10 Tips Melawan Rasa Takut atau Phobia

10 Tips Melawan Rasa Takut atau Phobia

Henry E. Nguyen  ⋅  20 Feb 2021 00:03:56

 – Semua orang pasti punya rasa takut akan sesuatu. Ada pula yang rasa takut tersebut berubah menjadi phobia karena lama tak diatasi. Jelas ini menjadi suatu permasalahan, kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang.

Apa yang mau dilakukan ketika rasa takut dan phobia tersebut datang di hadapan dan kita tidak bisa menghindarinya. Maka dari itu, kita harus bisa menghadapi, melawan, dan kalau bisa melupakan rasa takut tersebut. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi rasa takut dan phobia tersebut.

10. Optimis

Semua orang memiliki pasti ada memiliki rasa takut. Minimal ada satu hal yang ditakuti, tidak mungkin tidak ada sama sekali. Rasa takut muncul bisa karena kita tidak pernah menghadapi hal tersebut atau bisa juga karena pernah gagal melakukan suatu hal yang mengakibatkan kita takut untuk melakukannya lagi.

Perlu disadari bahwa ketakutan itu hanyalah ada di dalam pikiran. Dengan berpikir positif bahwa kalian bisa menghadapi rasa takut tersebut, kalian pasti bisa mengalahkan rasa takut kalian. Mungkin tidak bisa terjadi dalam waktu singkat, tapi terus menerus berpikir optimis dan tak pernah menyerah mencoba, rasa takut tersebut akan hilang secara perlahan-lahan.

9. Pikirkan Apa Yang Akan Terjadi Bila Sukses

Menghadapi rasa takut dan phobia memang tidaklah mudah. Momen mengerikan tentang hal tersebut akan terus bersarang dalam pikiran. Ini yang membuat seseorang selalu gagal untuk menaklukan ketakutan mereka. Kalau pikiran buruk tersebut selalu muncul, kenapa tidak kalian kontrol pikiran kalian dengan memikirkan apa yang akan terjadi apabila kalian berhasil mengatasi rasa takut tersebut.

Karena rasa takut berasal dari pikiran dan hanya kita sendiri yang bisa mengontrol pikiran kita, maka ada kesempatan bagi kita untuk bisa mengalahkan rasa takut tersebut. Jangan pernah membayangkan rasa takut tersebut, coba bayangkan apabila kalian berhasil mengalahkan ketakutan tersebut. Pastinya akan sangat senang dan bangga apabila berhasil. Perlu diingat bahwa pelangi tidak muncul saat cerah, tapi ketika setelah hujan turun.

8. Minta Bantuan Pada Teman/Keluarga

Tidak ada orang yang hidup tidak memiliki teman atau keluarga. Kalau keluarga tidak perduli, masih ada teman. Begitu juga sebaliknya, kalau tidak ada teman masih ada keluarga. Salah satu dari teman atau keluarga inilah yang nantinya bisa membantu kita ketika mengalami kesulitan. Misalnya pada saat menghadapi rasa takut atau phobia.

Ketika mengalami rasa takut yang parah, sebelum berkonsultasi pada yang ahli, pastinya kita akan mencari keluarga atau teman. Mintalah solusi dan bantuan pada mereka. Mungkin di antara mereka memang solusi yang bagus untuk mengatasi ketakutan. Atau bisa jadi mereka memiliki ketakutan yang sama dengan kita namun berhasil mengatasinya.

Continue Reading

Related Posts