10 Tanda Kamu Dipimpin oleh Bos yang Buruk

10 Tanda Kamu Dipimpin oleh Bos yang Buruk

Matthew Aksyonov  ⋅  07 Feb 2021 23:12:56

 – Meski tidak mungkin mengharapkan seorang pemimpin menjadi sosok yang sempurna, setidaknya seorang bos atau pemimpin perusahaan tahu apa yang ingin dikejar serta bagaimana cara yang ditempuh untuk mengejar target tersebut.

Melakukan sejumlah kesalahan dan mengalami kegagalan juga tidak masalah apabila setelahnya kesalahan tersebut tidak diulang dan dijadikan pelajaran. Apabila kami sebelumnya sudah pernah membahas mengenai kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi bos yang baik, sekarang adalah tanda yang perlu diketahui bahwa kalian mungkin dipimpin oleh bos atau pemimpin yang buruk. Apa saja tandanya?

10. Anti Kritik

Tidak ada orang yang sempurna, pasti ada melakukan kesalahan. Seorang bos pun juga pasti akan melakukan kesalahan. Yang menjadi masalah bukanlah melakukan kesalahannya, tapi ketika pemimpin melakukan kesalahan namun menolak untuk dikritik oleh para karyawannya. Atau biasa disebut dengan anti kritik.

Mungkin karena mengira dari kedudukan lebih tinggi seorang bos, maka ketika bos melakukan kesalahan, karyawannya tidak boleh melakukan teguran atau kritik. Jelas ini akan membahayakan bukan hanya untuk si bos tapi juga perusahaannya. Kalau memang karyawannya memberikan kritik yang bagus untuk kemajuan perusahaan, tidak ada salahnya mengakui salah.

9. Tidak Bisa Menjaga Suasana Kantor

Bekerja di suatu perusahaan tentu tidaklah sendirian. Akan ada banyak banyak divisi dimana setiap divisi akan diisi oleh sejumlah karyawan. Diperlukan kerja sama yang baik antar karyawan agar pekerjaan yang sudah mengantri banyak bisa diselesaikan tepat waktu. Mengingat ada begitu banyak karyawan, belum tentu semuanya bisa bekerja sama. Tapi yang namanya pekerjaan tetap harus diselesaikan.

Untuk bisa membuat pekerjaan selesai tepat waktu bukan cuma dari kerja sama antar karyawan tapi juga suasana kantor perlu diperhatikan. Dan ini bukanlah tugas dari karyawan semata, seorang pemimpin yang baik juga harus turun tangan untuk menciptakan suasana kantor yang kondusif. Ketika seorang pemimpin tidak bisa menciptakan suasana kantor yang baik, sulit bagi karyawan untuk bisa betah bekerja di perusahaan tersebut.

8. Tidak Menghargai Karyawan

Saling menghargai menjadi salah satu kunci penting yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang baik. Ketika seorang pemimpin tidak memiliki sikap tersebut, jangankan karyawan bisa menghormati, tapi bisa jadi karyawan tidak akan bertahan lama lalu resign dari perusahaan. Tentu kehilangan karyawan apalagi karyawan yang kompeten akan sangat merugikan.

Continue Reading

Related Posts