Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

10 Hewan Prasejarah yang Masih Hidup Hingga Saat Ini

 – Ketika zaman dinosaurus punah, masih ada beberapa hewan prasejarah yang bisa bertahan hidup hingga saat ini. Dan mereka kini hidup berdampingan dengan kita, manusia. Karena mereka hewan prasejarah, di antara mereka ada yang sudah mengalami perubahan, tapi ada juga masih tetap dalam bentuk asli mereka.

Salah satu hewan prasejarah yang masih ada adalah ikan Coelacanth. Coelacanth adalah ikan asli di tepi pantai Samudra Hindia dan Indonesia. Ini adalah salah satu jenis ikan purba yang pernah dinyatakan punah di akhir zaman Creaceous, sekitar 66 juta tahun yang lalu.

Beruntungnya kita, Coelacanth tiba-tiba kembali muncul pada tahun 1938. Ikan ini masih dapat ditemukan di Samudra Hindia. Tentu dengan kemunculan kembali Coelacanth, menjadikan ikan ini sebagai salah satu hewan purba yang berhasil melewati tahap seleksi alam. 

Read Full Article
Meski Menjijikan, 4 Hewan Ini Punya Manfaat Luar Biasa
 – Selain manusia dan tumbuhan, hewan juga merupakan makhluk hidup yang menghuni dunia ini. Jenis hewan pun bermacam-macam. Ada hewan jinak, hewan buas, hingga ada juga yang menggolongkan sebagai hewan menjijikkan.Kucing dianggap sebagai hewan jinak yang pantas dipelihara di rumah. Selain kucing juga ada kelinci. Kedua hewan ini tidaklah berbahaya, sehingga aman dipelihara, bahkan oleh anak-anak. Kalau hewan buas, pasti pikiran kita langsung tertuju kepada harimau atau singa.Memang kedua hewan ini menjadi ikon otomatis, ketika berbicara soal hewan buas. Nah, yang terakhir mengenai hewan menjijikkan. Di bawah ini adalah contoh-contoh hewan yang dianggap menjijikkan oleh sebagian besar orang, namun ternyata malah memiliki banyak manfaat. Hewan apa sajakah itu? 
Sembilan Hewan Endemik di Pulau Jawa yang Hampir Punah
Hewan endemik adalah jenis hewan asli yang mendiami suatu daerah tertentu, dimana jenis hewan tersebut tidak ditemukan di daerah lain, dan terkadang jenis hewan ini menjadi ciri khas daerah tersebut.Di pulau Jawa, terdapat beberapa jenis hewan endemik. Beberapa di antaranya berstatus endangered atau hampir punah. Di mana kebanyakan hewan endemik ini, adalah hewan yang dilindungi dan tidak boleh diburu demi kepentingan apapun.Buat yang suka mendaki gunung di pulau Jawa, sangat penting mengetahui jenis hewan endemik di pulau Jawa ini, supaya kita bisa membedakan hewan endemik atau bukan. Lantas, hewan apa saja yang termasuk hewan endemik di pulau Jawa? Berikut ulasannya.
Lima Kisah Hewan Paling Setia pada Pemiliknya
Anda memiliki hewan peliharaan? Seberapa setiakah Anda dengan hewan peliharaan? Atau seberapa setiakah peliharaan dengan Anda?Mungkin, kesetiaan peliharaan tersebut terhadap Anda tidak setia seperti kisah yang satu ini. Ya, deretan hewan ini sungguh sangat setia kepada pemiliknya. Berbicara tentang kesetiaan hewan kepada majikannya. Mungkin, kebanyakan orang mengira hanya sebatas itu-itu saja dan tidak lebih.Namun, tidak bagi kisah hewan yang akan dibahas pada artikel kali ini. Mulai dari hewan yang lembut hingga hewan buas, mulai dari hewan yang dipelihara hingga yang liar, dan bertempat tinggal jauh dari pemiliknya.
Empat Kisah Tragis di Balik Hewan-hewan Lucu
Manusia memiliki derajat yang lebih tinggi daripada hewan. Meskipun demikian, bukan berarti manusia bisa semena-mena memperlakukan hewan dengan kejam. Namun pada kenyataannya, di luar sana masih banyak orang yang memperlakukan hewan semena-mena hanya demi mendapat keuntungan semata.Hewan-hewan diperlakukan dengan kejam dan dipaksa bekerja oleh sekelompok orang. Padahal bekerja bukan tugas hewan, tapi masih ada saja manusia yang mengandalkan hewan untuk mendapatkan uang. Parahnya lagi, sebagian orang memperlakukan hewan-hewan tersebut dengan sangat kejam agar mereka menurut.Seperti beberapa hewan lucu ini yang di balik kelucuannya, ternyata hidup mereka kadang tak selucu dan seindah yang dibayangkan. Kelucuan mereka justru menyimpan kisah tragis yang mengerikan.
Menjelajahi Tujuh Lukisan Gua Prasejarah di Indonesia
Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau dan memiliki kekayaan alam yang melimpah, budaya dan sejarah yang sangat mengagumkan. Salah satunya adalah keberadaan beberapa lukisan gua prasejarah yang tersebar di Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.Lukisan gua prasejarah di Indonesia diindentifikasikan sebagai hasil dari kebudayaan, yang mulai berkembang mengenai kemampuan nenek moyang Indonesia pada masa lalu dalam menuangkan ekspresinya.Lukisan gua prasejarah adalah contoh pertama dari apa yang kita sebut sebagai sejarah, pesan masa lalu sebagai sebuah pernyataan universal untuk mengatakan "Kami pernah ada di sini". Berikut tujuh lukisan gua prasejarah di Indonesia yang wajib Anda jelajahi.
Sepuluh Hewan Ini Berada Diambang Kepunahan
.co.id – Pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimana jadinya jika tidak ada hewan di dunia ini? Hidup mereka memang tidak sama dengan manusia, karena hewan ini mungkin tidak terlalu penting atau sangat berbahaya bagi manusia. Tetapi masing-masing dari hewan-hewan ini memainkan peran yang sangat penting dalam sistem ekologi.Satwa liar memainkan peran yang sangat penting dengan menyelaraskan lingkungan. Spesies hewan yang berbeda dari besar ke kecil seperti badak, gajah, pangolin, dan lain-lain, keberadaannya hampir punah. Perdagangan hewan liar terjadi di mana-mana di dunia, dengan nilai sekitar US$7-23 miliar antara tahun 2013-2016.Hampir 20 ton timbangan pangolin ditahan dari pengiriman yang dilarang di Afrika. Jika tidak ada tindakan yang diambil terhadap pemburuan ilegal ini, hewan-hewan ini akan lenyap dari muka bumi ini. Berikut sepuluh hewan yang berada diambang kepunahan yang kami lansir dari laman wonderlist.com.
Seram, 5 Hewan Ini Sering Dikaitkan dengan Hal Gaib
 – Tidak hanya di alam liar saja, namun hewan juga hidup di antara dan berdampingan dengan kita. Dan, bahkan ada beberapa hewan yang dijadikan sebagai hewan peliharaan, seperti kelinci, kucing, anjing, dan lain sebagainya. Tetapi, ada juga hewan yang tidak disukai manusia, bahkan kehadirannya sangatlah dibenci. Biasanya, hewan tersebut memiliki bentuk yang menyeramkan, hingga mempunyai hubungan dengan hal-hal gaib atau cerita-cerita yang menyeramkan. Dan, hewan pertama yang sering dikaitkan dengan hal gaib itu adalah burung gagak. Jika berbicara mengenai hewan yang dekat dengan dunia gaib, kurang lengkap rasanya jika tak memasukkan hewan satu ini.Burung gagak telah lama dikenal sebagai hewan yang sangat dekat dengan dunia gaib. Tak hanya di Indonesia saja, keangkeran burung gagak juga terkenal hingga ke luar negeri khususnya di Eropa sana. 
10 Hewan Prasejarah yang Masih Hidup Hingga Saat Ini
 – Ketika zaman dinosaurus punah, masih ada beberapa hewan prasejarah yang bisa bertahan hidup hingga saat ini. Dan mereka kini hidup berdampingan dengan kita, manusia. Karena mereka hewan prasejarah, di antara mereka ada yang sudah mengalami perubahan, tapi ada juga masih tetap dalam bentuk asli mereka.Salah satu hewan prasejarah yang masih ada adalah ikan Coelacanth. Coelacanth adalah ikan asli di tepi pantai Samudra Hindia dan Indonesia. Ini adalah salah satu jenis ikan purba yang pernah dinyatakan punah di akhir zaman Creaceous, sekitar 66 juta tahun yang lalu.Beruntungnya kita, Coelacanth tiba-tiba kembali muncul pada tahun 1938. Ikan ini masih dapat ditemukan di Samudra Hindia. Tentu dengan kemunculan kembali Coelacanth, menjadikan ikan ini sebagai salah satu hewan purba yang berhasil melewati tahap seleksi alam. 
Empat Hewan Purba yang Dipercaya Pernah Tinggal di Indonesia
Komodo dikenal sebagai hewan purba yang masih hidup sampai sekarang dan tinggal di Pulau Komodo di Kepulauan Nusa Tenggara. Selain komodo, sebenarnya ada banyak hewan purba yang pernah mendiami Indonesia jutaan tahun lalu.Hanya saja hewan-hewan purba tersebut tidak bernasib seberuntung komodo. Mereka dipercaya punah karena beberapa peristiwa alam. Hingga akhirnya beberapa fosil hewan purba ditemukan di beberapa situs prasejarah seperti d Sangiran dan Trinil.Berikut beberapa hewan purba yang dipercaya pernah tinggal di Indonesia berdasarkan penemuan fosil hewan purba tersebut yang ditemukan arkeolog.
Pertama Kalinya Ditemukan Fosil Jantung Prasejarah
Fosil organ jantung telah ditemukan dalam sisa-sisa spesimen ikan yang berusia sekitar 119 juta tahun. Ditemukannya tanda-tanda jaringan lunak yang terawetkan dalam fosil hewan prasejarah merupakan hal yang langka.Tapi, untuk menemukan organ hewan yang masih utuh adalah sesuatu yang sangat jarang terjadi. Belum lama ini, paleontolog telah menemukan sesuatu yang sangat langka, ini merupakan penemuan pertama kalinya.Di mana, telah ditemukan fosil jantung yang sempurna terawetkan digali di sebuah situs di Brasil. Pada umumnya, jaringan lunak jantung tersebut tidak terawat dengan baik sehingga tingkat pelestariannya hanya terjadi dalam kondisi yang sangat spesifik, seperti hewan yang telah dimakamkan di tanah longsor.
10 Hewan Laut Prasejarah Paling Menakutkan
Berjuta-juta tahun yang lalu ketika sebagian besar daerah di bumi merupakan air, hidup hewan laut prasejarah dengan bentuk fisik yang besar dan menakutkan. Hewan menakutkan tersebut bisa dikatakan sebagai raja atau penguasa lautan pada era mereka sendiri. Inilah 10 hewan laut prasejarah paling menakutkan tersebut.
16 Hewan Purba yang Masih Hidup Sampai Sekarang
Berdasarkan ilmu pengetahuan yang didapat dari fosil-fosil hewan purba yang pernah ditemukan, diketahui bahwa hewan prasejarah seperti Dinosaurus dan kawan-kawannya, pernah menghuni bumi sebelum manusia.Tapi beberapa hewan purba tersebut, masih ada yang bisa bertahan hidup sampai sekarang, walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak. Diketahui juga, ternyata hewan purba tersebut bisa bertahan hidup, karena memiliki mekanisme tubuh yang berbeda dengan hewan lainnya.Bukti bahwa hewan-hewan ini pernah hidup di jaman purba, yaitu ditemukan beberapa fosil hewan tersebut yang diperkirakan berusia jutaan tahun. Lantas, hewan purba apa saja yang masih hidup sampai sekarang? Berikut ulasannya.Baca Selengkapnya...
11 Ikan Purba yang Masih Hidup Sampai Sekarang
.co.id – Saat mendengar kata ”Hewan purba“, pasti yang ada di pikiranmu adalah hewan prasejarah, seperti Dinosaurus yang sudah lama mengalami kepunahan. Tapi, ada juga beberapa hewan prasejarah yang berhasil bertahan dari kepunahan tersebut.Umumnya, hewan prasejarah yang berhasil bertahan dari kepunahan tersebut, kini sudah mengalami evolusi, baik dari bentuk, ukuran, fisik, dan habitat tempatnya untuk hidup. Selain itu, kebanyakan hewan purba yang masih hidup sampai sekarang adalah hewan yang habitatnya hidup di perairan. Sebut saja seperti ikan, lantas ikan purba apa saja yang masih hidup sampai sekarang? Daripada penasaran, langsung saja simak berikut ini ulasannya.
Hiu Prasejarah 'Hidup' Tertangkap di Lepas Pantai Portugal
 – Dianggap sebagai 'fosil hidup', hiu berjumbai tetap memiliki penampilan yang tidak berubah selama lebih dari 80 juta tahun lamanya. Hiu yang sangat langka ini, pernah berenang di laut prasejarah pada saat bersamaan dengan keberadaan Tyrannosaurus Rex dan Triceratops yang menjelajahi daratan.Hiu ini memang sangat jarang diamati oleh para ilmuwan, dikarenakan sangat sulit untuk menemukannya. Biasanya hiu ini dapat dijumpai berada di kedalaman hingga 4.200 kaki di bawah permukaan laut, hiu berjumbai bisa tumbuh hingga 6 kaki dan memiliki sel insang unik yang tidak seperti ikan lainnya, meregang sepanjang tenggorokannya.Hewan ini juga memiliki gigi yang sangat tidak biasa yang dirancang untuk membantu mengunci mangsanya yang tertangkap. Hiu tersebut memiliki tubuh panjang namun ramping, seperti ular, "tidak dikenal dalam hal biologi atau lingkungannya", menurut para ilmuwan, karena ia hidup di kedalaman yang luar biasa di Atlantik dan di lepas pantai Australia, New Selandia, serta Jepang.
Hati-hati, Ini Lima Hewan Paling Mematikan di Dunia
Beraneka macam hewan di dunia ini yang dapat dikategorikan sebagai hewan mematikan yang dapat merenggut nyawa manusia. Mungkin Anda berpikir bahwa ular cobra adalah hewan paling mematikan dengan bisa beracunnya atau mungkin ular pyton paling mematikan karena lilitannya. Tapi faktanya ada hewan yang lebih mematikan dibandingkan dua hewan itu.Walau jarang didengar dan diketahui oleh banyak orang, terdapat setidaknya lima hewan paling mematikan di dunia, walaupun bentuknya tidak menunjukan dapat membunuh orang dengan mudah.Hewan-hewan ini terkenal karena racunnya, diharapkan kita selalu waspada setiap kali bertemu dengan hewan-hewan ini dan lebih baik mengihindarinya.Baca selengkapnya ...
10 Hewan Prasejarah yang Masih Hidup Hingga Saat Ini
 – Ketika zaman dinosaurus punah, masih ada beberapa hewan prasejarah yang bisa bertahan hidup hingga saat ini. Dan mereka kini hidup berdampingan dengan kita, manusia. Karena mereka hewan prasejarah, di antara mereka ada yang sudah mengalami perubahan, tapi ada juga masih tetap dalam bentuk asli mereka.Salah satu hewan prasejarah yang masih ada adalah ikan Coelacanth. Coelacanth adalah ikan asli di tepi pantai Samudra Hindia dan Indonesia. Ini adalah salah satu jenis ikan purba yang pernah dinyatakan punah di akhir zaman Creaceous, sekitar 66 juta tahun yang lalu.Beruntungnya kita, Coelacanth tiba-tiba kembali muncul pada tahun 1938. Ikan ini masih dapat ditemukan di Samudra Hindia. Tentu dengan kemunculan kembali Coelacanth, menjadikan ikan ini sebagai salah satu hewan purba yang berhasil melewati tahap seleksi alam. 
Spesimen Mammoth Baru, Mendukung Upaya Kloning
Saat ini, satu-satunya hewan prasejarah yang sedang mendapat perhatian lebih dari para ilmuwan adalah Mammoth, hewan besar mirip gajah yang memiliki bulu lebat dan gading yang panjang. Hewan ini memang sudah punah, namun berkat penemuan-penemuan fosil dan sisa-sisanya dari jaman prasejarah memunculkan ide para ilmuwan untuk menghidupkannya kembali melalui proses kloning.Apalagi, belum lama ini penemuan spesimen baru Mammoth masih terus ditemukan, salah satunya masih dalam kondisi yang terawat dengan baik ditemukan di Kepulauan Lyakhovsky di Rusia Timur.Spesimen baru ini sangatlah penting karena termasuk sampel kulit yang ilmuwan percaya dapat digunakan dalam mengekstrak DNA untuk tujuan kloning.Baca selengkapnya ...
Sepuluh Hewan Tercepat di Dunia
Ini merupakan sifat manusia untuk menyukai hal yang paling cepat. Kami menyukai mobil yang cepat, komputer cepat, dan juga internet tercepat. Sama seperti hal lainnya, ada beberapa juga yang menyukai hewan tercepat.Anda mungkin bertanya-tanya, apa hewan tercepat di dunia? Ya, saat Tuhan menciptakan hewan-hewan ini, Dia memberi kecepatan yang berbeda untuk alasan yang berbeda, dengan beberapa hewan di kelas yang sama lebih cepat daripada yang lain.Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa hewan tercepat di dunia. Namun, artikel ini didasarkan pada hewan-hewan yang termasuk dalam kelas mamalia. Berikut sepuluh hewan tercepat di dunia yang kami lansir dari laman wonderlist.com.
8 Hewan Berpose Selfie Ini Bikin Kamu Tersenyum
Selfie atau memotret diri sendiri, ternyata tak hanya disukai oleh manusia, kini berfoto selfie bergaya narsis juga telah disukai oleh hewan. Dari mulai hewan peliharaan sampai hewan-hewan liar yang hidup di belantara hutan, juga senang bergaya di depan kamera.Seperti hewan-hewan yang bergaya layaknya manusia di depan kamera karena ingin selfie. Mereka ini terpotret kamera dengan gaya-gaya yang lucu dan menggemaskan. Dijamin bagi siapa saja yang melihatnya pasti akan tersenyum dan dibuat gemas.Penasaran bagaimana lucunya tingkah mereka? Daripada penasaran, langsung saja yuk intip foto-foto selfie hewan-hewan menggemaskan berikut ini.
Fosil Hewan Prasejarah 'Aneh' Ditemukan di China
 – Para ilmuwan di China telah menemukan salah satu organisme prasejarah paling aneh, yang pernah ditemukan. Digambarkan seperti 'makhluk mitos', binatang menyerupai cacing 'berhelm' aneh ini konon tinggal di laut sekitar 500 juta tahun yang lalu.Hewan ini memiliki serangkaian jarum-jarum runcing seperti tusuk koktail, yang berderet di punggungnya. Organisme prasejarah aneh ini dikenal dengan nama Orthrozanclus elongata, spesies ini sangat berbeda dengan fosil-fosil lainnya."Lebih aneh lagi, kepalanya ditutupi oleh cangkang kecil, hampir seperti mengenakan helm sepeda," kata Martin Smith, asisten profesor di Universitas Durham.
Tangkapan Mengerikan Nelayan dari Dasar Laut
Masih banyak hewan-hewan yang hidup di dasar laut menjadi misteri, bahkan sulit untuk ditemukan. Hal ini dikarenakan sulit serta mahal untuk melakukan riset, yang dilakukan hingga ke dasar laut.Namun kadang, ada beberapa hewan yang tinggal di dasar laut muncul ke permukaan untuk alasan tertentu seperti ikan orfish yang panjang atau cumi-cumi raksasa. Tapi masih banyak hewan lainnya yang hidup di dasar laut.Biasanya, hewan-hewan ini memiliki bentuk dan rupa yang menakutkan. Bahkan para nelayan yang tidak sengaja menangkapnya, selalu dibuat terkejut saat menemukan hewan menyeramkan ini di jaring ikan.
10 Kafe Hewan Seru dan Unik dari Berbagai Negara
 – Bisnis kafe hewan atau binatang sedang populer sekarang ini. Ketika orang sudah mulai bosan dengan kafe yang begitu-begitu saja, muncullah gebrakan baru bertema kafe hewan. Di kafe hewan, kita tetap bisa makan dan minum, hanya saja kita ditemani dengan hewan.Sebut saja kucing, anjing, dan sejumlah hewan lain yang lucu. Di dunia, kafe hewan menjadi salah satu destinasi liburan yang wajib untuk dikunjungi.Cafe Little Zoo, Chiba. Terlalu banyak kafe anjing atau kucing pasti memunculkan sedikit rasa bosan. Tidak adakah kafe hewan yang menampilkan hewan-hewan unik? Atau bagi kalian yang bingung ingin ditemani hewan apa ketika sedang makan dan minum, Cafe Little Zoo bisa menjadi pilihan. Kenapa?
Pengertian Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Sumber: begalinformasi.blogspot.co.id Pembahasan kali ini akan kita mulai dengan menjabarkan pengertian Sel Hewan, sebagai berikut: Sel Hewan Sumber: thinkwijaya.blogspot.co.id Sel hewan adalah nama nama lain dari sel eukariotik yang menyusun jaringan h
Pengertian Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Sumber: begalinformasi.blogspot.co.id Pembahasan kali ini akan kita mulai dengan menjabarkan pengertian Sel Hewan, sebagai berikut: Sel Hewan Sumber: thinkwijaya.blogspot.co.id Sel hewan adalah nama nama lain dari sel eukariotik yang menyusun jaringan hewan. Sel hewan tidak sama dari sel eukariotik lain, seperti sel tumbuhan, lantaran mereka tidak mempunyai kloroplas, dinding sel serta umumnya sel hewan mempunyai vakuola yang lebih kecil, bahkan juga tidak ada. Lantaran tidak mempunyai dinding sel yang keras, sel hewan memiliki bentuk beragam. Sel manusia adalah satu diantara contoh bentuk sel hewan. Sel hewan mempunyai organel yang khas yakni sentriol yang tidak diketemukan pada sel tumbuhan.