'Survivor' Patah Hati, Termasuk Ditinggal Pas Lagi Sayang-sayangnya

'Survivor' Patah Hati, Termasuk Ditinggal Pas Lagi Sayang-sayangnya

Eleanor Green  ⋅  19 Feb 2021 21:46:54

 – Duh, pacaran bertahun-tahun, tapi nikahnya sama yang lain. Padahal, sudah menemani berjuang sejak dulu bikin skripsi. Bukannya ke pelaminan, malah jadi mantan.

Halloo gaess… Katanya semacam kutukan ya, kalau nama pacar yang tertulis di skripsi, biasanya bakal jadi mantan? Disangkanya bakal tertulis juga di undangan dan buku nikah. Banyak yang nyesel gitu, mana nulisnya pakai perasaan – dirangkai dengan kata-kata semanis madu yang akhirnya sepahit empedu.

Perkara nama mantan yang tertulis di lembar skripsi, bukan di lembar undangan, dibahas juga tuh di film Sobat Ambyar. Ada bagian yang menceritakan tentang Saras yang akhirnya menikah dengan atasannya, yakni Abdul. Padahal, orang yang menemani Saras berjuang menyelesaikan skripsi dan namanya tercantum di lembar ucapan terima kasih adalah Jatmiko, pemilik kafe yang hampir bangkrut.

Tapi tenang, film yang dibuka dengan adegan konser Didi Kempot, sang Lord of Broken Heart, selagi masih hidup itu bukan hanya bercerita tentang ‘kutukan’ nama kekasih hati di skripsi, tapi banyak hal yang mungkin sederhana tapi sarat makna.

Salah satu yang menonjol adalah patah hati yang dialami para lelaki.

Seperti kita tahu, selama ini, gambaran yang dikemas oleh para sineas melalui sinetron, FTV, atau film cenderung patriarkis: seorang lelaki jadi rebutan beberapa perempuan. Perempuan seolah harus mati-matian mendapatkan cinta dari lelaki.

Continue Reading

Related Posts