Disimak, Manfaat Bermain Ular Tangga untuk Anak

Disimak, Manfaat Bermain Ular Tangga untuk Anak

Philip N. Dahl  ⋅  02 Feb 2021 22:23:39

 – Pandemi membuat kita harus tinggal di rumah saja. Kalaupun harus keluar rumah sebaiknya untuk kepentingan yang sangat mendesak. Sudah hampir satu tahun, angka penderita masih terus bertambah. Sedangkan di luar sana tidak semua orang mempedulikan protokol kesehatan.

Kitalah yang harus menjaga diri dan keluarga demi kebaikan bersama. Mengurangi atau hampir meniadakan kegiatan di luar rumah memang tak mudah. Apalagi jika melibatkan anak anak. Kalau saya sih, masih mengajak anak anak untuk keluar tapi sebisa mungkin menghindari kerumunan.

Untunglah tinggal di kota sepi seperti sekarang ini masih mudah menemukan tempat-tempat yang sepi untuk melepaskan anak anak sebentar saja dari kepenatan selama di rumah saja. Walaupun begitu, berlimpahnya waktu untuk tinggal di rumah membuat saya harus sedikit memutar otak agar anak anak tidak bosan berlama lama di rumah.

Memberikan mereka permainan adalah salah satu caranya. Sebenarnya, ada banyak permainan yang bisa dilakukan di rumah saja. Seperti congklak, engklek, halma, monopoli ular tangga dan lain lainnya. Nah, kali ini saya akan sedikit mengulas manfaat bermain ular tangga untuk anak anak.

Permainan ular tangga ini ada sejak tahun 1870. Ular tangga sendiri adalah permainan papan yang melibatkan dua orang atau lebih. Papan itu sendiri terbagi atas kotak kotak persegi yang beberapa diantaranya dihubungkan dengan ular dan tangga. Sumber lain menyatakan kalau ular tangga ini adalah permainan kuno dari India.

Kemudian dibawa ke luar India oleh Inggris yang saat itu menjajah India. Awalnya permainan ini identik dengan agama Hindu, namun seiring perjalanan waktu, permaianan ini menjadi pengisi luang bagi anak anak dan dewasa.

Nah berikut ini, beberapa dasar permainan ular tangga:

Alat alat yang digunakan untuk bermain ular tangga

 Papan permainan yang saat ini bisa menggunakan kertas karton, kain, flanel dan lain lain. Dadu Pion/bidak dua sampai empat pemain.

Cara Bermain ular tangga :

Setiap pemain meletakkan pion di kotak awal permainan. Biasanya berada di pojok kiri bawah. Siapkan urutan untuk melempar dadu. Bisa melalui hompimpah, suit atau kesepakatan. Lemparkan dadu lalu pindahklan pion dengan jumlah langkah sama dengan hasilo pelemparan dadu.

Jika pion berhenti tepat di kotak yang bergambar bagian bawah tangga, maka pion boleh naik tangga dan menempati kotak di ujung tangga. Jika pion berhenti di ekor ular maka harus turun ke kotak tempat kepala ular berada.

Pemenang adalah pemain yang paling cepat mencapai kotak kanan atas. Kita pun dapat membuat permainan ular tangga sendiri yang sesuai dengan keinginan kita. Atau memodifikasi permainan menjadi lebih seru dari biasanya dengan memberikan tantangan. Tantangan itu dilakukan jika salah satu pemain menempati kotak yang sudah diberi tanda. Jadi, selain kotak yang berisi ujung ujung tangga dan ular, ada kotak lain yang berisi tantangan. 

Continue Reading

Related Posts