Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Kenali Dua Tips Berpuasa Sehat bagi Penderita Maag

 – Seperti kita ketahui memasuki bulan puasa beberapa hal menjadi berubah termasuk pola makan. Di mana biasanya seseorang makan tiga kali sehari atau lebih, polanya berubah menjadi dua kali sehari. Sehingga selama kurang lebih 14 jam perut tidak terisi apapun sampai saatnya berbuka.

Dengan begitu, perubahan pola makan inilah yang berpengaruh terhadap tubuh termasuk berkurangnya berat badan dan peningkatan asam lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan peradangan yang biasa disebut maag atau dipepsia.

Gejalanya meliputi rasa sakit di bagian perut, mual, muntah dan perut kembung. Maag dikategorikan menjadi dua macam yaitu fungsional dan organik. Adapun penderita maag akibat organik berpuasa dapat memperparah kondisi tubuh jika tidak ditangani dengan baik.

Read Full Article
Inilah Ciri-ciri Anda Sedang Menderita Sakit Maag
 – Ciri ciri penyakit maag sangat penting sekali untuk diketahui dan dikenali, agar Anda bisa meminimalkan terjadinya komplikasi atau hal-hal yang mungkin dapat membahayakan kesehatan.Nyeri di ulu hati, mual dan bahkan muntah setelah makan, sangat erat dihubungkan dengan penyakit maag. Akan tetapi, gejala atau ciri ciri penyakit maag bukan hanya itu saja.Masih ada sejumlah gejala atau ciri-ciri penyakit maag lainnya, yang harus Anda ketahui. Agar penyakit maag Anda bisa dikenali dan bisa segera diobati.
Kenali Dua Tips Berpuasa Sehat bagi Penderita Maag
 – Seperti kita ketahui memasuki bulan puasa beberapa hal menjadi berubah termasuk pola makan. Di mana biasanya seseorang makan tiga kali sehari atau lebih, polanya berubah menjadi dua kali sehari. Sehingga selama kurang lebih 14 jam perut tidak terisi apapun sampai saatnya berbuka.Dengan begitu, perubahan pola makan inilah yang berpengaruh terhadap tubuh termasuk berkurangnya berat badan dan peningkatan asam lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan peradangan yang biasa disebut maag atau dipepsia.Gejalanya meliputi rasa sakit di bagian perut, mual, muntah dan perut kembung. Maag dikategorikan menjadi dua macam yaitu fungsional dan organik. Adapun penderita maag akibat organik berpuasa dapat memperparah kondisi tubuh jika tidak ditangani dengan baik.
Air Kelapa, Minuman Segar yang Bisa Sembuhkan Maag
 – Seperti kita ketahui, air kelapa sering dinikmati sebagai minuman pelepas dahaga. Karena di balik rasanya yang manis, enak, bahkan menyegarkan, ternyata air kelapa sangat baik untuk penderita maag. Dan tahukah Anda, penyakit maag sangat erat kaitannya dengan tingkat asam lambung dalam tubuh seseorang.Tapi, jika asam lambung berada dalam jumlah tak wajar, bisa menyebabkan berbagai gangguan pencernaan yang salah satunya adalah penyakit maag. Mengingat ketika maag kambuh tentu akan sangat mengganggu karena perut akan terasa nyeri dan melilit.Kondisi ini telah banyak diderita, tapi banyak orang yang sering melakukan kebiasaan buruk di saat maag kambuh sehingga berkembang menjadi lebih parah atau kronis. Jika demikian, maka jelas maag akan sangat berbahaya bahkan bisa berakibat pada kematian.
6 Cara Mempersiapkan Tubuh Berpuasa di Bulan Ramadan
 – Bulan suci Ramadan akan dimulai dalam beberapa hari ke depan. Dan ini saatnya bagi orang-orang muslim untuk berpuasa. Dimulai dari terbit matahari hingga terbenam matahari, kita harus menahan rasa haus dan lapar. Perubahan pola makan ini, kadang dirasa berat oleh sebagian orang.Apalagi bagi mereka yang tidak terbiasa berpuasa di bulan-bulan lainnya. Namun, banyak sekali manfaat berpuasa dan hal tersebut telah dibuktikan dokter dan ahli nutrisi.Lantas apa yang harus kita persiapkan untuk berpuasa, terutama mempersiapkan tubuh? Berikut adalah 6 hal yang harus selalu kita perhatikan menjelang puasa di Bulan Ramadan yang kami kutip dari Alarabiya.
Senyawa Alami Daun Karet Kebo Ampuh Obati Maag
 – Sakit maag merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap dianggap lumrah di kalangan masyarakat. Karena, begitu banyak penyerangan penyakit maag yang dialami masyarakat, tanpa mengenal usiap sekalipun. Namun, sebenarnya sakit maag bukanlah masalah sepele, karena bisa sangat mengganggu penderitanya.Sakit maag merupakan istilah dari seseorang yang menggambarkan nyeri yang berasal dari usus halus, lambung atau bahkan kerongkongan, akibat dari beberapa kondisi. Seperti di antaranya, akibat luka yang muncul di lapisan dalam lambung, efek samping obat anitiinflamasi, dan stres.Serta dapat diakibatkan pula oleh infeksi bakteri H.pylory. Terlebih lagi, seseorang yang menderita sakit maag akan merasakan gejala yang lebih buruk jika dirinya dalam keadaan stres. Maka dari itu, sebaiknya segera lakukan pengobatan sebelum maag tersebut lebih memperburuk keadaan Anda.
Makna di Balik Bau Mulut Orang Berpuasa
Bau mulut adalah masalah umum yang dialami oleh banyak orang dari segala usia. Di sisi lain, bau mulut tidak sedap, ternyata juga dapat menjadi indikasi adanya penyakit tertentu. Meski tampak sederhana, tapi bau mulut yang tidak ditangani dapat membuat orang tidak percaya diri.Tidak jarang, kondisi ini mengganggu hubungan personal. Bau mulut yang tidak sedap, umumnya disebabkan penumpukan bakteri pada gigi, gusi, dan lidah. Umumnya, kondisi tersebut muncul ketika terjadi penurunan kadar air liur yang berperan sebagai pembersih bakteri atau kebersihan gigi kurang.Berbeda halnya bau mulut di waktu orang berpuasa, bau mulut orang berpuasa tidak disebabkan oleh bakteri pada gigi, gusi, dan lidah. Bau mulut orang yang berpuasa lebih disebabkan oleh penurunan kadar air liur. Bau mulut orang berpuasa kelak di hadapan Allah Swt lebih harum dari kesturi.
Rutin Minum Ramuan Biji Pala Selama 30 Hari Bisa Obati Maag
 – Maag merupakan salah satu jenis penyakit berupa atau menggambarkan rasa nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, dan bahkan tenggorokan akibat suatu kondisi. Sakit maag ini dapat disebabkan oleh banyak hal.Meski sebagian besar sakit maag dapat hilang sendiri tanpa harus melalui penanganan. Namun sakit maag tersebut dapat terasa kembali. Karena sebagian besar obat-obatan penanganan maag hanya bersifat sebagai penenang saja.Selain dengan memanfaatkan obat-obatan di pasaran, cara untuk pengobatan sakit maag banyak pula macamnya. Salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan cara alami. Banyak bahan atau tanaman alami yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan sakit maag. Salah satunya ialah dengan memanfaatkan biji pala.
Tips Mendaki Gunung saat Berpuasa
Mendaki gunung memang kini bukan sekadar hobi saja, melainkan sudah menjadi kebutuhan hidup di zaman modern. Namun ketika memasuki bulan Ramadan bagi umat Islam tentunya diwajibkan untuk berpuasa. Nah walaupun sedang berpuasa kita masih bisa tetap mendaki gunung. Asal mengikuti tips di bawah ini.Pendakian Anda di bulan Ramadan tidak akan terlalu terganggu walaupun sedang berpuasa, jangan membatalkan puasa hanya karena ingin mendaki gunung, justru Anda bisa menganggapnya sebagai tantangan tersendiri, namun jangan memaksakan diri.Saat puasa tentunya kekuatan tubuh sedikit menurun, jangan memaksakan diri untuk mendaki di gunung yang memiliki jalur cukup ekstrem dan menguras banyak tenaga, seperti gunung Slamet, Sindoro hingga Rinjani.
Solusi Tepat Atasi Batuk Saat Berpuasa
Mengalami batuk pada saat berpuasa, kemungkinan bisa saja terjadi. Apalagi, adanya peralihan musim dari panas ke dingin. Seseorang yang menderita batuk saat berpuasa, tentu akan mengalami gatal dan rasa tidak nyaman di tenggorokan.Tentu saja, kondisi ini akan mengganggu kenyamanan Anda saat berpuasa. Bahkan dikatakan, risiko batuk yang terjadi saat berpuasa lebih besar dibandingkan dengan kondisi tidak berpuasa. Selain faktor cuaca yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun dan memudahkan berbagai jenis bakteri masuk ke dalam tubuh.Kurangnya masukan air saat berpuasa akan menyebabkan seseorang mudah dehidrasi dan memicu terjadinya batuk. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir, karena kali ini kami akan memberikan solusi tepat untuk mengatasi batuk saat berpuasa.
Penyebab dan Gejala Sakit Maag Kronis
Maag adalah salah satu jenis penyakit gangguan pencernaan yang disebabkan adanya peradangan pada organ lambung atau tukak lambung. Peradangan ini mampu memunculkan rasa sakit dan perih pada ulu hati.Maag kronis diartikan sebagai gangguan pencernaan yang terjadi akibat iritasi selaput lendir pada lambung yang disebabkan oleh produksi asam lambung. Gangguan maag dibedakan menjadi dua, yaitu maag kronis dan maag akut.Di mana keduanya mempunyai penyebab dan gejala yang sama. Akan tetapi yang membedakan keduanya ialah gejala maag kronis dapat muncul secara menahun, sementara maag akut mempunyai gejala yang mendadak dan terjadi dalam waktu singkat.
Empat Orang yang Boleh Tidak Berpuasa Ramadan
Puasa Ramadan hukumnya wajib bagi orang muslim. Meski demikian, ada beberapa kondisi yang membuat seseorang tidak bisa melaksanakan ibadah puasa. Kira-kira bagaimana hukumnya jika ada orang Islam yang dengan sengaja meninggalkan puasa Ramadan?Ternyata, ada tiga kelompok manusia di bulan Ramadan, yakni kelompok manusia yang boleh berpuasa dan boleh tidak berpuasa, kelompok manusia yang wajib tidak berpuasa, dan kelompok manusia yang wajib berpuasa. Lalu, siapa saja kelompok tersebut dan apa alasannya?Kelompok manusia yang boleh berpuasa dan boleh tidak berpuasa. Orang yang mengalami sakit saat Ramadan. Maksudnya adalah orang yang menderita penyakit sehingga membuatnya bisa disebut tidak sehat untuk berpuasa.
Kacang Hijau, Ramuan Ajaib Obati Sakit Maag
 – Kerap kali kita menjumpai orang yang mengaku terkena sakit maag. Tak jarang pula, mereka mengakui sangat terganggu dengan hadirnya sakit maag ini. Seseorang yang tengah mengalami sakit maag, sangat diharuskan untuk benar-benar menjaga pola makannya dengan baik.Serta, penderita pun harus menghindari segala macam yang dapat memicu gejala timbulnya sakit maag tersebut. Nah, ternyata kacang hijau dapat menjadi makanan terbaik untuk penderita sakit maag. Nah, bagi Anda yang saat ini tengah mengalami sakit maag dan telah menjadi parah.Cobalah untuk mengobati sakit maag Anda dengan memanfaatkan kacang hijau sebagai bahan alaminya. Untuk cara pengolahan kacang hijau itu sendiri, Anda dapat mengikuti cara seperti di bawah ini.
5 Perkara yang Sebaiknya Dihindari Saat Berpuasa
Menurut kalender Islam, Ramadan merupakan bulan untuk berpuasa. Yakni, waktu di mana orang-orang Islam akan berpuasa di siang hari, dan makan pada waktu matahari terbenam. Bagi umat Islam, berpuasa di bulan Ramadan ini memiliki banyak sekali manfaatnya, baik untuk kesehatan maupun rohaninya.Sebenarnya, menghabiskan banyak waktu tanpa mengonsumsi apapun, dapat berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah, terutama bagi mereka yang memiliki kadar glukosa tinggi. Selama waktu berpuasa ini, tubuh akan mempergunakan seluruh kadar gula yang menumpuk dalam darah.Sebagian orang berhasil menurunkan berat badan mereka, dan sebagian lainnya berhasil menurunkan tingkat kolesterolnya, setelah mereka menjalani puasa selama sebulan penuh. Namun, ada juga beberapa kesalahan yang perlu dihindari, selama menjalani ibadah puasa. Apa saja itu?
Daftar Makanan yang Dilarang untuk Penderita Maag
Penyakit maag bisa kambuh secara tiba-tiba dan dapat memburuk dari waktu ke waktu. Adakalanya penderita sakit maag harus mengikuti pantangan. Artinya Anda harus memilah jenis-jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.Maag ialah penyakit pada lambung yang diakibatkan oleh selaput lambung yang meradang. Penyebabnya cukup bervariasi. Tapi biasanya berkisar dari infeksi bakteri, luka traumatis, alcohol, dan pemakaian obat pereda nyeri yang berlebihan. Bila tidak diobati, maag bisa memicu munculnya bisul pada lambung atau bahkan kanker lambung.Selain dari mengobati sakit maag, Anda juga harus mengubah gaya hidup serta pola makan sedemikian rupa agar bisa kurangi peradangan dan meringankan ketidak nyamanan yang dimunculkan. Berikut ini adalah daftar pantangan makanan penyakit maag yang harus Anda hindari atau setidaknya batasi.Baca Selengkapnya...
Intip Cara Sehat Berpuasa untuk Penderita Diabetes
 – Tak mudah untuk berpuasa bagi mereka yang mempunyai masalah diabetes. Diperlukan cara sehat berpuasa yang tepat untuk bisa menjalani ibadah puasa tanpa mengorbankan kesehatan.Sementara itu bulan puasa Ramadan sudah ada di depan mata. Tinggal beberapa hari lagi kita akan menyambut bulan puasa Ramadan. Karena itu, sekarang kita akan berbagai beberapa cara sehat berpuasa untuk penderita diabetes.Hal ini agar penderita diabetes bisa tetap sehat dan juga fit selama menjalankan ibadah puasa. Lantas bagaimana seharusnya cara sehat berpuasa untuk penderita diabetes? Berikut merupakan beberapa tips puasa yang sebaiknya dijalankan.
Begini Situasi Ramadan di Lima Negara Minoritas Muslim
Puasa Ramadan merupakan rukun Islam yang ke-4 di mana hukumnya wajib bagi umat Muslim untuk menyempurnakan agama. Berpuasa di Indonesia sebenarnya tak sulit-sulit amat, karena Indonesia merupakan negara mayoritas Islam. Selain itu, lama waktu berpuasa di sini cuma 13 sampai 14 jam. Coba bandingkan dengan mereka yang sedang tinggal di negara minoritas Muslim.Memang tidak mudah berpuasa di negara minoritas, apalagi jika ada masyarakatnya yang tidak menghargai agama Islam. Di sinilah tingkat keimananmu benar-benar diuji. Kira-kira bagaimana ya kondisi mereka yang tinggal di negara non Muslim? Apakah berpuasa di sana lebih sulit atau justru lebih mudah?1. JepangOrang Islam di Jepang memang sangat sedikit. Kalau pun ada, itu pun biasanya orang luar negeri yang tinggal di Jepang. Mengingat Islam menjadi agama minoritas di sini, maka wajar saja apabila tidak ada hari libur untuk awal puasa atau bahkan merayakan Lebaran. Sementara lama berpuasa di Jepang tergantung Ramadan jatuh pada musim apa. Jika Ramadan bertepatan dengan musim panas, maka lama waktu berpuasa sedikit lebih panjang, begitu pula sebaliknya.Baca Selengkapnya...
4 Kebiasaan Sepele yang Memicu Penyakit Maag
 – Maag merupakan penyakit yang banyak diderita orang. Penyakit ini biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman di perut, dada hingga tenggorokan. Penyakit maag merupakan penyakit berbahaya, jika maag tersebut masuk kategori kronis yang bisa memicu kematian.Agar terhindar dari penyakit maag, sebaiknya tinggalkan beberapa kebiasaan sepele berikut ini. Salah satunya makan dalam jumlah banyak. Makan dalam jumlah banyak dalam satu waktu adalah kebiasaan buruk yang bisa memicu maag.Saluran cerna Anda bisa terluka akibat mengolah makanan terlalu banyak, luka tersebut bisa berkembang menjadi penyakit maag. Selain itu, masih banyak kebiasaan buruk lainnya yang bisa sebabkan maag. Apa saja itu?
Iseng Puasa, Wanita Ini Putuskan Masuk Islam
Bagi umat Islam, ibadah puasa sudah menjadi hal yang biasa karena hampir setiap tahunnya. Namun siapa sangka, berpuasa bisa menarik seseorang untuk menjadi seorang mualaf. Hal itulah yang dialami Ayesha Siddiqa, wanita 29 tahun ini memutuskan masuk Islam setelah iseng-iseng ikut berpuasa bersama teman-temannya.Dilansir dari Khaleej Times 15 6 2017 , Ayesha memeluk agama Islam tiga tahun yang lalu karena tertarik dengan ritual menahan lapar dari pagi sampai terbenamnya matahari. Pada bulan Ramadhan tahun 2013 lalu, Ayesha coba-coba mulai berpuasa dengan teman-temannya, hanya karena rasa ingin tahunya melihat teman-temannya berpuasa.Selama belajar berpuasa, ia mendapatkan pencerahan dan ketenangan sehingga akhirnya memutuskan masuk Islam. Ayesha mengatakan bahwa bulan suci ini adalah titik balik dalam hidupnya.
Sepuluh Penyebab Sakit Maag yang Jarang Disadari
 – Penyakit maag cukup akrab dalam kehidupan masyarakat Indonesia, bahkan ada banyak orang yang dikabarkan meninggal karena sakit maag. Kabar tersebut tentunya membuat kita makin berhati-hati pada penyakit yang kerap dianggap sepele ini.Maag merupakan penyakit luka atau lubang pada dinding lambung atau duodenum akibat adanya masalah ketidakseimbangan cairan pencernaan di dalam lambung dan usus.Meski penyebab tunggal dari masalah ketidakseimbangan tersebut tidak diketahui, tapi ada beberapa penyebab yang dapat memperbesar kemungkinan Anda mengalami masalah tersebut. Berikut merupakan penyebab umum sakit maag.
Merawat Kulit saat Puasa Itu Berbeda, Berikut Tipsnya
Tahukah Anda, jika merawat kulit saat berpuasa itu berbeda dengan perawatan sehari-hari. Ketika sedang berpuasa, biasanya kulit akan menjadi kering. Hal ini sangat wajar, karena tubuh kekurangan cairan.Nah, kulit kering akan membuat make up susah menempel, sudah pasti penampilan kadang menjadi kurang maksimal. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada tips-tips merawat kulit yang tepat ketika sedang berpuasa. Jadi, saat berpuasa Anda tetap bisa tampil maksimal dan cantik.Gunakan pelembap yang tepat. Tips yang pertama adalah dengan menggunakan pelembap kulit yang memiliki kadar air lebih banyak. Cobalah cek pelembap yang Anda gunakan, jika memang menggunakan pelembap yang lebih ringan, bisa diganti dengan memilih pelembap yang lebih berat atau lebih kental.
Enam Kesalahan yang Sering Dilakukan Penderita Maag
 – Pernah mendengar istilah silent killer? Ini bukan judul film, melainkan sebutan untuk penyakit maag. Kenapa disebut silent killer? Karena maag dapat membunuh penderitanya secara diam-diam, terlebih bagi mereka yang terkena maag akut.Penyakit maag jangan dianggap remeh karena jika tidak ditangani dengan serius, dapat menyebabkan kematian. Sayangnya, penderita penyakit maag terkadang sering mengabaikan hal ini dan justru melakukan kesalahan yang membuat penyakit maag cepat kambuh. Apa saja kesalahan itu?Yang pertama adalah minum obat maag dengan air putih. Pernah membaca kemasan obat maag? Pasti selalu tertulis "Obat Kunyah bukan Obat Obat Minum". Memang, cara mengonsumsi obat maag adalah dengan dikunyah. Jika dikonsumsi dengan cara menelannya bersama air seperti obat lainnya, maka hal tersebut akan sia-sia.
Segelas Lemon Hangat Setiap Pagi Efektif Atasi Maag
 – Bernama latin Citrus limon L, dari famili Rutaceae atau lebih dikenal dengan nama lemon atau jeruk sitrun. Merupakan sejenis jeruk yang biasa dimanfaatkan sebagai penyegar maupun penyedap dalam berbagai seni boga dunia.Jeruk sitrun atau lemon ini dibudidayakan di Spanyol dan di negara-negara sekitar Laut Tengah. Selain itu, buah lemon juga ternyata dipercaya dapat mengatasi sakit maag. Meskipun banyak orang yang percaya bahwa salah satu jenis makanan dan minuman yang harus dihindari oleh para penderita maag adalah yang bersifat asam seperti lemon ini.Akan tetapi, akhir-akhir ini justru telah terkuak fakta bahwa jenis asam tertentu dapat mengatasi lambung yang mengalami peradangan untuk dapat pulih kembali. Salah satunya bisa Anda dapatkan dari lemon ini. Dan dari sebagian besar kasus, saat sakit maag mereka kambuh, perihnya tidak terasa separah sebelum mengonsumsi lemon.
Tapioka, Tepung Singkong untuk Atasi Sakit Maag
 – Sakit maag memang telah menjadi masalah klasik yang dirasakan oleh semua golongan masyarakat, tidak terkecuali di tanah air. Sakit maag merupakan gambaran dari rasa nyeri yang berasal dari kerongkongan, usus halus, dan lambung, akibat dari sejumlah kondisi.Penyerangan sakit maag sendiri tidak pandang bulu. Karena semua kalangan berpotensi terkena penyakit yang satu ini. Sakit maag sebenarnya dapat diakibatkan oleh beberapa hal. Namun kebanyakan, terjadi karena infeksi bakteri Helicobacter pylori. Atau penyebab lainnya, seperti akibat luka terbuka yang terdapat pada lambung, efek samping obat-obatan dan stres.Sakit maag juga dapat terjadi karena penderita telat makan yang kemudian pada saat makan penderita makan dalam porsi yang terlalu banyak. Nah, bagi Anda yang sekarang ini tengah mengalami sakit maag, dan kebingungan mencari solusi alternatif untuk mengobati maag Anda, kami akan berikan rekomendasi alami untuk mengobati sakit maag Anda. Yaitu dengan memanfaatkan tepung tapioka.