10 Bahaya Duduk Terlalu Lama

10 Bahaya Duduk Terlalu Lama

Nikolaj Hedlund  ⋅  09 Feb 2021 21:31:40

 – Para pekerja kantoran mayoritas waktunya dihabiskan duduk di kursi sembari mengerjakan tugas yang ada di mejanya. Saking lupanya dengan pekerjaan, kita secara tak sadar sudah duduk dalam jangka waktu yang lama.

Padahal disarankan oleh dokter bahwa dalam beberapa menit harus bangun dari kursi dan melakukan peregangan. Tapi apa yang akan terjadi apabila kita cuek dengan hal tersebut dan tetap duduk hingga berjam-jam? Berikut adalah sejumlah dampak kesehatan yang bisa muncul akibat terlalu lama duduk di kursi.

10. Rematik

Ketika seseorang sudah memasuki usia lanjut, maka tubuhnya akan mengalami penurunan fungsi. Berbagai masalah kesehatan akan muncul. Salah satunya adalah rematik. Rematik merupakan penyakit yang menyerang persendian. Ketika sendi kalian merasa nyeri, maka itulah yang dinamakan rematik. Ini penyakit yang wajar dialami oleh para orang tua, tapi sekarang penyakit ini juga bisa menyerang mereka yang masih muda.

Penyebab mereka yang masih muda terserang rematik bisa beraneka macam. Salah satunya adalah kebiasaan buruk mereka yaitu duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama di kursi ternyata membuat sendi menjadi cepat lelah. Makanya disarakan untuk melakukan peregangan setiap 30 atau 60 menit. Apakah rematik bisa disembukan? Tentu bisa. Tapi kalau levelnya sudah akut, akan sulit untuk disembuhkan.

9. Depresi

Depresi bukan cuma bisa terjadi karena beban kerja yang terlalu berat dan masalah hidup. Bisa juga  disebabkan karena duduk dalam waktu yang lama. Duduk dalam waktu yang lama berarti ada suatu hal di hadapannya yang harus dikerjakan sehingga membuatnya harus duduk. Berarti, aktivitas sosialnya akan berkurang.

Berkurangnya komunikasi dengan rekan kerja bisa memunculkan perasaan kesepian dan juga depresi. Belum lagi ditambah dengan pencahayaan yang buruk. Salah satu sumber vitamin D bisa didapat dari cahaya matahari. Kekurangan vitamin D juga bisa memperbesar kemungkinan terjadi depresi. Boleh sesekali bangkit dari tempat duduk dan berjalan santai di kantor dan mengobrol dengan karyawan yang lain.

8. Deep Vein Thrombosis

Deep vein thrombosis atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan trombosis vena adalah sebuah kondisi dimana terjadi penggumpalan darah pada satu atau lebih pembuluh darah vena bagian dalam. Ketika seseorang duduk terlalu lama di kursi, maka deep vein thrombosis akan terjadi di area paha atau betis.

Apabila sampai pecah maka efeknya akan sangat berbahaya. Sangat mudah untuk mendeteksi DVT. Apabila kalian menemukan ada bagian menonjol yang tak biasa pada area kaki, maka bisa ditebak bahwa kalian sudah menderita DVT. Bengkak ini apabila dipegang akan terasa nyeri. Yang lebih berbahaya lagi adalah ada beberapa kasus dimana tidak ditemukan gejala sama sekali. Jadi orang cuek-cuek saja duduk berjam-jam.

Continue Reading

Related Posts