10 Makanan Khas saat Perayaan Tahun Baru Cina

10 Makanan Khas saat Perayaan Tahun Baru Cina

Rizki Raka  ⋅  23 Feb 2021 01:52:30

 – Tahun Baru Cina atau Imlek menjadi salah satu hari raya yang sangat ditunggu, apalagi oleh mereka orang yang memiliki darah Tionghoa. Pada hari inilah menjadi momen penting dimana berkumpulnya semua sanak saudara untuk berkumpul dan berbincang-bincang.

Bukan hanya dinikmati karena libur dan tentu angpaonya, di hari ini juga ada banyak makanan tradisional dan enak yang bisa disantap. Ada 10 makanan tradisional yang pasti dan wajib ada di meja makan selama perayaan Imlek. Apa saja makanan tersebut? Inilah daftarnya.

10. Makanan Manis

Hari raya Tahun Baru Cina merupakan hari raya yang sangat ditunggu-tunggu oleh mereka yang memiliki darah Tionghoa. Di hari inilah bersama-sama dengan keluarga menikmati hari yang spesial dengan suka cita. Berkaitan dengan suka cita tentunya harus dihidangkan dengan makanan yang juga bisa membawa kebahagiaan. Apalagi kalau bukan makanan manis.

Makanan manis yang disediakan saat perayaan Imlek bisa beraneka ragam. Mulai dari permen, snack hingga kue yang memiliki rasa manis. Bukan tanpa makna, penyajian makanan manis ini diharapkan bisa berdampak juga pada kehidupan setiap hari. Diharapkan bahwa setiap harinya, hari-hari yang dihadapi itu manis seperti makanan yang dimakan.

9. Kue Mangkok

Tentu kita semua sudah tidak asing lagi dengan gambar di atas. Di Indonesia, makanan ini dikenal dengan sebutan kue mangkok karena bentuknya yang mirip dengan mangkok. Oleh orang-orang Cina, kue ini disebut dengan fa gao. Ketika Tahun Baru Cina tiba, makanan ini menjadi salah satu makanan yang wajib ada di meja makan.

Oleh orang keturunan Tionghoa, kue mangkok melambangkan kemakmuran. Dengan menyediakan kue mangkok, orang berharap bahwa di hari Imlek dan hari berikutnya, semua orang diberikan kemakmuran yang melimpah. Mengenai bahan pembuat dan cara membuatnya masih tetap sama seperti kue mangkok pada umumnya. Masih menggunakan tepung beras, terigu, santan, air, gula, garam, dan ragi.

8. Ayam

Mudah-mudahan di antara kalian tidak ada yang bosan dengan yang namanya ayam. Mungkin setiap hari kalian sudah memasukan ayam ke dalam menu makanan kalian. Bisa itu bagian paha atau dadanya. Namun di hari spesial seperti hari raya Imlek, ayam yang disajikan haruslah satu ekor ayam utuh.

Continue Reading

Related Posts