Intip Seni Membuat Pedang dan Distingsi

Intip Seni Membuat Pedang dan Distingsi

Eustachy Kozłowski  ⋅  26 Jan 2021 01:21:18

 – Sebagaimana perbedaan tegas antara penyair dengan penulis, meski sama-sama menggunakan media bahasa, begitu juga perbedaan dengan pembuat pedang (swordsmith) dengan pandai besi. Di Indonesia, pembuat keris misalnya, diberi gelar "Mpu" yang tentunya berbeda dengan pandai besi yang juga membuat keris.

Kenapa berbeda? Siapa yang membedakannya? Dan apa tujuan pembedaannya? Berbeda dengan pisau atau parang, yang didesain fungsional untuk keperluan tertentu, maka pedang didesain untuk pertempuran. Di ratusan tahun lalu, ketika peperangan adalah hal yang lumrah terjadi di semua sudut bumi, seorang lelaki menjadikan pedang sebagai harga dirinya.

Untuk memenangkan pertempuran, maka terus terjadi revolusi dan pengaplikasian berbagai macam teknik untuk membuat pedang. Pedang kecil dan lurus untuk menusuk, pedang besar yang dipegang dengan tangan dua (two handed swords) yang berguna untuk memotong, pedang super tajam para samurai yang bernama katana untuk menyabet dan pedang lainnya memiliki teknik pembuatan sendiri.

Continue Reading

Related Posts