Kapal Laut Terbesar di Dunia Ini Pernah Dibuat Manusia

Kapal Laut Terbesar di Dunia Ini Pernah Dibuat Manusia

Beltane Dufresne  ⋅  02 Feb 2021 22:36:18

 – Kapal laut termasuk moda transportasi yang paling tua di muka bumi, diperkirakan manusia telah mengarungi kelautan dengan kapal sejak tahun 3.000 SM. Namun, tentu saja pada zaman dahulu bentuk kapal masih sangat sederhana, seperti kapal yang sangat sederhana yang terbuat hanya dari batang kayu saja.

Namun seiring kemajuan peradaban manusia, kapal pun mengalami perkembangan. Kini dengan semakin majunya teknologi, kapal pun semakin canggih dan berukuran raksasa. Banyak jenis kapal berukuran masif di dunia, dan salah satunya adalah Titanic yang dikenal sebagai kapal terkuat di masanya dan pernah diklaim sebagai kapal terbesar yang pernah dibuat manusia.

Panjang kapal Titanic sendiri dari haluan hingga buritannya mencapai 269 meter dengan lebar 28 meter dan tinggi total dengan cerobongnya mencapai 53,3 meter. Sementara bobot mati kapal Titanic mencapai 52.010 ton. Namun lebih dari seratus abad telah berlalu dan perkembangan teknologi memampukan manusia untuk menciptakan sebuah kapal besar di dunia yang lebih besar dibanding kapal Titanic, dari Kapal Pesiar, Kapal Tanker, dan hingga Kapal Kontainer.

Di bawah ini sudah kami rangkum beberapa gambar kapal laut terbesar yang pernah ada dalam sejarah dunia, dimulai yang sudah tidak beroperasi kembali dan yang masih beroperasi hingga saat ini. Dengan begitu Anda dapat mengetahui semua nama dan jenis-jenis dari kapal laut tersebut.

1. Emma Maersk

Kapal Emma Maersk saat ini menjadi kapal terbesar ke-2 yang masih beroperasi. Emma Maersk adalah kapal kontainer pertama di kelas E delapan milik Grup A. P. Moller-Maersk. Diluncurkan pada tahun 2006, Emma Maersk adalah kapal kontainer terbesar yang pernah dibangun oleh manusia.

Dan pada tahun 2010, dia dan 7 kapal saudarinya juga menjadi kapal kontainer terpanjang yang pernah dibangun. Emma Maersk adalah kapal kontainer yang membawa kapal kontainer barang dari satu negara ke negara lain. Kapasitas kapal ini mampu membawa sekitar 11.000 atau 14.770 TEU (twenty-foot equivalent unit) tergantung pada definisinya, dan panjang kapal ini adalah 397,71 meter.

2. Batillus Batillus

Kapal ini adalah supertanker yang dibangun pada tahun 1976 oleh Chantiers De L'Atlantique di Saint-Nazaire untuk cabang perusahaan minyak French branch of Shell Oil. Batillus bersama dengan saudari-saudarinya yaitu Bellamya, Pierre Guillaumat, dan Prairial adalah kapal terbesar di dunia yang ukurannya hanya mampu dilampaui oleh Seawise Giant yang dibangun pada tahun 1976 dan diperpanjang pada tahun 1981.

Meskipun empat kapal dari kelas Batillus memiliki tonase kotor yang lebih besar. Dengan kapasitas bobot mati hampir 554.000 ton, kapal ini berkemampuan mengarungi lautan dengan kecepatan 16 sampai dengan 17 knot. Dan dengan panjang 414,25 meter, Batillus adalah kapal terbesar ke-4 yang pernah dibuat.

Kapal ini melakukan perjalanan terakhirnya pada tanggal 28 Desember 1985 dari Vestnes ke Kaoshiung (Taiwan).

3. Pierre Guilaumat

Pierre Guilaumat adalah kapal terbesar ke-3 yang pernah dibangun dalam sejarah dunia.

Nama kapal ini diambil dari nama politisi Prancis dan pendiri industri minyak Elf Aquitaine. Pierre Guilaumat tergolong supertanker yang dibangun pada tahun 1977 oleh Chantiers De L'Atlantique di Saint-Nazaire untuk Compagnie Nationale de Navigation.

Kapal ini hanya beroperasi selama 6 tahun sebelum akhirnya dihentikan akibat operasionalnya karena profitnya yang minim, dan menurunnya permintaan orderan. Dikarenakan proporsinya yang sangat besar, kegunaan dari Pierre Guilaumat sangat terbatas. Kapal ini tidak bisa melewati terusan Panama atau terusan Suez, karena rancangannya supermasif hanya sedikit pelabuhan di dunia yang bisa kapal ini masuki.

 

Continue Reading

Related Posts