Saat Tercabutnya Roh ke Langit antara Orang Kafir dan Beriman

Saat Tercabutnya Roh ke Langit antara Orang Kafir dan Beriman

Mickey J. Reyes  ⋅  23 Feb 2021 23:43:56

 – Kematian tentunya akan tiba kepada makhluk yang bernyawa termasuk manusia yang pastinya akan menemukan ajalnya ketika sudah waktunya.

Ajal datang tak pilih umur, jabatan, kedudukan, kekayaan, dan lain sebagainya. Ketika Allah SWT memerintahkan Malaikat maut untuk mencabut nyawa seseorang, maka dia akan mengalami kematian.

Berbicara mengenai kematian pada manusia, di mana roh berpisah dari jasad. Dan saat dicabut dari jasad oleh malaikat maut, maka tinggal jasad yang tak berdaya. Kematian tentunya sebuah peralihan dari dunia ke alam barzah.

Dari Abu Hurairah dalam riwayat Muslim, ia berkata, “Jika roh seorang mukmin keluar (dari jasadnya), dua malaikat menerima dan menaikkannya.”

Hammad (salah satu perawi hadis Abu Hurairah yang diriwayatkan Muslim) berkata, “Disebutkan bau wangi rohnya, dikatakan seperti kasturi” Abu Hurairah berkata, “Penghuni langit berseru, 'Roh baik datang dari bumi. Semoga Allah bersalawat atasmu dan atas jasad yang sebelumnya kau aktifkan', lalu ia pergi menghadap Tuhannya, kemudian Dia berkata, 'Pergilah kalian bersamanya sampai ke ajal terakhir.'

Jika roh orang kafir keluar dari jasadnya-Hammad berkata, “Disebutkan baunya busuk seperti kotoran”—para penghuni langit berseru, “Roh jahat dari bumi, lalu ada dikatakan, "Pergilah bersamanya sampai ajal terakhir” (Shahih Muslim, bab Surga, subbab "Penampakan Tempat Tinggal Mayat”, IV, h. 2202, no. 2872)

Dalam hadis riwayat al-Barra, Rasulullah SAW menyebutkan penghormatan yang diberikan kepada roh seorang hamba yang saleh setelah keluar dari jasadnya, yaitu para malaikat Allah bersalawat kepada roh yang baik itu, dibukakan baginya pintu langit, diberikan kafan dan wewangian dari surga, rohnya mengeluarkan bau-bau wewangian yang melebihi wanginya kasturi, kemudian para malaikat membawanya dalam sebuah perjalanan mulia dan terhormat.

Sedangkan roh yang jahat dilaknat oleh malaikat langit saat ia keluar dari jasad, lalu pintu langit tertutup baginya. Setiap regu malaikat berseru di pintu langit agar tidak naik di hadapan mereka. Selain itu, roh tersebut diberi kain kafan dan bebauan dari neraka.

Darinya keluar bau busuk yang membuat malaikat menderita, lalu ia dinaikkan ke langit, tapi pintu-pintu langit tidak terbuka baginya, maka roh itu dicampakkan dengan penuh kemurkaan.

Continue Reading

Related Posts