperlakukan istri dengan lembut, mengajarkan ilmu agama, tidak menyakiti atau menyengsarakannya, menjaga aib istri, dan masih banyak yang lainnya.Namun sayangnya, masih banyak suami yang hanya menuntut istrinya untuk taat, tapi lupa memberikan kewajibannya untuk memuliakan istri. Padahal, ada satu alasan kuat yang membuat para suami wajib memuliakan istri, yakni pesan Rasulullah dalam hadis berikut ini.“Sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang paling baik terhadap istrinya dan aku adalah orang yang paling baik di antara kalian terhadap istriku” (HR. Ibnu Majah).
Perempuan Jangan Mencari Titik Aman Saja, Harus Bersikap
 – Perempuan zaman now hanya berkutat pada kosmetik, gadget, nongkrong-nongkrong tidak jelas, dan melakukan kegiatan lainnya yang tidak penting agar tetap dianggap keren. Apakah kalian lupa bahwa, bangsa ini pernah melahirkan perempuan hebat yang berani maju di medan tempur dengan hidup mati setipis rambut?Para perempuan di luar sana, apakah kalian tidak ingat kita juga pernah dipimpin oleh perempuan-perempuan hebat seperti Malahayati, Cut Nyak Dien, dan pejuang-pejuang perempulan lainnya? Mereka pemimpin perempuan hebat dari tanah rencong, Aceh.
Perempuan Indonesia Itu Tangguh
Banyak fakta di sekeliling kita yang memperlihatkan, bagaimana perempuan Indonesia itu tangguh. Mereka berjuang dengan gigih untuk menghidupi dirinya, anak-anak, bahkan sang suami.Perempuan itu tak pernah mengeluh. Saya pernah menjumpai bagaimana perempuan yang berdagang sayur mayur keliling keluar masuk kampung. Keringat menetes, karena mendorong gerobak yang ukurannya lebih besar dari tubuh sang perempuan tadi.Ada lagi perempuan yang berdagang jamu. Dia berkeliling di kampung tempat kami tinggal. Dia memanggul bakul jamu yang diikat dengan kain di punggungnya. Serupiah demi rupiah dikumpulkan demi semangkuk nasi dan anak-anaknya yang butuh makan dan biaya sekolah.
Cara Periksa Kanker Payudara, Jangan-jangan Ada Benjolan
 – Seberapa pentingkah perempuan harus mengetahui kesehatannya, terlebih di bagian payudaranya? Hal ini tentu saja penting untuk perempuan lakukan sejak dini. Perempuan harus bisa mengecek serta mengetahui kondisi ini lebih dini. Jangan sampai tiba-tiba mengidap penyakit mematikan, kanker payudara. Kanker payudara merupakan salah satu penyakit ganas bagi perempuan. Banyak perempuan yang jarang menyadari gejala awal dari penyakit ini. Hampir dari sebagian peremuan tidak menyadari adanya benjolan yang tumbuh di payudaranya.Ada banyak penyebab perempuan bisa mengidap kanker payudara, mulai dari paparan bahan kimia beracun, pestisida, minyak, bahan pembersih, dan polusi udara. Apabila ibu atau saudara dari seorang perempuan mengidap kanker payudara, maka perempuan tersebut juga memiliki kecenderungan terkena kanker payudara. 
Ini Bedanya Mendidik Anak Laki-laki dan Perempuan
Orangtua yang akan memiliki anak seringkali ditanya, mereka menginginkan anak laki-laki atau perempuan. Sebagian menentukan ingin anak laki-laki atau anak perempuan, sebagian lagi lebih menyerahkan semua pada Allah SWT.Hal tersebut dikarenakan, menurut mereka anak laki-laki atau perempuan sama saja. Memang, itu semua adalah kehendak Allah dan kita sebagai manusia harus selalu bersyukur atas apa yang kita dapatkan.Yang menjadi masalah adalah pada cara mendidik anak laki-laki dan perempuan. Hal itu sangatlah berbeda. Lantas bagaimana perbedaanya?
Jangan Sampai Seruan Itu Berkumandang
Jangankan seorang ulama, jika guru sebagai pendidik saja ketika dihinakan tentu kita marah, karena melalui guru ilmu pengetahuan didapatkan. Apalagi seorang ulama panutan umat Muslim, jika ulamanya dilecehkan, dihina, diancam, dan lain sebagainya, tentu umat Muslim akan marah.Harus dipahami, ulama adalah pewaris para nabi, jika memuliakan ulama itu juga memuliakan nabi, Rasulullah, yang juga memuliakan Allah SWT. Karena agama hidup juga dari para ulama. Coba kalau diangkat semua ulama di bumi ini, atau di Indonesia saja, maka genaplah umat Muslim akan tesesat di dalamnya.Ada ulama saja di negeri ini, negara kacau balau, mulai kejahatan dari kelas teri sampai kelas kakap. Apalagi sama sekali tidak ada? Ulama adalah guru umat Muslim, panutan umat Muslim, tempat bersimpuh segala resah kehidupan ini, dan sebagai pemimpin di negeri ini.
Menakar Potensi Menabung Perempuan Pedesaan
Hampir separuh penduduk Indonesia tinggal di desa. Dan, kurang lebih separuhnya lagi adalah para perempuan. Di desa, perempuan masih dianggap sebagai warga kelas dua. Misalnya ,masih banyak yang menganggap pendidikan bagi perempuan tidaklah terlalu penting.Perempuan cukup bisa memasak dan mengatur rumah saja. Padahal, sebenarnya para perempuan itulah yang nantinya akan menjadi bagian penting dari sebuah sistem terkecil dalam masyarakat, yaitu keluarga. Bagaimana tidak, perempuan dalam keluarga juga seorang manajer keuangan, ahli gizi, menteri dalam negri,guru dan lain sebagainya. Dalam kaitannya dengan ekonomi keluarga, baik perempuan desa maupun kota sama-sama memiliki peranan yang penting. Karena merekalah yang mengatur keuangan keluarga.