Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Donorkan Darah 'Ajaib', Pria ini Selamatkan 2,4 Juta Nyawa Bayi

 – Pada tahun 1951, seorang anak berusia 14 tahun bernama James Harrison dari Australia terbangun setelah menjalani operasi besar. Dokter mengambil salah satu paru-parunya dan membuatnya harus terbaring di rumah sakit selama 3 bulan penuh.

Selama masa sulit tersebut, Harrison mengetahui kalau ia bisa tetap bertahan hidup berkat transfusi darah dalam jumlah besar yang ia terima selama sakit. Dari sinilah, ia berjanji untuk mendonorkan darahnya sendiri agar bisa menolong orang lain.

Undang-undang Australia, sebelumnya mengharuskan donor darah berusia setidaknya 18 tahun. Alhasil, ia harus menunggu 4 tahun lagi untuk melaksanakan janjinya. Setelahnya, ia mendonorkan darahnya secara teratur ke Palang Merah Australia selama 60 tahun. Palang Merah memperkirakan bahwa, Harrison telah menolong nyawa jutaan orang dengan darahnya.

Read Full Article
Donorkan Darah 'Ajaib', Pria ini Selamatkan 2,4 Juta Nyawa Bayi
 – Pada tahun 1951, seorang anak berusia 14 tahun bernama James Harrison dari Australia terbangun setelah menjalani operasi besar. Dokter mengambil salah satu paru-parunya dan membuatnya harus terbaring di rumah sakit selama 3 bulan penuh.Selama masa sulit tersebut, Harrison mengetahui kalau ia bisa tetap bertahan hidup berkat transfusi darah dalam jumlah besar yang ia terima selama sakit. Dari sinilah, ia berjanji untuk mendonorkan darahnya sendiri agar bisa menolong orang lain.Undang-undang Australia, sebelumnya mengharuskan donor darah berusia setidaknya 18 tahun. Alhasil, ia harus menunggu 4 tahun lagi untuk melaksanakan janjinya. Setelahnya, ia mendonorkan darahnya secara teratur ke Palang Merah Australia selama 60 tahun. Palang Merah memperkirakan bahwa, Harrison telah menolong nyawa jutaan orang dengan darahnya.
Cara Praktis Membedong Bayi
Kegiatan membedong bayi dilakukan biasanya saat bayi baru lahir atau maksimal sebulan. Rata-rata orang Asia suka membedong bayi, termasuk Indonesia. Semakin modern, kegiatan membedong bayi ini pun juga mengikuti zaman. Mulai dari bahan bedong yang lebih ringkas hingga keleluasaan bayi bergerak dalam bedong.Yang pasti, saat kita di rumah sakit bayi akan dibedong sama perawat di sana. Soalnya akan membuat bayi itu lebih nyaman seperti dipeluk seperti dia waktu dalam rahim. Jadi tidak terlalu kaget adaptasinya dengan dunia luar, karena bagaimanapun bayi akan mencari kenyamanan yang sama seperti di dalam perut.Tapi yang perlu kita tahu, membedong bayi itu bukan bertujuan untuk meluruskan kaki. Karena semua bayi saat lahir pasti akan menekuk sedikit. Karena osisi dia saja meringkuk dalam rahim, jadi wajar kalau saat lahir agak menekuk sedikit. Tenang saja kalau sesuai tumbuh kembangnya, kaki bayi akan lurus dengan sendirinya tanpa dibedong.
Cara Atasi Bintik Merah pada Kulit Bayi
Pengalaman pertama memiliki bayi memang sangat menyenangkan sekaligus menegangkan. Bagaimana tidak, karena belum terlalu berpengalaman dalam mengurus bayi, maka tak heran apabila ada masalah sedikit saja, seperti munculnya bintik merah pada kulit bayi, langsung membuat kita sebagai orang tua menjadi panik.Adanya bintik merah pada kulit bayi memang bukanlah pertanda yang baik, namun meskipun demikian Anda tidak perlu panik. Patut diketahui, pada tahun-tahun pertama kelahiran bayi maka kulit bayi tersebut masih sensitif karena lapisan pada kulit bayi belum sempurna sehingga sangat rentan terhadap gangguan-gangguan dari manapun.Nah, untuk itu Anda diharuskan sangat berhati-hati di dalam memilih produk bayi. Kesalahan di dalam memilih porduk bayi akan bisa memicu terjadinya alergi pada kulit bayi dan menimbulkan bintik merah.
9 Tips Memilih Tas Bayi Sesuai Kebutuhan
Tas bayi atau yang biasa disebut diaper bag tas popok menjadi salah satu perlengkapan wajib yang harus dimiliki bayi baru lahir. Tak jarang, calon ibu muda justru sudah menyiapkan semua perlengkapan bayi mereka jauh-jauh hari.Selain karena senang menyambut hadirnya anggota keluarga baru, tentu karena merasa tertarik dengan baby stuff yang model serta warnanya lucu-lucu. Agar tas bayi yang ingin kalian beli nantinya tahan dan awet, maka perhatikan beberapa tips memilih tas bayi berikut ini.Diharapkan tips berikut ini sangat bermanfaat untuk Anda dan bayi.Kira-kira, apa saja tipsnya? Langsung saja yuk simak berikut ini ulasannya.
Di Tana Toraja, Bayi Meninggal Dikubur di dalam Pohon
Masyarakat Kabupaten Tana Toraja, di Sulawesi Selatan, terkenal dengan ritual pemakaman yang aneh-aneh, seperti pemakaman di gua-gua sampai tradisi tahunan Ma Nene.Namun, untuk bayi yang meninggal, penduduk setempat memiliki ritual pemakaman yang tak biasa untuk menguburkan jasad bayi yang sudah meninggal. Mereka akan membungkus jasad bayi dengan kain, lalu menyegel jasad bayi tersebut di dalam pohon agar bisa diserap oleh alam.Bayi yang meninggal sebelum giginya tumbuh, memang mempunyai cara pemakaman yang berbeda dengan orang yang sudah dewasa di Tana Toraja. Biasanya, jasad bayi akan dikuburkan di pohon raksasa yang cekung. Kemudian warga akan membuat lubang pada batang pohon itu untuk menempatkan jasad bayi yang sudah dibungkus dengan kain.
Kenali Manfaat Bedak Bayi untuk Kecantikan
Apakah Anda pernah menggunakan masker bedak bayi? Mungkin sebagian dari kita belum pernah menggunakannya. Hal itu dikarenakan bedak bayi sering kali digunakan untuk para bayi saja.Padahal selain untuk bayi, ternyata bedak bayi ini juga bisa digunakan untuk wajah orang dewasa. Banyak manfaat bedak bayi bagi kecantikan kulit kita. Sebut saja di antaranya adalah bisa membantu menghaluskan kulit wajah dan mencegah timbulnya jerawat pada wajah.Tidak hanya baik untuk wajah saja, bedak bayi juga mempunyai manfaat hebat lainnya yaitu bisa membantu menebalkan alis mata dan membantu agar warna lipstik lebih tahan lama. Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui apa saja sih manfaat dari bedak bayi bagi kecantikan. Yuk simak penjelasan berikut ini.
Lima Penyebab Penyakit Kuning pada Bayi
Penyakit kuning adalah salah satu penyakit yang menyerang hati dan sering ditemui pada bayi yang baru lahir. Meskipun begitu, tak menutup kemungkinan juga terjadi pada orang dewasa.Kalau dalam bahasa inggris, penyakit kuning sering disebut dengan "Jaundice". Kuning terjadi, jika kadar zat yang disebut "bilirubin" terlalu banyak di dalam darah. Apabila pembentukan bilirubin lebih banyak daripada kemampuan hati untuk metabolismenya, maka bayi akan menjadi kuning.Hal ini terjadi karena pemecahan sel darah merah pada bayi yang baru lahir lebih banyak daripada orang dewasa. Sehingga produksi bilirubin lebih tinggi dan hati bayi yang masih berkembang kapasitasnya masih terbatas untuk metabolisme bilirubin tersebut. Itulah sebabnya, secara normal semua bayi akan mengalami kuning.
Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Kanker, Kista dan Jantung
.co.id – Tanaman ini sering disebut daun sambung nyawa, salah satu tumbuhan herba yang sering dijadikan lalapan nusantara. Nama lain daun sambung nyawa atau nama lainnya disebut sambung nyowo, akar sebiak, dan daun dewa.Nama latin daun sambung nyawa disebut Gynura Procumbens, merupakan tanaman asli dari Indonesia yang digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Manfaat daun sambung nyawa telah lama digunakan nenek moyang kita untuk mengobati penyakit kronis, termasuk kanker.Penyebaran tanaman ini paling banyak ditemukan di pulau Jawa, Sumatra, Bali, juga ada di China dan Afrika. Dalam pengobatan tradisional, ekstrak tanaman ini diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan herba ampuh. Di era modern saat ini, daun sambung nyawa juga telah dijadikan dalam bentuk kapsul untuk mempermudah konsumen.
5 Tanda Penggumpalan Darah dalam Tubuh
Mengalami penggumpalan darah sebenarnya sangat menguntungkan jika diprioritaskan untuk menangani pendarahan saat tubuh terluka. Berbeda saat melihat pasien yang menderita hemofilia, tampaknya darah akan terus mengalir deras, karena kondisi darah sudah tak mampu lagi untuk dibekukan.Tetapi ketika darah membeku di pembuluh darah, hal itu juga berdampak buruk karena bisa memicu persoalan medis yang cukup serius. Contoh konkret yang bisa dilihat ketika arteri maupun vena dipenuhi oleh darah yang menggumpal, maka bisa jadi lapisan dalam vena mengalami kerusakan fatal. Tidak hanya itu, pembekuan darah bisa mengundang serangkaian gangguan tubuh secara tak diduga.Layaknya mengalami pembekuan darah koroner sebagai penyebab terjadinya serangan jantung, penggumpalan darah di pembuluh mata juga dapat mengakibatkan kemacetan pembuluh darah retina dan sebagainya. Lantas, bagaimana penanggulangan jika tubuh mengalami penggumpalan darah secara tidak wajar? Dengan cara mengenali tanda-tandanya, maka langkah pencegahan bisa segera dilakukan. Baca Selengkapnya...
Ajaib, Lima Bayi Ini Selamat dari Peristiwa Mengerikan
Hidup dan mati seseorang adalah milik Tuhan. Tidak ada yang tidak mungkin, jika Tuhan sudah berkehendak, apapun bisa terjadi. Seperti yang dialami bayi-bayi ini yang selamat dari peristiwa mengerikan.Jika dipikirkan secara logika, bayi-bayi ini seharusnya tewas karena mengalami kejadian yang tragis yang seharusnya merenggut nyawanya. Namun karena Tuhan berkata lain, bayi-bayi ini pun menjadi selamat.Dan berikut ini, seperti yang dilansir dari Oddee, lima kisah bayi yang selamat dari peristiwa mengerikan. Penasaran, peristiwa seperti apakah itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini.
Lima Manfaat Lain dari Bedak Bayi
Bedak bayi identik dengan bedak yang khusus digunakan untuk bayi, terbuat dari bahan yang aman dan lembut, sehingga dapat mengurangi iritasi pada kulit bayi. Namun sejatinya, bedak bayi yang memiliki aroma khas yang lembut juga dapat digunakan untuk orang dewasa.Yang paling sering kita dengar adalah bedak bayi dapat menjadi pengganti deodoran untuk mengatasi keringat berlebih. Selain itu, ternyata masih ada lagi manfaat bedak bayi untuk kita yang bukan lagi bayi. Berikut beberapa manfaatnya.Sebagai dry shampoo. Wanita sering merasa kurang percaya diri jika rambut mereka lepek, meskipun ia selalu keramas tepat waktu bahkan tiap hari, kadang rambut lepek kerap muncul jika seharian berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung dalam waktu lama.
Ajaib, Baru Lahir Bayi Ini Tampak Seperti Melangkah Berjalan
Bayi yang baru lahir pada umumnya tidak mampu berbuat apa-apa. Bayi yang baru lahir sangat lemah dan bahkan mengalami kesulitan untuk membuka matanya sendiri. Tetapi berbeda dengan bayi yang satu ini. Baru saja dilahirkan, bayi ini terekam video dapat melangkah berjalan sambil berpegangan kepada perawat rumah sakit.Bayi ini terlahir sehat, namun apa yang dilakukannya sangat mengejutkan. Bayi ini melangkah dan tampak berusaha menyeimbangkan langkah kakinya. Berjalan di atas tempat tidur rumah sakit, bayi yang baru saja lahir ini seperti bertumpu pada lengan seorang perawat rumah sakit tersebut.Bayi ini benar-benar mematahkan persepsi pada umumnya, yaitu seorang bayi yang baru saja lahir adalah makhluk yang sangat lemah. Bayi ini terlihat kuat dan bertenaga untuk berusaha melangkah. Saksikan video selengkapnya berikut ini.
Bocah 11 Tahun Donorkan Organ Untuk Selamatkan 6 Nyawa
Seorang bocah perempuan berusia 11 tahun asal Tiongkok rela mendonorkan organ-organ tubuhnya untuk menyelamatkan banyak nyawa orang lain. Bocah bernama Yating itu, menderita miastenia sejak musim panas lalu.Dia koma selama 57 hari, karena cedera otak yang disebabkan oleh pengobatan tertunda saat ia pingsan di tengah malam hari, pada 13 September lalu. Dokter berulang kali mengatakan bahwa, mustahil bagi Yating untuk bangun lagi.Tak tega melihat putrinya menderita karena penyakit tersebut, orang tua bocah itu bergegas menghubungi hotline donor organ Rumah Sakit Wujing di Beijing.
Perancang Sepatu Hak Tinggi Bayi Klaim Produknya Aman
Meskipun pemakaian sepatu hak tinggi atau high heels dianggap dapat membahayakan kesehatan kaki, jenis sepati ini merupakan salah satu tren fashion yang paling diminati para wanita di seluruh dunia. Lalu, bagaimana, jika kini high heels dirancang untuk bayi yang bahkan belum mampu menggunakan kaki untuk berjalan?Pee Wee Pumps merupakan perusahaan sepatu asal Pennsylvania yang mengeluarkan produk fashion kontroversial ini, high heels untuk bayi-bayi perempuan. Sejak awal promosi produk mereka pada awal tahun yang lalu, high heels bayi ini sudah mendapatkan kritik pedas dari para orang tua.Namun, perusahaan ini tetap berjalan memperkenalkan produk inovasi mereka ke pasar yang lebih luas. Seperti dilansir Mirror, 25 Februari, high heels bayi ini dianggap sebagai produk yang melecehkan bayi dan membuat bayi-bayi lucu itu dewasa sebelum waktunya.
Konsumsi Ini Anda Terhindar dari Serangan Jantung dan Stroke
 – Ketika darah di pembuluh darah mengalir lancar, ada suplai darah yang baik ke organ vital, seperti otak dan jantung. Namun, karena banyak alasan, aliran darah ke organ-organ ini akan dibatasi. Alasan aliran darah yang terbatas ini antara lain, karena penebalan darah dan deposisi kolesterol jahat pada dinding bagian dalam pembuluh darah.Selain itu juga, adanya bekuan di pembuluh darah yang terbentuk karena pendarahan internal (hemorrhages). Semua kondisi ini menimbulkan risiko pada organ utama, seperti jantung dan otak. Karena terbatasnya aliran darah ke jantung dan otak, ada kemungkinan serangan jantung dan sel-sel otak juga bisa rusak, kondisi ini disebut sebagai stroke.Ada beberapa makanan yang dapat mencegah Anda dari serangan jantung dan stroke. Makanan-makanan ini dapat meningkatkan aliran darah Anda. Berikut beberapa makanan yang mampu mencegah serangan jantung stroke. Baca Selengkapnya ...
Kenali Gejala Awal Kanker Darah
Kanker adalah penyakit berbahaya, yang terbukti berakibat fatal bahkan mematikan. Ada banyak jenis kanker, tergantung pada apa yang organ sel-sel kanker serang. Salah satu kanker yang mematikan adalah kanker darah.Pada kanker darah, sel-sel kanker merusak sistem peredaran darah tubuh. Ini memengaruhi produksi darah, sirkulasi darah, dan pemurnian darah tubuh. Hal ini juga memengaruhi sumsum tulang pada beberapa kasus.Ada tiga jenis utama kanker darah. Yang pertama adalah leukemia, di mana pembentukan darah mengurangi. Yang kedua adalah Limfoma, di mana sel-sel darah putih yang terpengaruh.
Mengenal Penyebab dan Gejala Pembekuan Darah
Pembekuan darah dalam istilah medis disebut dengan deep vein thrombosis DVT . Pembekuan atau penggumpalan darah bisa menguntungkan, tapi sebaliknya juga bisa merugikan. Pembekuan darah bisa dikatakan menguntungkan, jika terjadi pada saat cedera atau terluka, karena membantu menghentikan pendarahan.Namun, akan menjadi hal serius ketika pembekuan darah terjadi di dalam pembuluh darah vena atau arteri yang mengalirkan darah dari dan ke organ jantung. Jika kondisi ini terjadi, maka bisa dipastikan akan sangat menyakitkan dan berbahaya, karena menyebabkan kemacetan pada sirkulasi darah.Bisa dibayangkan jika sirkulasi darah terhambat, maka organ-organ vital akan kekurangan darah dan juga oksigen, yang jika tidak diatasi dapat berakibat fatal. Mengingat besarnya bahaya yang ditimbulkan akibat pembekuan darah, sudah selayaknya kita mengenal tanda-tanda pembekuan darah berikut ini.
5 Pertanda ini Tunjukkan Sirkulasi Darah Tak Lancar
 – Tahukah Anda bahwa peredaran darah yang terjadi dalam tubuh kita, sesungguhnya tidak pernah berhenti. Namun, jarang bagi kita untuk memperhatikan hal tersebut, hanya pada kondisi-kondisi tertentulah kita baru menyadari bahwa perlu memperhatikan darah yang ada dalam tubuh kita.Jumlah darah yang dalam tubuh manusia sebanyak enam liter, tentu dalam peredaran darah secara normal manusia tidak akan merasakan apa-apa, kecuali peredaran darah itu mengalami gangguan sehingga tubuh akan memberitahukan atas efek ketidak lancaran peredaran darah dengan berbagai tanda-tanda tertentu.Pada dasarnya darah yang berada dalam tubuh manusia memiliki fungsi untuk menghantarkan oksigen yang diperlukan sel-sel tubuh yang diperlukan manusia. kemudian fungsi darah yang lain di antaranya, memberikan nutrisi pada sel, menghilangkan limbah, melindungi tubuh dari infeksi, dan masih banyak lagi. Lalu, apa tanda-tanda jika sirkulasi darah tidak lancar?
Dampak Buruk dan Cara Bersihkan Darah Kotor
Darah memiliki peran penting dalam tubuh kita, yaitu mengalirkan nutrisi serta oksigen ke seluruh tubuh. Kemampuan tubuh dalam melakukan proses metabolisme juga sangat dipengaruhi oleh kondisi darah di dalam tubuh.Darah yang bersih akan membuat semua organ tubuh berfungsi dengan baik. Namun sebaliknya, darah yang kotor juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh kita. Darah kotor dapat menghambat kinerja tubuh sehingga menjadi kurang maksimal.Darah kotor sendiri merupakan suatu kondisi di mana peredaran darah mengalami mengalami kotor akibat dari remanens ataupun sisa-sisa penyaringan darah yang tidak sempurna. Darah kotor inilah yang nantinya berdampak pada penyembuhan luka.
Ini Pemilik Golongan Darah Paling Superior
Menurut hasil penelitian, jenis darah memiliki hubungan yang mendalam dengan tingkat kesehatan Anda. Bahkan mereka menyatakan, kebiasaan makan dapat didasarkan pada golongan darah. Ini berarti, kinerja, penyakit, emosi, bahkan seluruh kehidupan Anda, memiliki hubungan dengan golongan darah Anda.Penelitian lain juga menyebutkan bahwa kebiasaan makan Anda tidak mungkin terkait dengan golongan darah, tetapi kesehatan Anda tentu terkait dengan golongan darah Anda. Dan golongan darah yang sering diperbincangkan para ahli adalah golongan darah O.Ya, menurut para peneliti, orang dengan golongan darah O diasumsikan berisiko lebih rendah terhadap masalah kesehatan yang berkaitan dengan kardiovaskular, seperti stroke atau serangan jantung. Lalu, dari empat jenis golongan darah, yaitu A, B, AB, dan O, benarkah golongan darah O paling superior? Mari kita kupas satu per satu.
Respect! Bocah Ini Donorkan Organ Tubuhnya Demi Selamatkan Nyawa Orang Lain | Bacatulisan.com
Berbuat baik memang tak memandang usia. Kita sebagai manusia memang dianjurkan untuk berbuat baik kepada sesama. Dan cerita inspiratif dari seorang bocah 11 tahun asal China ini mungkin bisa mengetuk pintu hati kita untuk tetap berbuat baik meski tubuh tak mampu lagi bergerak.
Pemilik Golongan Darah O Wajib Berhati-hati
Jika Anda pemilik golongan darah O, mungkin Anda sudah tahu bahwa pemilik golongan darah ini bisa mendonorkan darahnya untuk semua golongan darah lain, dan ini merupakan karakteristik yang sangat unik.Tapi di sisi lain, pemilik golongan darah ini ternyata hanya dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah yang sama. Namun, ini bukan satu-satunya hal yang membuat Anda istimewa. Ada hal-hal lain yang membuat pemilik golongan darah ini benar-benar unik dan berbeda dari yang lain.Memang benar, pemilik golongan darah O lebih rentan terhadap beberapa penyakit, tapi siapa sangka, Anda juga memiliki karakter sebagai seorang pemimpin, Anda sangat energik, selalu fokus pada tujuan, dan tidak membiarkan apapun menghalangi jalan yang Anda pilih. Karakteristik yang kuat membuat Anda menjadi spesial dan banyak disukai.
8 Foto Mengerikan yang Tertangkap Kamera Monitor Bayi
 – Adanya monitor bayi, memungkinkan orangtua untuk mengawasi sang buah hati dari kejauhan. Monitor bayi juga bisa merekam aktivitas bayi, ketika di luar pengawasan orangtua. Bayi yang masih belia, biasanya suka tidur di ranjang berukuran kecil yang ada penghalangnya, agar si bayi tidak jatuh atau keluar begitu saja.Meskipun terlihat aman, tapi tetap saja beberapa orangtua merasa khawatir hingga menerapkan kamera monitor untuk mengawasi apa yang dilakukan si buah hati. Namun, berbeda dengan foto-foto mengerikan ini yang tertangkap monitor bayi.Foto-foto ini menunjukkan hal-hal mengerikan yang berhasil tertangkap monitor bayi. Berikut ini foto-fotonya yang dihimpun dari situs Stomp Singapura. Penasaran bukan? Langsung simak berikut ini ulasannya.