Popular articles, quotes and videos. Content created and submitted by Kancyl users is dedicated to public domain.

10 Bencana Maritim Terbesar Sepanjang Sejarah

 – Bencana bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Baik itu di darat, udara bahkan laut sekalipun. Tidak ada yang bisa menghindari amukan bencana tersebut, jika Tuhan sudah menghendaki. Ribuan nyawa 'melayang', akibat peristiwa mengerikan ini.

Seperti bencana yang terjadi di laut berikut ini. Sejarah telah menyaksikan beberapa bencana maritim yang mengakibatkan laut 'melahap' kehidupan ribuan nyawa. Dan berikut telah kami rangkum sepuluh daftar bencana maritim yang dianggap paling besar sepanjang sejarah dunia.

Al Salam Boccaccio 98 menjadi salah satu bencana maritim terbesar sepanjang sejarah. Pada 3 Februari 2006, Kapal feri Al Salam Boccaccio 98, tenggelam di Laut Merah dalam perjalanan dari Dubai menuju ke Safaga di Mesir selatan. Bencana ini merupakan salah satu bencana maritim terbesar selama abad ke-21. 

Read Full Article
4 Bangunan Ini Tetap Berdiri Kokoh Meski Dihantam Bencana
Yang namanya bencana, baik itu bencana alam atau bencana yang disebabkan manusia, pasti bersifat merusak. Tergantung kekuatan bencana tersebut, jika semakin besar maka kerusakan yang akan ditimbulkan juga semakin parah.Bangunan yang dirancang sekuat dan sekokoh mungkin, tak menutup kemungkinan akan hancur jika sudah dihantam bencana seperti gempa atau tsunami. Kita mungkin sering menyaksikan bagaimana bangunan-bangunan rata dengan tanah setelah diterjang bencana yang dahsyat yang tinggal menyisakan puing-puing bangunan.Namun di tengah-tengah bencana, selalu ada keajaiban yang ditunjukkan Tuhan. Seperti yang terjadi pada bangunan-bangunan ini yang anehnya tetap berdiri kokoh meski dihantam bencana yang sangat dahsyat. Padahal bangunan di sekitarnya hancur lebur hampir rata dengan tanah.
Ini Dia Pesawat Terbesar di Dunia
Menciptakan benda-benda yang luar biasa besar, sering dilakukan banyak orang untuk bisa masuk ke dalam buku rekor dunia. Seperti membuat pizza terpanjang di dunia, donat terbesar, dan lain-lainnya.Begitu juga dengan benda-benda lainnya, seperti kapal laut terbesar, bor terbesar, hingga pesawat terbesar di dunia pun dibuat. Namun tahukah Anda pesawat terbesar di dunia seperti apa? Dan berapa ukurannya?Ini dia pesawat terbesar dunia, yang dapat menampung sepuluh tank dan memiliki lebar sayap dua kali lebih lebar dari lapangan sepak bola. Ingin tahu lebih lengkapnya seperti apa? Simak ulasannya di bawah ini.
10 Virus Paling Mematikan Sepanjang Sejarah Manusia
Virus adalah salah satu penyebab yang bisa membuat manusia terserang penakit. Biasanya virus menyerang disaat kekebalan tubuh kita sedang rendah. Untuk itulah kita harus selalu menjaga kesehatan dengan memperhatikan apa yang kita makan, rajin berolahraga, dan tidak lupa untuk istirahat cukup. Sepanjang sejarah manusia, terdapat 10 virus yang dikenal sangat mematikan. Bila sampai terserang virus tersebut, bisa mengakibatkan seseorang menderita rasa sakit dan bahkan kematian. Untuk itulah mari kita mengenal lebih jauh 10 virus paling mematikan sepanjang sejarah manusia berikut ini.
Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli
Pengertian Sejarah Pengertian Sejarah adalah kejadian yang terjadi di masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa. atau secara sederhana, pengertian sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang telahterjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia. Sejarah dalam bahasa Yunani dari kata Historia yang berarti penyelidikan atau pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian yang mendalam. Menurut bahasa Arab, sejarah berasal dari kata syarataun yang berarti pohon kayu yang bercabang-cabang karena sejarah kembang antara satu titik kejadian yang bercabang ke titik kejadian yang lain yang saling berhubungan. Menurut bahasa Jawa, sejarah berasal dari kata badad yang berarti riwayat dan sejarah atau dapat berarti memotong tumbuhan dengan pisau sehingga terang. Di dalam bahasa Inggris, sejarah berasal dari kata Historia yang berarti masa lampau, masa lampau umat manusia. Sedangkan dalam bahasa sejarah menurut bahasa terbagi dua yakni pengertin sejarah dalam arti sempit dan dalam arti luas. Pengertian sejarah dalam arti sempit adalah kejadian atau peristiwa. Sedangkan pengertian sejarah dalam arti luas adalah suatu peristiwa manusia dari akar dalam realisasi diri dengan kebebasan dan keputusan daya rohani.
Sepuluh Gempa Bumi Paling Dahsyat Sepanjang Sejarah
Banyak orang yang tidak menyadari, bahwa jutaan kali gempa bumi terjadi di seluruh dunia setiap tahunnya, seperti diprediksi oleh Badan Geologi Amerika Serikat USGS . Setiap tahun setidaknya ada gempa berkekuatan 8 Skala Richter SR yang mengguncang bumi.Bencana gempa bumi ini pun bisa menyebabkan jatuh korban jiwa secara masif. Sejarah mencatat, ternyata ada sepuluh gempa bumi paling dahsyat sepanjang sejarah dunia. Berikut catatannya.Gempa Bumi Hokkaido Jepang . Jepang memang merupakan negara paling rawan gempa bumi. Sejumlah bencana gempa bumi dahsyat pernah terjadi di negara kepulauan ini. Salah satunya gempa bumi Hokkaido yang terjadi pada tahun 1730 silam.
Sepuluh Gempa Bumi Terdahsyat di Dunia
Bencana alam memang tidak pernah bisa diperkirakan kapan akan datang dan menyerang. Mulai dari banjir, gunung meletus, gempa bumi, sampai tsunami, adalah bencana-bencana mengerikan yang bisa meluluhlantakan suatu tempat dalam sekejap mata.Beberapa tahun terakhir, banyak terjadi bencana alam dan nyaris di semua wilayah muka bumi ini pernah merasakan kengerian bencana alam, tidak pandang bulu, baik itu negara berkembang maupun negara maju.Gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang sangat mengerikan, sebab bukan hanya tanah yang akan berguncang tapi bisa juga menciptakan bencana lainnya seperti tanah longsor dan tsunami. Lantas, di mana saja gempa bumi terdahsyat yang pernah terjadi di dunia? Berikut ulasannya.
10 Bencana Maritim Terbesar Sepanjang Sejarah
 – Bencana bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Baik itu di darat, udara bahkan laut sekalipun. Tidak ada yang bisa menghindari amukan bencana tersebut, jika Tuhan sudah menghendaki. Ribuan nyawa 'melayang', akibat peristiwa mengerikan ini.Seperti bencana yang terjadi di laut berikut ini. Sejarah telah menyaksikan beberapa bencana maritim yang mengakibatkan laut 'melahap' kehidupan ribuan nyawa. Dan berikut telah kami rangkum sepuluh daftar bencana maritim yang dianggap paling besar sepanjang sejarah dunia.Al Salam Boccaccio 98 menjadi salah satu bencana maritim terbesar sepanjang sejarah. Pada 3 Februari 2006, Kapal feri Al Salam Boccaccio 98, tenggelam di Laut Merah dalam perjalanan dari Dubai menuju ke Safaga di Mesir selatan. Bencana ini merupakan salah satu bencana maritim terbesar selama abad ke-21. 
Sepuluh Bencana Alam Paling Mematikan dalam Sejarah
Kekuatan manusia memang tidak ada apa-apanya jika alam sudah mengamuk . Memang, manusia juga yang telah merusak alam selama ini. Sehingga, kerusakan demi kerusakan itu bisa pula memicu bencana alam.Selain itu, memang ada pula bencana alam yang tak pernah bisa diprediksi sama sekali. Berikut sepuluh bencana alam paling mematikan dalam sejarah manusia.Letusan Gunung Tambora 1815 . Gunung yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini pernah meledak dahsyat 200 tahun lalu. Akibat letusan Gunung Tambora itu, 80 ribu orang diperkirakan meninggal karena kelaparan. Tak hanya itu saja, 65 ribu orang lainnya di Eropa diperkirakan juga tewas akibat tifus yang disebabkan hujan tanpa henti selama delapan minggu setelah meletusnya gunung tersebut.
Sinila, Bencana Mematikan yang Tak Beri Kesempatan Hidup
Bencana alam memang tak dapat terhindarkan. Ada yang karena ulah manusia sendiri, ada juga yang memang terjadi secara alami karena perubahan dari dalam bumi. Dari serangkaian bencana alam yang pernah terjadi di Indonesia, Tragedi Sinila merupakan yang paling menyeramkan yang pernah terjadi di Indonesia.Tragedi sinila terjadi karena gas beracun, bukan tsunami atau gempa bumi. Jika sebagian orang masih bisa selamat selama bencana alam, jangan harap sinila mau memberikan kesempatan bagi para korbannya.Menurut beberapa saksi, saat sinila terjadi tubuh kita memang masih bisa berlari, tangan pun masih bisa berayun, namun leher rasanya terasa terjerat kawat. Hal ini membuat kerongkongan terasa terbakar. Inilah kenapa sinila dijuluki simulasi kiamat.Sinila sendiri merupakan salah satu kawah di Pegunungan Dieng, daerah Batur, Banjarnegara. Ada beberapa desa yang berada di sekeliling sinila. meski terlihat damai, ternyata menurut riwayat, beberapa kali sering terjadi fenomena alam yang membuat masyarakatnya tak bisa tidur. Baca Selengkapnya...
Polisi Maritim Malaysia Selamatkan 6 WNI yang Kapalnya Dibajak
4 WNI diculik dalam pembajakan kapal di perariran Malaysia-Filipina. 6 WNI lainnya diselamatkan Polisi Maritim Malaysia.
Delapan Kerumunan Manusia Terbesar dalam Sejarah
Di dunia ini sudah banyak terjadi peristiwa kerumunan manusia di seluruh dunia yang dihadiri hingga jutaan orang, di antaranya Festival Kumbh Mela di India, yang dihadiri 30 juta orang dalam sehari, konser musik Rod Steward di Pantai Capacabana pada malam tahun baru 1994, dan peristiwa-peristiwa lainnya yang banyak mendatangkan kerumunan manusia.Peristiwa-peristiwa ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain karena acara keagamaan, protes, mogok kerja, penobatan atau acara belangsungkawa. Berikut delapan kerumunan manusia terbesar dalam sejarah yang kami lansir dari laman oddee.com.Festival keagamaan terbesar dalam sejarah, Festival Kumbh Mela, dirayakan setiap 12 tahun sekali di dua sungai suci di pinggiran utara kota Allahabad di India. Festival ini menarik kerumunan manusia terbesar dalam sejarah dengan banyaknya umat dan wisatawan yang hadir untuk mandi di sungai suci yang dipercaya dapat menghapus dosa-dosa mereka selama 2 bulan.
10 Bencana Kelaparan Paling Mengerikan di Dunia
 – Dibanding bencana alam lain, kelaparan sering dianggap sebagai salah satu bencana alam paling mengerikan di muka bumi. Karena efeknya bisa merambah ke mana-mana. Selain itu, dampak kerusakan sosial akibat kelaparan itu sendiri bisa berlangsung berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.Terlebih kematian akibat kelaparan atau malnutrisi ini sangat lambat serta menyakitkan, dan seringkali menimpa mulai dari yang termuda hingga orangtua atau manula. Sayangnya, kadang-kadang hal itu justru disebabkan oleh ketidakmampuan politik, dan kekejaman terhadap orang lain yang semakin memperburuk situasi.Berikut ini adalah 10 bencana kelaparan dianggap paling mengerikan yang pernah dialami manusia sepanjang sejarah. Salah satunya kelaparan besar yang terjadi di Irlandia. Tak percaya? Baca Selengkapnya ...
Mengenal Colin Jack-Hinton Daeng Matutu, Pendiri Galeri Maritim di Darwin
Galeri maritim pada Museum dan Galeri Seni Northern Territory Australia dibangun oleh Dr Colin Jack-Hinton. Kedekatannya dengan Makassar membuatnya
Ditemukan Foto Langka Kapal Titanic Berumur 103 Tahun
RMS Titanic adalah sebuah kapal penumpang super Britania Raya, yang tenggelam di Samudra Atlantik Utara pada tanggal 15 April 1912, setelah menabrak sebuah gunung es pada pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris ke kotan New York.Tenggelamnya Titanic mengakibatkan kematian sebanyak 1.514 orang, dan menjadi salah satu bencana maritim paling mematikan sepanjang sejarah. Selain itu, Titanic merupakan kapal terbesar di dunia pada pelayaran perdananya.Kapal ini dibangun pada 1909 sampai 1911 oleh galangan kapal Harland and Wolff di Belfast. Kapal ini sanggup mengangkut 2.224 penumpang. Seperti apa foto-foto langka dari kapal Titanic ini? Simak berikut ini.
Cegah Konflik, RI-Malaysia Intensifkan Pembicaraan Perbatasan Maritim
Indonesia dan Malaysia sepakat mengintensifkan pembicaraan terkait perbatasan maritim. Hal ini untuk mencegah terjadinya insiden antara nelayan kedua negara.
Tiga Arti Mimpi Bencana Alam ketika Tidur
Mimpi terjadi ketika seseorang tidur, meskipun mimpi itu kita alami sendiri, namun kita tidak dapat mengendalikannya. Mimpi, biasanya datang ketika kita sedang lelah, lalu kemudian tidur. Atau bisa juga datang ketika kita terlalu banyak membayangkan atau berimajinasi.Tapi pernahkah kamu bermimpi mengenai bencana alam dan apakah artinya? Dimulai dengan terlalu stres dengan masalah kehidupan. Jika pernah bermimpi bencana alam seperti hujan badai, gempa bumi, itu menandakan perasaan sedang kalang kabut. Tidak memiliki arah dan tujuan dalam hidup.Cara mengatasinya adalah dengan menenangkan diri dan memperkuat pegangan hidup supaya bisa mengontrol kehidupan dan diri sendiri. Dan berikut ini terdapat arti mimpi bencana alam yang bisa kamu tahu.
Menangkap Momen Sesaat Sebelum Bencana
Bencana bisa datang kapan saja, tak terduga dan terjadi secara tiba-tiba. Namun beberapa fotografer yang beruntung mampu menangkap momen tersebut sedetik sebelum bencana menimpa. Tentu saja banyak video yang juga merekam peristiwa-peristiwa bencana yang terjadi.Namun, ada kesan yang beda antara kita melihat rekaman video dengan foto. Foto-foto hasil jepretan mereka akan membuat kita mengernyitkan dahi, imajinasi kita diaduk antara takjub bercampur ngeri membayangkan apa yang terjadi sedetik setelah momen itu diabadikan.Lihat saja momen sesaat sebelum macan tutul yang lepas dari suaka alam Mahananda Wildlife Sanctuary di India ini menyerang penjaga. Kita bisa merasakan betapa mencekamnya momen ini. Syukur pria ini bisa selamat meski sang macan tutul harus ditembak mati. Kali ini, kita akan melihat deretan foto spektakuler yang menangkap momen sesaat sebelum bencana terjadi.
Tingkatkan Keamanan Maritim Asia Tenggara, AS Kucurkan Rp 26 M Untuk RI
AS akan mengucurkan dana US$ 49,72 juta untuk program Inisiatif Keamanan Maritim Asia Tenggara (MSI). Dari jumlah itu, Indonesia mendapat hampir Rp 26 miliar.
Uniknya Oleh-oleh Khas Aceh di Masjid Baiturrahim
Kalau kita mau pergi ke Pelabuhan Ulee Lheue, maka kita akan menjumpai sebuah masjid yang menjadi saksi kedahsyatan tragedi Tsunami di Aceh. Nama masjidnya adalah Masjid Baiturrahim. Sudah pada tahu belum, kalau masjid ini menjadi satu dari sedikit bangunan yang masih kokoh berdiri di kawasan Ulee Lheue ketika musibah itu terjadi. Walaupun ada beberapa masjid lain yang juga bertahan dari bencana tersebut. Masjid Baiturrahim ini beda, masjid ini menyimpan nilai historis yang lebih mendalam karena usianya yang panjang. Ketika bencana Tsunami itu terjadi, masjid ini tetap kokoh berdiri di tengah hamparan puing bangunan sekitarnya yang telah hancur. Hanya sebagian kecil bagian bangunan yang mengalami kerusakan akibat bencana tersebut.Dan setelah kejadian itu, masjid ini menarik perhatian banyak pihak dari berbagai belahan dunia. Sebagai salah satu rumah ibadah yang selamat dari bencana, keberadaan masjid ini menjadi daya tarik wisata bernuansa religi, selain Masjid Agung Baiturrahman dan Masjid Rahmatullah Lampuuk.
5 Kota yang Ditinggalkan Penduduknya karena Bencana
.co.id – Kejadian penduduk meninggalkan kotanya sendiri memang sangatlah jarang terjadi. Tapi faktanya ada beberapa kota yang ditinggalkan oleh penduduknya karena terjadi bencana yang membuat kota tersebut jadi tidak layak huni.Entah itu bencana yang disebabkan oleh alam atau ulah manusia, kota-kota ini berubah jadi tidak layak huni yang memaksa seluruh penduduknya pindah ke tempat lain. Hingga sekarang pun kota-kota ini hanya tinggal kenangan dan berubah jadi kota hantu yang tidak berpenghuni.Berikut kami merangkum ulasan tentang kota-kota yang ditinggalkan penduduknya karena bencana.
Foto-foto Sedetik Sebelum Bencana Terjadi
Bencana bisa berupa apa saja, tidak selalu hal-hal yang besar dan bisa membuat nyawa melayang. Bencana bisa terjadi di mana saja dan kapan saja tanpa kita sadarai, bahkan saat kita menonton sebuah pertandingan.Biasanya, bencana jarang sekali terabadikan oleh kemera pada masa lalu. Tapi kini seiring dengan kemajuan teknologi, kita bisa mengabadikan hal-hal yang di luar dugaan, bahkan sebuah bencana sekalipun.Berikut adalah foto-foto bagaimana sebuah bencana beberapa detik sebelum terjadi. Mungkin bisa terlihat lucu, tetapi jika Anda di posisi mereka akan merasakan bagaimana sakitnya.Baca selengkapnya...
10 Bencana Maritim Terbesar Sepanjang Sejarah
 – Bencana bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Baik itu di darat, udara bahkan laut sekalipun. Tidak ada yang bisa menghindari amukan bencana tersebut, jika Tuhan sudah menghendaki. Ribuan nyawa 'melayang', akibat peristiwa mengerikan ini.Seperti bencana yang terjadi di laut berikut ini. Sejarah telah menyaksikan beberapa bencana maritim yang mengakibatkan laut 'melahap' kehidupan ribuan nyawa. Dan berikut telah kami rangkum sepuluh daftar bencana maritim yang dianggap paling besar sepanjang sejarah dunia.Al Salam Boccaccio 98 menjadi salah satu bencana maritim terbesar sepanjang sejarah. Pada 3 Februari 2006, Kapal feri Al Salam Boccaccio 98, tenggelam di Laut Merah dalam perjalanan dari Dubai menuju ke Safaga di Mesir selatan. Bencana ini merupakan salah satu bencana maritim terbesar selama abad ke-21. 
Kisah Horor Penemuan Sekoci Terakhir dari Kapal Titanic
 – RMS Titanic adalah sebuah kapal penumpang super Britania Raya, yang tenggelam di Samudra Atlantik Utara pada tanggal 15 April 1912, setelah menabrak sebuah gunung es pada pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris ke New York City.Tenggelamnya Titanic mengakibatkan kematian sebanyak 1.514 orang, dan menjadi salah satu bencana maritim paling mematikan sepanjang sejarah. Titanic sendiri merupakan kapal terbesar di dunia, pada pelayaran perdananya kala itu.Namun, masih ada orang-orang yang berhasil selamat dengan menggunakan sekoci, yang jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan dnegan jumlah penumpang. Tetapi ada juga penumpang yang berhasil naik sekoci, tetapi tidak beruntung. Salah satunya penemuan sekoci terakhir Titanic yang satu ini.