8 Kuliner Khas Minangkabau Selain Rendang, Lezat Disantap dengan Nasi

8 Kuliner Khas Minangkabau Selain Rendang, Lezat Disantap dengan Nasi

Rebecca Rowley  ⋅  16 Feb 2021 16:44:32

 – Minangkabau memang sangat terkenal dengan masakannya yang beragam dan nikmat. Suku adat asli dari Provinsi Sumatera Barat dan beberapa bagian Pulau Sumatera ini memiliki masakan dengan cita rasa yang khas yang pastinya menggugah selera.

Ragam cita rasa masakan Minang berasal dari rempah khas Indonesia, biasanya didominasi rasa pedas dan cenderung bersantan.

Tak heran, masakan khas Minang jadi favorit banyak kalangan. Bahkan, salah salah satu masakan suku “tari piring” itu dinobatkan sebagai masakan terlezat di dunia, yaitu rendang.

Tapi, perlu kamu ketahui, ternyata masakan lezat buat teman makan nasi khas Minangkabau tidak hanya rendang lho.

Sedikitnya, ada 8 masakan Minang lainnya yang harus kamu coba. Berikut penjelasannya:

1. Gulai Tunjang

Gulai tunjang adalah jenis makanan berkuah kuning kental seperti gulai pada umumnya, uniknya gulai ini berbahan utama daging kaki sapi.

Baca juga: 3 Desa Unik Bali Aga yang Sayang untuk Dilewatkan

Hidangan ini memiliki rasa yang lezat dengan cita rasa gurih dan pedas. Pastinya akan sangat mantap jika disantap bersama sepiring nasi hangat .

2. Gulai Tambusu

Jika dilihat sekilas, masakan ini memang terlihat cukup aneh. Tapi, perlu kamu ketahui, masakan yang berbentuk lonjong panjang melingkar berwarna kuning ini disebut tambusu.

Tambusu menjadi hidangan yang populer di Rumah Makan Kapau di seluruh Indonesia. Pasalnya, tambusu hanya akan ditemukan di rumah makan Kapau. Kapau sendiri merupakan wilayah yang ada di pinggiran Bukittinggi, Sumatera Barat.

Tambusu terbuat dari usus sapi yang diisi telur kocok berbumbu, terkadang ditambah dengan tahu yang dilumatkan lalu dimasak dengan kuah santan kental yang kaya rempah.

Continue Reading

Related Posts