Dokter Sebut Makan Bakso Picu Kolesterol, Ini Pencegahannya

Dokter Sebut Makan Bakso Picu Kolesterol, Ini Pencegahannya

Rajmund Henčič  ⋅  17 Dec 2020 19:00:56

 – Bakso menjadi makanan yang kerap dinikmati oleh masyarakat luas lantaran rasanya yang nendang di lidah. Apalagi, hujan yang sudah mulai sering turun menambah keinginan untuk bisa menyeruput kuah hangat dari semangkuk bakso.

Tapi, jangan salah, semangkuk bakso bisa membuat tubuh berisiko mengalami kolesterol, lho! Kok bisa? Ya, karena kandungan di dalam semangkuk bakso bisa menambah kalori berlebihan sehingga kolesterol pun ikut meningkat.

"Fakta bahwa terlalu banyak makan bakso bisa meningkatkan kolesterol," dokter spesialis gizi klinik, dr. Feni Nugraha MARS, M.Gizi, Sp.GK., dalam acara Hidup Sehat, TvOne.

Apa pemicunya?

Menurut Feni, salah satu faktor pemicunya lantaran ada tambahan tetelan yang kerap dikonsumsi di dalam semangkuk kuah bakso. Selain itu, tambahan minyak serta garam dan gula di kuahnya bisa membuat semangkuk bakso berpotensi menambah kolesterol.

"Kuah biasanya ada tambahan minyak yang menambah kalori. Kalau dihitung-hitung, baksonya saja yang ukuran normal atau kecil, delapan buah, bisa mencapai 200 kalori. Tambah dengan bakso besar satu buah bisa 200-250 kalori," tuturnya.

Selain itu, bakso berukuran sedang bisa mencapai 300 kalori. Sementara, bakso telur bisa sekitar 150 kalori. Ditambah pemanisnya seperti tahu goreng yang mencapai 100 kalori, serta mi kuning yang seporsinya bisa mencapai 175 kalori. Apalagi jika ditutup dengan minuman manis seperti es teh manis yang menyegarkan.

"Tambah sayuran 25 kalori dan bawang goreng sesendoknya 20 kalori, total bisa 525 kalori," ujar Feni.

Pencegahannya

Dituturkan Feni, pencegahannya sendiri dimulai dengan mulai membatasi jumlah bakso yang dikonsumsi. Cukup pilih 8 bakso kecil dan 1 bakso besar, hindari menambah tetelan dan tahu goreng.

"Saran saya, saat makan bakso tidak perlu nambah mi karena dalam bakso saja sudah ada kandungan karbohdirat dari adonan tepung. Perbanyak sayurannya saja," katanya.

Olahraga juga menjadi salah satu cara pencegahan kolesterol, termasuk dengan treadmill di rumah. Namun, perlu hingga satu jam jika untuk membakar kalori yang bersumber dari semangkuk bakso tersebut.

Continue Reading

Related Posts