Berbagi Pengalaman dari Tanaman Seribu Manfaat

Berbagi Pengalaman dari Tanaman Seribu Manfaat

Ingulf Rist  ⋅  26 Feb 2021 00:50:17

 – Tanaman lidah buaya (aloe vera) mungkin bagi sebagian orang masih menganggap tumbuhan tersebut biasa saja. Tidak sedikit pula yang menganggap bahwa tumbuhan tersebut sebagai tumbuhan liar atau pengganggu.

Selain itu lidah buaya sebagai tanaman hias layaknya seperti bunga pada umumnya. Dahulu waktu saya kecil, tumbuhan ini selalu saya ambil batangnya lalu dipatahkan dan dioleskan kerambut.

Konon, jika sering mengoleskan gel dari batang lidah buaya ini akan membuat rambut kita akan terlihat lebih subur dan hitam. Namun, tahukah kamu jika tanaman lidah buaya ini memiliki nilai lebih. Tanaman tersebut sangat kaya manfaat bagi kita. Baik itu untuk kesehatan, kecantikan, bahkan bisa diolah menjadi makanan dan minuman.

Jika secara umum banyak yang mengenal aloe vera sebagai bahan untuk kecantikan agar kulit terlihat putih dan mulus, namun tak sedikit pula yang memanfaatkan tanaman ini menjadi olahan kuliner yang enak dan sehat.

Bahkan, baru-baru ini tanaman seribu guna tersebut telah dimanfaatkan dalam pembuatan hand sanitizer, guna menangkis wabah Covid-19. Dan kita dapat membuatnya secara mandiri. Sungguh menyenangkan bukan? Adapun cara pembuatannya adalah siapkan bahan alkohol 70% gel lidah buaya, dan potongan kulit lemon dengan perbandingan 1:3. Misal 50 gram gel Aloe Vera maka alkohol 70%-nya 150 mililiter. Campurkan semua bahan dan aduk selama 15 menit.

Diamkan sejenak dan tambahkan essensial kulit lemon yang sudah diperas hand sanitizer siap dipindahkan ke wadah semprot dan sejenisnya (Merdeka.com) Sangat mudah bukan? Apalagi jika kamu ingin membuat lebih banyak lagi dan dipasarkan.

Tentu akan menjadi penghasilan lebih buatmu. Banyak yang membutuhkan lidah buaya di tengah pandemi seperti ini. Setidaknya dalam skala kecil dapat kamu gunakan buat diri sendiri dan orang-orang terdekat, yakni keluarga.

Selain itu, tanaman seribu manfaat ini dapat diolah menjadi makanan dan minuman. Apakah kalian sudah pernah mengonsumsi keripik lidah buaya? Jika belum, cobalah untuk membuatnya secara mandiri. Caranya sangat mudah.

Continue Reading

Related Posts