Cara Hadapi Misoginis, Khususnya bagi Kamu yang Takut Bersuara

Cara Hadapi Misoginis, Khususnya bagi Kamu yang Takut Bersuara

Omar Indra  ⋅  29 Sep 2020 05:38:53

 – Sebetulnya banyak orang mempersoalkan pernyataan misoginis. Namun, banyak pula yang tidak mau bersuara, semisal melalui akun media sosial. Mereka takut dirisak dan tidak disukai oleh orang-orang di sekitarnya. Memang, itu adalah konsekuensi ketika kita memiliki pendapat yang berbeda dari pendapat umum, apalagi pendapat umum tersebut cenderung misoginis alias membenci perempuan.

Lantas, apakah hidup kita akan berakhir jika tidak disukai oleh mereka? Apakah hidup kita menjadi tidak bernilai? Apakah kita bakal benar-benar tidak punya teman lagi, sehingga hidup akan terasa sepi? Selama ini banyak perempuan takut bersuara tentang hak-haknya, karena masih menempatkan dirinya sebagai objek yang mencari pengakuan dari orang lain, terutama bila lingkungannya masih sangat patriarkal.

 

Dalam pikirannya, ia masih membenturkan dirinya ke dinding-dinding yang membatasinya dalam berekspresi. Padahal, dinding-dinding itu hanyalah konstruk yang diciptakan untuk mengontrol perempuan, sehingga perempuan bisa diperdaya dan dieksploitasi untuk kepentingan patriarki dan kapitalisme.

Continue Reading

Related Posts