10 Sekte Mengerikan Sepanjang Sejarah

10 Sekte Mengerikan Sepanjang Sejarah

Thomas D. Yang  ⋅  16 Feb 2021 21:21:25

 – Sebuah perkumpulan atau sekte biasa dibuat untuk menyatukan banyak orang yang memiliki visi dan misi yang sama. Dengan begitu, orang-orang jadi lebih terorganisir dan kemungkinan untuk mencapai tujuan yang ditargetkan bisa tercapai.

Sepanjang sejarah manusia, ketika ada sebuah sekte berdiri biasanya tidak memiliki tujuan yang bagus atau buruk. Kriminal, penyembahan akan suatu barang atau hal yang tidak semestinya, dan hal buruk lainnya. Intinya, hampir semua sekte yang pernah ada dicap sebagai sekte buruk atau sesat. Ada 10 sekte yang dianggap paling mengerikan sepanjang sejarah manusia. Inilah dia 10 sekte tersebut.

10. Ho No Hana Sampogyo

Ramalan berdasarkan tangan saja sudah sulit dipercaya, ini ada lagi ramalan yang cukup unik yaitu menggunakan kaki. Dan benar saja, di Jepang ada satu sekte yang mengaku bisa meramal seseorang dengan melihat telapak kakinya. Sekte tersebut bernama Ho No Hana Sanpogyo dan pendirinya seorang pria bernama Hogen Fukunaga.

Fukunaga mengaku bahwa dirinya merupakan reinkarnasi dari Yesus dan Buddha. Ia mengatakan bahwa bisa menebak masalah yang dialami seseorang dengan melihat kakinya. Apabila korbannya menolak, Fukunaga menakuti mereka dengan mengatakan bahwa mereka akan mati. Meski jelas penipuan, sejumlah pengikut sektenya tidak mau mengakui tuduhan tersebut.

9. Jonestown

Sebaiknya kita tidak mudah percaya pada seseorang yang mengaku sebagai sosok yang disucikan oleh kepercayaan tertentu. Seperti Jim Jones, ia mengaku pada banyak orang bahwa ia adalah Messias yang akan menyelamatkan umat manusia. Jones pun mendirikan sebuah sekte bernama The Peoples Temple Agricultural Project. Bukannya menyebarkan kebaikan, cinta, dan kasih sayang, Jones beserta anggota sekte malah melakukan kekerasan pada para pengikutnya.

Di tahun 1977, ia memindahkan para pengikutnya ke kota Jonestown, Guyana. Disana, ia beserta para pengikutnya membunuh US Congressman bernama Leo Ryan yang saat itu sedang dalam tugas mengamati kondisi kamp. Selesai membunuh, Jones memerintahkan para pengikutnya untuk bunuh diri dengan meminum racun. Lebih dari 900 orang meninggal dalam peristiwa tersebut. Kejadian tersebut terjadi pada 18 November 1978.

8. Russian Doomsday Cult/Russian Orthodox Church

Ada seorang pria asal Rusia yang mengaku dirinya adalah seorang nabi utusan Tuhan. Ia adalah Pyotr Kuznetsov. Kuznetsov lalu mendirikan sebuah gereja bernama Russian Orthodox Church. Pada tahun 2007, Kuznetsov berhasil menjaring member sebanyak 30 orang. Kuznetsov mengatakan bahwa mereka harus tinggal di dalam goa sampai kiamat terjadi di tahun 2008.

Lucunya, Kuznetsov tidak ikut bergabung dengan anggotanya untuk tinggal di dalam goa. Alhasil, banyak anggota sektenya yang meninggal. Ada yang meninggal karena kanker, ada yang meninggal karena kelaparan. Anggota Russian Orthodox Church tidak diizinkan keluar goa. Kalau ada yang melakukannya akan dibunuh.

Karena kondisi sudah semakin buruk, sejumlah anggota keluar dari goa tersebut. Mereka takut akan bakteri berbahaya dari mayat anggota lain. Di tahun 2008, goa tersebut runtuh dan beberapa orang berhasil menyelematkan diri.

Continue Reading

Related Posts