Intip Keindahan Waduk Jatiluhur, Sungguh Istimewa

Intip Keindahan Waduk Jatiluhur, Sungguh Istimewa

Edward Hanson  ⋅  12 Jan 2021 19:13:08

 – Pernahkah kamu berkunjung ke bendungan terbesar yang ada di Indonesia? Nama bendungan terebut adalah Waduk Jatiluhur yang terletak di Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Fungsi utama dari waduk ini adalah untuk membendung aliran sungai Citarum sehingga dapat dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Setiap tahunnya, PLTA Waduk Jatiluhur mampu memasok tenaga listrik sebesar 1.000 kwh dari 6 unit turbinnya yang berdaya 187 MW. Selain sebagai PLTA, Waduk Jatiluhur juga berfungsi sebagai sumber air untuk irigasi untuk sekitar 242.000 hektare sawah yang ada di sekitarnya. Selain fungsi utamanya sebagai pembangkit listrik, Waduk Jatiluhur pada akhir pekan hampir selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal dari Jawa Barat maupun wisatawan yang berasal dari luar Jawa Barat.

Tingginya angka kunjungan wisatawan ke Waduk Jatiluhur membuat pihak pemerintah dan swasta banyak membangun beragam fasilitas penunjang wisata seperti hotel, restoran, sarana olahraga, taman bermain, camping ground, bahkan hingga waterboom.

Aktivitas yang bisa dilakukan dan keindahan Waduk Jatiluhur Banyak yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke Waduk Jatiluhur. Dari sekedar menikmati pemandangan waduk yang indah, sampai mencoba beragam wahana dan permainan yang ada disana. Berikut adalah aktivitas favorit yang bisa kamu lakukan di Waduk Jatiluhur:

Yang pertama bersantai menikmati pemandangan. Banyak yang datang ke Waduk Jatiluhur hanya untuk memandang pemandangan waduk yang indah. Kamu bisa duduk-duduk santai di tepi bendungan sambil ditemani secangkir kopi panas, menatap ke arah waduk dan merasakan terpaan angin sepoi-sepoi yang perlahan membelai tubuhmu.

Kedua, kamu bisa naik perahu mengitari waduk. Jika kamu kurang puas hanya dengan memandanginya saja, kamu bisa langsung turun ke badan waduk dan mengelilinginya. Tentunya dengan menggunakan perahu. Perahu-perahu tersebut merupakan perahu nelayan, yang selain mencari ikan juga bersedia mengantarkan para wisatawan mengelilingi waduk menggunakan perahunya.

Selain perahu, kamu juga bisa menyewa jetski agar pengalamanmu mengelilingi Waduk Jatiluhur semakin menantang. Biaya sewa jetski sekitar Rp. 100.000 per jam, sementara untuk perahu Rp. 70.000 per jam. 3. Memancing Nah, jika kamu hobi memancing, maka hobimu itu bisa tersalurkan saat berkunjung ke Waduk Jatiluhur. Banyak sekali jenis ikan yang bisa dipancing di waduk ini.

Selain memancing dari tepian waduk, kamu juga bisa menyewa perahu agar bisa memancing dari tengah waduk. Banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan di sini. Tidak hanya wisata alamnya yang bisa memanjakan mata, kulinernya pun tak kalah menarik untuk dicoba.

BACA SUMBER BLOG

 

Continue Reading

Related Posts