Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

Kolesterol Naik Saat Bulan Puasa, Ini Penyebanya

 – Saat bulan puasa orang yang memiliki kolesterol tinggi pasti akan berpikir bahwa, kadar kolesterol di dalam tubuhnya menurun sehingga bisa dikendalikan dengan baik. Padahal, hal tersebut tidak selamanya benar dan bisa terjadi.

Hal tersebut karena, ada sebagian orang yang sering mengeluh akibat kadar kolesterolnya naik. Sehingga, banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa kolesterol dapat naik padahal ia sedang berpuasa. Nah berikut ini ada beberapa penyebab kolesterol bisa naik saat bulan puasa.

Kesalahan yang paling utama adalah tidak teraturnya dalam mengonsumsi makanan. Sebab, kesalahpahaman dalam melaksanakan puasa seharian, bukan berarti Anda mengonsumsi makanan lemak atau bersantan sebebas mungkin.

Read Full Article
5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
 – Jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, Anda berisiko juga mengalami penyakit jantung. Perlu diketahui bahwa kolesterol ini tidak boleh dianggap sebagai hal yang sepele. Jika kolesterol ini dibiarkan, akan menyebabkan dampak yang buruk terhadap kesehatan Anda.Kolesterol merupakan suatu zat lemak yang bentuknya padat. Zat lemak ini dapat ditemukan di dalam setiap sel yang ada di tubuh. Fungsi dari kolesterol ini adalah dapat membantu tubuh dalam memproduksi hormon, vitamin D, dan juga dapat membantu dalam memproduksi empedu di dalam hati.Kolesterol ini memang memiliki peranan yang penting untuk tubuh. Namun, jika kadar kolesterol yang ada dalam darah terlalu tinggi, dapat menimbulkan beragam penyakit berbahaya. Sungguh mengerikan bukan?Jadi, sebelum menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Anda harus mengetahui bagaimana cara menurunkan kolesterol. Untuk mengetahuinya, simaklah penjelasan lengkapnya di bawah ini.
Cara Sederhana Ini Bantu Tingkatkan Kolesterol Baik (HDL)
.co.id – Apa yang terlintas dalam pikiran Anda, manakala mendengar kata kolesterol? Kebanyakan orang menganggap, jika kolesterol itu dapat menjadi penyebab penyakit berbahaya. Padahal, kenyataannya tidak selalu demikian, karena pada dasarnya tubuh kita juga membutuhkan kolesterol. Lantas, kira-kira apa manfaat kolesterol bagi tubuh?Ternyata, ada banyak manfaat kolesterol, di antaranya untuk membangun sel-sel baru agar tubuh bisa berfungsi secara optimal, membantu memproduksi vitamin D, memproduksi hormon, dan juga asam empedu yang berfungsi untuk mencerna lemak.Hanya saja, jumlahnya tidak boleh berlebihan, karena apa yang seharusnya bermanfaat tersebut justru bisa berbalik jadi membahayakan kesehatan tubuh. Kolesterol baik dan kolesterol jahat, apa bedanya?
Daun Kelor, Tanaman Ajaib Penurun Kadar Kolesterol
 – Kelor atau Moringa oleifera mempunyai daun majemuk berwarna hijau. Pohon kelor juga menghasilkan buah kelor yang disebut kelentang. Baik daun ataupun buahnya bisa dimasak. Kelor terutama daunnya mempunyai banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.Salah satu manfaat daun kelor ini bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Sebelum mengetahui manfaat dari daun kelor untuk turunkan kadar kolesterol. Kita harus mengetahui apa itu kolesterol?Kolesterol merupakan lemak yang ada di dalam aliran darah atau sel tubuh. Kolesterol sendiri dibagi menjadi dua. Yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL)
Sepuluh Tempat Buka Puasa Paling Populer di Jakarta
Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain dapat menjalankan ibadah puasa dan menyambut hari kemenangan Idul Fitri, bulan Ramadan juga identik dengan kegiatan-kegiatan yang hanya bisa dilakukan saat bulan puasa, salah satunya adalah buka puasa bersama atau ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.Bagi Anda yang bosan berbuka puasa di rumah atau ingin merasakan sensasi berbuka puasa yang lebih berkesan dan unik, tidak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke tempat-tempat buka puasa paling populer di Jakarta berikut ini.Kota Tua Jakarta. Terletak di Utara kota Jakarta, Kota Tua Jakarta menawarkan Anda untuk berbuka puasa bersama teman atau keluarga. Selain dapat menikmati aneka hiburan yang ada serta pemandangan Kota Tua dengan gedung-gedung bergaya arsitektur Belanda, Anda juga dapat menikmati berbuka puasa dengan asyik di tempat ini.
Jamur Kuping, Turunkan Kolesterol Jahat Lebih Cepat
 – Siapa yang tak kenal jamur kuping? Sajian lezat yang menyerupai daun telinga ini sudah menjadi sajian umum masyarakat Indonesia. Karena di balik kelezatannya itu, jamur kuping mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Apa itu kolesterol?Dalam dunia medis, ada tiga jenis lemak di dalam tubuh manusa. Di antaranya kolesterol, trigliserida, dan fosfolipid. Lemak bersifat tak larut dalam air, sebab itulah lemak membutuhkan alat transportasi untuk membawanya di dalam darah. Alat transportasi itulah yang kita sebut dengan LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik).LDL disebut kolesterol jahat lantaran alat transportasi ini membawa kolesterol ke dalam sel, termasuk sel yang melapisi dinding pembuluh darah. Jika LDL tersebut teroksidasi, maka bisa sebabkan penumpukan plak yang bisa meningkatkan risiko terjadinya hipertensi dan juga penyakit jantung. 
Jangan Hormati Orang Tidak Puasa Ramadhan
“Jangan makan di luar orang lagi puasa!” Ibu, selalu menegur saya waktu kecil dulu jika makan di luar rumah saat bulan puasa. Ibu saya memang bukan orang alim agama namun paham betul dalam menghormati bulan Ramadhan. Bulan puasa yang hanya ada setahun sekali ini wajib di hormati karena kaidah dalam bulan ini adalah berpuasa. Tak ada bulan lain selain bulan ini yang menganjurkan untuk puasa sebulan penuh. Puasa yang paling dasar adalah menahan lapar dan dahaga. Jelasnya tidak dibenarkan makan dan minum di bulan ini. Jika tidak berpuasa sekali pun maka hormatilah bulan ini, bukan saja orang yang sedang berpuasa.
Empat Kebiasaan yang Buat Kolesterol Naik Drastis
Kolesterol yang tinggi memang dapat menyebabkan berbagai risiko penyakit, seperti obesitas, jantung, dan penyakit lainnya. Oleh sebab itu, wajib bagi kita untuk selalu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Jika tidak dijaga keseimbangannya, maka bisa menyebabkan penyumbatan pada bagian pembuluh darah. Hal ini akan menyebabkan munculnya risiko kardiovaskular.Berbicara tentang kolesterol tinggi, ada banyak penyebab mengapa kolesterol bisa naik. Jika dibiarkan, kolesterol bisa naik drastis berkali-kali lipat. Salah satu penyebab naiknya kadar kolesterol dalam tubuh, karena mengonsumsi makanan yang tidak sehat, sehingga berpengaruh pada keseimbangan kolesterol, seperti mengonsumsi makanan tinggi lemak dan bergula.Jika terlalu sering mengonsumsinya, bisa membuat kolesterol Anda naik drastis. Selain itu, ada juga hal lain yang dapat menyebabkan naiknya kolesterol. Berikut empat di antaranya.
Kolesterol Naik Saat Bulan Puasa, Ini Penyebanya
 – Saat bulan puasa orang yang memiliki kolesterol tinggi pasti akan berpikir bahwa, kadar kolesterol di dalam tubuhnya menurun sehingga bisa dikendalikan dengan baik. Padahal, hal tersebut tidak selamanya benar dan bisa terjadi.Hal tersebut karena, ada sebagian orang yang sering mengeluh akibat kadar kolesterolnya naik. Sehingga, banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa kolesterol dapat naik padahal ia sedang berpuasa. Nah berikut ini ada beberapa penyebab kolesterol bisa naik saat bulan puasa.Kesalahan yang paling utama adalah tidak teraturnya dalam mengonsumsi makanan. Sebab, kesalahpahaman dalam melaksanakan puasa seharian, bukan berarti Anda mengonsumsi makanan lemak atau bersantan sebebas mungkin.
10 Gejala Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui
 – Pada tubuh seseorang, kolesterol tersebar ke berbagai bagian tubuh, mulai dari saraf, otak, kulit, serta jantung. Jika dibiarkan begitu saja, maka kemungkinan besar akan terjadi hal buruk yang menimpa kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, sangat penting bagi setiap orang untuk mengetahui apa saja tanda gejala tingginya kolesterol.Berbicara mengenai kolesterol, memang tidak semua kolesterol merugikan, ada juga kolesterol baik yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, hal ini perlu diperhatikan, tidak boleh sembarang memilih makanan yang berkolesterol. Karena jika salah, maka akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh.Memang, pada dasarnya setiap orang memiliki kadar kolesterol antara 160-200 mg. Jika melebihi 240 sudah termasuk ke fase berbahaya, bahkan dapat mengakibatkan stroke. Lantas, tahukah Anda gejala kolesterol tinggi itu sendiri?
Cara Paling Cepat Turunkan Kolesterol dalam 7 Hari
 – Kolesterol tinggi, terutama jika itu adalah jenis LDL kolesterol yang dikenal jahat. Susah dibakar dan cenderung mudah disimpan dalam tubuh. Tertimbunnya kolesterol dalam tubuh ini bisa meningkatkan risiko penyakit serius, seperti asam urat, diabetes, hipertensi, keluhan jantung, ginjal, dan masih banyak lagi.Meski mempunyai sejumlah risiko yang tinggi, sebetulnya kolesterol termasuk penyakit yang sangat mungkin untuk dikendalikan. Anda dapat mengatur kadar kolesterol Anda, menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.Dan yang mungkin cukup menarik bagi Anda yang saat ini sedang mengkhawatirkan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh, saat ini kadar kolesterol dapat diturunkan dengan waktu singkat. Kuncinya, terletak pada beberapa cara sederhana berikut ini.
Hajar Kolesterol Jahat dengan Tomat
Menurunkan kadar kolesterol tinggi dapat Anda lakukan dengan cara mengonsumsi nutrisi yang tepat. Bila selama ini pola makan Anda memicu kolesterol tinggi, maka sekarang saatnya untuk mengubah apa yang Anda konsumsi untuk menekan kadar kolesterol.Adanya kolesterol dalam tubuh yang berlebihan, bukan tidak mungkin akan bertumpuk di arteri sehingga arteri mengeras dan tersumbat. Kelebihan kolesterol ini mampu sebabkan stroke dan serangan jantung, lantaran pembekuan darah dan peradangan.Mengatur pola makan memiliki peranan yang sangat penting dalam langkah menurunkan kolesterol tinggi. Jika saat ini Anda tengah berjuang untuk menurunkan kolesterol tinggi, kini ada solusi praktis dan enak. Mulai sekarang, rutinlah konsumsi makanan yang mengandung tomat seperti pasta atau jus tomat.
Begini Cara Menghemat Pengeluaran Saat Bulan Puasa
 – Puasa bikin tambah hemat atau boros? Harusnya pengeluaran bisa berkurang saat bulan puasa, karena selama seharian penuh kita tidak makan dan tidak minum. Namun, pada kenyataannya justru sebaliknya. Saat bulan puasa banyak yang mengeluhkan pengeluaran rumah tangga jadi semakin membengkak.Kira-kira, apa penyebabnya ya? Ternyata, ada banyak alasan yang membuat pengeluaran rumah tangga menjadi membengkak. Yang pertama, mulai dari harga barang yang naik drastis selama Ramadan, lapar mata sehingga semua ingin dibeli, malas masak sehingga harus membeli makanan matang, dan lainnya.Alasan itulah yang membuat Anda harus lebih cerdas dalam menghemat pengeluaran saat bulan puasa. Berikut ini ada beberapa cara jitu agar Anda bisa menghemat pengeluaran saat bulan puasa.
Seledri, Cara Termudah Turunkan Kolesterol
 – Menurunkan kolesterol tinggi bukan sekadar minum obat kemudian kita menunggu reaksi obat dalam sehari. Terlebih dari itu, kita juga harus menghindari hal-hal yang bisa memicu peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi makanan penurun kolesterol akan membantu pengobatan Anda menjadi lebih efektif.Seperti yang kita ketahui, kolesterol sebetulnya merupakan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun akan sangat berbahaya jika tubuh kelebihan kolesterol, karena bisa memicu komplikasi penyakit yang lebih serius, seperti penyakit jantung koroner dan stroke.Untuk terhindar dari risiko tersebut, Anda harus menjaga kadar kolesterol tetap di angka normal. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, salah satunya dengan memanfaatkan daun seledri.
5 Alasan Pengeluaran Lebih Banyak di Bulan Puasa
 – Banyak yang bertanya-tanya, mengapa pengeluaran di bulan puasa justru lebih banyak ketimbang bulan-bulan biasanya. Padahal, logikanya Anda bisa menekan pengeluaran, terutama untuk makan, minum, atau jajan di luar.Faktanya, bulan puasa ini memang bulan yang penuh godaan. Percaya tidak, selain rindu momen sahur, menanti bedug, atau ngabuburit bersama rekan-rekan, Anda juga tak sabar mencicipi jajanan untuk berbuka puasa. Bukan begitu?Jangan heran, apabila pengeluaran lebih banyak di bulan puasa nanti. Tidak dipungkiri, saat memasuki bulan Ramadan, harga kebutuhan pokok makin naik. Salah satu alasannya adalah kebutuhan masyarakat juga sama-sama meningkat, sementara pasokan yang ada jumlahnya tetap.
Turunkan Kolesterol Jahat Tanpa Obat, Caranya?
 – Sebenarnya, tubuh Anda membutuhkan kolesterol untuk dapat berfungsi dengan baik, tapi dengan catatan tidak kelebihan jumlahnya. Semakin tinggi tingkat kolesterol, semakin tinggi pula risiko Anda menderita penyakit jantung.Jadi, jika Anda mampu mengendalikan kadar kolesterol, Anda secara signifikan dapat mengurangi risiko banyak kondisi yang berhubungan dengan jantung. Namun, tidak semua kolesterol itu buruk. Tubuh kita memiliki lipoprotein 'baik' high-density lipoprotein (HDL) dan 'buruk' atau low-density lipoprotein (LDL).Seringkali orang diberi resep beberapa obat untuk menurunkan kolesterol LDL mereka dan meningkatkan kadar HDL. Kabar baiknya, Anda dapat menurunkannya tanpa obat-obatan. Beberapa perubahan kecil dalam gaya hidup Anda dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam hal kadar kolesterol Anda. Berikut beberapa cara alami yang dapat menurunkan kolesterol Anda.
Rebusan Daun Salam Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi
.co.id – Menurunkan kolesterol tinggi dapat Anda lakukan dengan langkah mengonsumsi nutrisi yang tepat. Bila selama ini pola makan yang Anda terapkan memicu kolesterol tinggi, maka sekarang saatnya mengubah apa yang dimakan untuk menekan kadar kolesterol.Tapi apa itu kolesterol? Kolesterol merupakan lemak yang bisa kita temukan di dalam darah, yang diperlukan oleh sel tubuh. Selain dihasilkan oleh tubuh secara alami, kolesterol juga bisa didapat dari makanan.Mengatur pola makan menjadi salah satu peran yang sangat penting dalam langkah menurunkan kolesterol tinggi. Salah satu makanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi adalah daun salam.
Tentang Kewajiban Berpuasa di Bulan Ramadan
Puasa itu secara kasat mata adalah ibadah menahan lapar dan haus. Orang yang sedang melaksanakan ibadah puasa tidak akan pernah terlihat makan atau minum pada siang hari. Akan tetapi dalam hukum Islam, berpuasa pada hakikatnya adalah menahan segala sesuatu yang membatalkan puasa itu sendiri mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari.Tidak hanya makan dan minum yang dapat membatalkan puasa. Sikap dan tindakan serta ucapan yang tidak baik, juga mengurangi nilai ibadah bahkan membatalkan ibadah puasa. Puasa seseorang akan sah dan bernilai ibadah, bila memenuhi syarat dan rukun puasa itu sendiri.Memang berat melaksanakan ibadah puasa. Oleh sebab itu, tidak semua orang dapat menjalani puasa dengan baik. Bahkan mungkin berpuasa itu hanya sekadar mendapatkan lapar dan haus belaka.
Inilah Puasa Sunah yang Paling Istimewa
VIVA.co.id – Sebagian orang menganggap bahwa ibadahnya tidak cukup hanya dengan amalan-amalan wajib saja. Mereka melakukan amalan sunah untuk menambah pahala dan mendapat berkah dari Allah SWT.Salah satu amalan tambahan yang banyak dikerjakan kaum mukmin adalah puasa sunah. Di antara puasa sunah yang kerap dilakukan adalah puasa senin-kamis, puasa tiga hari setiap bulan hijriyah, dan puasa sunah lainnya.Ternyata, di antara banyaknya puasa sunah yang sering dilakukan oleh kaum muslim ada satu puasa sunah yang paling istimewa. Puasa apakah yang paling istimewa tersebut? Berikut informasi selengkapnya.Baca selengkapnya..
Tips agar Berat Badan Tidak Naik Drastis Saat Ramadan
Akhirnya, kita sudah memasuki hari ketiga di bulan suci ramadan. Bagaimana puasa kalian sampai hari ini, masih lancar, bukan? Ya, di bulan ramadan, kita orang muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.Banyak orang yang memanfaatkan ibadah puasa ini, sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun, pernahkah kamu mengalami kenaikan berat badan saat bulan ramadan? Iya, di bulan puasa kita diwajibkan berpuasa dengan menahan lapar dan haus selama seharian.Namun karena hal ini, pola makan kita menjadi tidak teratur, akibatnya tak jarang dari kita yang justru berat badan naik secara drastis saat bulan ramadan ini. Nah, agar berat badan tetap stabil selama menjalankan ibadah puasa, ada beberapa aturan yang harus kamu jalani. Apa saja itu?
Jeruk Nipis, Solusi Cepat Turunkan Kolesterol Tinggi
 – Hingga saat ini, masalah kolesterol masih menjadi perbincangan bagi sebagian besar orang. Pasalnya, masalah kolesterol kerap muncul dan dirasakan terutama pada seseorang yang telah melebihi usia 45 atau 55 tahun. Bahkan, pada saat ini telah banyak orang mengalami masalah kesehatan yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.Untuk menurunkan kadar kolesterol, memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Terlebih lagi, kolesterol adalah salah satu penyakit yang memicu penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke, dan lain sebagainya.Sebenarnya, ada cara mudah dan aman yang bisa Anda gunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Salah satunya dengan memanfaatkan jeruk nipis. Hal tersebut karena, jeruk nipis mengandung zat bernama limonin glucosida, yang berkhasiat untuk turunkan kadar kolesterol jahat.
Bawang Putih Bisa Normalkan Kolesterol Jahat dalam Sekejap
.co.id – Memang, tidak semua jenis kolesterol itu jahat dan juga harus diturunkan. Karena, sejatinya kolesterol bisa ditemukan dalam tiap sel tubuh dan mempunyai fungsi alami yang sangat penting. Kolesterol dihasilkan oleh tubuh secara alami, tapi bisa juga dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi.Kadar kolesterol jahat yang tidak diimbangi dengan tingginya kadar kolesterol baik, akan sangat berdampak buruk pada pembuluh darah. Pasalnya, lemak jahat ini dapat mengalami pengendapan di lapisan dalam pembuluh darah. Membuat aliran darah menjadi tersumbat, karena diameter menyempit (aterosklerosis). Lambat laun dapat membuat aliran darah dapat terhenti.Proses itulah yang memunculkan berbagai jenis penyakit serius seperti jantung koroner dan stroke, di mana pembuluh darah di otak dan jantung menyempit akibat kolesterol jahat. Anda tidak ingin bukan, penyakit-penyakit serius tersebut muncul? Segera atasi dengan salah satu makanan yang dipercaya bisa menurunkan kolesterol jahat, yaitu bawang putih.
Anda Harus Tahu, Perbedaan Asam Urat dan Kolesterol Tinggi
 – Asam urat dan kolesterol merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh gangguan suatu senyawa dalam tubuh. Pada dasarnya, asam urat dan kolesterol tak berbahaya apabila kadarnya masih dalam kondisi yang normal.Tapi, bila asupan purin penyebab asam urat serta kolesterol jahat penyebab kolesterol terlalu banyak masuk ke dalam tubuh, maka akan memunculkan hal yang cukup berbahaya dan amat sangat tidak nyaman.Asam urat dan kolesterol ini sebenarnya saling berhubungan, lantaran biasanya bagi mereka yang mempunyai kolesterol secara tak langsung juga akan terkena asam urat karena ada penyumbatan darah oleh kolesterol. Lantas, apa perbedaan asam urat dan kolesterol? 
Tujuh Makanan Ini Harus Dihindari Penderia Kolesterol Tinggi
 – Kolesterol merupakan salah satu masalah yang memicu sejumlah masalah kesehatan lain. Sebetulnya dalam jumlah terbatas, tubuh memerlukan komponen lemak yang satu ini. Tapi karena jumlahnya berlebihan, justru kolesterol menjadi sumber masalah.Kolesterol ini banyak ditemukan dalam makanan. Jadi, penting untuk Anda menjaga pola makan. Anda disarankan untuk menghindari beberapa makanan yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Berikut beberapa makanan yang mengandung banyak kolesterol.Makanan kaya kolesterol yang pertama adalah hati. Hati, baik itu yang berasal dari unggas ataupun sapi memang diketahui kaya akan zat besi dan protein. Namun yang perlu dipahami, bagian jeroan tersebut mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Kadar kolesterol dalam hati dapat mencapai 337 mg.