Mengintip Pesona Curug Balong Endah, Sungguh Manjakan Mata

Mengintip Pesona Curug Balong Endah, Sungguh Manjakan Mata

Ronald K. Johnson  ⋅  13 Jan 2021 03:04:29

 – Sepertinya destinasi wisata di Jawa Barat tidak dapat dipisahkan dari yang namanya curug atau air terjun. Contohnya saja di Bogor, ada banyak air terjun yang bisa kamu kunjungi saat berwisata di Bogor. Salah satunya adalah Curug Balong Endah. Bogor tentunya selalu menjadi tujuan wisata akhir pekan bagi warga ibukota Jakarta karena letaknya yang dekat.

Tujuan utama wisatawan tersebut, mana lagi kalau bukan Kawasan Puncak Bogor yang menawarkan pemandangan hijau yang cantik nun sejuk. Walaupun kamu sudah berulang kali mengunjungi Bogor, tahukah kamu mengenai Curug Balong Endah? Sebuah curug yang baru dibuka untuk wisatawan sekitar tahun 2016 lalu?

Curug Balong Endah atau Leuwi Balong Endang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak (TNGHS) dan dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih cukup lebat. Air terjun ini belakangan menjadi trending di sosial media dan mulai ramai dikunjungi wisatawan karena menghadirkan suasana air terjun yang beda dari lainnya.

Aktivitas Seru di Curug Balong Endah Alamnya yang hijau dan asri membuat suasana di Curug Balong Endah sangat sejuk dan membuat kita betah berlama-lama disana. Fasilitas yang ada di Curug Balong Endah juga sudah cukup lengkap. Terdapat area parkir yang cukup luas, kamar mandi umum, mushola, serta warung-warung makan dn minum.

Berkunjung ke Curug Balong Endah pastinya bakal tambah menyenangkan dengan beberapa aktivitas seru yang bisa kamu temukan disana. Pertama, di sana kita bisa menikmati keindahan kolam curug di sekeliling. Curug Balong Endah terdapat pepohonan rindang yang masih sangat alami. Selain itu, batu-batu alam yang cukup besar tampak menghiasi sepanjang kolam, membuatnya tampak semakin eksotis.

Dengan ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, siapapun yang berkunjung ke Curug Balong Endah bakal merasakan hawa udara yang dingin dan sejuk, apalagi di pagi hari serta menjelang sore hari. Disana kita dapat bersantai sejenak, menghilangkan segala penat dari aktivitas di hari kerja sambil memandang kolam berundak-undak dengan airnya yang sangat jernih.

Tak heran jika orang-orang menyebutnya Curug Balong Endah. Kedua, kita bisa bermain air. Di sana terdapat beberapa kolam di Curug Balong Endah yang bisa kamu gunakan untuk berenang-renang atau sekadar bermain air. Tingkat kedalaman kolam-kolam tersebut bervariasi, dari 1 meter – 3 meter, jadi jika kamu ingin berenang, tetap harus waspada dan perhatikan keselamatan.

Rasa dingin yang menyegarkan akan langsung kamu rasakan ketika tubuh masuk ke dalam kolam dengan airnya yang jernih dan berwarna biru itu. Kamu bisa sepuasnya berenang dan mengeksplorasi keindahan curug Balong Endah ini.

Buat kamu yang tidak bisa berenang, jangan khawatir, kamu masih  bisa menikmati keindahan dan kesegaran curug dengan bermain air di kolam yang dangkal, atau sekadar duduk-duduk di pinggiran kolam sembari memasukkan kaki ke dalam kolam. Ketiga, adanya spot foto yang eksotis yang tidak tinggi.

Curug Balong Endah menawarkan pemandangan yang eksotis dan tak dapat ditemukan di curug lain yang ada di Bogor. Disini kamu bisa menemukan bebatuan besar berwarna-warni mengelilingi kolam yang jernih berwarna kebiruan. Pokoknya pemandangan di sini tuh keren banget, seperti curug-curug yang ada di film-film petualangan ala hollywood.

Kamu tinggal bereksplorasi mencari spot foto yang keren dan eksotis. Jam Buka Curug Balong Endah Kamu bisa mengunjungi Curug Balong Endah setiap hari dengan jam operasional dari jam 08.00 – 15.00 WIB. Untuk mendapat pencahayaan dan pemandangan yang lebih bagus, pastikan untuk datang pada pagi atau sore hari.

Untuk memasuki Curug Balong Endah, terlebih dahulu kamu harus memasuki Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan biaya tiket sebesar Rp. 10.000. Kemudian untuk memasuki Curug Balong Endah kamu harus membayar tiket sebesar Rp. 7.500,- per orang. Harga tiket diatas belum termasuk tarif parkir kendaraan bermotor sebagai berikut: Tarif parkir motor Rp. 5.000, sementara tarif parkir mobil Rp. 10.000. Lokasi Curug Balong Endah Curug Balong Endah terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, tepatnya berada di Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Lokasinya tidak jauh dari Curug Kondang dan Curug Pangeran. Lebih detailnya, kamu bisa cek di google maps disini.

Continue Reading

Related Posts