Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Mengenal Alam Lebih Dekat dengan Foraging

 – Foraging berarti mencari sumber makanan di alam bebas. Pada awalnya foraging hanya berhubungan dengan ketangkasan hewan mencari makan di habitatnya. Namun sekarang artinya lebih luas lagi.

Sebagaimana kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis. Hal ini memberi kita beberapa keuntungan, salah satunya adalah banyak terdapat jenis tanaman yang tumbuh subur di Indonesia.

Banyaknya jenis tanaman tersebut merupakan peluang bagus untuk foraging. Dengan foraging, kita bisa mengenal alam lebih personal. Kan sayang dengan banyaknya jenis tumbuhan yang dimiliki alam Indonesia, kita tak banyak mengenalnya, memanfaatkannya, bahkan cenderung cuek. Lantas, bagaimana cara melakukan foraging yang benar?

Read Full Article
13 Fenomena Alam Paling Misterius
Berbagai fenomena alam biasanya selalu bisa dijelaskan secara ilmiah. Pada zaman dulu, berbagai keanehan alam selalu dikaitkan dengan hal-hal berbau mistik, namun kini ilmu pengetahuan hampir selalu bisa menjelaskannya.Meski begitu, ada beberapa fenomena alam yang masih misterius dan ilmuwan masih membutuhkan waktu untuk memecahkannya. Alam takkan berhenti membuat kita takjub. Tak peduli apakah fenomena yang terjadi telah mampu dijelaskan dengan logika atau sama sekali masih belum dimengerti, mereka akan selalu membuat manusia heran.Alam akan selalu menunjukkan pesonanya. Bila kita berpikir manusia telah mampu memahami semua hal yang terjadi di bumi ini, itu masih jauh dari kenyataan. Kali ini, kita akan menyimak 13 fenomena alam paling langka dan aneh yang menjadi bukti bahwa manusia masih perlu banyak tahu tentang dunianya.
Tujuh Ilusi Optik Menakjubkan Ciptaan Alam
Alam banyak menghadirkan ciptaan yang menakjubkan. Alam juga bisa berubah jadi master seni yang menghasilkan lukisan super indah yang tiada tandingannya.Sebagian seni hasil ciptaan alam bahkan terlihat seperti ilusi yang sangat indah dan bisa menipu mata Anda. Seperti beberapa foto ilusi optik ini yang tercipta secara alami oleh alam sendiri tanpa ada campur tangan manusia.Hasilnya, ilusi-ilusi optik ciptaan alam ini benar-benar biasa membuat Anda takjub, sekaligus membuat Anda sedikit kebingungan. Berikut tujuh ilusi optik menakjubkan ciptaan alam.
Pasir Kirisik, Wisata Alam Ala Puncak? Terbaru di Tasikmalaya
Siapa bilang untuk menikmati wisata alam puncak harus selalu ke Kota Bogor? Untuk Anda warga Tasikmalaya dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh, untuk menikmati wisata alam ala puncak yang sejuk dan segar, karena sudah dibuka wisata alam terbaru di Tasikmalaya yaitu Wisata Alam Pasir Kirisik.Wisata alam yang terletak di Desa Guaranteng Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya ini, sangat cocok sebagai destinasi wisata akhir pekan bersama keluarga tercinta.Pada awalnya, wisata alam Pasir Kirisik ini hanya merupakan villa pribadi yang terdiri dari villa, kolam renang dan gazebo. Namun karena banyaknya permintaan dari masyarakat, akhirnya dibuka untuk umum yaitu pada bulan Desember 2016. Area wisata yang memiliki luas sekitar 7 hektar ini, menyuguhkan panorama alam nan penuh pesona dengan berbagai spot foto selfie yang menjadi daya tarik tersendiri.
Obyek Wisata Alam Gratis di Ciamis
.co.id – Berlibur ke obyek wisata alam yang bernuansa alami sedang menjadi trend di kalangan travelers. Berlibur ke obyek wisata alam ini dapat mengurangi kepenatan setelah bekerja.Karena tingginya minat untuk berlibur ke obyek wisata alam, membuat banyak investor dan Pemerintah Daerah mengembangkan obyek wisata alam. Konsekuensi dari tingginya minat ini adalah untuk menikmati obyek wisata alam tiket masuk cenderung mahal bagi sebagian orang.Tetapi ternyata tidak bagi obyek wisata alam di Ciamis ini. Di Kabupaten Ciamis, ada 2 obyek wisata alam yang dapat dikunjungi secara gratis. Pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Pengunjung cukup membayar parkir yang dikelola oleh karang taruna setempat.
Keindahan Taman Akuarium Air di TMII Jakarta
Jakarta memiliki ragam destinasi wisata yang menjadi andalannya untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga. Sebut saja salah satunya adalah Taman Mini Indonesia Indah.Taman Mini Indonesia Indah selalu menawarkan aneka pilihan destinasi wisata Jakarta, yang seru untuk dinikmati bagi setiap pengunjungnya. Seperti di antaranya mengenal lebih dekat aneka biota air tawar di Taman Akurium Air Tawar.Selain menjadi tempat rekreasi, tempat wisata akuarium di Jakarta ini juga bisa menambah pengetahuan dan mengenal lebih dekat makhluk biota air tawar yang ada di dalamnya. Wah, menarik bukan?
Surga Relaksasi Alam di Kedung Pedut, Kulon Progo
Kulon Progo memiliki beragam tempat wisata yang bisa kita kunjungi. Salah satunya adalah Kedung Pedut. Objek wisata Kedung Pedut merupakan salah satu tempat wisata alam yang menawarkan sensasi ketenangan dan keasrian, dari lingkungan alam sekitarnya.Bagi kita yang jenuh dengan kesibukan khas metropolitan, nuansa kampung, dan alam pedesaan di tempat wisata alam Kedung Pedut, Kulon Progo ini mampu memberikan Anda kesegaran yang begitu alami.Walau perjalanan menuju lokasi objek wisata ini cukup melelahkan. Namun setelah kita sampai di lokasi, maka semua rasa lelah tersebut akan hilang dan sirna. Semua akan hilang setelah kita melihat suguhan pemandangan alam yang indah disertai suara gemercik air yang sejuk.
Rekomendasi Jajanan Kaki Lima Paling Enak di Bogor
Selama ini kita mengenal Bogor sebagai destinasi wisata alam yang memukau. Kita mengenal Puncak yang memiliki hamparan perkebunan teh. Selanjutnya, kita mengenal Kebun Raya Bogor yang memiliki banyak koleksi flora di Indonesia. Tidak ketinggalan, Bogor juga gudangnya curug.Aneka air terjun dari yang besar hingga kecil ini memenuhi kawan pegunungan yang masih alami dan terjaga keasriannya. Selain wisata alam yang jumlahnya banyak, Bogor juga dikenal sebagai gudangnya kuliner.Kamu bisa mencoba aneka hidangan lezat, mulai dari standar restoran hingga kaki lima yang akan kita bahas pada artikel ini. Sudah siap mengintip jajanan kaki lima apa saja yang ada di Bogor?
Agrowisata Bhakti Alam, Spot Outbond Kekinian Ala Pasuruan
 – Jawa Timur memang memiliki beragam hal yang menarik untuk dibahas mulai dari budaya, kuliner, dan juga pariwisatanya, begitupun berlaku untuk salah satu daerah di Jawa Timur yakni pasuruan. Bicara wisata di Pasuruan, sebenarnya banyak tempat wisata yang bisa kamu sambangi.Mulai dari Taman Safari Indonesia II, petik kurma Pasuruan, Pantai Penunggul, Air Terjun Coban Baung, dan masih banyak lainnya. Nah, baru-baru ini terdapat tempat wisata baru yang hits di Pasuruan. Adalah Agrowisata Bhakti Alam, sebuah tempat wisata berkonsep alam perkebunan dan peternakan.Berada di ketinggian 450 sampai 550 meter di  atas permukaan laut, membuat Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan memliki udara yang cukup sejuk dan segar untuk dihirup. Apalagi, dengan adanya pepohonan di sekitar kawasan Bhakti Alam yang masih hijau dan rimbun menambah keasrian alam pasuruan.  
7 Pesona Tak Terduga dari Alam yang Menakjubkan
Alam dan seluruh isinya adalah ciptaan Tuhan. Alam menyimpan berbagai keunikannya sendiri. Dan fenomena alam yang terjadi, seringkali membuat kita berdecak kagum karena indahnya.Fenomena alam tidak hanya mengenai air terjun, pelangi, angin kencang, dan yang sering kita lihat. Lebih dari itu, alam menyimpan fenomena-fenomena yang lebih membuat kita terpesona. Tak percaya?Dimulai dari reflective salt flats, Bolivia. Di Bolivia terdapat tempat keren bernama Salar de Uyuni. Tempat ini bukanlah lautan, melainkan tanah yang dilapisi oleh garam dan merupakan kota terbesar yang memiliki kandungan garam yang berada di bawah tanah. Di sini, kamu akan merasa seperti bercermin di tanah yang kamu pijak.
Lima Tempat Paling Mematikan di Dunia
Siapa yang tidak menyukai pemandangan alam. Jajaran pohon pinus, udara yang segar, hamparan gunung, dan angin sejuk yang sepoi-sepoi. Tapi apakah Anda tahu, bahwa di balik keindahan alam tersebut menyimpan bahaya bagi siapapun yang berada dekat dengannya.Ada orang-orang di dunia ini yang hanya suka mengunjungi tempat-tempat yang menampilkan keindahan alam yang indah. Tapi tidak semua orang menyukai pemandangan alam yang biasa saja, melainkan juga yang dapat memacu adrenalin.Di dunia ini terdapat beberapa tempat yang tidak hanya menyuguhkan keindahan alam, tetapi juga menyimpan bahaya bagi yang mengunjunginya, yang tersebar di beberapa belahan dunia. Salah satunya ada di Indonesia. Jika Anda tertarik dan Anda merupakan pecinta adrenalin, Anda bisa mencoba mengunjungi tempat-tempat paling mematikan di dunia ini. Berikut daftarnya.
Lebih Dekat dengan Alam dan Satwa di Taman Safari Prigen Pasuruan
Anda termasuk pecinta binatang atau ingin anak dan keluarga tercinta lebih dekat dengan alam serta mengaplikasikan kecintaannya pada satwa? Yuk berpetualang di Taman Safari Indonesia II yang berlokasi di Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang memukau, tapi Anda juga bisa melihat langsung aktivitas dari satwa-satwa liar di habitatnya. Selama perjalanan, Anda akan menikmati sensasi sejuknya udara pegunungan, karena memang lokasi taman safari ini berada di Lereng Pegunungan Arjuno.Mungkin Anda penasaran, apa sajakah fasilitas yang bisa Anda nikmati di Taman Safari Prigen? Di sana ada banyak sekali wahana permainan dan juga pertunjukan yang bisa kamu lihat secara langsung. Daripada penasaran, langsung saja simak berikut ini ulasannya.
Harmonisasi Alam di Taman Nasional Tesso Nilo Riau
Objek wisata alam Tesso Nilo menyajikan pemandangan alam yang indah dan menarik, serta kehidupan satwa liar yang hidup di alam bebas. Di Taman Nasional Riau ini kita juga dapat menemukan tempat konservasi gajah.Menelusuri keindahan hutan Tesso Nilo dengan menunggangi gajah sambil menelusuri wisata alam dengan menelusuri satwa liar yang berada di kawasan hutan ini. Bahkan bagi kita yang membawa kamera, dapat mengabadikan foto-foto satwa yang hidup di alam liar ini sambil menyalurkan bakat atau pun hobi.Konon, dari keterangan petugas yang mendampingi perjalanan kami beserta rombongan di Taman Nasional Tesso Nillo, di kawasan hutan ini masih terdapat beberapa satwa liar yang hidup bebas, seperti harimau Sumatra, tapir, rusa, dan beruang madu.
Pantai Alam Indah, Primadona Wisata di Kota Tegal
Tegal tidak hanya dikenal karena memiliki dialek unik serta wartegnya saja. Daerah ini juga dikenal memiliki beragam tempat wisata alam yang keren sebut saja Pemandian Air Panas Guci yang telah terkenal seantero negeri. Tapi, jika mau melihat wajah Tegal yang lebih indah, traveler wajib datang ke Pantai Alam Indah.Banyak cara untuk menikmati KotaTegal. Satu tempat yang tak boleh terlewatkan di kota Tegal yaitu Pantai Alam Indah. Pantai Alam Indah adalah destinasi wisata paling populer dan paling mudah dijangkau. Lokasinya cukup dekat dengan pusat kota Tegal maupun jalur Pantura, sehingga kendaraan bisa sampai di tempat parkir yang terletak di pinggir pantai.Beragam aktivitas sudah menunggu traveler yang berkunjung ke pantai ini. Mereka yang memilih Pantai Alam Indah sebagai destinasi wisata akan dihadapkan dengan berbagai pilihan kegiatan menarik. Pertama dan yang pasti adalah bermain air, tidak lengkap rasanya jika pergi ke pantai, tapi tidak berenang apalagi pantai ini terletak di Laut Jawa ini.
Sepuluh Misteri Fenomena Alam Aneh tapi Nyata
Fenomena alam merupakan peristiwa yang terjadi bukan akibat perilaku manusia, melainkan fenomena yang terjadi secara alami dalam pandangan fisika.Fenomena alam yang pernah terjadi di muka bumi ini ada yang berbahaya maupun tidak. Sebut saja misalnya hujan. Fenomena alam ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan tidak membahayakan.Tapi di sisi lain, terdapat fenomena alam yang membahayakan seperti tsunami dan gunung meletus. Tidak semua fenomena alam terjadi dengan wajar dan berjalan seperti apa adanya. Bahkan beberapa fenomena alam tertentu dapat dikatakan aneh dan jarang sekali muncul.
Menilik Golden Sunrise ala Temanggung di Wisata Alam Posong
Wisata Alam posong adalah sebuah tempat wisata alam khas Temanggung yang sangat populer akhir-akhir ini. Tempat yang sejuk dan pemandangannya yang sangat indah menjadi daya tarik utama para pengunjung yang datang.Memang, wisata alam ini masih tergolong baru, letaknya sendiri tepat di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, dan berada di atas ketinggian sekitar 2000 mdpl. Jadi, terbayang bukan dingin dan sejuknya Wisata Alam Posong ini?Wisata Alam Posong Temanggung menawarkan banyak sekali hal menarik, salah satunya adalah pemandangan puncak 7 Gunung yang bisa dinikmati di sini, seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo, Gunung Andong, Gunung Ungaran, sampai Gunung Muria.
Unik, Batu-batu Akik Ini Bercorak Pemandangan Alam
Demam batu akik tampaknya mulai berangsur mereda, namun bukan berarti daya tarik batu mulia tersebut ikut pudar. Berbagai jenis batuan istimewa tersebut tetap memiliki pesona dan auranya sendiri.Alam memiliki cara menarik untuk mengekspresikan dirinya kembali dalam berbagai bentuk. Pemandangan alam yang luas, seperti garis pantai maupun gugusan bukit nan indah, bahkan dapat dilukis kembali oleh alam ke dalam bentuk yang lebih kecil.Beberapa batu akik ini memiliki siluet corak unik yang menyerupai gambaran pemandangan alam yang indah. Penasaran, seperti apa indahnya pemandangan alam yang ada di batu akik tersebut? Yuk, simak berikut ini.
Menikmati Pagoda Tertinggi dan Terindah di Taman Alam Lumbini
 – Taman Alam Lumbini terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo. Di sini, terdapat sebuah atraksi wisata yang membuat Anda tidak merasa di Indonesia. Destinasi wisata ini adalah Taman Alam Lumbini, yang letaknya 50 km dari Medan. Memakan waktu sekitar dua jam perjalanan dengan berkendara. Dan sangat dekat dengan tujuan wisata lainnya, yaitu Brastagi.Untuk masuk ke kawasan Taman Alam Lumbini, Anda tidak akan dipungut biaya untuk tiket masuk sepeser pun. Bagi setiap pengunjung yang memasuki lokasi Taman Alam Lumbini, hanya akan diminta untuk mengisi buku tamu yang terdapat di depan gerbang masuk. Namun tenang saja, karena objek tujuan wisata ini dikelola dengan manajemen profesional.Objek wisata ini sudah memperlengkap diri dengan fasilitas penunjang yang akan menyamankan para pengunjung yang datang untuk berwisata ke tempat ini. Taman Alam Lumbini ini memiliki Pagoda tertinggi dan terindah di Indonesia. Terindah, karena letaknya di atas bukit di daerah Brastagi, Sumatera Utara. Kemegahan Pagoda di Taman Alam Lumbini ini terlihat karena megahnya bangunan yang diselimuti cat berwarna emas yang sangat cerah. 
11 Tempat Wisata Alam di Jakarta
Siapa bilang kota Jakarta hanya dipenuhi dengan gedung-gedung pencakar langit saja, padahal di sekitar kota Jakarta juga punya beberapa tempat wisata dengan latar belakang alam yang cukup menarik dikunjungi.Walaupun dari segi kualitas, mungkin masih kalah dengan wisata alam dari daerah lain, seperti beberapa tempat wisata alam di Bandung yang sedang hits dan populer di kalangan anak muda kekinian.Tapi, beberapa tempat wisata alam di Jakarta ini bisa menjadi alternatif untuk warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin berlibur tapi tidak terlalu jauh dari kota Jakarta. Lantas, di mana saja tempat wisata alam di Jakarta tersebut? Berikut ulasannya.
6 Momen Ini Buktikan Alam Itu Penuh Kengerian
Alam merupakan ciptaan Tuhan yang bisa membuat manusia terpana-pana melihatnya. Tapi disamping menyajikan keindahan, alam juga bisa menyajikan kengerian yang belum pernah kamu lihat sebelumnya.Kita tidak tahu apa yang terjadi di alam bebas sana, baik itu di tengah hutan lebat atau di lautan dalam. Kita hanya tahu sebagian kecil dari alam dan tidak tahu bagaimana kengerian alam bebas itu.Seperti dilansir Viral Nova, berikut ini ada beberapa momen yang menggambarkan sebagian kecil dari kengerian alam, yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.
Celebes Canyon Sejuta Pesona Keindahan Alam di Barru
Kabupaten Ule Barru, Sulewesi Selatan tidak hanya memiliki kekayaan budaya dan kuliner yang unik. Ogi to Barru atau masyarakat Bugis di Kabupaten Barru juga dianugrahi pesona alam yang indah, cantik nan eksotis yang menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik dikunjungi di Sulawesi Selatan.Mengunjungi kawasan obyek wisata alam Barru, kita akan merasakan sebuah nuansa budaya yang dibalut dengan kekayaan alam yang indah, dan menjadi suguhan destinasi liburan yang tidak bisa dipisahkan dari tempat ini. Di daerah ini kita bisa dapat menemukan beragam destinasi wisata, dengan keindahan yang luar biasa.Wisata alam Celebes Canyon belum banyak dikenal wisatawan, baik lokal maupun mancanegra, apalagi masyarakat lokal yang berada di sekitar Sulawesi Selatan atau di daerah sekitar kabupaten Barru, Hanya beberapa pecinta alam dan para pecinta dunia wisata alam yang sudah atau sering kesini.
Mengenal Alam Lebih Dekat dengan Foraging
 – Foraging berarti mencari sumber makanan di alam bebas. Pada awalnya foraging hanya berhubungan dengan ketangkasan hewan mencari makan di habitatnya. Namun sekarang artinya lebih luas lagi.Sebagaimana kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis. Hal ini memberi kita beberapa keuntungan, salah satunya adalah banyak terdapat jenis tanaman yang tumbuh subur di Indonesia.Banyaknya jenis tanaman tersebut merupakan peluang bagus untuk foraging. Dengan foraging, kita bisa mengenal alam lebih personal. Kan sayang dengan banyaknya jenis tumbuhan yang dimiliki alam Indonesia, kita tak banyak mengenalnya, memanfaatkannya, bahkan cenderung cuek. Lantas, bagaimana cara melakukan foraging yang benar?
Tahap Awal Penciptaan Alam Semesta Menurut Alquran
Semesta merupakan sebutan untuk alam yang terbentang luas di sekitar kita. Bumi beserta isinya, langit dan isinya, bintang cemerlang, galaksi, superkluster, dan sebagainya adalah bagian dari semesta tempat kita hidup.Alam semesta ini tidak serta merta ada seperti kilat. Alam semesta berproses melalui proses yang memakan waktu yang tidak singkat. Hal ini dapat kita temukan dalam berbagai informasi dalam Alquran dan hasil pengamatan ilmu teknologi yang semakin lama semakin canggih.Pada tahapan awal, penciptaan alam semesta ini berupa satu kesatuan ukuran yang sangat kecil. Ilmu pengetahuan menyebutnya sop kosmos, cikal bakal alam semesta. Setelah Allah menciptakan cikal bakal alam semesta ini, Allah memisahkannya ke segala penjuru melalui sebuah dentuman besar.
Lima Tanda Ajal Sudah Dekat yang Tak Disadari
Soal kapan kematian tiba, hanya Tuhan yang tahu. Tapi tahu tidak, kalau ajal sudah dekat itu ada tanda-tandanya? Meski tidak sepenuhnya benar, tapi tanda-tanda tersebut bisa jadi indikasi kalau kematian seseorang sudah dekat.Tanda-tanda ini bahkan biasanya ditunjukkan orang yang ajalnya sudah dekat secara reflek, alias tanpa dipikirkan terlebih dahulu dan tanpa disadari. Entah itu kebetulan atau bukan, orang-orang yang mendekati ajalnya kadang suka menunjukkan tanda-tanda ini.Dilansir dari situs ridicuously.com, berikut ada beberapa tanda kematian sudah dekat yang dilakukan tanpa sadar. Namun, tanda-tanda ini tidak sepenuhnya selalu benar, hanya saja bisa jadi peringatan.