4 Peninggalan Kesultanan Banjar yang Bersejarah

4 Peninggalan Kesultanan Banjar yang Bersejarah

Eetu Nuorela  ⋅  25 Apr 2020 10:12:05

 – Kesultanan Banjar adalah sebuah kerajaan yang berdiri pada Tahun 1520 M. Akan tetapi kerajaan ini dihapus sepihak oleh Belanda pada 11 Juni 1860 M. Meski demikian, rakyat Banjar masih mengakui adanya pemerintahan darurat atau pelarian yang berakhir pada tanggal 24 Januari 1905 tersebut.

Akhirnya, pada tanggal 24 Juli 2010, Kesultanan Banjar hidup kembali dengan dilaksanakannya pelantikan Sultan Khairul Saleh sebagai pemimpin dari kesultanan Banjar. Perlu kita ketahui, Kesultanan Banjar ialah sebuah kesultanan yang saat ini wilayahnya termasuk ke dalam bagian provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Daerah Banjar yang lebih luas terbentang dari Tanjung Sambar sampai Tanjung Aru.

Kesultanan ini awalnya beribu kota di Banjarmasin, setelah itu kemudian dipindahkan ke sejumlah tempat serta terakhir di Martapura. Di saat beribu kota di Martapur,a kerajaan ini disebut juga dengan Kerajaan Kayu Tangi. Perlu kita ketahui, daerah terluas dari Kesultanan Banjar pada era kejayaannya disebut Empire atau Kekaisaran Banjar yang saat itu membawahi sejumlah negeri yang berbentuk kesultanan, kerajaan, kerajamudaan, kepangeranan, keadipatian serta beberapa daerah kecil yang dipimpin oleh kepala-kepala suku Dayak.

 

Continue Reading

Related Posts