10 Tanda Umum Orang Egois

10 Tanda Umum Orang Egois

izhari  ⋅  06 Apr 2021 02:43:29

 – Individualis memang diperlukan, tapi ketika bersosialisasi harus dipikirkan ulang apakah yang kita inginkan atau lakukan bisa membuat rugi orang lain atau tidak. Jika kita lebih mengutamakan kepentingan diri sendiri atas orang lain bahkan sampai merugikan orang, itu yang dinamakan egois.

Jika sudah sampai demikian maka kita bisa jadi orang yang dibenci. Tidak akan ada orang yang mau dekat atau bekerja sama dengan kita. Agar lebih jelas mengenai orang egois, berikut ciri-ciri umum dari orang egois yang perlu diketahui. 

10. Merasa Berhak Atas Penghargaan

Semua orang pasti senang jika mendapatkan penghargaan. Penghargaan didapat tentu bukan tanpa sebab, ada suatu hal yang dikerjakan terlebih dahulu kemudian berhasil baru setelahnya diberikan penghargaan. Hal normal seperti ini tidak dimengerti oleh orang yang memiliki sifat egois. Mereka hanya mau mendapatkan penghargaannya saja.

Orang egois merasa bahwa dirinya yang berhak atas penghargaan. Entah dia yang melakukan pekerjaan atau tidak, dia hanya mau penghargaan tersebut menjadi miliknya. Dengan demikian, dia merasa bahwa dirinya lebih hebat dari orang lain. Bahkan mereka juga bisa saja merasa iri apabila ada orang lain yang mendapatkan penghargaan, bukan dirinya.

9. Anti Kritik

Apa yang akan kamu lakukan ketika mendapatkan kritik dari orang lain? Apakah kalian akan menerima lalu introspeksi diri? Atau jangan-jangan kalian tidak mau mendengarkan dan bersikap masa bodoh dengan kritik tersebut? Jika kalian memilih untuk masa bodoh dengan kritik, maka kalian termasuk orang yang egois.

Orang egois itu paling tidak mau dikritik atau anti kritik. Padahal kritik bila dipikirkan secara baik, bisa jadi memang ada yang kurang atau salah dari diri kita dan bisa menjadi pelajaran untuk menjadi orang yang lebih baik. Kalau orang egois menganggap kritik hanyalah hal yang tak penting, mereka menganggap diri mereka sudah benar jadi buat apa untuk dikritik.

8. Mengorbankan Orang Lain Demi Tujuan Diri Sendiri

Salah satu tanda umum seseorang itu memiliki sifat egois atau tidak adalah mengorbankan orang lain demi tujuan diri sendiri. Kalau kalian melihat ada orang lain seperti itu lebih baik hindari saja. Kalau ternyata kalian sendiri yang memiliki tanda ini, sudah seharusnya kalian merubah sifat tersebut karena itu akan membuat kalian dijauhi orang.

Continue Reading

Related Posts