5 Mitos dan Fakta tentang Mendengkur, Kamukah Itu?

5 Mitos dan Fakta tentang Mendengkur, Kamukah Itu?

Nicoline P. Mortensen  ⋅  07 Apr 2021 20:46:58

 – Tentunya kamu pernah mendengar suara dengkuran, dong? Atau kamu sendiri adalah orang yang tidurnya mendengkur?

Mendengkur atau mengorok adalah suara serak atau kasar yang dikeluarkan saat tidur. Kondisi ini terjadi akibat terhalang atau menyempitnya saluran pernapasan. Sayangnya, banyak orang masih menyepelekan kondisi ini, hanya menganggapnya sebagai kebiasaan buruk yang tak disadari. Padahal, mendengkur bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan serius.

Untuk memperkaya pengetahuan, yuk, kupas tuntas mitos seputar mendengkur beserta faktanya.

1. Mendengkur Bukan Masalah Yang Perlu Dikhawatirkan

Banyak yang menganggap bahwa mendengkur adalah hal biasa yang tak perlu dikhawatirkan. Namun, faktanya mendengkur bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan serius, seperti obstructive sleep apnea.

Menurut laporan dalam European Journal of Internal Medicine tahun 2012, obstructive sleep apnea adalah gangguan pernapasan tidur yang ditandai dengan adanya obstruksi saluran napas baik secara parsial maupun komplit.

Pada kondisi ini, obstruksi pada saluran napas membuat seseorang mendengkur atau tersedak, sering terbangun, kualitas tidur terganggu, dan cenderung mengantuk pada pagi atau siang hari. Saat obstruksi terjadi, udara inspirasi yang masuk ke dalam paru-paru jadi berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali.

2. Dokter Gigi Dapat Membantu Mengatasi Masalah Mendengkur

Continue Reading

Related Posts