Kalabahu, Gerbang Pengadvokasian dengan BHS

Kalabahu, Gerbang Pengadvokasian dengan BHS

George James  ⋅  06 Apr 2021 02:47:17

 – Kalabahu, Gerbang Pengadvokasian dengan BHS Kalabahu merupakan singkatan Karya Latihan Bantuan Hukum. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Bantuan Hukum dari YLBHI yang ada di seluruh Indonesia.

Mengikuti Kalabahu juga sebagai syarat untuk bergabung di keluarga besar LBH-YLBHI sebagai volunter atau APBH (Asisten Pengabdi Bantuan Hukum).

Setiap LBH di wilayahnya masing-masing punya ketentuan dalam menjalankan agenda tahunan ini. Semua itu berangkat dari pembacaan situasi kasus yang sedang ditangani, tentu saja tidak mengabaikan ekonomi-politik nasional dan internasional.

Mengingat apa yang terjadi di hilir merupakan hasil dari hulu. Nah, Kalabahu juga bisa disebut sebagai gerbang untuk memasuki dunia pengadvokasian dengan cara Gerakan Bantuan Hukum Struktural (GBHS). BHS inilah yang membedakan cara pengadvokasian LBH Yogyakarta dengan lembaga lainnya.

Tak jarang pula, cara-cara pengadvokasian itu masih dijalankan oleh para alumni LBH di tempat yang berbeda. Selain itu, Kalabahu juga memberikan materi tentang GBHS, Hukum, Ham, Gender, Pendidikan, Ekonomi-Politik, Gerakan Organisasi Rakyat, dan lain-lain.

Pemateri juga dihadirkan dari orang-orang yang berpengalaman dari profesi yang digeluti. Tidak berlebihan jika materi yang di atas tadi belum pernah disampaikan oleh dosen di kampus. Tidak heran pula, mengikuti beberapa pekan di Kalabahu seperti kuliah satu semester (enam bulan di bangku kuliah).

Continue Reading

Related Posts